Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 3 December 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah..

b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.1 Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
3.8.2 Mengidentifikasi berbagai cara membersihkan lingkungan sekolah.
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.3 Menyebutkan alasan menjaga kebersihan.
4.8.1 Melakukan piket membersihkan lingkungan kelas.
4.8.2 Mendemonstrasikan cara membersihkan lemari dengan benar.
4.8.3 Membersihkan halaman sekolah..

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
2.      Cara membersihkan lingkungan sekolah
3.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Pemotivasian
o  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o  Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya membersihkan kelas (mengamati).
o  Siswa mengamati teks bacaan tentang membersihkan kelas (mengamati).
o  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang dilakukan Siti di kelas?
  • Mengapa kelas harus bersih?
o  Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah
o  Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o  Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o  Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o  Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o  Siswa mengamati gambar Dayu membersihkan lemari dengan cermat.
o  Guru memberi contoh cara membersihkan lemari dengan benar.
o  Cara membersihkan lemari dengan kain adalah basahi kain lap dengan air bersih, kemudian kain basah dipakai membersihkan lemari.
o  Guru membimbing siswa secara bergantian membersihkan lemari.
o  Siswa mengamati gambar Beni menyapu halaman dengan cermat.
o  Siswa mengamati isi teks bacaan dengan teliti.
o  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.

Pertanyaan:
  •  Apakah yang dilakukan Edo?
  • Mengapa Edo mengambil kaleng bekas di halaman kelas?
o   Siswa membersihkan halaman kelas dengan bimbingan guru.
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempercepat dalam membersihkan halaman kelas.
o   Siswa diminta mencatat apa yang telah dilakukan ketika membersihkan halaman kelas

Alternatif Pembelajaran
o  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok berdiskusi tetang alasan menjaga kebersihan sekolah.
o  Hasil diskusi kelompok disampaikan ke kelas, kelompok yang lain menanggapi.
o  Guru mengamati proses diskusi dengan mengisi lembar observasi diskusi.
o  Setelah selesai masing-masing kelompok dapat memajang hasil kerja kelompok di dinding kelas
o  Siswa mengamati gambar dengan cermat.
o  Siswa memberi tanda centang () untuk kegiatan yang sesuai hidup bersih dan sehat dan tanda () untuk kegiatan yang tidak sesuai hidup bersih dan sehat di sekolah.
o  Guru membahas masing-masing gambar bersama siswa.
o  Gambar yang sesuai PHBS adalah gambar Siti membersihkan meja dan gambar Beni menyapu halaman kelas.
o  Gambar yang tidak sesuai adalah gambar membuang sampah sembarangan dan gambar anak membuang bungkus es krim sembarangan
o  Siswa mengingat langkah-langkah membersihkan lemari.
o  Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara membersihkan lemari
o  Siswa membaca cerita yang telah ditulis dengan percaya diri.
o  Guru memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang benar.

Pengayaan:
o  Jika siswa sudah bisa cara membersihkan lemari, guru dapat menugaskan untuk menjelaskan cara membersihkan kaca jendela.
o  Jika siswa sudah bisa membersihkan halaman sekolah dengan benar, maka guru menugaskan siswa untuk dapat membantu orang tua di rumah untuk membersihkan halaman rumah secara rutin.
o  Jika siswa sudah bisa mengelompokkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai hidup bersih dan sehat di sekolah, maka guru menugaskan siswa mencari contoh lain.

Lembar Tugas Siswa
o  Jika siswa sudah bisa mendemonstrasikan cara membersihkan kelas maka guru menugaskan siswa secara mandiri melakukan kegiatan membersihkan sesuatu sesuaidengan demonstrasi yang dilakukan.

Remedial:
o  Jika siswa kesulitan cara membersihkan lemari, maka guru memberikan bimbingan secara intensif.
o  Jika siswa kesulitan cara membersihkan halaman kelas, maka guru memberikan bimbingan secara intensif.
o  Jika siswa kesulitan mengelompokkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai hidup bersih dan sehat di sekolah, maka guru memberikan contoh lain melalui media gambar.
o  Jika siswa kesulitan mendemonstrasikan cara membersihkan kelas maka guru membimbing siswa untuk mendemonstrasikan cara membersihkan kelas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan perilaku yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan perilaku yang
tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Jawaban:
Perilaku yang sesuai PHBS adalah membersihkan lemari dan menyapu, sedangkan perilaku yang tidak sesuai merokok dan membuang sampah sembarangan.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



 b. Mendemonstrasikan Cara Membersihkan Lemari
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelancaran
Berbicara
berbicara dengan
lancar tanpa
terbata-bata
dan tidak perlu
bimbingan guru
berbicara dengan
sedikit terbata bata tapi tidak
perlu bimbingan
guru
berbicara dengan
sedikit terbata bata dan perlu
sedikit bimbingan
guru
kesulitan
mengungkapkan
ide sehingga butuh banyak bimbing guru
2
Isi
Demonstrasi
Isi demonstrasi
sesuai dengan
langkah kerja dan
diceritakan dengan objektif
Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja namun
diceritakan dengan objektif
Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja dan ada
cerita yang kurang objektif

Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja dan tidak objektif
3
Lafal dan
Intonasi
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa intonasi yang kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan
ada intonasi yang kurang tepat
Mengucapkan lafal ada yang kurang tepat dan tidak menggunakan
intonasi yang tepat


4
Mimik
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah
saja


Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah saja
5
Sikap Saat
Demonstrai
Berani
mempertahankan
pendapat dan
penuh percaya diri ketika berbicara
Berani
mempertahankan
pendapat tapi
kurang percaya diri ketika berbicara
Kurang berani
mempertahankan
pendapat dan
kurang percaya diri ketika berbicara
Kurang berani
mempertahankan
pendapat dan tidak percaya diri ketika berbicara



c. Berdiskusi Alasan Harus Membersihkan Kelas
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Berdiskusi tentang manfaat membersihkan kelas

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menyampaikan isi sesuai tema


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



d. Menulis cerita tentang cara membersihkan lemari dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
                     
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan
bimbingan guru


Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang
lengkap

Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap


Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat

Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

e. Membaca Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Lafal dan
Intonasi
Mengucapkan lafal
dan intonasi yang
tepat
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan
ada intonasi yang
kurang tepat
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat

2
Mimik
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata
keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah saja
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
3
Sikap Saat
Membaca
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
Berani tapi kurang
percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan
kurang percaya diri ketika membaca
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
4
Suara
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
Suara kecil
sebagian teman
tidak dapat
mendengar
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Bungkus sikat gigi.



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001

 
Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulislah sikapmu dan alasanmu berdasarkan gambar!





MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors