Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 28 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/2
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional di Daerahku / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks petunjuk permainan Goncang Kaleng 4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
.4.5.2 Mempraktikkan permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan sesuai dengan teks petunjuk.

b) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.4 Memahami cara menanam tanaman sayur di lingkungan sekitar.
4.16 Menanam tanaman sayuran di lingkungan sekitar.
4.16.2 Mempraktekkan menanam tanaman sayuran di lingkungan sekitar.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkrit.
4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gamar.
3.7.3 Mengidentifikasi hasil pencerminan sebuah bangun datar.
4.3.2 Membuktikan hasil pencerminan sebuah object

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengetahui permainan tradisional yang menggambarkan kehidupan hewan
2.      Menanam tanaman sayur dengan gembira
3.      Bermain peran saat manusia bercermin dan mempelajari hasil pencerminan

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengajak siswa ke lapangan sekolah.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan Goncang kaleng
o   Guru membacakan urutan permainan goncang kaleng dan memperagakan permainannya dengan meminta beberapa perwakilan siswa terlibat.
o   Siswa melakukan permainan goncang kaleng selama 1 jam pelajaran.
o   Pada satu jam pelajaran terakhir guru kembali mengumpulkan siswa dan meminta siswa menceritakan secara lisan mengenai urutan permainan goncang kaleng secara benar. Dalam tahap ini guru dapat mengevaluasi siswa sesuai KD 4.5.
o   Siswa bernyanyi lagu menanam jagung bersama-sama.
o   Siswa mengidentifikasi langkah-langkah menanam jagung berdasarkan lagu yang dinyanyikan
o   Siswa pergi ke kebun atau halaman sekolah yang menjadi lokasi menanam.
o   Guru memperkenalkan lagu menanam jagung.
o   Siswa menyanyikan lagu menanam jagung secara bersama-sama.
o   Guru menjelaskan pengantar mengenai kegiatan menanam.
o   Sebelumnya siswa dibagi menjadi 5 kelompok besar.
o   Siswa mengumpulkan perlengkapan menanam yang telah ditugaskan dalam kelompok.
o   Siswa menempelkan nama dalam pot/polybag/ kaleng bekas yang dibawanya.
o   Setiap siswa mempersiapkan perlengkapan menanamnya.
o   Guru menjelakan cara bercocok tanam yang baik.
o   Siswa melakukan cocok tanam sederhana dalam bimbingan guru. Pada tahapan ini guru dapat melakukan proses evaluasi KD 4.16.
o   Siswa meletakkan hasil cocok tanamnya pada area terbuka yang mendapat cukup sinar matahari.
o   Guru membimbing siswa untuk membersihkan kembali tempat dan peralatan bercocok tanam.
o   Salah satu siswa menceritakan pengalaman mereka menanam tanamman sayur.
o   Siswa lainnya mendengarkan dan member tanggapan mengenai urutan menanam yang disampaikan temannya.
o   Guru menginformasikan mengenai permainan cermin ajaib.
o   Dimana siswa akan berpasangan dan melakukan suit. Siswa yang menang akan memperagakan beberapa gaya seolah sedang bercermin. Siswa yang kalah harus dapat memperagakan gaya dengan tepat seolah ia adalah bayangan di dalam cermin. Hal tersebut dilakukan berulang. Apabila giliran bayangan melakukan gerakan yang salah atau terlambat melakukan gerakan, maka wajahnya dicoret dengan bedak.
o   Setiap siswa mencari seorang teman untuk bermain cermin ajaib.
o   Guru berdiri di depan kelas dan meminta seluruh siswa untuk berdiri menjadi bayangan di cermin. Seluruh siswa harus melakukan apa yang dilakukan guru. Guru mengangkat tangan kanan dan melihat reaksi siswa.
o   Guru menjelaskan bahwa ketika bercermin arah kanan benda, akan terlihat sebagai arah kiri bayangan. Namun ukuran dan warna benda akan sama persis seperti objek tersebut.
o   Siswa yang belum memahami materi yang disampaikan dapat bertanya.
o   Siswa mengerjakan soal di buku siswa mengenai pencerminan bangun datar.
o   Setelah mengerjakan latihan soal di buku, guru dan siswa membahas bersama jawaban yang benar. Guru dapat mengambil nilai pengetahuan sesuai KD 3.7 pada tahapan ini.
o   Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai pencerminan bangun datar.

Pengayaan
o   Siswa dapat menganalisis nilai moral yang terdapat dalam permainan
o   Goncang Kaleng apabila telah mampu mendemonstrasikan permainan tersebut dengan baik.
o   Siswa dapat menanam bibit jenis sayuran lainnya apabila telah mampu menanam bibit cabai/ bawang dengan baik.
o   Siswa dapat Menganalisis hasil pencerminan pada permukaan yang tidak rata seperti permukaan sendok atau permukaan air.

Remedial
·         Guru dapat membimbing siswa dengan menjelaskan secara lisan dan mencontohkan urutan permainan Goncang Kaleng apabila siswa mengalami kesulitan dalam memainkannya.
·         Guru dapat membimbing dan menjelaskan kembali urutan menanam sayuran dengan baik apabila siswa mengalami kesulitan untuk melakukannya.
·         Guru dapat membimbing dan menjelaskan kembali konsep pencerminan bangun datar apabila siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
1. Keterampilan mendemonstrasikan permainan Goncang kaleng.
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.       
Urutan cara
permainan
Seluruh urutan benar
Lebih dari 50%
urutan benar
Kurang dari 50% urutan
benar
Seluruh urutan
salah.

2. Keterampilan menceritakan kembali urutan bermain goncang kaleng

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.       
Urutan
permainan
Seluruh urutan benar
Lebih dari 50%
urutan benar
Kurang dari
50% urutan
benar
Seluruh urutan
salah
2.       
Artikulasi dan
suara
Suara lantang,
artikulasi jelas
Suara lantang,
artikulasi
kurang
jelas atau sebaliknya.
Artikulasi dan
suara kurang
jelas namun
cerita dapat
dipahami
Artikulasi
dan suara
kurang jelas
namun cerita
tidak dapat
dipahami.

3. Keterampilan melakukan cocok tanam sesuai teknik yang dijelaskan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.       
Mempersiapkan
bibit, pupuk,
pot, karung bekas dan alat penyiram.
Mempersiapkan
seluruh bahan dan alat
Mempersiapkan
3-4 bahan dan
alat.
Mempersiapkan
1-2 bahan dan
ala
Tidak
mempersiapkan
bahan dan alat
2.       
Urutan menanam:
mencampur
media tanam dan
pupuk, memindahkannya
ke dalam
pot, meletakkan
bibit dan
menutupnya
dengan tanah,
meletakkan
tanaman di
tempat yang
mendapat sinar
matahari.
Melakukan
seluruh langkah
menanam
Melakukan
3 langkah
menanam
Melakukan
2 langkah
menanam.
Melakukan
1 langkah
menanam.

4. Mengerjakan test tertulis di buku siswa
         Bobot nilai 2 jika : Jawaban dan alasan tepat
         Bobot nilai 1 jika : Jawaban tepat alasan tidak tepat atau sebaliknya
         Bobot 0 jika : Jawaban dan alasan tidak tepat
Nilai = bobot total x 5
Nilai maksimum 100


H. Sumber dan Media
1.      Kaleng berisi batu kerikil dan tertutup.
2.      Kaleng susu bekas yang dilubangi, polybag, pot plastik berdiameter 20 cm, dan sekop.
3.      Bibit bawang merah atau cabai, karung bekas, alat penyiram, tanah, dan pupuk kandang secukupnya. Bedak talk.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Pilihlah gambar yang menunjukkan pencerminan bangun datar secara tepat.
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3


MEDIA

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors