RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harusdipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab
terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
sertadalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.10
Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama
melakukan aktivitas fisik
3.10.1
Menjelaskan ciri-ciri dari cidera ringan (memar)
4.10
Mempraktikkan dasar penyelamatan terhadap orang lain
4.10.1
Mempraktikkan pertolongan pada Cidera
b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi
modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Mempraktikkan
berdasarkan teks instruksi yang disajikan
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan
alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan
kembali langkahlangkah pengobatan cidera
c) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menyebutkan
perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien
4.1 Menceriterakan
tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan,
dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat
di sekitarnya
4.1.1 Menjelaskan
asal tokoh, perjuangan dan perilaku yang bisa dicontoh dari pahlawan.
d) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan
hubungan antarsatuan luas
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah,
atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menemukan
keliling suatu bangun dengan luas sudah diketahui
4.1.2 Menggambarkan
bangun yang luasnya sudah diketahui
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Jenis
cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama melakukan aktivitas
fisik
2.
Teks instruksi
tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional
3.
Perjuangan yang
dilakukan oleh cut nyak dien
4.
Hubungan
antarsatuan luas
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Pahlawanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Penanganan memar
o
Guru menyiapkan
media kain bersih, air es, dan air Panas
o
Guru membawakan
gambar tentang keram otot dan memar.
o
Siswa berdiskusi
tentang ciri-ciri memar.
o
Hasil jawaban
siswa dibahas secara klasikal oleh guru.
o
Siswa
memperhatikan guru yang sedang mendemonstrasikan cara menanggulangi cidera
memar yang benar.
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas dua siswa.
o
Secara bergantian
siswa mempraktikkan cara penanganan memar.
o
Langkah dari
penanggulangan memar seperti berikut.
o
Kompres air pada bagian yang memar dengan
menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air es.
o
Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan
air hangat dulu selama 15- 20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar
dan aliran darah ke bagian tubuh yang luka bisa lancar sehingga proses
penyembuhan relatif lebih cepat.
o
Selanjutnya, kompres dengan air dingin kira-kira
10-15 menit. Setiap 3 jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain
bersih, air dingin dan panas secara
bergantian.
Penanganan keram
otot
o
Manfaat air dingin: untuk menghilangkan rasa nyeri.
Adapun air panas untuk
o
menghilangkan memar.
o
Siswa secara
bergantian dengan pasangannya mempraktikkan penanganan keram otot.
Cara penanganan
keram otot:
o
Lakukan peregangan penguluran pada anggota tubuh
yang keram.
o
Pijit otot yang keram.
o
Kompres dengan air hangat.
o
Banyak minum untuk mengganti cairan yang hilang.
o
Tahapan siswa
melakukan kegiatan pengobatan memar dan keram otot akan dinilai dengan menggunakan
lembat penilaian 1.
o
Siswa
menceritakan pengalaman melakukan pengobatan terhadap memar dan keram otot
dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang harus ditulis adalah ciri-ciri, cara pengobatan,
nilai-nilai yang dikembangkan
o
Siswa membaca
lini masa tentang pahlawan Cut Nyak Dien.
o
Guru memotivasi
siswa untuk membaca dengan terinci dan memberi tanda halhal penting yang ada
dalam lini masa.
o
Siswa dibagi
dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima siswa.
Dalam kelompok
siswa berdiskusi tentang:
·
Perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien
·
Dampak perjuangan bagi rakyat Aceh
·
Sikap yang dapat dicontoh dari Cut Nyak Dien.
o
Siswa menukarkan
jawaban dengan kelompok lain.
o
Guru meminta dua
atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang dibuat.
o
Ketika siswa maju
ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru
memberikan penguatan kepada siswa bahwa pahlawan Cut Nyak
o
Dien telah
berjuang dengan berani untuk melawan penjajah.
o
Tulisan siswa
akan dinilai dengan menggukan lembar penilaian 2.
o
Siswa mengamati
kompleks pemakaman Cut Nyak Dien.
o
Siswa menemukan
bahwa luas kompleks pemakaman Cut Nyak Dien adalah 1,5 ha. Guru bertanya,
berapa meterkah luas kompleks pemakaman tersebut?
o
Siswa
bereksplorasi mengubah satuan hektar ke meter dengan menggunakan persegi
panjang.
o
Siswa membuat
berbagai kemungkinan bentuk museum dengan luas 1,5 hektar.
o
Siswa mencari
keliling dari bentuk yang dibuatnya.
o
Siswa menggambar
kemungkinan bentuk luas lahan.
o
Di buku siswa, siswa
membuat 4 kemungkinan bentuk dari lahan 1,5 ha.
o
Siswa melakukan
perenungan tentang Pembelajaran 3 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku siswa.
o
Guru dapat
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan
yang terlampir pada halaman 150
Pengayaan
o
Siswa mengerjakan
soal-soal yang terkait dengan perubahan satuan pada luas persegi panjang.
Contoh
o
Tanah Paman
berbentuk persegi panjang. Luas tanah tersebut adalah 3 hektar. Jika sebagian
dari luas tanah tersebut diberikan kepada Budi, berapa meter persegikah yang
didapatkan oleh Budi? hitunglah kemungkinan keliling tanah Budi!
Remedial
o
Siswa yang masih
kesulitan tentang konsep perubahan satuan luas akan diberikan
o
penguatan konsep
oleh guru. Guru menyiapkan soal latihan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Olahraga dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Telihat
|
Belum Terlihat
|
Siswa
mampu menjelaskan cidera memar dan cara
Penanganannya
|
|
|
Siswa mampu mempraktikkan cara penanganan cidera
memar dengan cara yang benar:
a. Kompres air pada bagian yang memar dengan menggunakan kain bersih yang
dicelupkan ke dalam air es.
|
|
|
Siswa mampu
menjelaskan cidera keram otot dan cara
Penanganannya
|
|
|
Siswa
mampu mempraktikkan cara penanganan cidera
keram
otot dengan cara yang benar:
a.
melakukan peregangan/penguluran pada
anggotatubuh yang keram.
b.
pemijitan pada otot yang keram.
b.
kompres air hangat.
|
|
|
2. IPS : Peta pikiran Pahlawan Cut Nyak Dien dinilai dengan daftar
periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan nama,
tempat lahir dari Cut Nyak Dien
dengan benar
|
|
|
Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien
dengan benar
|
|
|
Menuliskan sikap dari Cut Nyak Dien
|
|
|
3.
Matematika : Mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka.
4. Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151
(kepahlawanan).
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Peralatan untuk
penanganan luka memar dan keram otot,
teks
bacaan Cut Nyak Dien
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
Lembar Pengamatan
Kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : Menuliskan
nama, tempat lahir dari Cut Nyak Dien dengan benar
Kriteria 2 : Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Cut Nyak Dien dengan benar
Kriteria 3 : Menuliskan sikap dari Cut Nyak Dien
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tahapan
mengobati luka memar
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
Tahapan mengobati keram otot
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment