RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Pahlawanku
kebanggaanku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan
politik dalam masyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab
terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1
Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1 Menyebutkan perjuangan dan perilaku yang
pantas ditiru dari pahlawan Pattimura
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas
antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1 Menceritakan sikap kepahlawanan yang
dilakukan oleh pahlawan Pattimura
b) Bahasa Indonesia
1.2
Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4
Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1 Menyebutkan perjuangan Pattimura
4.5
Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah
dan perkembangan Hindu-Budha di
Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.5.1 Menceritakan perjuangan Pattimura dalam
melawan penjajah
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas
3.2
Memahami
aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
3.3.1 Membulatkan
hasil pengukuran berat ke puluhan terdekat
4.17 Menyatakan
kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.
4.17.1
Menyebutkan
data tertinggi dan data terendah dari suatu tabel yang disajikan
4.17.2 Membulatkan
data dari tabel yang disajikan ke satuan terdekat
d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7
Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,dan
masyarakat
3.7.1 Menyebutkan rempah-rempah dan ciri-cirinya.
4.6
Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan SDA rempah-rempah dan
pemanfaatnnya oleh masyarakat
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Perjuangan
dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Pattimura
2.
Teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
3.
Aturan
pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
4.
Rempah-rempah
dan ciri-cirinya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku
kebanggaanku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
|
B.Kegiatan Inti
|
|
150 menit
|
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1.
IPS dan Bahasa
Indonesia: Cerita tentang Pahlawan Pattimura dinilai dengan cek list.
Dalam
cerita yang ditulis oleh siswa harus termuat hal-hal berikut ini secara benar
Kriteria
|
ya
|
Tidak
|
Perjuangan
yang dilakukan oleh Pattimura dengan benar
|
|
|
Alasan
dari perjuangan yang dilakukan
|
|
|
Dampak
dari perjuangan yang dilakukan
|
|
|
Hal-hal
positif yang bisa dicontoh
|
|
|
2.
Matematika: Pembulatan
dan menyimpulkan tabel dinilai dengan nilai angka.
3.
Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151
(teliti, rasa ingin tahu dan kepahlawanan).
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : Teks
Pattimura
Sumber Belajar : Buku Guru
dan Buku siswa, Lingkungan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar pahlawan yang telah kamu amati di atas, jawablah pertanyaan
berikut
Apa yang kamu ketahui tentang Pahlawan Nasional? …………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Apa yang ingin kamu tanyakan tentang Pahlawan Nasional?
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment