RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan
kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam
melakukan berbagai
aktivitas fisik
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan
pendinginan sebelum
dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
3.9.1 Mengidentifikasi
berbagai aktivitas
pemanasan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
3.9.2 Mengidentifikasi
berbagai aktivitas
pendinginan setelah
melakukan aktivitas.
3.9.3 Menjelaskan manfaat pemanasan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
3.9.4 Menjelaskan manfaat pendinginan setelah melakukan aktivitas
fisik.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan
sebelum dan setelah
melakukan aktivitas fisik
4.9.1 Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas
fisik
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam
kehidupan beragama,
suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobi
sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih
sayang, jujur,
disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga,
teman, dan guru
sebagai perwujudan moral
Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi
berbagai aturan
yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang
sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di
sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib
di rumah
dan sekolah.
4.2.3 Melaksanakan tata tertib
di lingkungan
sekolah
c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks cerita
narasi sederhana
kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.3 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan
dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita
narasi yang
telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Manfaat pemanasan dan
pendinginan sebelum
dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
2.
Tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan di sekolah
3.
Teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o Siswa
diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat
o Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya melakukan kegiatan
senam (mengamati).
o Siswa
mengamati teks bacaan tentang kegiatan senam kesegaran jasmani (mengamati).
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang
perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o Guru
mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o Pembelajaran
hari ini adalah mengikuti Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang dilakukan oleh
sekolah. Guru meminta siswa mengidentifikasi
gerakan pemanasan, inti, dan pendinginan.
o Masing-masing
daerah atau sekolah melaksanakan SKJ berbedabeda, guru mengikuti gerakan SKJ yang
diterapkan di sekolah.
Berikut adalah gambaran tentang senam.
Sikap
Inti
Pendinginan
Alternatif Pembelajaran
o Siswa
menuliskan alasan mengapa harus dilakukan pemanasan dan pendinginan pada kegiatan
senam.
o Guru
membimbing siswa dalam menulis.
o Guru
menggunakan lembar pengamatan untuk memantau kegiatan siswa.
Manfaat pemanasan:
Manfaat pendinginan:
Pengayaan:
Remedial:
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan
kegiatan yang sesuai dan yang tidak sesuai PHBS di sekolah.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Melakukan Gerakan
Pemanasan dan Pendinginan
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan
Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan pemanasan
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan pemanasan.
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan pendinginan
|
|
|
4
|
Ketaatan pada aturan
melakukan gerakan pendinginan
|
|
|
c. Menulis Manfaat
Pemanasan dan Pendinginan dalam Aktivitas Senam.
Rubrik Menulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
tanda baca, dan
kata depan secara
tepat tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Keefektifan
kalimat
|
Mengandung
unsur kalmat yang lengkap dengan
susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalmat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalmat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalmat yang
kurang lengkap
dan tidak jelas
susunannya juga
kurang sulit dipahami
|
3
|
Kesesuaian
dengan isi cerita
dengan topik
pembahasan
|
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan
dan dapat
mengembangkan
cerita lebih
luas dan tanpa
bimbingan guru
|
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan dan
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
dan dilakukan
tanpa bimbingan
guru
|
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
walaupun telah
dibimbing guru
bimbingan guru
|
|
Alur cerita pada
bacaan
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
sempurna
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita namun
diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang kurang sempurna
|
Alur cerita pada bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita dan
diceritakan
dengan awal dan akhir cerita yang
kurang sempurna
|
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita dan tidak
membuat akhir cerita
|
d. Membaca Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Lafal dan
Intonasi
|
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
|
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang
kurang tepat
|
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat
|
2
|
Mimik
|
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata
keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah saja
|
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
|
3
|
Sikap Saat
Membaca
|
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
|
Berani tapi kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
|
4
|
Suara
|
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman sekelas
|
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kecil
sebagian teman tidak dapatmen dengar
|
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa Tema 5
“Hidup Bersih dan Sehat”.
2. Bungkus sikat
gigi.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124 198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment