RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 4 : Kewirausahaan
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Usaha disekitarku / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
3.1 Mengenal karya
dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara.
3.1.1 Menjelaskan
langkah-langkah membuat karya tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya
seni rupa nusantara.
4.4 Membentuk karya
patung sederhana dari berbagai media berdasarkan karya patung nusantara.
4.4.1 Mengaplikasikan
keterampilan membuat karya patung nusantara.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak
mudah menyerah, serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan Kreatif.
2.5 Memiliki sikap
terbuka, objektif, dan menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.8 Memecahkan masalah
sederhana dengan melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
4.4 Membentuk/ menggambar
bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya.
4.4.1 Menghitung volume
bangun ruang gabungan sederhana balok, kubus, dan piramida.
b)
PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam kebersamaan sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh terhadap tatatertib, dan aturan sesuai dengan tataurutan peraturan
perundangundangan Indonesia.
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Menjelaskan
saling ketergantungan dalam membangun kehidupan dalam wirausaha
4.6 Menyajikan
realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan
mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Menyajikan
contoh keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun
wirausaha.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o
Membuat
pertanyaan.
o
Membuat patung
nusantara dari tanah liat.
o
Mewawancara dan
mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat.
o
Menghitung
volume bangun gabungan kubus, balok, dan limas segi empat
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Globalisasi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
bahwa hasil karya seni dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk.
o
Salah satunya
adalah patung nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati,
baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
o
Siswa mengamati
kerajinan patung tanah liat nusantara dari Kasongan.
o
Siswa
mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Setelah mengamati
berbagai patung nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah
liat yang disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing. Patung
tersebut akan dipamerkan dan dijual dalam kegiatan wirausaha di sekolah.
o
Sebelum membuat
patung, tugaskan siswa memperhatikan hal-hal berikut.
o
Untuk membuat
patung nusantara, siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di
sekitar tempat tinggal mereka.
o
Jika di sekitar
siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat sendiri adonan
(playdough) dari tepung
o
Setelah
mempraktikkan teknik membuat patung dari tanah liat, guru bertanya kepada
siswa volume tanah liat yang mereka gunakan untuk membuat patung tersebut.
o
Tugaskan siswa
mengamati gambar bangun gabungan di buku.
o
Perhatikan bangun
gabungan di bawah ini :
Volume Limas = 1/3 x Lalas x tinggi
o
Tugaskan siswa menghitunglah
volume bangun gabungan tersebut, dengan mengingat kembali rumus volume limas.
Volume Limas = 1/3 x Lalas x tinggi
o
Tugaskan siswa
menghitung volume bangun gabungan bangun limas segiempat dan balok.
o
Tugaskan siswa
kembali menghitung volume bangun gabungan berikut:
o
Guru menugaskan
siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa berdasarkan teks
tadi.
o
Tugaskan siswa
membaca dialog yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru menugaskan
siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran 1, halaman 150, dan buku guru.
Pengayaan
o
Untuk
mengembangkan pemahaman siswa tentang soal cerita bangun ruang tugaskan
mereka untuk membuat soal sendiri.
o
Tugaskan siswa
saling mempertukarkan soal-soal yang mereka buat dan menjawab soal-soal
tersebut.
o
Tugaskan siswa
berlatih mengerjakan soal-soal tentang volume bangun ruang dari berbagai
sumber.
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami konsep volume bangun ruang (menyelesaikan kurang dari
50% soal dengan benar) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu
siswa dengan menggunakan benda konkret.
o
Selain itu, guru
akan mengulang kembali penanaman konsep secara bertahap dimulai dari yang
mudah dipahami. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga
diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai
konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Matematika
dinilai dengan penilaian
2. PPKn dinilai
dengan daftar periksa.
3. SBdP dinilai
dengan rubrik
4. Penilaian sikap
(disiplin dan komitmen) : contoh terlampir di halaman akhir buku guru.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : • Terigu
• Garam
• Minyak sayur
• Air hangat
• Pewarna makanan
• Tanah liat
Sumber Belajar : Buku guru dan buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
CHAIRUNNISA,
S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment