Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 28 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/2
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional di Daerahku / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.5 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4.2 Mempraktikkan bentuk kebarsatuan dalam permainan sederhana ‘Estafet Kelereng’.
c) Bahasa Indonesia 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.2 Menjawab pertanyaanpertanyaan terkait informasi tentang permainan/dolanan tradisional.
4.5.3 Menuliskan jawaban pertanyaan dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

C.       Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan permainan estafet kelereng.
2.      Mempelajari sifat kebersatuan dalam permaian estafet kelereng.
3.      Membaca artikel mengenai permainan kelereng.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan diawali dengan mengucap salam dan berdoa.
o   Siswa melihat kelereng yang dipegang guru dan menyebutkan informasi yang mereka ketahui mengenai benda tersebut.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan kelereng. Guru dapat menceritakan kepopuleran kelereng di masa dahulu.
o   Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa dengan tulisan latin sambung yang benar.
o   Guru dapat berkeliling memperhatikan tulisan siswa dan membimbing siswa apabila diperlukan.
o   Siswa dan guru membahas latihan soal bersama.
o   Guru dan siswa membuat kesimpulan mengenai informasi yang terdapat dalam teks.
o   Siswa berkumpul di lapangan dan mengulang kembali pelajaran sebelumnya mengenai gerak non lokomotor.
o   Siswa melakukan gerakan pemanasan sederhana seperti peregangan otot tangan dan kaki.
o   Guru mengingatkan kembali mengenai konsep gerak non lokomotor dan menjelaskan tujuan belajar hai ini adalah menguasai gerak non lokomotor dalam permainan tradisional.
o   Guru menjelaskan jenis gerakan yang akan dilakukan dalam permainan estafet kelereng adalah memutar, berjongkok dan keseimbangan.
o   Guru mencontohkan tehnik yang benar dalam melakukan permainan estafet kelereng.
o   Siswa melakukan permainan estafet kelereng sesuai dengan petunjuk permainan yang terdapat dalam buku siswa. Dalam tahapan ini guru dapat melakukan evaluasi KD 4.2. dalam melakukan permainan tersebut siswa tidak diperkenankan berpindah tempat.
o   Guru dapat memberikan apresiasi kepada kelompok siswa yang memenangkan lomba estafet kelereng.
o   Setelah melakukan permainan estafet kelereng siswa menyebutkan manfaat permainan tersebut.
o   Siswa melakukan permainan estafet kelereng sesuai dengan petunjuk permainan yang terdapat dalam buku siswa. Dalam tahapan ini guru dapat melakukan evaluasi KD 4.2
o   Guru dapat memberikan apresiasi kepada kelompok siswa yang memenangkan lomba estafet kelereng.
o   Setelah melakukan permainan estafet kelereng siswa menyebutkan manfaat permainan tersebut.
o   Siswa berdiskusi dan menyebutkan cara supaya dapat memenangkan permainan estafet kelereng.
o   Siswa dan guru berdiskusi mengenai sikap-sikap yang dibutuhkan dalam memainkan permainan estafet kelereng.
         Guru menjelaskan konsep kerja sama
         yang dibutuhkan dalam pekerjaan
         kelompok. Anggota kelompok dengan
         beragam latar belakang suku, agama
         atau jenis kelamin dapat disatukan
         apabila merasa memiliki tujuan
         yang sama. Setiap tidak boleh
         mementingkan diri sendiri dan harus
         selalu mengedepankan kepentingan
         bersama. Hal ini sesuai dengan salah
         satu prinsip bangsa Indonesia yaitu
         gotong royong.
o   Setelah memahami pentingnya kerja sama dalam sebuah kelompok, siswa mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa. Dalam tahap ini dapat dilakukan evaluasi KD 3.4
o   Siswa dan guru berdiskusi mengenai jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut.
o   Siswa dan guru menyimpulkan pentingnya kerja sama dalam sebuah kelompok

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

1. Keterampilan mempraktikkan kombinasi pola gerak lokomotor dalam      permainan tradisional
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
Jumlah
kelereng
5 kelereng
3-4 kelereng
1-2 kelereng
Tidak ada
kelereng
terpindahkan
2.       
Kecepatan
Tercepat
pertama
Tercepat ke 2
dan 3
Tercepat ke 4 dan 5
Tidak mampu
melakukan
gerakan dan
kerjasama
3.       
Gerakan benar secara tehnik
Gerakan sesuai tehnik
gerakan sesuai
tehnik
gerakan sesuai tehnik
Seluruh
gerakan belum
sesuai tehnik

2. Test pengetahuan menjawab pertanyaan mengenai sikap kerjasama
    dalam kelompok
• Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat
• Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
• Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai= bobot total x 5
Nilai maksimum 100

3. Test pengetahuan menjawab pertanyaan mengenai permainan kelereng
• Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat
• Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
• Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai = bobot total x 5
Nilai maksimum 100


H. Sumber dan Media
1.       Buku siswa, sendok logam dan kelereng.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)
 

Setelah membaca teks yang ada di bukumu, jawablah pertanyaan berikut!

1.   Kapan waktu yang tepat untuk bermain kelereng?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
2.   Apa saja manfaat bermain kelereng?

…………………………………………………………………
…………………………………………………………………

3.   Mengapa tidak boleh mengambil kelereng yang berhasil dikeluarkan dari lingkaran?

…………………………………………………………………
…………………………………………………………………

4.   Siapa saja yang dapat memainkan kelereng?

…………………………………………………………………
…………………………………………………………………

5.   Bagaimana cara yang menarik untuk memainkan kelereng?

…………………………………………………………………
…………………………………………………………………


MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 4 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors