Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 29 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                       : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/2
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional di Daerahku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.8 Menemukan unsure dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan.
4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar.
3.8.1 Mengetahui unsur bangun datar dari gambar yang disajikan.
4.3.2 Menggambarkan hasil pencerminan suatu bangun datar.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks permainan Lompat Tali Karet.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4.2 Mempraktikkan managemen dan piket kelas.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menggambarkan hasil pencerminan bangun datar.
2.      Menceritakan kembali urutan bermain lompat tali karet.
3.      Melakukan dan mengorganisasi tugas piket kelas.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dilakukan dengan mengucapkan salam dan berdoa.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pencerminan bangun datar tak beraturan
o   Siswa mengoleskan cat air pada sehelai daun, kemudian mencetaknya padaselembar kertas kemudian melipat kertas sehingga bentuk object. Sisi kertas yang masih bersih kemudian dilipat ke arah pola daun yang masih basah.
o   Siswa mengamati hasil yang terlihat.
o   Guru memotivasi siswa untuk mengungkapkan pertanyaan yang timbul dari krgiatan mengamati.
o   Siswa dan guru menganalisis hasil yang tercetak pada kertas, persamaan dan perbedaan object yang dilukis dengan bayangan yang tercetak setelahnya.
o   Guru menjelaskan konsep pencerminan bangun tak beraturan. Bentuk bayangan yang terbentuk pada pencerminan bangun tak beraturan akan sama persis dengan dengan objek aslinya. Garis lurus maupun garis lengkung yang terdapat pada objek akan dicerminkan sama persis dengan aslinya.
o   Siswa mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa. Guru dapat meminta siswa memastikan arah bayangan bangun datar dengan cara melukiskan bentuk dan arah bangun datar yang terdapat pada soal di selembar kertas menggunakan cat air. Kemudian melipat kertas seperti pada percobaan sebelumnya.
o   Guru berkeliling untuk memastikan bahwa siswa telah menggambar bayangan bangun datar dengan letak, arah dan ukuran yang benar.
o   Siswa dan guru berdiskusi membahas jawaban dari soal yang disajikan serta membuat kesimpulan dari mengenai pencerminana pada bangun tak beraturan.
o   Kegiatan dilakukan dengan mengucapkan salam dan berdoa
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pencerminan bangun datar tak beraturan.
o   Siswa mengoleskan cat air pada sehelai daun, kemudian mencetaknya padaselembar kertas kemudian melipat kertas sehingga bentuk object. Sisi kertas yang masih bersih kemudian dilipat ke arah pola daun yang masih basah.
o   Siswa mengamati hasil yang terlihat.
o   Guru memotivasi siswa untuk mengungkapkan pertanyaan yang timbul dari krgiatan mengamati.
o   Siswa dan guru menganalisis hasil yang tercetak pada kertas, persamaan dan perbedaan object yang dilukis dengan bayangan yang tercetak setelahnya.
o   Guru menjelaskan konsep pencerminan bangun tak beraturan.
o   Bentuk bayangan yang terbentuk pada pencerminan bangun tak beraturan akan sama persis dengan dengan objek aslinya. Garis lurus maupun garis lengkung yang terdapat pada objek akan dicerminkan sama persis dengan aslinya.
o   Siswa mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa. Guru dapat meminta siswa memastikan arah bayangan bangun datar dengan cara melukiskan bentuk dan arah bangun datar yang terdapat pada soal di selembar kertas menggunakan cat air. Kemudian melipat kertas seperti pada percobaan sebelumnya.
o   Guru berkeliling untuk memastikan bahwa siswa telah menggambar bayangan bangun datar dengan letak, arah dan ukuran yang benar.
o   Siswa dan guru berdiskusi membahas jawaban dari soal yang disajikan serta membuat kesimpulan dari mengenai pencerminana pada bangun tak beraturan.
o   Guru menunjukkan sebuah tali karet dan menanyakan kepada siswa mengenai pengalaman bermain lompat tali karet.
o   Beberapa perwakilan siswa menceritakan secara singkat pengalamannya bermain lompat tali karet.
o   Siswa membaca teks mengenai lompat tali karet hingga memahami isi yang terkandung dalam teks.
o   Siswa menceritakan kembali isi teks secara tertulis dalam lembar yang tersedia tanpa membaca teks kembali.
o   Guru menanyakan kepada siswa apa yang terjadi apabila dalam bermain lompat tali karet semua peserta ingin memegang tali atau sebaliknya tidak ada sama sekali pemain yang mau memegang tali. Atau bagaimana bila lompat tali karet hanya dilakukan oleh satu orang? Guru menjelaskan pentingnya kerja sama dalam berbagai permainan.
o   Guru menjelaskan mengenai berbagai kegiatan di sekolah yang membutuhkan kerjasama.
o   Siswa dan guru berdiskusi mengenai pembagian tugas untuk setiap kelompok piket.
o   Setiap kelompok mendiskusikan tugas untuk anggota-anggotanya dan menunjuk seorang pemimpin kelompok.
o   Setiap kelompok siswa melaksanakan tugas yang telah didiskusikan sebelumnya.
o   Dalam tahap ini guru dapat melihat keterlibatan siswa untuk mengevaluasi KD 4.4.

Pengayaan
o   Siswa dapat menganalisis berbagai benda dengan bentuk tak beraturan yang dijiplak di atas kertas gambar dan ditentukan hasil pencerminannya dengan berbagai arah sumbu pencerminan
o   Siswa dapat menceritakan cara bermain beberapa jenis permainan tradisional lain yang mereka ketahui apabila telah mampu menceritakan cara bermain lompat tali karet.
o   Siswa dapat mengevaluasi hasil dan keterlaksanaan tugas yang telah dilaksanakan.

Remedial
o   Guru dapat membimbing dan menjelaskan mengenai prinsip pencerminan bangun datar dengan bentuk tak beraturan apabila siswa belum memahami konsep pencarminan bangun datar dengan bentuk tak beraturan.
o   Guru dapat membimbing siswa untuk memahami konsep permainan tradisional sesuai teks yang ditampilkan dengan bantuan siswa lain yang telah mampu menceritakan urutan permainan dengan baik.
o   Guru dapat membimbing dan mengarahkan siswa untuk melakukan tugas dalam kelompoknya dengan baik sesuai dengan pembagian tugas apabila siswa belum dapat melaksanakannya dengan baik.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
1. Keterampilan menggambar hasil pencerminan bangun datar
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Letak bayangan
Seluruh titik
object terletak
di tempat yang benar
Lebih dari 50%
titik object
terletak di
tempat yang
benar
Kurang dari 50% titik object
di tempat yang benar
Seluruh titik object tidak
berada di
tempat yang tepat
2.       
Bentuk, ukuran
dan arah
bayangan
Bentuk, ukuran
dan arah
bayangan benar
2 dari 3 kriteria benar
1 dari 3 kriteria
benar
Tidak ada
kriteria yang benar

2. Keterampilan menuliskan kembali teks mengenai lompat tali karet
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Huruf kapital
dan tanda baca
titik
Menggunakan
huruf kapital
di seluruh awal kalimat dan titik di seluruh
akhir kalimat
Lebih dari
50% kalimat
menggunakan
huruf kapital di awal kalimat
dan titik di
akhir kalimat
Kurang dari
50% kalimat
menggunakan
huruf kapital di awal kalimat
dan titik di
akhir kalimat
Tidak ada
kalimatyang
menggunakan
huruf kapital di awal dan titik di akhir kalimat
2.       
Kesesuaian
cerita
Memaparkan
seluruh cerita
sesuai teks
Memaparkan
lebih dari 50% sesuai teks
Memaparkan
kurang dari
50% sesuai
teks
Tidak
memaparkan
cerita yang
sesuai dengan
teks
3.       
Penggunaan
kata-kata baku
Seluruh kalimat
menggunakan
kata baku
menggunakan
kata baku
Lebih dari
50% kalimat
menggunakan
kata baku
Kurang dari
50% kalimat
menggunakan
kata baku
Tidak
menggunakan
kata-kata baku
dalam kalima

3. Keterampilan dalam managemen piket dan melaksanakannya
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Mampu
bekerjasama
dengan teman
Bekerja sama
dengan seluruh teman
Bekerja
sama hanya
dengan teman
sekelompok
(4-5 orang)
Bekerja sama
hanya dengan
teman dekat
(2-3 orang)
Tidak dapat
bekerja sama
dengan teman
2.       
Melaksanakan
seluruh tugas
dengan baik
dan berinisiatif
Berperan
dalam diskusi
pembagian
tugas, melaksanakan
tugas,
berinisiatif
mengerjakan
tugas tanpa
diminta
Melaksanakan 2 dari 3
Melaksanakan 1 dari 3 peran
Tidak
melaksanakan
peran apapun

H. Sumber dan Media
1.      Penggaris dan alat tulis
2.      Cat air, kuas dan palet
3.      Kertas gambar/ kertas putih bekas
4.      Tali karet

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Ceritakan secara tertulis urutan permainan lompat tali karet, tanpa membaca kembali teks di atas! Tuliskan jawabanmu di tempat yang tersedia!
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 6

MEDIA

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 6


TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors