RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap alam
sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
dan/atau bahasa
daerah.
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana
kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan
dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang
kegiatan di
lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.3 Membacakan cerita
narasi yang
telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat
dan segi
enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.8 Mengidentifikasi
unsur-unsur yang
membentuk segi tiga, segi
empat dan segi enam beraturan.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang
sederhana dari
benda-benda di sekitar.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis
(sisi) pada
bangun datar tertentu.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi
tiga, segi
empat dan segi enam dengan
ukuran tertentu.
c) SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak
kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo
lambat, sedang, dan
cepat sesuai dinamika gerak.
3.2 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi
berbagaibentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja
melalui gerak
kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo
lambat, sedang, dan cepat
sesuai dinamika gerak.
4.12.4 Menirukan gerakan
berkebun melalui
gerak anggota tubuh dengan
menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur bangun ruang
sederhana dari
benda-benda di sekitar.
3.
Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o Siswa
diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya berkunjung ke
kebun sekolah (mengamati).
o Siswa
mengamati teks bacaan tentang kunjungan ke kebun sekolah (mengamati).
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apa yang dilakukan Siti di kebun?
·
Apakah yang kalian lihat di
kebun?
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang
perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o Siswa
mengisi tabel nama buah dan nama sayur.
o Guru
membimbing siswa dalam mengisi tabel.
Alternatif
Jawaban:
o Buah :
tomat
o Sayur :
bayam, terong
o Siswa
menuliskan buah dan sayur yang sering dikonsumsi siswa setiap hari di rumah.
o Guru
memberi penekanan pentingnya mengkonsumsi buahdan sayur
setiap hari.
Alternatif
Jawaban:
o Buah: pisang,
pepaya, mangga, apel, dan lain-lain.
o Sayur :
bayam, daun pepaya, daun ketela, sawi, wortel, dan lain-lain.
o Siswa
menyanyikan lagu “Aku Anak Kuat” dengan percaya diri.
o Siswa
mengamati isi teks lagu “Aku Anak Kuat” dengan cermat.
Anak Kuat
Ciptaan: Ibu Sud
badan aku amat gaya
tidak kan lembek atau lemah
sebagai laskar yang jaya
tumbuh aku membela bangsa
hati aku tahan sangat
segala sukar kuderita
sebagai laskar yang kuat
hati aku membela bangsa
kita ini anak tegap
teguh menahan susah payah
sebagai laskar yang lengkap
kita membela Indonesia
o Siswa
memperhatikan gerakan berkebun dengan cermat.
o Siswa
menirukan gerakan menggunting dengan benar melalui gambar secara bergantian.
o Guru
menggunakan lembar pengamatan untuk memantau kegiatan siswa.
o Siswa
mengamati gambar tempat sampah dengan cermat.
o Dengan
bimbingan guru, siswa mengurai sisi-sisi tempat sampah.
o Siswa
diminta menggambar bentuk sisi, mencatat banyak sisi dan sudut tempat sampah.
Alternatif
Pembelajaran:
o Guru
membawa media tempat sampah untuk menunjukkan secara langsung sisi bangun
ruang.
o Guru juga
dapat membuat bangun dari karton sebagai media pembelajaran di kelas.
o Semua
siswa membuat bangun ruang seperti kotak sampah dari kertas karton sebagai media
pembelajaran, kemudian menentukan
sisinya.
o Menyusun
Tanggram
Alat dan Bahan:
•
Kertas lipat
•
Lem kertas
•
Guting
•
Penggaris
•
Pensil
•
Penghapus
Cara Kerja:
•
Siswa membuat kreasi menyusun
tanggram menjadi bentuk hewan
atau manusia.
•
Siswa diberi 1 kertas lipat,
digunting seperti gambar di samping membentuk
segitiga dan segiempat.
•
Susunlah kertas tersebut menjadi
sebuah hewan atau manusia.
•
Tempelkan kertas lipat tersebut
di petak pada buku siswa masing-masing.
•
Berilah keterangan gambar apakah
yang kalian buat.
•
Siswa mengingat langkah-langkah
kunjungan Siti ke kebun sekolah.
•
Guru membimbing siswa untuk
menulis cerita sederhana tentang
kegiatan di kebun sekolah.
•
Siswa membaca cerita yang telah
ditulis dengan percaya diri.
•
Guru memberikan contoh cara
membaca sesuai EYD yang benar.
Pengayaan:
o Jika
siswa sudah bisa menirukan gerak menggunting, maka guru memberi tugas
menirukan gerak
yang lain.
o Jika
siswa sudah bisa mengidentifikasi sudut dan sisi segitiga dan segiempat, maka
guru memberi tugas mencari benda lain
yang memiliki sisi segiempat dan segitiga.
o Jika
siswa sudah bisa menyusun tanggram 1 bentuk hewan atau manusia, maka guru memberikan tugas menyusun bentuk
yang lain.
o Jika
siswa sudah dapat menuliskan cerita, maka siswa dapat membuat cerita di
kertas lain dan
dipajang di kelas.
o Jika
siswa sudah dapat membaca dengan lancar, maka guru dapat memberikan tugas ke siswa untuk membaca teks cerita
yang terdapat di buku dengan cerita yang setema
Remedial:
o Jika
siswa kesulitan dalam menirukan gerak menggunting, maka guru memberi
bimbingan yang
intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam mengidentifikasi sudut dan sisi segitiga dan segiempat,
maka guru melakukan bimbingan yang
lebih intensif.
o Jika
siswa kesulitan menyusun tanggram, maka guru memberikan bimbingan secara
rinci.
o Jika
siswa kesulitan dalam menuliskan cerita, maka guru melakukan bimbingan yang
lebih intensif.
o Jika
siswa kesulitan dalam membaca, maka guru dapat kesempatan siswa tersebut
untuk sering
mambaca di hadapan teman-temannya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
a. Menyebutkan buah
dan sayur di kebun sekolah Siti dan di rumah masing-masing.
Jawaban:
Buah = tomat, dan
lain-lain.
Sayur = bayam,
wortel, dan lain-lain.
b. Melengkapi banyak
sisi dan sudut segitiga dan segiempat
Jawaban:
Segitiga memiliki 3
sudut dan 3 sisi
Segiempat memiliki 4
sudut dan 4 sisi
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
||
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
||
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
b. Menirukan Gerak
Berkebun (Menggunting)
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian
Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan
koordinasi kaki dan tangan dalam meniru
gerakan menarik gerobak
|
||
2.
|
Keseimbangan posisi
badan dalam meniru gerakan
menarik gerobak
|
||
3.
|
Ketaatan pada aturan meniru menarik gerobak
|
c. Menyusun Tanggram
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan dalam
pengukuran
|
Ukuran kartu jam
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan tepat
|
Ukuran kartu jam
sesuai dengan
yang ditentukan
namun menggaris
dengan kurang
tepat
|
Ukuran kartu
jam kurang
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan kurang
tepat
|
Ukuran kartu
jam kurang
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan kurang
tepat serta dalam
mengerjakan
sangat dipandu
oleh guru
|
2
|
Ketepatan
menggunting
|
Menggunting
dengan lurus
sesuai ukuran
|
Menggunting
sebagian besar
dengan lurus
sesuai ukuran
|
Menggunting
sebagian kecil
dengan lurus
sesuai ukuran
|
Belum bisa
menggunting
dengan lurus
sesuai ukuran,
perlu bimbingan
|
3
|
Hasil Karya
|
Mampu menempel
segitiga dan
segiempat
membentuk
hewan atau
manusia dengan
rapi
|
Mampu menempel
segitiga dan
segiempat
membentuk
hewan atau
manusia tidak rapi
|
Menempel segitiga
dan segiempat
membentuk
hewan atau
manusia dengan
bimbingan guru
|
Belum mampu
menempel segitiga
dan segiempat
membentuk
hewan atau
manusia
|
d. Menulis cerita
tentang cara membersihkan lemari dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
Penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
a.
Membaca Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Lafal dan Intonasi
|
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
|
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang
kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang
kurang tepat
|
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang tepat
|
2
|
Mimik
|
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan pandangan mata
keberbagai ara
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata
hanya kesatu arah saja
|
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
|
3
|
Sikap Saat
Membaca
|
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
|
Berani tapi kurang
percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
|
4
|
Suara
|
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman sekelas
|
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kecil
sebagian teman tidak dapat mendengar
|
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar dengan jelas
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Perhatikan gambar di atas
Bingkai tanda peringatan membuang sampah
berbentuk segitiga.
Kotak sampah termasuk bangun ruang.
Sisi tempat sampah berbentuk segitiga dan segiempat.
Ada berapa banyak segitiga dan segiempat?
Lengkapilah tabel berikut!
Bentuk Sisi
|
Banyak Sudut
|
Banyak Sisi
|
…………………..
|
…………………..
|
|
…………………..
|
…………………..
|
|
…………………..
|
…………………..
|
|
…………………..
|
…………………..
|
|
…………………..
|
…………………..
|
|
…………………..
|
…………………..
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment