Home » » TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 26 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Kewirausahaan
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Usaha disekitarku / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara.
3.1.1 Menjelaskan langkah-langkah membuat karya tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara.
4.4 Membentuk karya patung sederhana dari berbagai media berdasarkan karya patung nusantara.
4.4.1 Mengaplikasikan keterampilan membuat karya patung nusantara.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah, serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan Kreatif.
2.5 Memiliki sikap terbuka, objektif, dan menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.8 Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
4.4 Membentuk/ menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya.
4.4.1 Menghitung volume bangun ruang gabungan sederhana balok, kubus, dan piramida.

b)     PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam kebersamaan sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tatatertib, dan aturan sesuai dengan tataurutan peraturan perundangundangan Indonesia.
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Menjelaskan saling ketergantungan dalam membangun kehidupan dalam wirausaha
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Menyajikan contoh keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun wirausaha.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Membuat pertanyaan.
o   Membuat patung nusantara dari tanah liat.
o   Mewawancara dan mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat.
o   Menghitung volume bangun gabungan kubus, balok, dan limas segi empat

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk.
o   Salah satunya adalah patung nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
o   Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat nusantara dari Kasongan.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Setelah mengamati berbagai patung nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah liat yang disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing. Patung tersebut akan dipamerkan dan dijual dalam kegiatan wirausaha di sekolah.
o   Sebelum membuat patung, tugaskan siswa memperhatikan hal-hal berikut.
o   Untuk membuat patung nusantara, siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka.
o   Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat sendiri adonan (playdough) dari tepung
o   Setelah mempraktikkan teknik membuat patung dari tanah liat, guru bertanya kepada siswa volume tanah liat yang mereka gunakan untuk membuat patung tersebut.
o   Tugaskan siswa mengamati gambar bangun gabungan di buku.
o   Perhatikan bangun gabungan di bawah ini :


 Volume Limas = 1/3 x Lalas x tinggi

o   Tugaskan siswa menghitunglah volume bangun gabungan tersebut, dengan mengingat kembali rumus volume limas.

Volume Limas = 1/3 x Lalas x tinggi

o   Tugaskan siswa menghitung volume bangun gabungan bangun limas segiempat dan balok.


 o   Tugaskan siswa kembali menghitung volume bangun gabungan berikut:

 
 o   Guru menugaskan siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa berdasarkan teks tadi.
o   Tugaskan siswa membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru menugaskan siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran 1, halaman 150, dan buku guru.
Pengayaan

o   Untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang soal cerita bangun ruang tugaskan mereka untuk membuat soal sendiri.
o   Tugaskan siswa saling mempertukarkan soal-soal yang mereka buat dan menjawab soal-soal tersebut.
o   Tugaskan siswa berlatih mengerjakan soal-soal tentang volume bangun ruang dari berbagai sumber.
Remedial

o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep volume bangun ruang (menyelesaikan kurang dari 50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret.
o   Selain itu, guru akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian

1. Matematika dinilai dengan penilaian
2. PPKn dinilai dengan daftar periksa.
3. SBdP dinilai dengan rubrik
4. Penilaian sikap (disiplin dan komitmen) : contoh terlampir di halaman akhir buku guru.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : • Terigu
• Garam
• Minyak sayur
• Air hangat
• Pewarna makanan
• Tanah liat
Sumber Belajar     : Buku guru dan buku siswa



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001




MEDIA
 



 
TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 2


TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors