Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 4 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu

d) PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pemotivasian
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya belajar model kooperatif (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan tentang pembelajaran kooperatif(mengamati).
o   Guru membagi siswa dalam kelompok, setiap kelompok 4-5 anak.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apa yang dilakukan Siti di kebun?
·         Apakah yang kalian lihat di kebun?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengisi tabel perilaku yang ditemui di sekolah secara berkelompok.
o   Guru membimbing siswa dalam mengisi tabel.
o   Guru menyesuaikan jawaban yang ditulis siswa, jawaban dibahas bersama-sama.
o   Setiap siswa menyalin jawaban yang telah dibahas di buku siswa masing-masing.
o   Siswa secara kelompok membuat slogan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Siswa menulis kalimat slogan kelompoknya.
o   Setiap kelompok membuat slogan di kertas buku gambar kemudian dihias .
o   Siswa membaca hasil diskusi tentang hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Guru memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang benar.
o   Siswa mengamati kotak sampah yang terdapat di sekolah.
o   Siswa menggambar kotak sampah di buku siswa.
o   Guru memberikan memberikan bimbingan kepada siswa ketika sedang menggambar

Pengayaan:
1.      Jika siswa sudah bisa menyebutkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru memberikan tugas lanjutan yaitu membuat kliping atau mading tentang PHBS.
2.      Jika siswa sudah dapat membuat slogan dengan baik, guru membuat lomba membuat slogan dengan tema yang sama.
3.      Jika siswa sudah bisa membaca dengan baik dan benar sesuai EYD, maka guru dapat memberi teks bacaan yang memiliki tema yang sama.

Remedial:
1.      Jika siswa kesulitan dalam menyebutkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, makaguru memberikan bimbingan seperti penjelasan dampak perilaku di sekolah.
2.      Jika siswa kesulitan dalam membuat slogan dengan baik, guru memberikan bimbingan yang intensif.
3.      Jika siswa sudah bisa membaca dengan baik dan benar sesuai EYD, maka guru dapat memberi bimbingan yang intensif seperti sering menunjuk siswa yang belum lancar dalam membaca untuk membaca ke depan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menyebutkan buah dan sayur di kebun sekolah Siti dan di rumah masing-masing.

Jawaban:
Buah = tomat, dan lain-lain.
Sayur = bayam, wortel, dan lain-lain.

Kriteria
Bobot
1.
Dapat menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 3 contoh.
4
2.
Dapat menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 2 contoh.
3
3.
Dapat menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 1 contoh.
2
4
Dapat menyebutkan salah satu contoh perilaku yang sesuai atau tidak sesuai dengan PHBS
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Membuat Slogan
Penilaian: Unjuk Kerja
Membuat Slogan tentang Kebersihan dan Kesehatan di Sekolah
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
dengan tema
Isi menarik dan
sesuai dengan
tema
Isi tidak menarik
dan sesuai
dengan tema
Isi menarik dan tidak sesuai dengan tema
Isi tidak menarik dan tidak sesuai dengan tema
2
Proposional
tulisan
Tulisan dapat
dibaca dengan
jelas dan sesuai
ukuran kertas
Tulisan dapat
dibaca dengan
jelas dan tidak
sesuai ukuran
kertas
Tulisan tidak dapat
dibaca dengan jelas dan sesuai ukuran
kertas

Tulisan tidak dapat
dibaca dengan jelas
dan tidak sesuai
 ukuran kertas
3
Keindahan
Menghias slogan
dengan tampilan
yang menarik
disertai warna yang bervariasi
Menghias
slogan dengan
tampilan yang
menarik namun
menggunakan
warna yang kurang bervariasi
Tidak menghias
slogan dengan
tampilan yang
menarik namun menggunakan
warna yang sangat menarik dan
bervariasi
Tidak menghias
slogan namun hanya mewarnai dengan beberapa bervariasi

c. Menggambar Kotak Sampah
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
segitiga dan
segiempat
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
segitiga atau
segiempat saja
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
tidak segitiga dan segiempat
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
bukan bangun
datar.
2
Kerapian
Seluruh gambar
segiempat rapi dan bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar
segiempat tidak rapi
Terdapat setengah dari gambar segiempat tidak rapi
Sebagian
besar gambar
segiempat tidak
rapi

d. Membaca Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Lafal dan
Intonasi
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa intonasi yang kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang kurang tepat
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat
2
Mimik
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu ara saja
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja

3
Sikap Saat
Membaca
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
Berani tapi kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
3
Suara
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kecil
sebagian teman
tidak dapat
mendengar
Tidak bersuara
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas

F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,



PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19611124 198309 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Setiap siswa harus memiliki perilaku bersih dan sehat.
Catatlah perilaku yang kamu temui di sekolah!
Apakah sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat!

No
Perilaku
Perilaku hidup bersih
dan sehat
Sesuai
Tidak
1.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................



2.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................



3.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................



4.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................



5.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................



6.
.......................................................................
....................................................................... ....................................................................... ....................................................................... .......................................................................






MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors