Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 4 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.

c) SBdP
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
3.2 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagaibentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
4.12.4 Menirukan gerakan berkebun melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
3.      Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya berkunjung ke kebun sekolah (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan tentang kunjungan ke kebun sekolah (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apa yang dilakukan Siti di kebun?
·         Apakah yang kalian lihat di kebun?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengisi tabel nama buah dan nama sayur.
o   Guru membimbing siswa dalam mengisi tabel.

Alternatif Jawaban:
o   Buah : tomat
o   Sayur : bayam, terong

o   Siswa menuliskan buah dan sayur yang sering dikonsumsi siswa setiap hari di rumah.
o   Guru memberi penekanan pentingnya mengkonsumsi buahdan  sayur setiap hari.

Alternatif Jawaban:
o   Buah: pisang, pepaya, mangga, apel, dan lain-lain.
o   Sayur : bayam, daun pepaya, daun ketela, sawi, wortel, dan lain-lain.

o   Siswa menyanyikan lagu “Aku Anak Kuat” dengan percaya diri.
o   Siswa mengamati isi teks lagu “Aku Anak Kuat” dengan cermat.
Anak Kuat
Ciptaan: Ibu Sud
badan aku amat gaya
tidak kan lembek atau lemah
sebagai laskar yang jaya
tumbuh aku membela bangsa
hati aku tahan sangat
segala sukar kuderita
sebagai laskar yang kuat
hati aku membela bangsa
kita ini anak tegap
teguh menahan susah payah
sebagai laskar yang lengkap
kita membela Indonesia

o   Siswa memperhatikan gerakan berkebun dengan cermat.
o   Siswa menirukan gerakan menggunting dengan benar melalui gambar secara bergantian.
o   Guru menggunakan lembar pengamatan untuk memantau kegiatan siswa.
o   Siswa mengamati gambar tempat sampah dengan cermat.
o   Dengan bimbingan guru, siswa mengurai sisi-sisi tempat sampah.
o   Siswa diminta menggambar bentuk sisi, mencatat banyak sisi dan sudut tempat sampah.

Alternatif Pembelajaran:
o   Guru membawa media tempat sampah untuk menunjukkan secara langsung sisi bangun ruang.
o   Guru juga dapat membuat bangun dari karton sebagai media pembelajaran di kelas.
o   Semua siswa membuat bangun ruang seperti kotak sampah dari kertas karton sebagai media pembelajaran, kemudian menentukan sisinya.
o   Menyusun Tanggram
Alat dan Bahan:
         Kertas lipat
         Lem kertas
         Guting
         Penggaris
         Pensil
         Penghapus

Cara Kerja:
         Siswa membuat kreasi menyusun tanggram menjadi bentuk hewan atau manusia.
         Siswa diberi 1 kertas lipat, digunting seperti gambar di samping membentuk segitiga dan segiempat.
         Susunlah kertas tersebut menjadi sebuah hewan atau manusia.
         Tempelkan kertas lipat tersebut di petak pada buku siswa masing-masing.
         Berilah keterangan gambar apakah yang kalian buat.
         Siswa mengingat langkah-langkah kunjungan Siti ke kebun sekolah.
         Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang kegiatan di kebun sekolah.
         Siswa membaca cerita yang telah ditulis dengan percaya diri.
         Guru memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang benar.

Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menirukan gerak menggunting, maka guru memberi tugas menirukan gerak yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa mengidentifikasi sudut dan sisi segitiga dan segiempat, maka guru memberi tugas mencari benda lain yang memiliki sisi segiempat dan segitiga.
o   Jika siswa sudah bisa menyusun tanggram 1 bentuk hewan atau manusia, maka guru memberikan tugas menyusun bentuk yang lain.
o   Jika siswa sudah dapat menuliskan cerita, maka siswa dapat membuat cerita di kertas lain dan dipajang di kelas.
o   Jika siswa sudah dapat membaca dengan lancar, maka guru dapat memberikan tugas ke siswa untuk membaca teks cerita yang terdapat di buku dengan cerita yang setema

Remedial:
o   Jika siswa kesulitan dalam menirukan gerak menggunting, maka guru memberi bimbingan yang intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam mengidentifikasi sudut dan sisi segitiga dan segiempat, maka guru melakukan bimbingan yang lebih intensif.
o   Jika siswa kesulitan menyusun tanggram, maka guru memberikan bimbingan secara rinci.
o   Jika siswa kesulitan dalam menuliskan cerita, maka guru melakukan bimbingan yang lebih intensif.
o   Jika siswa kesulitan dalam membaca, maka guru dapat kesempatan siswa tersebut untuk sering mambaca di hadapan teman-temannya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


2. Penilaian Pengetahuan

Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menyebutkan buah dan sayur di kebun sekolah Siti dan di rumah masing-masing.
Jawaban:
Buah = tomat, dan lain-lain.
Sayur = bayam, wortel, dan lain-lain.
b. Melengkapi banyak sisi dan sudut segitiga dan segiempat
Jawaban:
Segitiga memiliki 3 sudut dan 3 sisi
Segiempat memiliki 4 sudut dan 4 sisi
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menirukan Gerak Berkebun (Menggunting)
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam meniru
gerakan menarik gerobak


2.
Keseimbangan posisi badan dalam meniru gerakan
menarik gerobak


3.
Ketaatan pada aturan meniru menarik gerobak




c. Menyusun Tanggram
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan dalam
pengukuran
Ukuran kartu jam
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan tepat
Ukuran kartu jam
sesuai dengan
yang ditentukan
namun menggaris
dengan kurang
tepat


Ukuran kartu
jam kurang
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan kurang
tepat

Ukuran kartu
jam kurang
sesuai dengan
yang ditentukan
dan menggaris
dengan kurang
tepat serta dalam
mengerjakan
sangat dipandu
oleh guru
2
Ketepatan
menggunting
Menggunting
dengan lurus
sesuai ukuran
Menggunting
sebagian besar
dengan lurus
sesuai ukuran
Menggunting
sebagian kecil
dengan lurus
sesuai ukuran
Belum bisa
menggunting
dengan lurus
sesuai ukuran,
perlu bimbingan

3
Hasil Karya
Mampu menempel
segitiga dan
segiempat
membentuk
hewan atau
manusia dengan
rapi
Mampu menempel
segitiga dan
segiempat
membentuk
hewan atau
manusia tidak rapi

Menempel segitiga
dan segiempat
membentuk
hewan atau
manusia dengan
bimbingan guru
Belum mampu
menempel segitiga
dan segiempat
membentuk
hewan atau
manusia


d. Menulis cerita tentang cara membersihkan lemari dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
Penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema

Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang
lengkap dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami








a.       Membaca Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Lafal dan Intonasi
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan ada intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang tepat
2
Mimik
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan pandangan mata
keberbagai ara
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata
hanya kesatu arah saja
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
3
Sikap Saat
Membaca
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
Berani tapi kurang
percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
4
Suara
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman sekelas
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kecil
sebagian teman tidak dapat mendengar
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar dengan jelas

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                          NIP. 19611124 198309 2 001






Lembar Kerja Siswa
(LKS)




 Perhatikan gambar di atas

Bingkai tanda peringatan membuang sampah
berbentuk segitiga.
Kotak sampah termasuk bangun ruang.
Sisi tempat sampah berbentuk segitiga dan segiempat.
Ada berapa banyak segitiga dan segiempat?

Lengkapilah tabel berikut!
Bentuk Sisi
Banyak Sudut
Banyak Sisi



…………………..


…………………..




…………………..


…………………..




…………………..


…………………..




…………………..


…………………..




…………………..


…………………..




…………………..


…………………..

            

 MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors