Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 29 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di sekolah/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.6 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.3 Melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar. dikator
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan  tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 2.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti dan teman-temannya diperiksa Guru (mengamati).
o   Siswa mengamati teks “Hidup Bersih dan Sehat di sekolah” (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o   Apa yang dilakukan Siti di sekolah?
o   Apakah yang sedang dibersihkan?
o   Mengapa kita harus merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengamati gambar bungkus sikat gigi dengan benar.
o   Guru menunjukkan sisi-sisi bangun ruang bungkus sikat gigi dengan benda langsung.
o   Sisi bungkus sikat berupa 2 segitiga dan 3 segiempat.
o   Siswa menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun segiempat dan segitiga

Alternatif Jawaban:
o   Segitiga adalah bangun datar yang memiliki 3 sudut dan 3 sisi.
o   Sedangkan segiempat bangun datar yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
o   Guru mengecek masing-masing anak bagaimana cara merawat dan apakah bisa dengan mandiri atau dibantu oleh orang tua.
o   Siswa mengingat langkah-langkah merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut.
o   Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut

Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun datar segitiga, maka guru dapat memberikan penugasan mencari benda ruang yang memiliki sisi berbentuk segitiga.
o   Jika siswa sudah bisa menyebutkan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut, guru membimbing siswa melakukan perawatan kuku, telinga, gigi, dan rambut secara berkala.
o   Jika siswa sudah bisa menulis cerita tentang pengalaman merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut, maka guru dapat memberi tugas membuat pajangan di kelas.

Remedial
o   Jika siswa kesulitan menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun datar segitiga, guru menjelaskan kembali dengan alat peraga atau benda sekitar kelas yang memiliki bentuk segitiga.
o   Jika siswa kesulitan dalam menyebutkan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut, guru dapat membimbing siswa dengan mencontohkan cara merawat secara langsung.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menentukan banyak sudut dan banyak sisi bangun segitiga dan segiempat.
Jawaban:
Segitiga memiliki 3 sudut dan 3 sisi. Sedangkan segiempat memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
b. Menuliskan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut
Rubrik Penilaian


Kriteria
Bobot
1.
Menuliskan cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan mandiri sesuai EYD.
4
2.
Menuliskan sebagian besar cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
mandiri sesuai EYD.
3
3.
Menuliskan sebagian kecil cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
mandiri sesuai EYD.
2
4
Menuliskan sebagian kecil cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan
dibantu sesuai EYD.
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Menulis kesimpulan tentang perbedaan segitiga dan segiempat dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Kesimpulan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa
bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca kurang digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap

3
Kesesuaian isi teks yang ditulis
dengan tema
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul atau
tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami





c. Menulis cerita sederhana cara merawat kuku, telinga, gigi, dan rambut dengan EYD
yang tepat
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap

Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum
lengkap



Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami




F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Bungkus sikat gigi.




Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Menjaga kebersihan diri adalah tugas masing-masing.
Bagaimanakah caramu menjaga kebersihan kuku,
telinga, gigi, dan rambut?
Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan
pengalamanmu!

Perawatan
Cara Merawat
Mandiri
Dibantu

Kuku

..............................

..............................

..............................

Telinga

..............................

..............................

..............................

Gigi

..............................

..............................

..............................

Rambut

..............................

..............................

..............................


MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 2 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors