Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 5 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 4/1
Tema 5                                       : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1  Menulis pikiran pokok dari paragraf yang dibaca
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menceritakan kembali berdasarkan pikiran pokok yang dibuat

b) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
3.1.1 Menyebutkan nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari Diponegoro
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Menceritakan sikap kepahlawan yang bisa ditiru dari Diponegoro

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan hubungan satuan panjang
3.14.2 Mengubah satuan panjang dari satu satuan ke satuan yang lain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan satuan panjang

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya denganmenyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan manfaat asam bagi masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan teknologi yang digunakan untuk pengeringan asam

E. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
2.      Nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari diponegoro
3.      Hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.      Hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
 
 G. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku kebanggaanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
C.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali tentang Pahlawan Nasional. Guru membawa foto Pangeran Diponegoro
o   Siswa mengamati gambar Pangeran Diponegoro dan membaca teks di buku siswa.
o   Guru bertanya: apa yang kalian ketahui tentang Pangeran Diponegoro?
o   Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
o   Siswa menulis hal-hal yang ingin mereka tanyakan. Siswa menukar pertanyaan yang mereka buat kepada temannya
o   Teman yang menerima pertanyaan itu menjawabnya
o   Siswa mencari informasi tentang Pangeran
o   Diponegoro. Siswa bisa mencari informasi dari buku atau teks lainnya.
o   Siswa secara individu menuliskan dalam bentuk peta pikiran: nama tokoh, asal, perjuangan yang dilakukan, dan perilaku yang pantas ditiru dari Pangeran Diponegoro.
o   Siswa menukarkan jawaban dengan jawaban teman pasangannya
o   Guru meminta dua atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang dibuat.
o   Ketika siswa maju ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa Pangeran
o   Diponegoro telah berjuang dengan berani untuk melawan penjajah. Siswa menceritakan sikap dari Pangeran
o   Diponegoro yang bisa dicontoh dalam kehidupan sehari-hari.
o   Awalnya siswa bisa membuat daftar sikap dari Pangeran Diponegoro.
o   Siswa bisa menceritakan dalam kehidupan sehari-hari sikap-sikap yang bisa diaplikasikan.

Contoh: Berani membela kebenaran
o   Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa membela kebenaran. Contoh jika ada teman kita yang diejek, kita harus membelanya.
o   Pekerjaan siswa akan dinilai dengan menggunakan lembar penilaian no 1.
o   Guru menguatkan pengetahuan siswa tentang sikap-sikap yang bisa dicontoh dari Pangeran Diponegoro, bahwa Diponegoro sangat berani membela kehormatan keluarganya. Ia berani melawan Belanda yang ingin membangun jalan melewati makam leluhurnya. Sikap-sikap tersebut harus kita contoh. Berani membela teman yang diejek adalah sikap yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa mengamati peta yang merupakan rute jalan dari Anyer sampai Panarukan.
o   Siswa menuliskan informasi yang penting dari cerita jalan Anyer-Panarukan yang telah dibacanya.
o   Panjang jalan : 1.000 km
o   Jarak antara pohon asam yang ditanam : 25 m
Yang ditanyakan:
o   Berapa banyak pohon asam yang ada.
o   Pada saat siswa mencari hal-hal penting yang ada pada cerita yang telah dibacanya, guru meminta siswa untuk memberikan tanda.
Guru menanyakan:
o   Bagaimana cara menghitung banyaknya pohon asam yang ditanam?
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Guru menempel di papan tulis jawaban siswa.
o   Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
o   Siswa membuktikan 1 m = 100 cm
o   Siswa berekplorasi untuk mengetahui hubungan antarsatuan panjang.
o   Siswa menjelaskan hasil pembuktiannya pada kelompok lain.
o   Siswa dalam kelompok mencari cara yang berbeda untuk membuktikan 1 m= 100 cm.
o   Siswa menuliskan hasilnya di buku siswa.
o   Siswa menggambar  dan  di kertas lain.
o   Siswa menulis hasil pengukurannya di buku siswa.
o   Diharapkan siswa menuliskan bahwa 1 m sama panjang dengan 100 cm. Jika siswa belum menemukan kesimpulan ini, guru meminta siswa melihat hasil pengukurannya dan menanyakan: 1 m itu sama dengan berapa cm, ya?
o   Guru menguatkan konsep bahwa 1 m sama dengan 100 cm kepada siswa dan membuktikannya di depan ke kelas dengan memperlihatkan meteran.
o   Siswa mengamati tabel atau tangga dari perubahan satuan panjang. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan tangga perubahan satuan yang diamatinya.
o   Guru bisa menanyakan: Hubungan antarsatuan seperti yang terdapat di buku siswa.
Contoh:
o   Apa hubungan antara satuan cm dan km? Hubungannya adalah 100.000 cm = 1 km
atau 1 km = 100.000 cm atau 1 cm = 1/100.000 km
o   Jawaban siswa ditukar dengan teman sebelahnya. Guru menguatkan tentang perubahan satuan panjang
o   Secara individu, siswa mengambil benda-benda yang disukai.
o   Siswa mengukur benda-benda tersebut dengan menggunakan alat ukur yang tepat.
o   Siswa mengukurnya dalam cm dan mengubahnya ke dalam m.
o   Siswa mempresentasikan maksud jawabannya di depan kelas.
o   Siswa mengerjakan soal tentang banyaknya pohon asam yang terdapat di sepanjang jalan Anyer sampai Panarukan.
o   Siswa menjawab soal ini dengan mengaplikasikan konsep perubahan satuan panjang yang telah mereka pelajari.
o   Siswa membandingkan jawaban mereka yang pertama dan kedua.
o   Siswa melihat perbedaan dan hal yang bisa mereka pelajari.
o   Siswa mengerjakan soal-soal tentang perubahan satuan di buku siswa.
o   Pada saat mengerjakan soal, guru selalu mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan keterampilan problem solving.
o   Siswa menemukan hal-hal yang penting dalam soal.
o   Siswa menyusun strategi pengerjaannya (bisa menggunakan gambar).
o   Siswa mengerjakan soal.
o   Siswa mengecek kembali soal yang dikerjakan.
o   Siswa membaca teks tentang asam jawa.
o   Siswa menuliskan pikiran pokok dari tiap paragraf yang dibacanya.
o   Siswa menulis pikiran pokok yang ada dalam teks. Siswa menuliskan kembali dengan bahasa mereka sendiri tentang asam jawa.
o   Ketika menuliskan kembali, guru memperhatikan penggunaan tanda baca, kata sambung, dan huruf besar
o   Berikut langkah-langkah percobaan.
o   Siswa mengambil dua buah asam yang sudah tua.
o   Siswa membuka buah asam dengan menekannya.
o   Satu buah asam dijemur di bawah matahari.
o   Buah yang lain dimasukkan dalam plastik.
o   Setelah melakukan percobaan, siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang pengeringan makanan.
o   Siswa mencari informasi mengenai proses pengeringan makanan di lingkungannya.
o   Siswa menjelaskan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o   Siswa melakukan perenungan tentang Pembelajaran 2 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

Pengayaan
         Siswa membaca teks dan mencari pikiran pokok dari tiap paragraf.

Remedial
         Siswa yang masih kesulitan tentang konsep perubahan satuan akan diberikan penguatan konsep oleh guru. Guru menyiapkan soal latihan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15    menit

E. Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian

1.      IPS : Peta pikiran pahlawan Diponegoro dinilai dengan daftar periksa

Dalam cerita yang ditulis oleh siswa harus termuat hal-hal berikut ini secara benar
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan nama dan tempat lahir Diponegoro dengan benar


Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Diponegoro dengan benar


Menuliskan sikap Diponegoro



2.        Matematika : Mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka.
3.        Bahasa Indonesia dan IPA : Menuliskan kembali asam jawa

Kriteria
Baik sekali
Usaha baik
Usaha cukup
Usaha yang kurang
Pikiran pokok
Menuliskan
semua pikiran
pokok tiap
paragraf dengan
benar
Menuliskan
sebagian besar
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan benar
Menuliskan
sebagian
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan benar
Menuliskan
sebagian kecil
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan benar
Kelengkapan
isi
Siswa
menuliskan
semua manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah
(bagian-bagian
asam) dengan benar.
Siswa
menuliskan
sebagian
besar manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah (bagian-bagian
asam) dengan
benar.
Siswa
menuliskan
sebagian
kecil manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah
(bagianbagian
asam) dengan benar.
Siswa tidak
menuliskan
manfaat
dengan benar
Menuliskan
kembali
Siswa
menuliskan
kembali cerita
asam jawa
dengan runtut
dan terinci.
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
runtut tapi
kurang terinci
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
kurang runtut.
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
kurang runtut
dan kurang
terinci.
Ejaan
Semua ejaan
dalam tulisan
benar.
Sebagian besar
ejaan dalam
tulisan benar
Sebagian
ejaan dalam
tulisan benar
Sebagian kecil
ejaan dalam
tulisan benar

4. IPA: Percobaan pengeringan makanan.
Kriteria
Ya
Tidak
Menjelaskan teknologi yang digunakan dengan benar


Memprediksi hasil dari percobaan dengan benar


Menjelaskan dampak dari teknologi yang digunakan



F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Teks Pangeran Diponegoro, asam atau buah-buahan lain  yang bisa dikeringkan
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004







LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro!
 


Lembar Pengamatan Kegiatan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25









26









27









28









29









30









31









32










Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...



 MEDIA

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors