RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan Tradisional
di Daerahku / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.7 Menemukan sifat
simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya),
simetri putar dan pencerminan menggunakan benda- benda konkret.
3.7.1 Mengetahui unsure
bangun datar dari gambar yang disajikan.
4.3 Menunjukkan hasil
rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar.
4.3.2 Menggambarkan
hasil pencerminan suatu bangun datar.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis,
dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk
kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2 Menjelaskan
manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4.5 Mempraktikkan
suatu kegiatan yang menuntut adanya kerja sama di sekolah dengan teman-teman dan
guru
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks permainan Gol-golan.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.2 Mempraktikkan
permainan Gol-golan sesuai dengan petunjuk permainan yang tertera.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal salah satu jenis permainan di dalam ruangan tentang
pencerminan.
2. Mengorganisasi kegiatan lomba di luar ruangan.
3. Menganalisis nilai kebersatuan dalam permainan di
dalam dan di luar ruangan.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan diawali
dengan mengucapkan salam dan berdoa.
o
Siswa mengulang
pembelajaran sebelumnya mengenai prinsip pencerminan dalam matematika.
o
Setiap siswa mencari
seorang teman untuk bermain gol-golan.
o
Setiap pasangan
siswa membaca langkah permainan gol-golan.
o
Guru dapat
meminta salah seorang siswa untuk maju dan mempraktikkan cara bermain
golgolan pada selembar kertas.
o
Permainan
dilakukan dalam waktu 5 menit.
o
Guru menghitung
waktu, agar setiap pasangan siswa dapat memulai permainan bersamaan.
o
Setelah bermain,
salah seorang siswa dapat diminta menjelaskan apa yang terjadi ketika gambar
bola di lipat?
o
Siswa
membandingkan jarak bola ke garis lipatan dan jarak bayangan bola ke garis
lipatan.
o
Siswa menjelaskan
hasil pengamatan permainan gol-golan
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menggambar hasil pencerminan
bangun datar.
o
Siswa mengerjakan
latihan di buku siswa dan menggambarkan bayangan masing-masing object di
lembar yang disediakan.
o
Siswa dan guru
berdiskusi mengenai hasil pencerminan bangun datar.
o
Guru dapat
menggunakan papan tulis berkotak atau papan sederhana dari kardus atau karton
bekas dan menggambarkan kotak-kotak.
o
Setiap siswa
dapat saling mengoreksi jawaban temannya.
o
Perwakilan siswa
diminta menunjukkan pembahasan dari masing-masing soal. Siswa lainnya
memeriksa jawaban.
o
Siswa
mengumpulkan hasil latihan dan guru dapat memeriksa hasil kerja siswa.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai kerjasama yang dibutuhkan dalam
berbagai kegiatan sekolah maupun masyarakat.
o
Guru menjelaskan
berbagai contoh kegiatan sekolah seperti kerjasama siswa dalam mengerjakan
piket kelas dan kerja sama guru dan siswa dalam kegiatan belajar. Dibutuhkan kesadaran
akan pentingnya peran masingmasing pihak dalam kerjasama tersebut. Tidak boleh
ada pemaksaan kehendak dari salah satu pihak yang merugikan pihak lain.
o
Guru menjelaskan
lomba permainan tradisional yang akan dirancang dan dikerjakan oleh siswa dan
guru. Lomba akan terdiri dari lomba berpindah dengan kertas dan lomba memindahkan
batu dengan kaki terikat. Dalam perlombaan tersebut akan dibutuhkan 3 orang penanggungjawabuntuk
masing-masing perlombaan. Serta akan terdapat 5 kelompok yang menjadi peserta
perlombaan.
o
Siswa berdiskusi
menentukan penanggung jawab lomba, kelompok lomba dan tugas masing-masing
dalam perlombaan tersebut.
o
Dalam kegiatan
ini guru dapat membimbing siswa untuk bermusyawarah secara damai dalam
menentukan peran dan kelompok. Serta membantu siswa menyelesaikan konflik
yang mungkin terjadi dalam bermusyawarah.
o
Siswa yang
bertugas menjadi penanggungjawab lomba mulai mempersiapkan perlombaan di lapangan.
Untuk mempersingkat waktu, guru dapat mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan
sebelum pembelajaran dimulai.
o
Sementara itu
siswa yang akan menjadi peserta lomba dapat bersiap-siap mengatur strategi
dan membagi tugas untuk masing-massing anggota kelompok.
o
Siswa
melaksanakan lomba permainan tradisional. Kelompok siswa yang akan menjadi peserta
lomba diminta membawa buku siswa ke lapangan lomba. Kelompok siswa yang
menjadi penanggungjawab lomba diminta membawa alat tulis untuk mencatat
score.
o
Siswa dan guru
mendiskusikan sikap kerjasama yang telah terlaksana dalam perlombaan permainan
tradisional. Kendala apa yang timbul dalam melaksanakan kerjasama dalam keberagaman.
Guru dapat memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.
Pengayaan
o
Siswa dapat
menjelaskan cara bermain Gol-golan kepada temantemannya yang belum memahami
cara permainan atau menuliskan dan mempraktikkan urutan permainan lain yang
mereka ketahui.
o
Siswa dapat
mengidentifikasi hasil pencerminan bangun datar dengan berbagai posisi sumbu
pencerminan apabila telah menguasai materi pencerminan yang tertera dalam
buku paket.
o
Siswa dapat
mengevaluasi dan menuliskan hasil evaluasi tugas yang dilakukannya apabila
telah selesai melaksankan tugas dengan baik.
Remedial
o
Guru dapat
membimbing siswa dalam membaca dan memahami teks dan bekerja sama dengan
siswa yang menguasai materi dengan baik apabila siswa belum memahami cara
bermain gol-golan.
o
Guru dapat
membimbing dan menerangkan kembali cara menentukan hasil pencerminan sebuah
bangun datang apabila siswa belum menguasai konsep pencerminan bangun datar.
o
Guru dapat
menjelaskan kembali dan membimbing siswa yang belum dapat mengerjakan
tugasnya dengan baik.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
1. Keterampilan
menggambarkan hasil pencerminan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Letak bayangan
|
Seluruh
titik
object
terletak
di tempat
yang benar
|
Lebih dari 50%
titik object
terletak di
tempat yang
benar
|
Kurang
dari 50% titik object
di tempat
yang benar
|
Seluruh titik object tidak berada di
tempat yang tepat
|
2.
|
Bentuk,
ukuran
dan arah
bayangan
|
Bentuk, ukuran dan arah
bayangan sama dengan object
|
2 dari 3
kriteria
benar
|
1 dari 3
kriteria
benar
|
Tidak ada
kriteria
yang benar
|
2. Keterampilan
melaksanakan kerjasama dalam kegiatan sekolah
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mampu
bekerjasama
dengan
teman
|
A/B =
Bekerja
sama
dengan
seluruh teman
|
A/B = bekerja
sama hanya
dengan teman
sekelompok
(4-5 orang).
|
A/B =
Bekerja
samahanya
dengan
teman
dekat
(2-3
orang).
|
A/B Tidak dapat
bekerja sama
dengan teman
|
2.
|
Melaksanakan
seluruh
peran
dengan
baik
|
A =
Berperan
dalam
persiapan
lomba, pelaksanaan
lomba
dan setelah lomba.
B =
Berperan
dalam
diskusi
pembagian
tugas, melaksanakan
tugas,menerima
hasil skor.
|
A/ B =
Melaksanakan
2 dari 3 peran
|
A/ B =
Melaksanakan
1 dari 3 peran
|
A/B Tidak
melaksanakan
peran apapun.
|
A = Siswa
penanggungjawab lomba
B = Siswa peserta
lomba
F. Sumber dan Media
1.
Buku siswa
2.
Penggaris dan alat tulis
3.
Kertas/koran bekas
4.
Syal/ pita pengikat
5.
Batu.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Setelah mengetahui cara menggambar hasil pencerminan bangun datar,
gambarkanlah hasil pencerminan bangun datar berikut!
MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment