Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 5 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Neg. 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 4/1
Tema 5                                       : Pahlawanku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Pahlawanku kebanggaanku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.1.1   Menyebutkan perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Pattimura
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.1.1   Menceritakan sikap kepahlawanan yang dilakukan oleh pahlawan Pattimura

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.1   Menyebutkan perjuangan Pattimura
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan        perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.1  Menceritakan perjuangan Pattimura dalam melawan penjajah


c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.2         Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
3.3.1 Membulatkan hasil pengukuran berat ke puluhan terdekat
4.17  Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.
4.17.1    Menyebutkan data tertinggi dan data terendah dari suatu tabel yang disajikan
4.17.2 Membulatkan data dari tabel yang disajikan ke satuan terdekat

d) IPA
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,dan masyarakat
3.7.1   Menyebutkan rempah-rempah dan ciri-cirinya.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1   Menjelaskan SDA rempah-rempah dan pemanfaatnnya oleh masyarakat

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.          Perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Pattimura
2.          Teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan        perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
3.          Aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
4.          Rempah-rempah dan ciri-cirinya
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “pahlawanku kebanggaanku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Setelah siswa belajar sikap kepahlawanan pada tokoh di masa Hindu, Budha, Islam, siswa belajar sikap kepahlawanan pada pahlawan nasional.
o   Siswa mengamati peta Indonesia yang dilengkapi gambar pahlawan-pahlawan dari berbagai daerah di Indonesia.
o   Pada saat mengamati peta, guru meminta siswa untuk mengamati hal-hal berikut:
1.      Nama pahlawan
2.      Asal pahlawan

o   Guru menanyakan: Apakah setiap daerah di Indonesia mempunyai pahlawan?
o   Siswa mengamati peta Indonesia dengan gambar pahlawan. Siswa secara individu menuliskan
o   Siswa mengamati peta Indonesia dengan gambar pahlawan. Siswa secara individu menuliskan
o   Guru membawa gambar Pahlawan Pattimura. Gambar tersebut di pasang di papan tulis atau di depan kelas. Guru bertanya: Apakah kalian mengenal Pahlawan Pattimura? Siswa menjawab pertanyaan tersebut secara bergantian.
o   Guru menjelaskan pada pertemuan kali ini akan belajar perjuangan Pahlawan Pattimura.
o   Siswa membaca teks tentang pahlawan Pattimura. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati.
o   Siswa dibagi dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
o   Guru memancing diskusi siswa dengan menanyakan :
Perjuangan apa yang dilakukan Pattimura?
Apa dampak dari perjuangan itu ?
Mengapa Pattimura disebut sebagai Pahlawan Nasional?

o   Siswa menceritakan perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan Pattimura dan dampak dari perjuangan tersebut bagi Indonesia.
o   Awalnya siswa membuat peta pikiran tentang hal-hal apa saja yang mereka tulis.
o   Siswa memberikan nomer sesuai dengan urutan yang diinginkan.
o   Guru memeriksa peta pikiran yang dibuat oleh siswa untuk memastikan semua kriteria sudah terpenuhi.
o   Siswa menuliskan dalam templet yang sudah disiapkan di buku siswa.
o   Guru memerikasa tulisan yang dibuat oleh siswa dengan cara berkeliling. Guru memberikan tanda dengan bolpoin jika ada tanda baca, huruf besar dan kata sambung yang tidak tepat.
o   Siswa menukar jawaban dengan teman sebangkunya. Siswa juga saling memberikan tanda jika tulisan siswa kurang sesuai.
o   Produk tulisan yang dihasilkan oleh siswa bisa dipajang di kelas sebagai display.
o   Produk ini diperiksa oleh guru dan dinilai. Penilaian sesuai dengan tabel periksa no 1.
o   Guru menyiapkan berbagai macam rempah-rempah ke kelas. Rempah-rempah disesuaikan dengan potensi dari daerah masing-masing.
o   Contoh rempah-rempah tersebut misalnya pala, lada, cengkih, pala, kayu manis, adas, kapulaga, dan jinten dan lain-lain.
o   Rempah-rempah tersebut dimasukkan ke dalam plastik dengan berat sekitar 80 sampai 100 gram. Misal 94 gram, 86 gram, dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar nanti pada saat pengukuran siswa bisa membulatkan. (untuk kegiatan Matematika)
o   Guru menanyakan manfaat rempah-rempah.
o   Guru menannyakan manfaat lada dan cengkeh dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menjawab secara bergatian Guru menguatkan pengetahuan siswa akan manfaat lada dan cengkeh.
o   Siswa membaca teks tentang rempah-rempah.
o   Siswa mencari informasi mengenai manfaat rempah-rempah. Siswa bisa mencari informasi dengan membaca buku, teks bacaan, atau bertanya ke Guru.
o   Siswa menulis manfaat rempah-rempah pada tabel yang disediakan di buku siswa.
o   Siswa menukar jawabannya dengan temannya.
o   Guru menguatkan jawaban yang benar
o   Siswa dibagi dalam kelompok
o   Guru memotivasi siswa untuk mengira-ngira berat rempah-rempah.
o   Guru memberikan pertanyaan kepada siswa:
Kira-kira berapa berat dari pala ini. Sambil guru menunjukkan pala ke semua siswa. Berikan perkiraan angka yang dapat diduga.
o   Siswa menuliskan hasil perkiraannnya dalam tabel.
o   Setelah siswa memperkirakan berat rempah-remah tadi, mintalah siswa menimbang rempah-rempah dengan menggunakan timbangan.
o   Siswa menuliskan hasil penimbang berat rempah-rempah dalam tabel
o   Siswa membulatkan hasil pengukurannya ke puluhan terdekat. Dan guru mengiingatlah siswa cara pembulatan di semester 1
o   Siswa menganalisis grafik tentang lahan yang digunakan untuk menanam tanaman cengkeh di Indonesia.
o   Distribusi Lahan Cengkih (ha) menurut Provinsi tahun 2007
o   Dari tabel yang disajikan siswa akan menjawab pertanyaan tentang luas lahan:
o   Dari data yang disajikan, siswa akan membulatkan luas lahan cengkih.
o   Guru memberikan instruksi: Amati data pembulatan tabel! pembulatan mana yang kamu anggap paling benar. Jelaskan! Aturan pembulatan yang paling benar dilakukan oleh Siti
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 1 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

Pengayaan
o   Siswa dapat mencari informasi lain tentang manfaat rempah-rempah dari berbagai informasi lain misalkan buku, internet dan koran.

Remedial
o   Siswa yang belum bisa membulatkan bilangan akan diberikan kegiatan tambahan selama 30 menit setelah pulang sekolah.
o   Guru menyiapkan tabel tentang sebuah data dan siswa membuatkan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
      15    menit

E. Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




Penilaian

1.      IPS dan Bahasa Indonesia: Cerita tentang Pahlawan Pattimura dinilai dengan cek list.

Dalam cerita yang ditulis oleh siswa harus termuat hal-hal berikut ini secara benar

Kriteria
ya
Tidak
Perjuangan yang dilakukan oleh Pattimura dengan benar


Alasan dari perjuangan yang dilakukan


Dampak dari perjuangan yang dilakukan


Hal-hal positif yang bisa dicontoh



2.        Matematika: Pembulatan dan menyimpulkan tabel dinilai dengan nilai angka.

3.        Penilaian sikap akan dinilai dengan lembar penilaian halaman 151 (teliti, rasa ingin tahu dan kepahlawanan).


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : Teks Pattimura
Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku siswa, Lingkungan



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA
(LKS) 

Perhatikan gambar berikut!




Berdasarkan gambar pahlawan yang telah kamu amati di atas, jawablah pertanyaan berikut

 
Apa yang kamu ketahui tentang Pahlawan Nasional? …………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………


Apa yang ingin kamu tanyakan tentang Pahlawan Nasional? 
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………


MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 2 PB 1
        

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors