Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 5 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.1 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.2 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
3.9.3 Menjelaskan manfaat pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.4 Menjelaskan manfaat pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
4.9.1 Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah

c) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.3 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
2.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya melakukan kegiatan senam (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan tentang kegiatan senam kesegaran jasmani (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang dilakukan siswa pada gambar?
  • Apakah gerakan yang mereka lakukan?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Pembelajaran hari ini adalah mengikuti Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang dilakukan oleh sekolah. Guru meminta siswa mengidentifikasi gerakan pemanasan, inti, dan pendinginan.
o   Masing-masing daerah atau sekolah melaksanakan SKJ berbedabeda, guru mengikuti gerakan SKJ yang diterapkan di sekolah.

Berikut adalah gambaran tentang senam.
Sikap
  • Sebelum memulai untuk melakukannya, sikap siswa adalah badan tegap dengan bahu rileks. Kedua tangan berada di samping badan serta pandangan lurus ke depan. Kedua kaki lurus dengan tumit rapat dan ujung kaki menghadap serong.
Pemanasan
  • Setelah sikap benar, mulailah dengan melakukan gerakan jalan di tempat, diikuti gerakan kepala menoleh ke kanan dan ke kiri, menengadah dan menunduk dan juga gerakan memutar searah jarum jam dan juga sebaliknya. Lakukan gerakan bahu, gerakan lengan dan punggung bagian atas, gerakan tekuk lengan, kaki bertumpu pada tumit, gerakan peregangan dinamis otot samping badan serta gerakan peregangan statis.
Peralihan
  • Setelah melakukan pemanasan, tahap selanjutnya adalah gerakan peralihan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan gerakan jalan, tepuk tangan, maju dan juga mundur.
Inti
  • Gerakan inti dalam latihan ini dapat dilakukan dengan meluruskan dan menekuk lengan, memanah, mengayun dan mengangkat kaki, meluruskan dan menarik lengan, koordinasi gerakan tangan dan kaki.
Pendinginan
  • Tahap pendinginan yaitu dengan gerakan peregangan dinamis dan juga gerakan peregangan statis.
  • Siswa melakukan gerakan pemanasan seperti yang telah ia lakukan ketika mengikuti senam di sekolah.
  • Siswa melakukan gerakan pendinginan seperti yang telah ia lakukan ketika mengikuti senam di sekolah.
 Alternatif Pembelajaran
o   Siswa menuliskan alasan mengapa harus dilakukan pemanasan dan pendinginan pada kegiatan senam.
o   Guru membimbing siswa dalam menulis.
o   Guru menggunakan lembar pengamatan untuk memantau kegiatan siswa.

Manfaat pemanasan:
  • Meningkatkan suhu tubuh.
  • Menurunkan kekentalan darah.
  • Menambah keberanian.
  • Mengurangi bahaya cedera.
  • Menyiapkan aktivitas selanjutnya.
  • Melemaskan otot dan persendian.
  • Untuk kebersamaan (dilakukan bersama-sama).
 Manfaat pendinginan:
  • Kebalikan dari pemanasan. Respirasi, suhu tubuh, dan denyut jantung secara bertahap kembali normal.
  • Selama tahap pendinginan, kaki membantu mengembalikan darah kembali ke jantung. Tiba-tiba menghentikan aktivitas kardiovaskular menyebabkan darah berkumpul di kaki bukannya bersirkulasi ke otak.
  • Tidak cukup pasokan darah di otak dapat menyebabkan pusing.
  • Pendinginan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Pendinginan juga dapat mengurangi asam laktat di dalam darah (penumpukan asam laktat dapat membuat badan kita terasa pegal)
  • Siswa mengamati gambar dengan cermat.
  • Siswa memberi tanda centang () untuk kegiatan yang sesuai
  • PHBS dan tanda () untuk kegiatan yang tidak sesuai PHBS.
  • Guru bersama siswa membahas setiap gambar mengapa kegiatan sesuai atau tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
  • Siswa mengingat langkah-langkah gerakan senam yang dilakukan di sekolah.
  • Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang gerakan senam di sekolah
  • Siswa membaca cerita yang telah ditulis dengan percaya diri
  • Guru memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang Benar
Pengayaan:
  • Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan pemanasan dan pendinginan serta mampu memahami manfaatnya, maka guru meminta siswa tersebut membantu membimbing temannya yang kesulitan.
  • Jika siswa sudah bisa mengelompokkan kegiatan yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru meminta mencari contoh yang lain.
  • Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru memberi tugas lanjutan yaitu menulis cerita yang dapat di pajang di mading kelas.
  • Jika siswa sudah bisa membaca cerita dengan baik, maka guru memberikan teks yang lain dengan tema yang sama.
Remedial:
  • Jika siswa kesulitan dalam melakukan gerakan pemanasan dan pendinginan serta tidak mampu memahami manfaatnya, maka guru melakukan pembimbingan yang intensif.
  • Jika siswa kesulitan dalam mengelompokkan kegiatan yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru membimbing secara intensif.
  • Jika siswa kesulitan dalam menulis cerita dengan baik, maka guru membimbing cara menulis cerita secara intensif.
  • Jika siswa kesulitan dalam membaca cerita dengan baik, maka guru memberikan kesempatan kepada siswa tersebut lebih banyak untuk membaca keras.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

  
INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan kegiatan yang sesuai dan yang tidak sesuai PHBS di sekolah.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Melakukan Gerakan Pemanasan dan Pendinginan
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam Gerakan.

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan pemanasan


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan pemanasan.


3.
Keterampilan melakukan gerakan pendinginan


4
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan pendinginan



c. Menulis Manfaat Pemanasan dan Pendinginan dalam Aktivitas Senam.
Rubrik Menulis

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
tanda baca, dan
kata depan secara
tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru

Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
kurang digunakan
secara tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunakan
huruf kapital
tanda baca dan
kata depan
tidak digunakan
secara tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Keefektifan
kalimat
Mengandung
unsur kalmat yang lengkap dengan
susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalmat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat


Mengandung
unsur kalmat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalmat yang
kurang lengkap
dan tidak jelas
susunannya juga
kurang sulit dipahami

3
Kesesuaian
dengan isi cerita
dengan topik
pembahasan
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan
dan dapat
mengembangkan
cerita lebih
luas dan tanpa
bimbingan guru
Cerita sesuai
dengan topik
pembahasan dan
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
dan dilakukan
tanpa bimbingan
guru
Cerita kurang
sesuai dengan
topik pembahasan
walaupun telah
dibimbing guru
bimbingan guru

Alur cerita pada
bacaan
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita dan diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang
sempurna
Alur cerita pada
bacaan tersusun
hirarki sehingga
tidak terjadi
pengulangan
cerita namun
diceritakan
dengan awal dan
akhir cerita yang kurang sempurna
Alur cerita pada bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita dan
diceritakan
dengan awal dan akhir cerita yang
kurang sempurna
Alur cerita pada
bacaan tersusun
kurang hirarki
karena terjadi
pengulangan
cerita dan tidak
membuat akhir cerita


d. Membaca Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Lafal dan
Intonasi
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat
2
Mimik
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata
keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah saja
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja


3
Sikap Saat
Membaca
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
Berani tapi kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca

4
Suara
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman sekelas
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kecil
sebagian teman tidak dapatmen dengar
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas

F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2. Bungkus sikat gigi.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanda centang (v) untuk kegiatan yang sesuai hidup bersih dan sehat atau tanda silang (v) untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan hidup bersih dan sehat!





MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors