RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/2
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Permainan Tradisional
di Daerahku / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas
fisik dalam bentuk permainan
3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.5 Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4.2 Mempraktikkan bentuk kebarsatuan dalam permainan sederhana ‘Estafet Kelereng’.
c) Bahasa Indonesia 1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.2 Menjawab pertanyaanpertanyaan terkait informasi tentang permainan/dolanan tradisional.
4.5.3 Menuliskan jawaban pertanyaan dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Melakukan permainan
estafet kelereng.
2.
Mempelajari sifat kebersatuan
dalam permaian estafet kelereng.
3.
Membaca artikel
mengenai permainan kelereng.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan diawali
dengan mengucap salam dan berdoa.
o
Siswa melihat
kelereng yang dipegang guru dan menyebutkan
informasi yang mereka ketahui mengenai
benda tersebut.
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan
kelereng. Guru dapat menceritakan kepopuleran
kelereng di masa dahulu.
o
Siswa membaca
teks yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa dengan tulisan latin sambung yang
benar.
o
Guru dapat
berkeliling memperhatikan tulisan
siswa dan membimbing siswa apabila diperlukan.
o
Siswa dan guru
membahas latihan soal bersama.
o
Guru dan siswa
membuat kesimpulan mengenai informasi
yang terdapat dalam teks.
o
Siswa berkumpul
di lapangan dan mengulang kembali
pelajaran sebelumnya mengenai gerak non
lokomotor.
o
Siswa melakukan
gerakan pemanasan sederhana
seperti peregangan otot tangan dan kaki.
o
Guru mengingatkan
kembali mengenai konsep gerak non
lokomotor dan menjelaskan tujuan belajar
hai ini adalah menguasai gerak non lokomotor
dalam permainan tradisional.
o
Guru menjelaskan
jenis gerakan yang akan dilakukan
dalam permainan estafet kelereng adalah
memutar, berjongkok dan keseimbangan.
o
Guru mencontohkan
tehnik yang benar dalam melakukan
permainan estafet kelereng.
o
Siswa melakukan
permainan estafet kelereng sesuai
dengan petunjuk permainan yang terdapat
dalam buku siswa. Dalam tahapan ini guru
dapat melakukan evaluasi KD 4.2. dalam melakukan
permainan tersebut siswa tidak diperkenankan
berpindah tempat.
o
Guru dapat
memberikan apresiasi kepada kelompok
siswa yang memenangkan lomba estafet
kelereng.
o
Setelah melakukan
permainan estafet kelereng siswa
menyebutkan manfaat permainan tersebut.
o
Siswa melakukan
permainan estafet kelereng sesuai
dengan petunjuk permainan yang terdapat
dalam buku siswa. Dalam tahapan ini guru
dapat melakukan evaluasi KD 4.2
o
Guru dapat
memberikan apresiasi kepada kelompok
siswa yang memenangkan lomba estafet
kelereng.
o
Setelah melakukan
permainan estafet kelereng siswa
menyebutkan manfaat permainan tersebut.
o
Siswa berdiskusi
dan menyebutkan cara supaya dapat
memenangkan permainan estafet kelereng.
o
Siswa dan guru
berdiskusi mengenai sikap-sikap yang
dibutuhkan dalam memainkan permainan estafet
kelereng.
•
Guru menjelaskan konsep kerja sama
•
yang dibutuhkan dalam pekerjaan
•
kelompok. Anggota kelompok dengan
•
beragam latar belakang suku, agama
•
atau jenis kelamin dapat disatukan
•
apabila merasa memiliki tujuan
•
yang sama. Setiap tidak boleh
•
mementingkan diri sendiri dan harus
•
selalu mengedepankan kepentingan
•
bersama. Hal ini sesuai dengan salah
•
satu prinsip bangsa Indonesia yaitu
•
gotong royong.
o
Setelah memahami
pentingnya kerja sama dalam
sebuah kelompok, siswa mengerjakan latihan
yang terdapat dalam buku siswa. Dalam tahap ini
dapat dilakukan evaluasi KD 3.4
o
Siswa dan guru
berdiskusi mengenai jawaban yang
tepat dari pertanyaan tersebut.
o
Siswa dan guru
menyimpulkan pentingnya kerja sama
dalam sebuah kelompok
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
1.
Keterampilan mempraktikkan kombinasi pola gerak lokomotor
dalam permainan
tradisional
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Jumlah
kelereng
|
5 kelereng
|
3-4 kelereng
|
1-2 kelereng
|
Tidak ada
kelereng
terpindahkan
|
2.
|
Kecepatan
|
Tercepat
pertama
|
Tercepat
ke 2
dan 3
|
Tercepat
ke 4 dan 5
|
Tidak mampu
melakukan
gerakan dan
kerjasama
|
3.
|
Gerakan benar secara tehnik
|
Gerakan sesuai tehnik
|
gerakan
sesuai
tehnik
|
gerakan sesuai tehnik
|
Seluruh
gerakan belum
sesuai tehnik
|
2. Test pengetahuan
menjawab pertanyaan mengenai sikap kerjasama
dalam kelompok
• Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat
• Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
• Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai= bobot total x 5
Nilai maksimum 100
3. Test pengetahuan
menjawab pertanyaan mengenai permainan kelereng
• Bobot nilai 2 jika jawaban dan alasan tepat
• Bobot nilai 1 jika jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
• Bobot 0 jika jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai = bobot total x 5
Nilai maksimum 100
H. Sumber dan Media
1.
Buku siswa, sendok logam dan kelereng.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Setelah membaca teks yang ada di bukumu,
jawablah pertanyaan berikut!
1.
Kapan
waktu yang tepat untuk bermain kelereng?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
2.
Apa saja manfaat bermain kelereng?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
3.
Mengapa tidak boleh mengambil kelereng
yang berhasil dikeluarkan dari lingkaran?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
4.
Siapa saja yang dapat memainkan kelereng?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
5.
Bagaimana cara yang menarik untuk memainkan
kelereng?
…………………………………………………………………
…………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment