Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 5 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik tertentu.
4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan yang dilakukan.
4.2.5 Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis

b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.

d) SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3. Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12.7 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.
4.12.8 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar kegiatan screening kesehatan.
o   Siswa mengamati gambar tentang kegiatan secreening kesehatan (mengamati).
o   Siswa mendeskripsikan gambar kegiatan pemeriksaan kesehatan (menalar).
o   Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan pemeriksaan kesehatan (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  •  Apa yang dilakukan Siti dan teman-temannya?
  • Siapakah yang melakukan pemeriksaan?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahama tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Guru meminta siswa mengamati gambar dokter sedang memeriksa pasien.
o   Siswa mengamati gambar dengan cermat
o   Siswa menirukan gerakan dokter ketika memeriksa pasien.
o   Guru menggunakan lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan siswa ketika menirukan gerakan dokter.
o   Guru membimbing siswa dalam membuat kreasi bangun dari sedotan.
o   Siswa membuat bangun dari sedotan.

Alat dan Bahan:
-          Gunting, benang, sedotan, dan lidi.

Cara Membuat
-          Tentukan bangun yang akan dibuat.
-          Siapkan sedotan sebagai sisinya dan masukkan lidi ke dalam sedotan agar sedotan kaku atau lurus.
-          Hubungkan sisi dengan mengikat lidi dengan benang
-          Guru meminta siswa mengamati gambar bangun ruang dan bangun datar beserta sisinya dengan cermat.
-          Siswa megamati gambar dengan cermat.

Alternatif Pembelajaran:
         Guru memperlihatkan media bangun ruang dan bangun datar secara klasikal, siswa melakukan diskusi dengan teman sebangku untuk membedakan sisi-sisinya. Siswa melakukan tanya-jawab kepada teman bangku lain yang difasilitasi guru.
         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi dan menulis hasil diskusi mereka. beberapa kelompok maju mengutarakan hasil diskusi, kelompok yang lain menanggapi.
         Guru menggunakan lembar pengamatan untuk memantau kegiatan siswa.

Alternatif Jawaban:
         Sisi bangun ruang berupa bangun datar, sedangkan sisi bangun datar berupa ruas garis
         Guru meminta siswa menggambar bangun yang telah mereka buat dengan sedotan.
         Dengan bimbingan guru, siswa menggambar bangun yang telah ia buat.
         Guru membimbing siswa untuk menulis jadwal kegiatan yang telah ia kerjakan hari ini.
         Siswa menuliskan kegiatan beserta waktunya.
         Siswa menuliskan cerita tentang pengalaman mengikuti pemeriksaan kesehatan.
         Guru melakukan bimbingan kepada siswa dalam menulis cerita.
         Siswa membaca kembali cerita yang telah ditulis.
         Guru meminta siswa menulis isi cerita yang telah ia tulis.

Alternatif Jawaban
o   Isi cerita:
         Menimbang badan, mengukur tinggi badan, pemeriksaan mata, dan lain-lain.

Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menirukan gerakan dokter dengan benar, maka siswa diberi tugas lanjutan untuk menirukan gerakan pekerja sesuai cita-citanya.
o   Jika siswa sudah dapat membuat bangun ruang dan bangun datar dengan sedotan, maka siswa diberi tugas lanjutan yaitu membuat kreasi dari sedotan.
o   Jika siswa sudah bisa mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar, maka siswa diminta mencari contoh bangun datar dan bangun ruang yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang, maka guru memberi tugas kepada siswa mengidentifikasi bangun yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa membuat jadwal kegiatan hari ini, maka guru memberi tugas lanjutan untuk menyusun jadwal kegiatan lain. Misalnya kegiatan Jumat bersih, dan lain-lain.
o   Jika siswa sudah bisa menulis cerita, maka guru memberi tugas mendampingi siswa lain yang masih kesulitan.

Remedial:
o   Jika siswa kesulitan dalam menirukan gerakan dokter dengan benar, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam membuat bangun ruang dan bangun datar dengan sedotan, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam membuat jadwal kegiatan hari ini, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam menulis cerita, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Membuat jadwal kegiatan harian.


Kriteria
Bobot
1.
Dapat menyebutkan 4 kegiatan beserta waktunya dengan benar
4
2.
Dapat menyebutkan 3 kegiatan beserta waktunya dengan benar
3
3.
Dapat menyebutkan 2 kegiatan beserta waktunya dengan benar
2
4
Dapat menyebutkan 1 kegiatan beserta waktunya dengan benar
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Melakukan Menirukan Gerakan Dokter
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan kepala sesuai


2.
Keterampilan melakukan gerakan badan sesuai


3.
Keterampilan melakukan gerakan tangan sesuai


4
Keterampilan melakukan gerakan kaki sesuai



c. Membuat Bangun dari Sedotan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
bentuk
Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar dengan
rusuk dan sisi
lurus
Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar ada sebagian kecil
sisi tidak lurus

Bentuk berupa
bangun ruang
atau bangun
datar sebagian
besar rusuk dan sisi tidak lurus
Tidak membentuk
bangun ruang atau
bangun dat
2
Kerapian
Hasil bangun sangat rapi
Hasil bangun
rapi
Hasil bangun
cukup rapi
Hasil bangun tidak rapi

d. Lembar Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berdiskusi
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang
terkait tema


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



e. Lembar Pengamatan Menggambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran Konsep
Semua gambar
bangun ruang
dan bangun datar
terkelompokan
dengan benar
Sebagian besar
gambar bangun
ruang dan
bangun datar
terkelompokan
dengan benar.
Sebagian kecil
bangun ruang
dan bangun datar
terkelompokan
dengan benar
Gambar bangun
ruang dan bangun
datar tidak
terkelompokan
dengan benar.
2
Kerapian
Gambar sangat
rapi
Gambar rapi
Gambar cukup rapi
Gambar kurang
rapi

f. Lembar Pengamatan Membuat Jadwal Harian
Rubrik Membuat Jadwal Harian

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Urutan kegiatan
Seluruh kegiatan
di tulis secara urut
Sebagian besar
kegiatan di tulis
secara urut
Sebagian kecil
kegiatan di tulis
secara urut
Kegiatan tidak di
susun secara utut
2
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
tanda baca, dan
kata depan secara
tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan kurang
digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru

Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru



F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Bungkus sikat gigi.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Ayo berdiskusi dengan tertib!
Apakah perbedaan sisi bangun ruang dan sisi bangun
datar? Apakah sisi itu?
Tulislah hasil diskusimu!
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 6



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors