RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau
teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang
kegiatan dan bermain
di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana
kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan
dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
3.2.3 Menyebutkan urutan
kegiatan dengan
topik tertentu.
4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan
yang dilakukan.
4.2.5 Menyimpulkan isi cerita
narasi yang
telah ditulis
b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat
dan segi
enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang
sederhana dari
benda-benda di sekitar.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi
tiga, segi
empat dan segi enam beraturan.
4.6 Mengurai unsur-unsur
bangun ruang
sederhana dari bendabenda di sekitar.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis
(sisi) pada
bangun datar tertentu.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi
tiga, segi
empat dan segi enam dengan
ukuran tertentu.
d) SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak
kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo
lambat, sedang, dan
cepat sesuai dinamika gerak.
3.3. Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak
kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo
lambat, sedang, dan cepat
sesuai dinamika gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi
berbagai bentuk
gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
4.12.7 Menirukan gerakan
bekerja melalui
gerak anggota tubuh dengan
menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.8 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota
tubuh dengan
menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur yang membentuk segi
tiga, segi
empat dan segi enam beraturan.
3.
Gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o Siswa
diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat
o Guru
membimbing siswa mengamati gambar kegiatan screening kesehatan.
o Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan secreening kesehatan (mengamati).
o Siswa
mendeskripsikan gambar kegiatan pemeriksaan kesehatan (menalar).
o Siswa
membaca teks bacaan tentang kegiatan pemeriksaan kesehatan (mengamati).
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahama tentang
perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal.
o Guru
meminta siswa mengamati gambar dokter sedang memeriksa pasien.
o Siswa
mengamati gambar dengan cermat
o Siswa
menirukan gerakan dokter ketika memeriksa pasien.
o Guru
menggunakan lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan siswa ketika menirukan
gerakan dokter.
o Guru
membimbing siswa dalam membuat kreasi bangun dari sedotan.
o Siswa
membuat bangun dari sedotan.
Alat dan
Bahan:
-
Gunting, benang, sedotan, dan
lidi.
Cara
Membuat
-
Tentukan bangun yang akan dibuat.
-
Siapkan sedotan sebagai sisinya
dan masukkan lidi ke dalam
sedotan agar sedotan kaku atau lurus.
-
Hubungkan sisi dengan mengikat
lidi dengan benang
-
Guru meminta siswa mengamati
gambar bangun ruang dan bangun
datar beserta sisinya dengan cermat.
-
Siswa megamati gambar dengan
cermat.
Alternatif Pembelajaran:
•
Guru memperlihatkan media bangun
ruang dan bangun datar
secara klasikal, siswa melakukan diskusi dengan teman sebangku untuk membedakan
sisi-sisinya. Siswa melakukan tanya-jawab
kepada teman bangku lain yang difasilitasi guru.
•
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi dan menulis
hasil diskusi mereka. beberapa
kelompok maju mengutarakan hasil diskusi, kelompok yang lain menanggapi.
•
Guru menggunakan lembar
pengamatan untuk memantau kegiatan
siswa.
Alternatif Jawaban:
•
Sisi bangun ruang berupa bangun
datar, sedangkan sisi bangun datar
berupa ruas garis
•
Guru meminta siswa menggambar
bangun yang telah mereka buat
dengan sedotan.
•
Dengan bimbingan guru, siswa
menggambar bangun yang telah ia
buat.
•
Guru membimbing siswa untuk
menulis jadwal kegiatan yang telah ia
kerjakan hari ini.
•
Siswa menuliskan kegiatan beserta
waktunya.
•
Siswa menuliskan cerita tentang
pengalaman mengikuti pemeriksaan
kesehatan.
•
Guru melakukan bimbingan kepada
siswa dalam menulis cerita.
•
Siswa membaca kembali cerita yang
telah ditulis.
•
Guru meminta siswa menulis isi
cerita yang telah ia tulis.
Alternatif Jawaban
o Isi
cerita:
•
Menimbang badan, mengukur tinggi
badan, pemeriksaan mata, dan
lain-lain.
Pengayaan:
o Jika
siswa sudah bisa menirukan gerakan dokter dengan benar, maka siswa diberi
tugas lanjutan
untuk menirukan gerakan pekerja sesuai cita-citanya.
o Jika
siswa sudah dapat membuat bangun ruang dan bangun datar dengan sedotan, maka siswa diberi tugas lanjutan yaitu
membuat kreasi dari sedotan.
o Jika
siswa sudah bisa mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar, maka siswa diminta mencari contoh bangun
datar dan bangun ruang yang lain.
o Jika
siswa sudah bisa membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang, maka
guru memberi tugas kepada siswa
mengidentifikasi bangun yang lain.
o Jika
siswa sudah bisa membuat jadwal kegiatan hari ini, maka guru memberi tugas
lanjutan untuk
menyusun jadwal kegiatan lain. Misalnya kegiatan Jumat bersih, dan lain-lain.
o Jika
siswa sudah bisa menulis cerita, maka guru memberi tugas mendampingi siswa
lain yang masih kesulitan.
Remedial:
o Jika
siswa kesulitan dalam menirukan gerakan dokter dengan benar, maka guru
memberikan bimbingan
yang intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam membuat bangun ruang dan bangun datar dengan sedotan, maka guru memberikan bimbingan
yang intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar, maka guru memberikan bimbingan yang
intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang,
maka guru memberikan bimbingan yang
intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam membuat jadwal kegiatan hari ini, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam menulis cerita, maka guru memberikan bimbingan yang
intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
Membuat jadwal kegiatan harian.
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Dapat menyebutkan 4 kegiatan beserta waktunya
dengan benar
|
4
|
2.
|
Dapat menyebutkan 3 kegiatan beserta waktunya dengan benar
|
3
|
3.
|
Dapat menyebutkan 2 kegiatan beserta waktunya dengan benar
|
2
|
4
|
Dapat menyebutkan 1 kegiatan beserta waktunya dengan benar
|
1
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Melakukan
Menirukan Gerakan Dokter
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan
Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan kepala sesuai
|
|
|
2.
|
Keterampilan melakukan gerakan badan sesuai
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan tangan sesuai
|
|
|
4
|
Keterampilan
melakukan gerakan kaki sesuai
|
|
|
c. Membuat Bangun
dari Sedotan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
bentuk
|
Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar dengan
rusuk dan sisi
lurus
|
Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar ada sebagian kecil
sisi tidak lurus
|
Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar sebagian
besar rusuk dan sisi tidak lurus
|
Tidak membentuk
bangun ruang atau
bangun dat
|
2
|
Kerapian
|
Hasil bangun sangat rapi
|
Hasil bangun
rapi
|
Hasil bangun
cukup rapi
|
Hasil bangun tidak rapi
|
d. Lembar Pengamatan
Berdiskusi
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan
Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan
memberikan contoh-contoh aktivitas yang
terkait tema
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
e. Lembar Pengamatan
Menggambar
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran Konsep
|
Semua gambar
bangun ruang
dan bangun datar
terkelompokan
dengan benar
|
Sebagian besar
gambar bangun
ruang dan
bangun datar
terkelompokan
dengan benar.
|
Sebagian kecil
bangun ruang
dan bangun datar
terkelompokan
dengan benar
|
Gambar bangun
ruang dan bangun
datar tidak
terkelompokan
dengan benar.
|
2
|
Kerapian
|
Gambar sangat
rapi
|
Gambar rapi
|
Gambar cukup rapi
|
Gambar kurang
rapi
|
f. Lembar Pengamatan Membuat
Jadwal Harian
Rubrik
Membuat Jadwal Harian
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Urutan kegiatan
|
Seluruh kegiatan
di tulis secara
urut
|
Sebagian besar
kegiatan di tulis
secara urut
|
Sebagian kecil
kegiatan di tulis
secara urut
|
Kegiatan tidak di
susun secara utut
|
2
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
tanda baca, dan
kata depan secara
tepat tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan kurang
digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Bungkus sikat gigi.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Ayo berdiskusi dengan tertib!
Apakah perbedaan sisi bangun ruang dan sisi bangun
datar? Apakah sisi itu?
Tulislah hasil diskusimu!
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 5
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment