RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di sekolah/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi,
kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi
berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib
di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.3 Melaksanakan tata
tertib di lingkungan sekolah.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8 Mengidentifikasi
unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut
dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur
bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar. dikator
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun
ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
d) Bahasa
Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa
ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan di lingkungan sekitar
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana
tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2.
Unsur-unsur yang
membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.
Teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari dalam subtema 2.
o Siswa
mengamati gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o Siswa diberi
kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o Guru
membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya diperiksa
Guru (mengamati).
o Siswa
mengamati teks “Hidup Bersih dan Sehat di sekolah” (mengamati).
o Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o Apa yang
dilakukan Siti di sekolah?
o Apakah
yang sedang dibersihkan?
o Mengapa
kita harus merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut?
o Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di
sekolah.
o Guru
membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o Kegiatan
ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o Siswa
diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o Guru
mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o Siswa
mengamati gambar bungkus sikat gigi dengan benar.
o Guru
menunjukkan sisi-sisi bangun ruang bungkus sikat gigi dengan benda langsung.
o Sisi
bungkus sikat berupa 2 segitiga dan 3 segiempat.
o Siswa
menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun segiempat dan segitiga
Alternatif Jawaban:
o Segitiga
adalah bangun datar yang memiliki 3 sudut dan 3 sisi.
o Sedangkan
segiempat bangun datar yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
o Guru
mengecek masing-masing anak bagaimana cara merawat dan apakah bisa dengan
mandiri atau dibantu oleh orang tua.
o Siswa
mengingat langkah-langkah merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut.
o Guru
membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara merawat kuku,
telinga, gigi, dan rambut
Pengayaan:
o Jika
siswa sudah bisa menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun datar
segitiga, maka guru dapat memberikan penugasan mencari benda ruang yang
memiliki sisi berbentuk segitiga.
o Jika
siswa sudah bisa menyebutkan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut,
guru membimbing siswa melakukan perawatan kuku, telinga, gigi, dan rambut
secara berkala.
o Jika
siswa sudah bisa menulis cerita tentang pengalaman merawat kuku, telinga,
gigi, dan rambut, maka guru dapat memberi tugas membuat pajangan di kelas.
Remedial
o Jika
siswa kesulitan menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun datar
segitiga, guru menjelaskan kembali dengan alat peraga atau benda sekitar
kelas yang memiliki bentuk segitiga.
o Jika
siswa kesulitan dalam menyebutkan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan
rambut, guru dapat membimbing siswa dengan mencontohkan cara merawat secara
langsung.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen penilaian:
Tes Tertulis (isian)
a. Menentukan banyak
sudut dan banyak sisi bangun segitiga dan segiempat.
Jawaban:
Segitiga memiliki 3
sudut dan 3 sisi. Sedangkan segiempat memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
b. Menuliskan cara
merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut
Rubrik Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menuliskan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut
dengan mandiri sesuai EYD.
|
4
|
2.
|
Menuliskan sebagian
besar cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
mandiri sesuai EYD.
|
3
|
3.
|
Menuliskan sebagian
kecil cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
mandiri sesuai EYD.
|
2
|
4
|
Menuliskan sebagian
kecil cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
dibantu sesuai EYD.
|
1
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan
dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi
(Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata
tanya yang bervariasi
|
|
|
Menulis kesimpulan
tentang perbedaan segitiga dan segiempat dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Kesimpulan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang
tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang tepat tanpa
bimbingan guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan
dengan tepat namun dilakukan
tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks
yang ditulis
dengan tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul atau
tema
|
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul
atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
c. Menulis
cerita sederhana cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan EYD
yang tepat
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang
tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang tepat tanpa bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan
tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai
judul atau tema
|
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul
atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan yang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang
tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Bungkus sikat gigi.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Menjaga kebersihan diri adalah tugas masing-masing.
Bagaimanakah caramu menjaga kebersihan kuku,
telinga, gigi, dan rambut?
Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan
pengalamanmu!
Perawatan
|
Cara
Merawat
|
Mandiri
|
Dibantu
|
Kuku
|
..............................
|
..............................
|
..............................
|
Telinga
|
..............................
|
..............................
|
..............................
|
Gigi
|
..............................
|
..............................
|
..............................
|
Rambut
|
..............................
|
..............................
|
..............................
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment