Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday, 27 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/2
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Permainan Tradisional di Daerahku / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
13.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
13.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4.1 Menunjukkan sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan sekolah tanpa pilih-pilih.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5.1 Menceritakanpengalaman mengikuti perlombaan hari kemerdekaan RI.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5.1 Mengidentifikasi informasi yang permainan/dolanan tradisional.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan permainan sederhana secara individu.
2.      Mempelajari nilai kerja sama dalam
3.      permainan sederhana berpasangan.
4.      Mengetahui jenis permainan sederhana berkelompok

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan diawali dengan mengucap salam dan berdoa.
o   Siswa memperhatikan gambar kegiatan lomba
o   17 Agustus dan menyebutkan nama perlombaan yang terdapat pada gambar.
o   Beberapa perwakilan siswa menceritakan lomba yang pernah mereka ikuti dalam acara 17 Agustus.
o   Siswa membaca wacana mengenai perlombaan
o   17 Agustus dan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan dalam buku paket dalam bentuk dialog sederhana.
o   Guru dan siswa mendiskusian jawaban yang tepat. Guru menjelaskan kembali mengenai bentuk kata tanya.
o   Siswa membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan pemanasan dengan melakukan tiga gerakan yaitu mengangkat tangan ke atas, membungkukan badan dengan ujung jari menyentuh sepatu
o   dan gerakan jongkok dengan tumit berjinjit dan tangan lurus ke depan.
o   Siswa melanjutkan gerakan pemanasan dengan berlari kecil di tempat, melompat dan berlari
o   Guru menjelaskan jenis gerak dasar dibagi atas tiga macam.
o   Siswa berbaris membentuk lingkaran di tengah lapangan.
o   Guru menjelaskan aturan permainan sederhana yang akan mereka lakukan, yaitu siswa harus mengikuti gerakan yang disebutkan guru. Jika gerakannya salah, siswa harus duduk.
o   Siswa yang masih berdiri hingga terakhir adalah pemenangnya.
o   Kata yang disebutkan guru merupakan satu kata atau kata beruntun, misalnya: kepiting-udangudang.
o   Siswa dan guru menyimpulkan bersama-sama mengenai gerakan non-lokomotor.

Pengetahuan untuk guru
Gerak non-lokomotor
o   Gerakan sederhana tanpa berpindah tempat.
Contoh: Membungkuk, meregang, memutar, menekuk, mengayun, mendarat, dan keseimbangan.

Gerak lokomotor
o   Gerakan sederhana dengan berpindah tempat.
Contoh: Berjalan, berlari, meloncat, melompat, melayang, meluncur, berjingkrak, memanjat.

Gerak manipulatif
o   Gerakan dimana ada sebuah objek yang digerakan.
Contoh: Melempar, menangkap, menendang, melambung, menyepak, memukul.

o   Siswa menyebutkan suku bangsa dan permainan tradisional dari daerah masing-masing.
o   Siswa menuliskan makanan tradisional favorit dari daerah mereka pada selembar kertas yang cukup besar.
o   Siswa berdiri berpasangan dengan teman yang berbeda agama atau berbeda suku dan mengikat kaki dengan pita kain
o   Siswa diminta berlomba menuju kertas bertuliskan makanan favorit mereka.
o   Setelah melakukan permainan, guru meminta siswa mengidentifikasi apa yang dibutuhkan untuk memenangkan permainan.
o   Siswa menyebutkan sikap yang dibutuhkan untuk memangkan permainan tersebut.
o   Guru menanyakan apa yang terjadi apabila tidak ada sikap bersatu dalam masyarakat.
o   Siswa dan guru mendiskusikan mengenai pentingnya bersatu dalam masyarakat yang beragam.
o   Siswa mengerjakan soal di buku paket mengenai sikap bersatu dalam kegiatan sekolah.

Pengayaan
o   Siswa dapat mempraktikkan jenis gerak non-lokomotor lainnya seperti membungkuk, meregang, memutar, menekuk, mengayun,mendarat dan keseimbangan.
o   Siswa dapat menceritakan contoh bersatu dalam keberagaan pada kehidupan mereka sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah.
o   Siswa dapat menuliskan gagasan utama yang terdapat dalam setiap paragraf bacaan “Pernak-Pernik 17 Agustus”.

Remedial
o   Guru dapat membimbing siswa dan mencontohkan kembali gerakan nonlokomotor yang terdapat dalam buku teks.
o   Guru dapat menjelaskan kembali makna bersatu dalam keberagaman dan memberi contoh konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
o   Guru dapat meminta siswa membaca kembali teks informatif dan member tanda pada setiap informasi penting mengenai perlombaan perayaan 17 Agustus.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

1. Keterampilan melakukan gerakan non lokomotor dalam permainan
sederhana
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1.       
    
Gerakan benar
sesuai instruksi
guru (kepiting,
udang dan
ikan)
Dapat
memperagakan
3 gerakan
dengan tepat
Dapat
memperagakan
2 gerakan
dengan tepat
Dapat
memperagakan
1 gerakan
dengan tepat
Tidak dapat
memperagakan
gerakan non
lokomotor
dengan tepat
tepat
2.       
Gerakan benar
secara tehnik
3 gerakan
sesuai tehnik
2 gerakan
sesuai tehnik
1 gerakan
sesuai tehnik
Seluruh
gerakan belum
sesuai tehnik
yang benar

2. Test pengetahuan mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah
Pertanyaan no. 1: Bobot maksimal 2 ( Bila jawaban betul dan alasan tepat)
Pertanyaan no. 2: Bobot maksimal 1
Pertanyaan no. 3: Bobot maksimal 2 ( Bila jawaban betul dan alasan tepat)
Score = bobot total x 2

3. Test pengetahuan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait informasi tentang permainan/dolanan tradisional
Bobot setiap jawaban tepat : 20
Nilai siswa : jumlah jawaban benar x 20
Nilai maksimal : 5 x 20 = 100

F. Sumber dan Media
  1. Kardus bekas sepatu.
  2. Majalah atau koran bekas.
  3. Gunting.
  4. Lem
  5. Penggaris.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanda centang (√ ) pada kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman dalam kotak yang tersedia. Dan berikan saran pada kegiatan yang belum menunjukkan sikap bersatu.
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2


Saran:
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
 
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2


Saran:
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors