Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 6 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 4/1
Tema 5                                       : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harusdipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, sertadalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.10 Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama melakukan aktivitas fisik
3.10.1 Menjelaskan ciri-ciri dari cidera ringan (memar)
4.10 Mempraktikkan dasar penyelamatan terhadap orang lain
4.10.1 Mempraktikkan pertolongan pada Cidera

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Mempraktikkan berdasarkan teks instruksi yang disajikan
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan kembali langkahlangkah pengobatan cidera

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menyebutkan perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Menjelaskan asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan.

d) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan hubungan antarsatuan luas
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menemukan keliling suatu bangun dengan luas sudah diketahui
4.1.2 Menggambarkan bangun yang luasnya sudah diketahui

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama melakukan aktivitas fisik
2.      Teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
3.      Perjuangan yang dilakukan oleh cut nyak dien
4.      Hubungan antarsatuan luas

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pahlawanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Penanganan memar
o   Guru menyiapkan media kain bersih, air es, dan air Panas
o   Guru membawakan gambar tentang keram otot dan memar.
o   Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri memar.
o   Hasil jawaban siswa dibahas secara klasikal oleh guru.
o   Siswa memperhatikan guru yang sedang mendemonstrasikan cara menanggulangi cidera memar yang benar.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas dua siswa.
o   Secara bergantian siswa mempraktikkan cara penanganan memar.
o   Langkah dari penanggulangan memar seperti berikut.
o   Kompres air pada bagian yang memar dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air es.
o   Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15- 20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan aliran darah ke bagian tubuh yang luka bisa lancar sehingga proses penyembuhan relatif lebih cepat.
o   Selanjutnya, kompres dengan air dingin kira-kira 10-15 menit. Setiap 3 jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih, air dingin dan panas secara bergantian.

Penanganan keram otot
o   Manfaat air dingin: untuk menghilangkan rasa nyeri. Adapun air panas untuk
o   menghilangkan memar.
o   Siswa secara bergantian dengan pasangannya mempraktikkan penanganan keram otot.

Cara penanganan keram otot:
o   Lakukan peregangan penguluran pada anggota tubuh yang keram.
o   Pijit otot yang keram.
o   Kompres dengan air hangat.
o   Banyak minum untuk mengganti cairan yang hilang.
o   Tahapan siswa melakukan kegiatan pengobatan memar dan keram otot akan dinilai dengan menggunakan lembat penilaian 1.
o   Siswa menceritakan pengalaman melakukan pengobatan terhadap memar dan keram otot dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang harus ditulis adalah ciri-ciri, cara pengobatan, nilai-nilai yang dikembangkan
o   Siswa membaca lini masa tentang pahlawan Cut Nyak Dien.
o   Guru memotivasi siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda halhal penting yang ada dalam lini masa.
o   Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima siswa.

Dalam kelompok siswa berdiskusi tentang:
·         Perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien
·         Dampak perjuangan bagi rakyat Aceh
·         Sikap yang dapat dicontoh dari Cut Nyak Dien.
o   Siswa menukarkan jawaban dengan kelompok lain.
o   Guru meminta dua atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang dibuat.
o   Ketika siswa maju ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa pahlawan Cut Nyak
o   Dien telah berjuang dengan berani untuk melawan penjajah.
o   Tulisan siswa akan dinilai dengan menggukan lembar penilaian 2.
o   Siswa mengamati kompleks pemakaman Cut Nyak Dien.
o   Siswa menemukan bahwa luas kompleks pemakaman Cut Nyak Dien adalah 1,5 ha. Guru bertanya, berapa meterkah luas kompleks pemakaman tersebut?
o   Siswa bereksplorasi mengubah satuan hektar ke meter dengan menggunakan persegi panjang.
o   Siswa membuat berbagai kemungkinan bentuk museum dengan luas 1,5 hektar.
o   Siswa mencari keliling dari bentuk yang dibuatnya.
o   Siswa menggambar kemungkinan bentuk luas lahan.
o   Di buku siswa, siswa membuat 4 kemungkinan bentuk dari lahan 1,5 ha.

 o   Siswa melakukan perenungan tentang Pembelajaran 3 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

Pengayaan
o   Siswa mengerjakan soal-soal yang terkait dengan perubahan satuan pada luas persegi panjang.
Contoh
o   Tanah Paman berbentuk persegi panjang. Luas tanah tersebut adalah 3 hektar. Jika sebagian dari luas tanah tersebut diberikan kepada Budi, berapa meter persegikah yang didapatkan oleh Budi? hitunglah kemungkinan keliling tanah Budi!

Remedial
o   Siswa yang masih kesulitan tentang konsep perubahan satuan luas akan diberikan
o   penguatan konsep oleh guru. Guru menyiapkan soal latihan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1. Olahraga dan Bahasa Indonesia
Kriteria
Telihat
Belum Terlihat
Siswa mampu menjelaskan cidera memar dan cara
Penanganannya



Siswa mampu mempraktikkan cara penanganan cidera
memar dengan cara yang benar:
a.       Kompres air pada bagian yang memar dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air es.



Siswa mampu menjelaskan cidera keram otot dan cara
Penanganannya



Siswa mampu mempraktikkan cara penanganan cidera
keram otot dengan cara yang benar:
a.       melakukan peregangan/penguluran pada anggotatubuh yang keram.
b.      pemijitan pada otot yang keram.
b.      kompres air hangat.



2. IPS : Peta pikiran Pahlawan Cut Nyak Dien dinilai dengan daftar periksa

Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama, tempat lahir dari Cut Nyak Dien
dengan benar


Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien dengan benar


Menuliskan sikap dari Cut Nyak Dien



3. Matematika : Mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka.
4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151     (kepahlawanan).


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Peralatan untuk penanganan luka memar dan keram otot,                                teks bacaan Cut Nyak Dien
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


Lembar Pengamatan Kegiatan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33








Keterangan:
Kriteria 1 : Menuliskan nama, tempat lahir dari Cut Nyak Dien dengan benar
Kriteria 2 : Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien dengan benar
Kriteria 3 : Menuliskan sikap dari Cut Nyak Dien

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 

Tahapan mengobati luka memar 


……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
     



Tahapan mengobati keram otot

…………………………………………………………………………………………………………… 
……………………………………………………………………………………………………………  
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………


MEDIA
  
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 3




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors