RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menulis pikiran pokok dari paragraf yang dibaca
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menceritakan
kembali berdasarkan pikiran pokok yang dibuat
b) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal
manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang,
perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
3.1.1 Menyebutkan
nama tokoh, asal, perjuangan
dan perilaku yang pantas ditiru
dari Diponegoro
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang,
konektivitas antar ruang, perubahan, dan
keberlanjutan dalam waktu,
sosial, ekonomi, dan pendidikan
dalam lingkup masyarakat di
sekitarnya
4.1.1 Menceritakan
sikap kepahlawan yang
bisa ditiru dari Diponegoro
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas
3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.14.1 Menjelaskan
hubungan satuan panjang
3.14.2 Mengubah
satuan panjang dari satu satuan
ke satuan yang lain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
4.1.1 Menyelesaikan
masalah yang terkait
dengan satuan panjang
d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya denganmenyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan
manfaat asam bagi masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan
teknologi yang digunakan
untuk pengeringan asam
E. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
2. Nama tokoh,
asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari diponegoro
3.
Hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4. Hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
G. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “pahlawanku kebanggaanku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
C.Kegiatan Inti
|
o Di awal
pembelajaran guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali tentang Pahlawan Nasional. Guru
membawa foto Pangeran Diponegoro
o Siswa
mengamati gambar Pangeran Diponegoro dan membaca teks di buku siswa.
o Guru
bertanya: apa yang kalian ketahui
tentang Pangeran Diponegoro?
o
Guru menulis jawaban siswa di
papan tulis.
o
Siswa menulis hal-hal yang ingin
mereka tanyakan. Siswa menukar pertanyaan yang mereka buat kepada temannya
o
Teman yang menerima pertanyaan
itu menjawabnya
o
Siswa mencari informasi tentang
Pangeran
o Diponegoro.
Siswa bisa mencari informasi dari buku atau
teks lainnya.
o Siswa
secara individu menuliskan dalam bentuk peta
pikiran: nama tokoh, asal, perjuangan yang dilakukan, dan perilaku yang
pantas ditiru dari Pangeran
Diponegoro.
o Siswa
menukarkan jawaban dengan jawaban teman
pasangannya
o Guru
meminta dua atau tiga siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan peta pikiran yang dibuat.
o Ketika
siswa maju ke depan kelas, motivasi siswa untuk menjelaskan dengan terinci. Guru memberikan
penguatan kepada siswa bahwa Pangeran
o
Diponegoro telah berjuang dengan
berani untuk melawan penjajah. Siswa
menceritakan sikap dari Pangeran
o
Diponegoro yang bisa dicontoh
dalam kehidupan
sehari-hari.
o
Awalnya siswa bisa membuat daftar
sikap dari Pangeran Diponegoro.
o
Siswa bisa menceritakan dalam
kehidupan sehari-hari sikap-sikap yang bisa diaplikasikan.
Contoh: Berani membela
kebenaran
o Dalam
kehidupan sehari-hari, kita bisa membela kebenaran. Contoh jika ada teman kita yang diejek, kita harus
membelanya.
o Pekerjaan
siswa akan dinilai dengan menggunakan lembar penilaian no 1.
o Guru
menguatkan pengetahuan siswa tentang sikap-sikap yang bisa dicontoh dari Pangeran Diponegoro, bahwa
Diponegoro sangat berani membela kehormatan keluarganya. Ia berani melawan
Belanda yang ingin membangun jalan melewati makam leluhurnya. Sikap-sikap
tersebut harus kita contoh. Berani membela teman yang diejek adalah sikap
yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
o
Siswa mengamati peta yang
merupakan rute jalan dari Anyer sampai Panarukan.
o
Siswa menuliskan informasi yang
penting dari cerita jalan Anyer-Panarukan yang telah dibacanya.
o Panjang
jalan : 1.000 km
o Jarak
antara pohon asam yang ditanam : 25 m
Yang
ditanyakan:
o
Berapa banyak pohon asam yang
ada.
o Pada saat
siswa mencari hal-hal penting yang ada pada cerita yang telah dibacanya, guru meminta siswa
untuk memberikan tanda.
Guru menanyakan:
o Bagaimana
cara menghitung banyaknya pohon asam yang ditanam?
o Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Guru
menempel di papan tulis jawaban siswa.
o Siswa
dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri
atas 5 siswa.
o Siswa
membuktikan 1 m = 100 cm
o Siswa
berekplorasi untuk mengetahui hubungan antarsatuan
panjang.
o Siswa
menjelaskan hasil pembuktiannya pada kelompok
lain.
o Siswa
dalam kelompok mencari cara yang berbeda
untuk membuktikan 1 m= 100 cm.
o Siswa
menuliskan hasilnya di buku siswa.
o Siswa
menggambar dan di kertas lain.
o Siswa
menulis hasil pengukurannya di buku siswa.
o Diharapkan
siswa menuliskan bahwa 1 m sama panjang dengan 100 cm. Jika siswa belum menemukan kesimpulan
ini, guru meminta siswa melihat hasil pengukurannya
dan menanyakan: 1 m itu sama dengan berapa cm,
ya?
o Guru
menguatkan konsep bahwa 1 m sama dengan 100 cm kepada siswa dan membuktikannya di depan ke kelas
dengan memperlihatkan meteran.
o Siswa
mengamati tabel atau tangga dari perubahan satuan panjang. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan
tangga perubahan satuan yang diamatinya.
o Guru bisa
menanyakan: Hubungan antarsatuan seperti yang terdapat di buku siswa.
Contoh:
o Apa
hubungan antara satuan cm dan km? Hubungannya adalah 100.000 cm = 1 km
atau 1 km = 100.000 cm atau 1 cm
= 1/100.000 km
o Jawaban
siswa ditukar dengan teman sebelahnya. Guru menguatkan tentang perubahan satuan panjang
o Secara
individu, siswa mengambil benda-benda yang disukai.
o Siswa
mengukur benda-benda tersebut dengan menggunakan alat ukur yang tepat.
o Siswa
mengukurnya dalam cm dan mengubahnya ke dalam m.
o Siswa
mempresentasikan maksud jawabannya di depan kelas.
o Siswa
mengerjakan soal tentang banyaknya pohon asam yang terdapat di sepanjang jalan Anyer sampai
Panarukan.
o Siswa
menjawab soal ini dengan mengaplikasikan konsep perubahan satuan panjang yang telah mereka
pelajari.
o Siswa
membandingkan jawaban mereka yang pertama dan kedua.
o Siswa melihat perbedaan dan hal yang
bisa mereka pelajari.
o Siswa
mengerjakan soal-soal tentang perubahan satuan di buku siswa.
o Pada saat
mengerjakan soal, guru selalu mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan keterampilan problem
solving.
o Siswa
menemukan hal-hal yang penting dalam soal.
o Siswa
menyusun strategi pengerjaannya (bisa menggunakan gambar).
o Siswa
mengerjakan soal.
o
Siswa mengecek kembali soal yang
dikerjakan.
o
Siswa membaca teks tentang asam
jawa.
o
Siswa menuliskan pikiran pokok
dari tiap paragraf
yang dibacanya.
o
Siswa menulis pikiran pokok yang
ada dalam teks. Siswa menuliskan kembali dengan bahasa mereka sendiri tentang
asam jawa.
o
Ketika menuliskan kembali, guru
memperhatikan penggunaan tanda baca, kata sambung, dan huruf besar
o Berikut
langkah-langkah percobaan.
o Siswa
mengambil dua buah asam yang sudah tua.
o Siswa membuka
buah asam dengan menekannya.
o Satu buah
asam dijemur di bawah matahari.
o
Buah yang lain dimasukkan dalam
plastik.
o Setelah
melakukan percobaan, siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang pengeringan makanan.
o Siswa
mencari informasi mengenai proses pengeringan makanan di lingkungannya.
o Siswa
menjelaskan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o Siswa
melakukan perenungan tentang Pembelajaran 2 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada
buku siswa.
o Guru
mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang
terlampir pada halaman 150
Pengayaan
•
Siswa membaca teks dan mencari
pikiran pokok dari tiap paragraf.
Remedial
•
Siswa yang masih kesulitan
tentang konsep perubahan satuan akan diberikan penguatan konsep oleh guru. Guru
menyiapkan soal latihan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1.
IPS
: Peta pikiran pahlawan Diponegoro dinilai dengan daftar periksa
Dalam
cerita yang ditulis oleh siswa harus termuat hal-hal berikut ini secara benar
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan
nama dan tempat lahir Diponegoro dengan benar
|
|
|
Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh
Diponegoro dengan benar
|
|
|
Menuliskan sikap Diponegoro
|
|
|
2.
Matematika : Mengerjakan soal-soal
yang dinilai dengan nilai angka.
3.
Bahasa Indonesia dan IPA :
Menuliskan kembali asam jawa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Usaha baik
|
Usaha cukup
|
Usaha yang kurang
|
Pikiran
pokok
|
Menuliskan
semua pikiran
pokok tiap
paragraf dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian besar
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian kecil
pikiran pokok
tiap paragraf
dengan
benar
|
Kelengkapan
isi
|
Siswa
menuliskan
semua manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah
(bagian-bagian
asam) dengan
benar.
|
Siswa
menuliskan
sebagian
besar manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah (bagian-bagian
asam) dengan
benar.
|
Siswa
menuliskan
sebagian
kecil manfaat
sumber daya
alam rempah-rempah
(bagianbagian
asam) dengan
benar.
|
Siswa tidak
menuliskan
manfaat
dengan benar
|
Menuliskan
kembali
|
Siswa
menuliskan
kembali cerita
asam jawa
dengan runtut
dan terinci.
|
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
runtut tapi
kurang terinci
|
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
kurang runtut.
|
Siswa
menuliskan
kembali isi
cerita dengan
kurang runtut
dan kurang
terinci.
|
Ejaan
|
Semua ejaan
dalam tulisan
benar.
|
Sebagian besar
ejaan dalam
tulisan benar
|
Sebagian
ejaan dalam
tulisan benar
|
Sebagian kecil
ejaan dalam
tulisan benar
|
4. IPA:
Percobaan pengeringan makanan.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menjelaskan
teknologi yang digunakan dengan benar
|
|
|
Memprediksi
hasil dari percobaan dengan benar
|
|
|
Menjelaskan dampak dari teknologi yang
digunakan
|
|
|
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Teks
Pangeran Diponegoro, asam atau buah-buahan lain yang bisa
dikeringkan
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta
pikiran mengenai Pangeran Diponegoro!
Lembar Pengamatan
Kegiatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria 1 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 2 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 3 : …………………………………………………………………………………...
Kriteria 4 : …………………………………………………………………………………...
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment