RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2
Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial
2.4
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
4.5
Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan
Hindu-Buddha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1 Memberikan
komentar dari teks yang disajikan
b) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menjelaskan
asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan,
dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya
4.1.1 Memberikan
pendapat tentang pahlawan Ki Hajar Dewantara
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Mengklasifikasi
sikap yang memenuhi kewajiban sebagai pelajar
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjelaskan
makna kewajiban sebagai pelajar
4.2.2 Menceritakan
pengalaman kewajiban mereka sebagai pelajar
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di
Indonesia
2.
Perjuangan dan
perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan
3.
Kewajiban sebagai
warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks tentang Ki Hajar Dewantara.
o
Siswa membaca
teks dengan mengaplikasikan keterampilan membaca yang sudah dipelajarinya
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan teks bacaan. Contoh pertanyaan:
o
Ketika siswa
menjawab guru memotivasi siswa menjawab dengan terinci. Khusus untuk pertanyaan
no. 3, guru memberikan contoh cara memberikan pendapat tentang suatu hal.
Contoh pendapat:
o
Siswa mengamati
beberapa contoh gambar yang termasuk sikap baik dan yang tidak baik. Siswa
menuliskan alasannya dalam tabel yang disediakan.
o
Berdasarkan
gambar yang telah siswa amati, siswa akan mengklasifikasikan gambar yang
menunjukkan sikap melaksanakan kewajiban sebagai pelajar dan sikap yang tidak
memenuhi kewajiban sebagai pelajar.
o
Dari data
tersebut, siswa mendiskusikan dengan kelompok pengelompokan gambar yang sudah
dilakukan.
o
Siswa
mendiskusikan pertanyaan berikut dengan kelompoknya
o
Apa yang dimaksud dengan kewajiban menurut kalian?
o
Siswa
menceritakan sikap mereka selama di sekolah dengan menggunakan bahasa
sendiri.
o
Dari cerita yang
telah dibuat, siswa akan mengidentifikasikan kewajiban yang sudah dilakukan
sebagai pelajar.
o
Siswa menuliskan
poin-poin terlebih dahulu.
o
Siswa
mengembangkan menjadi cerita. Cerita yang ditulis memperhatikan tanda baca
dan kata sambung dengan benar
o
Siswa
mengklasifikasikan sikap yang sudah memenuhi hak sebagai pelajar.
o
Siswa
memasukkannya ke dalam tabel dan menulis alasannya
o
Siswa melakukan
perenungan tentang Pembelajaran 4 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa.
o
Guru dapat
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan
perenungan yang terlampir pada halaman 150.
Pengayaan
o
Siswa bisa
membaca teks pahlawan lainnya. Siswa menceritakan kepada guru hal-hal yang
dilakukan pahlawan tersebut dan sikap yang bisa dicontoh.
Remedial
•
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1. IPS
: Peta pikiran Pahlawan Diponegoro dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan nama, tempat
lahir dari Ki Hajar Dewantara dengan benar
|
|
|
Menuliskan
perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan benar
|
|
|
Menuliskan sikap dari Ki Hajar Dewantara
|
|
|
Menuliskan
komentar tentang Ki Hajar Dewantara dengan tepat
|
|
|
2. Bahasa Indonesia dan PPKn : Menuliskan kewajiban di sekolah
Kriteria
|
Baik sekali
|
Usaha Baik
|
Usaha Cukup
|
Usaha kurang
|
Rancangan
tulisan
|
Siswa
menuliskan
poin-poin
dari cerita
yang akan
ditulis dengan
lengkap.
|
Siswa
menuliskan
poin-poin
dari
cerita
yang akan
ditulis
dengan
ada
beberapa
hal yang
kurang
lengkap.
|
Siswa
menuliskan
poin-poin
dari
cerita
yang
akan
ditulis
dengan
banyak
hal yang
belum
lengkap
|
Siswa
masih
kesulitan
untuk
menuliskan
poin-poin
|
Menuliskan kembali
|
Siswa menulis
berdasarkan
poin-poin yang telah dibuat dengan runtut
dan terinci
|
Siswa
menuliskan
cerita
dengan
runtut
namun
kurang terinci
|
Siswa
menuliskan
cerita
dengan
kurang runtut
|
Siswa
menuliskan
cerita
dengan
kurang
runtut
dan
kurang
terinci
|
Ejaan
|
Semua
ejaan
dalam
tulisan benar
|
Sebagian
besar
ejaan
dalam tulisan benar
|
Sebagian ejaan
dalam tulisan benar
|
Sebagian
kecil
ejaan
dalam
tulisan benar
|
Sikap
|
Siswa
menuliskan
sikap
yang baik dan tidak baik yang disertai
dengan alasan
yang tepat
|
Siswa
menuliskan
sikap
yang baik
dan tidak
baik
tetapi
beberapa
alasan
masih
kurang
tepat
|
Siswa
menuliskan
sikap
yang baik
dan tidak
baik
tetapi
banyak
alasan
masih kurang tepat
|
Siswa
menuliskan
sikap
yang
baik dan
tidak
baik
tetapi
tidak
dilengkapi
dengan alasan
|
3. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian di halaman 151
(kepahlawanan).
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Gambar Ki Hajar
Dewantara
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Pengamatan
Kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : Menuliskan
nama, tempat lahir dari Ki Hajar Dewantara dengan benar
Kriteria 2 : Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan
benar
Kriteria 3 : Menuliskan sikap dari Ki Hajar Dewantara
Kriteria 4 : Menuliskan komentar tentang Ki Hajar Dewantara dengan tepat
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment