RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan Tradisional
di Daerahku / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.8 Menemukan unsure
dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan.
4.3 Menunjukkan
hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar.
3.8.1 Mengetahui unsur
bangun datar dari gambar yang disajikan.
4.3.2 Menggambarkan
hasil pencerminan suatu bangun datar.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks permainan Lompat Tali
Karet.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.1 Menceritakan kembali
teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan dengan tepat.
c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis,
dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk
kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman
di sekolah.
4.4.2 Mempraktikkan
managemen dan piket kelas.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Menggambarkan
hasil pencerminan bangun
datar.
2. Menceritakan
kembali urutan bermain
lompat tali karet.
3. Melakukan
dan mengorganisasi tugas
piket kelas.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan
dilakukan dengan mengucapkan salam dan berdoa.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai pencerminan bangun datar tak beraturan
o
Siswa mengoleskan
cat air pada sehelai daun, kemudian mencetaknya padaselembar kertas kemudian
melipat kertas sehingga bentuk object. Sisi kertas yang masih bersih kemudian
dilipat ke arah pola daun yang masih basah.
o
Siswa mengamati
hasil yang terlihat.
o
Guru memotivasi
siswa untuk mengungkapkan pertanyaan yang timbul dari krgiatan mengamati.
o
Siswa dan guru
menganalisis hasil yang tercetak pada kertas, persamaan dan perbedaan object yang
dilukis dengan bayangan yang tercetak setelahnya.
o
Guru menjelaskan
konsep pencerminan bangun tak beraturan. Bentuk bayangan yang terbentuk pada
pencerminan bangun tak beraturan akan sama persis dengan dengan objek
aslinya. Garis lurus maupun garis lengkung yang terdapat pada objek akan
dicerminkan sama persis dengan aslinya.
o
Siswa mengerjakan
latihan yang terdapat dalam buku siswa. Guru dapat meminta siswa memastikan
arah bayangan bangun datar dengan cara melukiskan bentuk dan arah bangun
datar yang terdapat pada soal di selembar kertas menggunakan cat air.
Kemudian melipat kertas seperti pada percobaan sebelumnya.
o
Guru berkeliling
untuk memastikan bahwa siswa telah menggambar bayangan bangun datar dengan
letak, arah dan ukuran yang benar.
o
Siswa dan guru
berdiskusi membahas jawaban dari soal yang disajikan serta membuat kesimpulan
dari mengenai pencerminana pada bangun tak beraturan.
o
Kegiatan
dilakukan dengan mengucapkan salam dan berdoa
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai pencerminan bangun datar tak beraturan.
o
Siswa mengoleskan
cat air pada sehelai daun, kemudian mencetaknya padaselembar kertas kemudian
melipat kertas sehingga bentuk object. Sisi kertas yang masih bersih kemudian
dilipat ke arah pola daun yang masih basah.
o
Siswa mengamati
hasil yang terlihat.
o
Guru memotivasi
siswa untuk mengungkapkan pertanyaan yang timbul dari krgiatan mengamati.
o
Siswa dan guru
menganalisis hasil yang tercetak pada kertas, persamaan dan perbedaan object yang
dilukis dengan bayangan yang tercetak setelahnya.
o
Guru menjelaskan
konsep pencerminan bangun tak beraturan.
o
Bentuk bayangan
yang terbentuk pada pencerminan bangun tak beraturan akan sama persis dengan
dengan objek aslinya. Garis lurus maupun garis lengkung yang terdapat pada
objek akan dicerminkan sama persis dengan aslinya.
o
Siswa mengerjakan
latihan yang terdapat dalam buku siswa. Guru dapat meminta siswa memastikan
arah bayangan bangun datar dengan cara melukiskan bentuk dan arah bangun datar
yang terdapat pada soal di selembar kertas menggunakan cat air. Kemudian melipat
kertas seperti pada percobaan sebelumnya.
o
Guru berkeliling
untuk memastikan bahwa siswa telah menggambar bayangan bangun datar dengan
letak, arah dan ukuran yang benar.
o
Siswa dan guru
berdiskusi membahas jawaban dari soal yang disajikan serta membuat kesimpulan
dari mengenai pencerminana pada bangun tak beraturan.
o
Guru
menunjukkan sebuah tali karet dan menanyakan kepada siswa mengenai pengalaman
bermain lompat tali karet.
o
Beberapa
perwakilan siswa menceritakan secara singkat pengalamannya bermain lompat
tali karet.
o
Siswa
membaca teks mengenai lompat tali karet hingga memahami isi yang terkandung
dalam teks.
o
Siswa
menceritakan kembali isi teks secara tertulis dalam lembar yang tersedia
tanpa membaca teks kembali.
o
Guru
menanyakan kepada siswa apa yang terjadi apabila dalam bermain lompat tali karet
semua peserta ingin memegang tali atau sebaliknya tidak ada sama sekali
pemain yang mau memegang tali. Atau bagaimana bila lompat tali karet hanya
dilakukan oleh satu orang? Guru menjelaskan pentingnya kerja sama dalam
berbagai permainan.
o
Guru
menjelaskan mengenai berbagai kegiatan di sekolah yang membutuhkan kerjasama.
o
Siswa
dan guru berdiskusi mengenai pembagian tugas untuk setiap kelompok piket.
o
Setiap
kelompok mendiskusikan tugas untuk anggota-anggotanya dan menunjuk seorang pemimpin
kelompok.
o
Setiap
kelompok siswa melaksanakan tugas yang telah didiskusikan sebelumnya.
o
Dalam
tahap ini guru dapat melihat keterlibatan siswa untuk mengevaluasi KD 4.4.
Pengayaan
o
Siswa dapat
menganalisis berbagai benda dengan bentuk tak beraturan yang dijiplak di atas
kertas gambar dan ditentukan hasil pencerminannya dengan berbagai arah sumbu
pencerminan
o
Siswa dapat
menceritakan cara bermain beberapa jenis permainan tradisional lain yang
mereka ketahui apabila telah mampu menceritakan cara bermain lompat tali
karet.
o
Siswa dapat
mengevaluasi hasil dan keterlaksanaan tugas yang telah dilaksanakan.
Remedial
o
Guru dapat
membimbing dan menjelaskan mengenai prinsip pencerminan bangun datar dengan
bentuk tak beraturan apabila siswa belum memahami konsep pencarminan bangun
datar dengan bentuk tak beraturan.
o
Guru dapat
membimbing siswa untuk memahami konsep permainan tradisional sesuai teks yang
ditampilkan dengan bantuan siswa lain yang telah mampu menceritakan urutan
permainan dengan baik.
o
Guru dapat
membimbing dan mengarahkan siswa untuk melakukan tugas dalam kelompoknya
dengan baik sesuai dengan pembagian tugas apabila siswa belum dapat melaksanakannya
dengan baik.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
1. Keterampilan
menggambar hasil pencerminan bangun datar
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Letak bayangan
|
Seluruh
titik
object
terletak
di tempat
yang benar
|
Lebih dari 50%
titik object
terletak di
tempat yang
benar
|
Kurang
dari 50% titik object
di tempat
yang benar
|
Seluruh
titik object tidak
berada di
tempat
yang tepat
|
2.
|
Bentuk,
ukuran
dan arah
bayangan
|
Bentuk,
ukuran
dan arah
bayangan benar
|
2 dari 3
kriteria benar
|
1 dari 3
kriteria
benar
|
Tidak ada
kriteria yang benar
|
2. Keterampilan
menuliskan kembali teks mengenai lompat tali karet
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Huruf kapital
dan tanda baca
titik
|
Menggunakan
huruf
kapital
di
seluruh awal kalimat dan titik di seluruh
akhir kalimat
|
Lebih dari
50% kalimat
menggunakan
huruf kapital di awal kalimat
dan titik di
akhir kalimat
|
Kurang
dari
50%
kalimat
menggunakan
huruf
kapital di awal kalimat
dan titik
di
akhir kalimat
|
Tidak ada
kalimatyang
menggunakan
huruf
kapital di awal dan titik di akhir kalimat
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
|
Memaparkan
seluruh cerita
sesuai teks
|
Memaparkan
lebih
dari 50% sesuai teks
|
Memaparkan
kurang
dari
50%
sesuai
teks
|
Tidak
memaparkan
cerita yang
sesuai dengan
teks
|
3.
|
Penggunaan
kata-kata
baku
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kata baku
|
menggunakan
kata baku
Lebih
dari
50%
kalimat
menggunakan
kata baku
|
Kurang
dari
50%
kalimat
menggunakan
kata baku
|
Tidak
menggunakan
kata-kata
baku
dalam kalima
|
3. Keterampilan
dalam managemen piket dan melaksanakannya
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mampu
bekerjasama
dengan teman
|
Bekerja
sama
dengan
seluruh teman
|
Bekerja
sama
hanya
dengan
teman
sekelompok
(4-5 orang)
|
Bekerja
sama
hanya
dengan
teman
dekat
(2-3 orang)
|
Tidak
dapat
bekerja
sama
dengan teman
|
2.
|
Melaksanakan
seluruh
tugas
dengan
baik
dan berinisiatif
|
Berperan
dalam
diskusi
pembagian
tugas, melaksanakan
tugas,
berinisiatif
mengerjakan
tugas
tanpa
diminta
|
Melaksanakan
2 dari 3
|
Melaksanakan 1 dari 3 peran
|
Tidak
melaksanakan
peran apapun
|
H. Sumber dan Media
1. Penggaris
dan alat tulis
2. Cat air,
kuas dan palet
3. Kertas
gambar/ kertas putih bekas
4.
Tali karet
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment