RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah / 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi,
kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
di rumah
dan sekolah.
3.2.7 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang
sesuai dengan
aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di
sekolah.
4.2.3 Melaksanakan tata
tertib di lingkungan
sekolah..
b) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan
kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam
melakukan berbagai
aktivitas fisik.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas
(seperti; piket
membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis)
dan lingkungan sekolah (halaman
sekolah).
3.8.1 Mengidentifikasi
berbagai cara
menjaga kebersihan kelas.
3.8.2 Mengidentifikasi
berbagai cara
membersihkan lingkungan
sekolah.
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan
kelas (seperti;
piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis)
dan lingkungan sekolah (halaman
sekolah).
3.8.3 Menyebutkan alasan menjaga kebersihan.
4.8.1 Melakukan piket membersihkan
lingkungan kelas.
4.8.2 Mendemonstrasikan cara membersihkan lemari dengan benar.
4.8.3 Membersihkan halaman sekolah..
d) Bahasa
Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang
dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap alam
sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
dan/atau bahasa
daerah.
3.2 Mengenal teks cerita
narasi sederhana
kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan
di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan
dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang
kegiatan di
lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.3 Membacakan cerita
narasi yang
telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
dan di sekolah
2.
Cara membersihkan lingkungan sekolah
3.
Teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain
di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam
bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya jawab
tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o Siswa
diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya membersihkan kelas
(mengamati).
o Siswa
mengamati teks bacaan tentang membersihkan kelas (mengamati).
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang
perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o Guru
mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o Siswa
mengamati gambar Dayu membersihkan lemari dengan cermat.
o Guru
memberi contoh cara membersihkan lemari dengan benar.
o Cara
membersihkan lemari dengan kain adalah basahi kain lap dengan air bersih, kemudian kain
basah dipakai membersihkan lemari.
o Guru
membimbing siswa secara bergantian membersihkan lemari.
o Siswa
mengamati gambar Beni menyapu halaman dengan cermat.
o Siswa
mengamati isi teks bacaan dengan teliti.
o Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman
siswa.
Pertanyaan:
o Siswa
membersihkan halaman kelas dengan bimbingan guru.
o Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempercepat dalam membersihkan halaman kelas.
o Siswa
diminta mencatat apa yang telah dilakukan ketika membersihkan halaman kelas
Alternatif
Pembelajaran
o Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok berdiskusi tetang alasan
menjaga kebersihan sekolah.
o Hasil
diskusi kelompok disampaikan ke kelas, kelompok yang lain menanggapi.
o Guru
mengamati proses diskusi dengan mengisi lembar observasi diskusi.
o Setelah
selesai masing-masing kelompok dapat memajang hasil kerja kelompok di dinding
kelas
o Siswa
mengamati gambar dengan cermat.
o Siswa
memberi tanda centang (√) untuk kegiatan yang sesuai hidup bersih dan sehat dan tanda
(√) untuk
kegiatan yang tidak
sesuai hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Guru
membahas masing-masing gambar bersama siswa.
o Gambar
yang sesuai PHBS adalah gambar Siti membersihkan meja dan gambar Beni menyapu
halaman kelas.
o Gambar
yang tidak sesuai adalah gambar membuang sampah sembarangan dan gambar anak
membuang bungkus es krim sembarangan
o Siswa
mengingat langkah-langkah membersihkan lemari.
o Guru
membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara membersihkan lemari
o Siswa
membaca cerita yang telah ditulis dengan percaya diri.
o Guru
memberikan contoh cara membaca sesuai EYD yang benar.
Pengayaan:
o Jika
siswa sudah bisa cara membersihkan lemari, guru dapat menugaskan untuk
menjelaskan cara
membersihkan kaca jendela.
o Jika
siswa sudah bisa membersihkan halaman sekolah dengan benar, maka guru
menugaskan siswa
untuk dapat membantu orang tua di rumah untuk membersihkan halaman rumah secara rutin.
o Jika
siswa sudah bisa mengelompokkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai hidup
bersih dan sehat
di sekolah, maka guru menugaskan siswa mencari contoh lain.
Lembar Tugas Siswa
o Jika
siswa sudah bisa mendemonstrasikan cara membersihkan kelas maka guru menugaskan siswa secara mandiri
melakukan kegiatan membersihkan sesuatu sesuaidengan demonstrasi yang
dilakukan.
Remedial:
o Jika
siswa kesulitan cara membersihkan lemari, maka guru memberikan bimbingan
secara intensif.
o Jika
siswa kesulitan cara membersihkan halaman kelas, maka guru memberikan
bimbingan secara
intensif.
o Jika
siswa kesulitan mengelompokkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai hidup
bersih dan sehat
di sekolah, maka guru memberikan contoh lain melalui media gambar.
o Jika
siswa kesulitan mendemonstrasikan cara membersihkan kelas maka guru
membimbing siswa untuk
mendemonstrasikan cara membersihkan kelas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan
perilaku yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan perilaku yang
tidak sesuai dengan
perilaku hidup bersih dan sehat.
Jawaban:
Perilaku yang sesuai
PHBS adalah membersihkan lemari dan menyapu, sedangkan perilaku yang tidak sesuai merokok dan
membuang sampah sembarangan.
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Mendemonstrasikan Cara Membersihkan Lemari
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kelancaran
Berbicara
|
berbicara dengan
lancar tanpa
terbata-bata
dan tidak perlu
bimbingan guru
|
berbicara dengan
sedikit terbata bata tapi tidak
perlu bimbingan
guru
|
berbicara dengan
sedikit terbata bata dan perlu
sedikit bimbingan
guru
|
kesulitan
mengungkapkan
ide sehingga butuh banyak bimbing guru
|
2
|
Isi
Demonstrasi
|
Isi demonstrasi
sesuai dengan
langkah kerja dan
diceritakan dengan objektif
|
Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja namun
diceritakan dengan objektif
|
Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja dan ada
cerita yang kurang objektif
|
Isi demonstrasi
kurang sesuai
dengan langkah
kerja dan tidak objektif
|
3
|
Lafal dan
Intonasi
|
Mengucapkan lafal dan intonasi yang tepat
|
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa intonasi yang kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan
ada intonasi yang kurang tepat
|
Mengucapkan lafal ada yang kurang tepat dan tidak menggunakan
intonasi yang tepat
|
4
|
Mimik
|
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah
saja
|
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah saja
|
5
|
Sikap Saat
Demonstrai
|
Berani
mempertahankan
pendapat dan
penuh percaya diri ketika berbicara
|
Berani
mempertahankan
pendapat tapi
kurang percaya diri ketika berbicara
|
Kurang berani
mempertahankan
pendapat dan
kurang percaya diri ketika berbicara
|
Kurang berani
mempertahankan
pendapat dan tidak percaya diri ketika berbicara
|
c. Berdiskusi Alasan
Harus Membersihkan Kelas
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian
Berdiskusi tentang manfaat membersihkan kelas
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan menyampaikan isi sesuai tema
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
d. Menulis cerita
tentang cara membersihkan lemari dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan
guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan
susunan yang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
e. Membaca Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Lafal dan
Intonasi
|
Mengucapkan lafal
dan intonasi yang
tepat
|
Mengucapkan lafal yang tepat namun ada beberapa
intonasi yang
kurang tepat
|
Mengucapkan
lafal ada yang
kurang tepat dan
ada intonasi yang
kurang tepat
|
Mengucapkan lafal
ada yang kurang
tepat dan tidak
menggunakan
intonasi yang
tepat
|
2
|
Mimik
|
Menggunakan
ekspresi yang
sesuai dan
pandangan mata
keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai
namun pandangan
mata keberbagai arah
|
Menggunakan
ekspresi yang
kurang sesuai dan pandangan mata hanya kesatu arah saja
|
Menggunakan
ekspresi yang
tidak sesuai dan
pandangan mata
hanya kesatu arah
saja
|
3
|
Sikap Saat
Membaca
|
Berani dan penuh
percaya diri ketika membaca
|
Berani tapi kurang
percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan
kurang percaya diri ketika membaca
|
Kurang berani dan
tidak percaya diri
ketika membaca
|
4
|
Suara
|
Suara lantang
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kurang
lantang tetapi
dapat di dengar
semua teman
sekelas
|
Suara kecil
sebagian teman
tidak dapat
mendengar
|
Tidak bersua
sehingga semua
teman tidak
dapat mendengar
dengan jelas
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Bungkus sikat gigi.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tulislah sikapmu dan alasanmu berdasarkan gambar!
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment