Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 6 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Memberikan komentar dari teks yang disajikan

b) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Memberikan pendapat tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Mengklasifikasi sikap yang memenuhi kewajiban sebagai pelajar
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjelaskan makna kewajiban sebagai pelajar
4.2.2 Menceritakan pengalaman kewajiban mereka sebagai pelajar

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia
2.      Perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
3.      Kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks tentang Ki Hajar Dewantara.
o   Siswa membaca teks dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan. Contoh pertanyaan:
  • Apa jasa Ki Hajar Dewantara bagi bangsa Indonesia?
  • Mengapa Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan?
  • Setujukah kamu, jika tanggal 2 Mei yang merupakan hari kelahiran Ki Hajar
  • Dewantara disebut sebagai Hari Pendidikan Nasional?
  • Jika kamu bayangkan, apa yang akan terjadi dengan Indonesia jika tidak ada Ki Hajar Dewantara?
  • Sikap apa yang bisa kita contoh dari Ki Hajar Dewantara?
o   Ketika siswa menjawab guru memotivasi siswa menjawab dengan terinci. Khusus untuk pertanyaan no. 3, guru memberikan contoh cara memberikan pendapat tentang suatu hal.
  • Komentar hanya bisa disampaikan jika sudah didapatkan informasi yang lengkap dari persoalan tersebut. Tidak hanya itu, komentar hanya bisa disampaikan jika mempunyai alasan-alasan yang logis atau masuk akal. Jika dilihat dari cara penyampaiannya, komentar dibagi dua macam, yaitu komentar secara lisan dan komentar secara tertulis.
Contoh pendapat:
  • Saya setuju jika 2 Mei dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional karena Ki Hajar Dewantara telah berjuang untuk memajukan pendidikan Indonesia.
 o   Siswa mengamati beberapa contoh gambar yang termasuk sikap baik dan yang tidak baik. Siswa menuliskan alasannya dalam tabel yang disediakan.
o   Berdasarkan gambar yang telah siswa amati, siswa akan mengklasifikasikan gambar yang menunjukkan sikap melaksanakan kewajiban sebagai pelajar dan sikap yang tidak memenuhi kewajiban sebagai pelajar.
o   Dari data tersebut, siswa mendiskusikan dengan kelompok pengelompokan gambar yang sudah dilakukan.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut dengan kelompoknya
o   Apa yang dimaksud dengan kewajiban menurut kalian?
o   Siswa menceritakan sikap mereka selama di sekolah dengan menggunakan bahasa sendiri.
o   Dari cerita yang telah dibuat, siswa akan mengidentifikasikan kewajiban yang sudah dilakukan sebagai pelajar.
o   Siswa menuliskan poin-poin terlebih dahulu.
o   Siswa mengembangkan menjadi cerita. Cerita yang ditulis memperhatikan tanda baca dan kata sambung dengan benar
o   Siswa mengklasifikasikan sikap yang sudah memenuhi hak sebagai pelajar.
o   Siswa memasukkannya ke dalam tabel dan menulis alasannya
o   Siswa melakukan perenungan tentang Pembelajaran 4 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa bisa membaca teks pahlawan lainnya. Siswa menceritakan kepada guru hal-hal yang dilakukan pahlawan tersebut dan sikap yang bisa dicontoh.

Remedial
         -
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1. IPS : Peta pikiran Pahlawan Diponegoro dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama, tempat lahir dari Ki Hajar Dewantara dengan benar


Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan benar


Menuliskan sikap dari Ki Hajar Dewantara


Menuliskan komentar tentang Ki Hajar Dewantara dengan tepat



2. Bahasa Indonesia dan PPKn : Menuliskan kewajiban di sekolah
Kriteria
Baik sekali
Usaha Baik
Usaha Cukup
Usaha kurang
Rancangan
tulisan
Siswa
menuliskan
poin-poin
dari cerita
yang akan
ditulis dengan
lengkap.
Siswa
menuliskan
poin-poin dari
cerita yang akan
ditulis dengan
ada beberapa
hal yang kurang
lengkap.
Siswa
menuliskan
poin-poin dari
cerita yang
akan ditulis
dengan banyak
hal yang belum
lengkap
Siswa masih
kesulitan untuk
menuliskan
poin-poin
Menuliskan kembali
Siswa menulis
berdasarkan
poin-poin yang telah dibuat dengan runtut
dan terinci
Siswa
menuliskan
cerita dengan
runtut namun
kurang terinci
Siswa
menuliskan
cerita dengan
kurang runtut
Siswa
menuliskan
cerita dengan
kurang runtut
dan kurang
terinci
Ejaan
Semua ejaan
dalam tulisan benar
Sebagian besar
ejaan dalam tulisan benar
Sebagian ejaan
dalam tulisan benar
Sebagian kecil
ejaan dalam
tulisan benar
Sikap
Siswa
menuliskan
sikap yang baik dan tidak baik yang disertai
dengan alasan yang tepat
Siswa
menuliskan
sikap yang baik
dan tidak baik
tetapi beberapa
alasan masih
kurang tepat
Siswa
menuliskan
sikap yang baik
dan tidak baik
tetapi banyak
alasan masih kurang tepat
Siswa
menuliskan
sikap yang
baik dan
tidak baik
tetapi tidak
dilengkapi dengan alasan

3. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian di halaman 151
(kepahlawanan).

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Gambar Ki Hajar Dewantara
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


Lembar Pengamatan Kegiatan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25









26









27









28









29









30









31









32










Keterangan:
Kriteria 1 : Menuliskan nama, tempat lahir dari Ki Hajar Dewantara dengan benar
Kriteria 2 : Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan benar
Kriteria 3 : Menuliskan sikap dari Ki Hajar Dewantara
Kriteria 4 : Menuliskan komentar tentang Ki Hajar Dewantara dengan tepat

Lembar Kerja Siswa 
(LKS)

MEDIA

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors