RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau
teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang
kegiatan dan bermain
di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana
kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan
dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.2.3 Membacakan cerita
narasi yang
telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat
dan segi
enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang
sederhana dari
benda-benda di sekitar.
3.8 Mengidentifikasi
unsur-unsur yang
membentuk segi tiga, segi
empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis
(sisi) pada
bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur
bangun ruang
sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi
enam dengan
ukuran tertentu
d) PPKn
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga
dan sekolah
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang
sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di
sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
di rumah
dan sekolah.
4.2.2 Melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur yang membentuk segi
tiga, segi
empat dan segi enam beraturan.
3.
Berbagai contoh kegiatan yang
sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di
sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Pemotivasian
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o Siswa
diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya belajar model
kooperatif (mengamati).
o Siswa
mengamati teks bacaan tentang pembelajaran kooperatif(mengamati).
o Guru
membagi siswa dalam kelompok, setiap kelompok 4-5 anak.
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apa yang
dilakukan Siti di kebun?
·
Apakah
yang kalian lihat di kebun?
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang
perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o Guru
mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o Siswa
mengisi tabel perilaku yang ditemui di sekolah secara berkelompok.
o Guru
membimbing siswa dalam mengisi tabel.
o Guru
menyesuaikan jawaban yang ditulis siswa, jawaban dibahas bersama-sama.
o Setiap
siswa menyalin jawaban yang telah dibahas di buku siswa masing-masing.
o Siswa
secara kelompok membuat slogan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Siswa
menulis kalimat slogan kelompoknya.
o Setiap
kelompok membuat slogan di kertas buku gambar kemudian dihias .
o Siswa
membaca hasil diskusi tentang hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Guru
memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang benar.
o Siswa
mengamati kotak sampah yang terdapat di sekolah.
o Siswa
menggambar kotak sampah di buku siswa.
o Guru
memberikan memberikan bimbingan kepada siswa ketika sedang menggambar
Pengayaan:
1. Jika
siswa sudah bisa menyebutkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka
guru memberikan tugas lanjutan yaitu
membuat kliping atau mading tentang PHBS.
2. Jika
siswa sudah dapat membuat slogan dengan baik, guru membuat lomba membuat slogan dengan tema yang sama.
3. Jika
siswa sudah bisa membaca dengan baik dan benar sesuai EYD, maka guru dapat memberi teks bacaan yang memiliki
tema yang sama.
Remedial:
1. Jika
siswa kesulitan dalam menyebutkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS,
makaguru memberikan bimbingan seperti penjelasan dampak perilaku di sekolah.
2. Jika
siswa kesulitan dalam membuat slogan dengan baik, guru memberikan bimbingan yang intensif.
3. Jika
siswa sudah bisa membaca dengan baik dan benar sesuai EYD, maka guru dapat memberi bimbingan yang intensif
seperti sering menunjuk siswa yang belum lancar dalam membaca untuk membaca
ke depan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
Menyebutkan buah dan
sayur di kebun sekolah Siti dan di rumah masing-masing.
Jawaban:
Buah = tomat, dan
lain-lain.
Sayur = bayam, wortel, dan lain-lain.
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Dapat menyebutkan
contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 3 contoh.
|
4
|
2.
|
Dapat menyebutkan
contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 2 contoh.
|
3
|
3.
|
Dapat menyebutkan
contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan PHBS masing-masing minimal 1 contoh.
|
2
|
4
|
Dapat menyebutkan salah satu contoh perilaku yang sesuai atau
tidak sesuai dengan PHBS
|
1
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Membuat Slogan
Penilaian: Unjuk
Kerja
Membuat Slogan tentang Kebersihan dan Kesehatan di Sekolah
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
dengan tema
|
Isi menarik dan
sesuai dengan
tema
|
Isi tidak menarik
dan sesuai
dengan tema
|
Isi menarik dan tidak sesuai dengan tema
|
Isi tidak menarik
dan tidak sesuai dengan tema
|
2
|
Proposional
tulisan
|
Tulisan dapat
dibaca dengan
jelas dan sesuai
ukuran kertas
|
Tulisan dapat
dibaca dengan
jelas dan tidak
sesuai ukuran
kertas
|
Tulisan tidak dapat
dibaca dengan jelas dan sesuai ukuran
kertas
|
Tulisan tidak dapat
dibaca dengan jelas
dan tidak sesuai
ukuran kertas
|
3
|
Keindahan
|
Menghias slogan
dengan tampilan
yang menarik
disertai warna yang bervariasi
|
Menghias
slogan dengan
tampilan yang
menarik namun
menggunakan
warna yang kurang bervariasi
|
Tidak menghias
slogan dengan
tampilan yang
menarik namun menggunakan
warna yang sangat menarik dan
bervariasi
|
Tidak menghias
slogan namun hanya mewarnai dengan beberapa bervariasi
|
c. Menggambar Kotak
Sampah
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
segitiga dan
segiempat
|
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
segitiga atau
segiempat saja
|
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
tidak segitiga dan segiempat
|
Gambar yang
dipilih adalah
bangun ruang
yang sisi-sisinya
bukan bangun
datar.
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
segiempat rapi
dan bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar
segiempat tidak
rapi
|
Terdapat setengah dari
gambar segiempat tidak rapi
|
Sebagian
besar gambar
segiempat tidak
rapi
|
d. Membaca Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Lafal dan
Intonasi
|
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
|
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa intonasi yang kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang kurang tepat
|
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat
|
2
|
Mimik
|
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu ara saja
|
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
|
3
|
Sikap Saat
Membaca
|
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
|
Berani tapi kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
|
3
|
Suara
|
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kecil
sebagian teman
tidak dapat
mendengar
|
Tidak bersuara
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Setiap
siswa harus memiliki perilaku bersih dan sehat.
Catatlah
perilaku yang kamu temui di sekolah!
Apakah
sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat!
No
|
Perilaku
|
Perilaku hidup bersih
dan
sehat
|
|
Sesuai
|
Tidak
|
||
1.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
|
|
|
2.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
|
|
|
3.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
....................................................................... .......................................................................
|
|
|
4.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
|
|
|
5.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
|
|
|
6.
|
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
|
|
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment