Home » » TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 26 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Globalisasi
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Usaha di Sekitarku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Menjelaskan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya).
4.5.1 Memaparkan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk media (lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya).

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1 Mendeskripsikan aplikasi sifat hantaran melalui percobaan.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Menulis laporan berdasarkan percobaan tentang hantaran

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menyajikan tulisan eksplanasi tentang penyebab perubahan sifat benda dan hantaran panas setelah melakukan percobaan.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Menjawab pertanyaan bacaan.
o   Melakukan percobaan.
o   Menganalisis dan menyimpukan hasil percobaan.
o   Mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa di sekitar kita banyak terdapat berbagai usaha. Usaha tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di sekitarnya, baik dalam bentuk pengadaan barang maupun jasa.
o   Tugaskan siswa mengamati gambar tentang berbagai usaha yang ada di sekitar mereka.
o   Tugaskan siswa mengamati gambar dan menuliskan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha yang mereka temukan pada gambar tersebut dalam bentuk pertanyaan.
o   Guru memancing rasa ingin tahu mereka dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan lebih lanjut terkait dengan wirausaha yang mereka amati pada gambar.
o   Guru dapat mengaitkan usaha yang terdapat pada gambar dengan usaha yang ada di sekitar siswa.
o   Tugaskan siswa mendiskusikan pertanyaan yang telah mereka tulis dengan salah satu teman.
o   Tugaskan siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
o   Guru mengingatkan siswa untuk menulis kesimpulan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan memerhatikan tanda baca dan huruf besar serta menggunakan kosakata baku.
o   Tugaskan siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa tentang kaitan antara usaha yang mereka amati pada gambar atau yang ada di sekitar mereka dengan kebutuhan mereka.
o   Guru mengarahkan siswa melalui diskusi untuk memahami keterkaitan antara usaha yang ada di sekitar siswa dan pengaruhnya terhadap aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya. Misalnya:
o   Dengan adanya usaha akan memberikan keuntungan bagi penjual (ekonomi).
o   Usaha dapat membuka lapangan pekerjaan (sosial dan ekonomi).
o   Usaha kerajinan dan makanan tradisional (budaya).
o   Tugaskan siswa memperhatikan salah satu usaha yang terdapat pada gambar, yaitu usaha pengrajin gerabah
o   Tugaskan siswa berpasangan untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru menyampaikan bahwa gambar tadi adalah tentang seorang pengrajin tanah liat dari daerah Kasongan, Yogyakarta.
o   Guru menyampaikan bahwa kerajinan gerabah Kasongan juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti alat untuk memasak, piring, teko, dan cangkir.
o   Guru menanyakan kepada siswa perbedaan peralatan rumah tangga yang terbuat dari tanah liat dengan bahan lainnya.
o   Guru memandu siswa melakukan percobaan.
o   Tugaskan siswa membaca teks untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Usaha
o   Kecil Menengah (UKM) kerajinan tanah liat di Kasongan.
o   Tugaskan siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa berdasarkan hasil pengamatan dan pemahaman mereka tentang kerajinan gerabah Kasongan.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan percobaan tentang hantaran panas.
o   Sebelum melakukan percobaan, tugaskan siswa mengamati gambar peralatan rumah tangga yang terdapat dalam buku siswa.
o   Siswa diminta membandingkan benda-benda yang mereka amati tadi dengan benda-benda yang terbuat dari plastik, kayu, besi, dan aluminium yang disiapkan oleh guru untuk melakukan percobaan.
o   Sebelum melakukan percobaan, siswa diminta melakukan prediksi dengan melengkapi table yang terdapat dalam buku siswa.
o   Tugaskan siswa melakukan pembuktian sehubungan dengan prediksi yang telah mereka buat melalui percobaan.
o   Tugaskan siswa memperhatikan langkah-langkah yang harus mereka laksanakan dalam melakukan percobaan.
(Penilaian 1)

o   Tugaskan siswa menulis penjelasan berdasarkan percobaan yang telah mereka lakukan.
o   Siswa diberikan motivasi untuk menulis penjelasan menggunakan bahasa yang baik dan benar, dengan memperhatikan penggunaan tanda baca, huruf besar, serta kosakata baku.
o   Guru mengingatkan kembali tentang jiwa kewirausahaan yang telah dipelajari di tema pertama, seperti kerja keras, jujur, dan pantang menyerah.
o   Guru memandu siswa untuk menyimpulkan tentang pengertian wirausaha.
o   Guru memastikan bahwa setiap siswa memahami tentang wirausaha.
o   Siswa dengan panduan guru mendiskusikan lebih lanjut tentang wirausaha yang ada di sekitar mereka.
o   Diskusi dimulai dari kebutuhan, misalnya kita membutuhkan jasa pemotong rambut, kita membutuhkan soto Bogor, kita membutuhkan pakaian, dan lain-lain.
o   Tugaskan siswa mendiskusikan secara berkelompok tentang kebutuhan mereka sehari-hari dan mengidentifikasi jenis wirausaha yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
o   Tugaskan siswa menulis hasil diskusi pada tabel yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru mendorong siswa mengemukakan pendapat mereka secara aktif.
o   Guru juga mengarahkan siswa untuk menggali lebih jauh wirausaha yang menyediakan produk dan wirausaha yang menyediakan jasa.
(Penilaian 3)

o   Setelah siswa mengetahui lebih jauh tentang wirausaha dalam kehidupan sehari-hari, termasuk wirausaha yang bergerak dalam pengadaan produk dan jasa, maka guru mengaitkan kegiatan wirausaha tersebut dengan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pelaku wirausaha, seperti kerja keras, jujur, dan pantang menyerah.
o   Guru menyampaikan bahwa kita diberi kemampuan berpikir dan potensi berkreativitas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib memperluas wawasan dan mengasah kreativitas yang kita miliki sehingga dapat member manfaat bagi orang lain.
o   Salah satu jalan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui wirausaha.
o   Dengan berwirausaha, kita dapat memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita.
o   Guru juga menyampaikan beberapa nilai-nilai yang diperlukan dalam berwirausaha, di antaranya jujur, disiplin, dan mempunyai komitmen.
o   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang cara mereka memperluas wawasan dan mengembangkan kreativitas sebagai wujud rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
o   Tugaskan siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di halaman akhir buku guru.
Pengayaan

o   Tugaskan siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang benda-benda konduktor dan isolator melalui eksplorasi.
o   Tugaskan siswa untuk menanyakan kepada orang dewasa atau narasumber yang ada di sekitar mereka.
Remedial

o   Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang hantaran panas (berdasarkan laporan percobaan dan diskusi) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, siswa berlatih membedakan benda-benda yang tergolong isolator dan konduktor. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o   Remedial juga diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 
1.        Penilaian
1. Penilaian tugas IPA: percobaan hantaran panas.


2. Penilaian tugas bahasa Indonesia: tulisan eksplanasi berdasarkan hasil
percobaan



3. Penilaian tugas IPS


4. Penilaian sikap (komitmen):
contoh terlampir di halaman akhir buku guru.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      :   Pengaduk Kayu
·      Pengaduk dari tanah liat
·      Pengaduk plastik
·      Pengaduk besi
·      Pengaduk kaca
·      Pengaduk melamin
·      Air hangat
·      Biji kedelai 7 buah
·      Mentega
·      Stopwatch atau jam tangan
Sumber Belajar     : Buku guru, buku siswa


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001


Media
  
 
TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 2 PB 1




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors