RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 4 : Globalisasi
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Usaha di Sekitarku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan
politik.
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup
sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat.
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
3.5.1 Menjelaskan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbgai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya).
4.5.1 Memaparkan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk media (lisan, tulisan, gambar,
oto, dan lainnya).
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi.
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui
pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1 Mendeskripsikan
aplikasi sifat hantaran melalui percobaan.
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi
variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Menulis
laporan berdasarkan percobaan tentang hantaran
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahannya, serta tata surya melalui
pemanfaatan bahasa indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.2.1 Menyajikan
tulisan eksplanasi tentang penyebab perubahan sifat benda dan hantaran panas setelah
melakukan percobaan.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o
Menjawab
pertanyaan bacaan.
o
Melakukan
percobaan.
o
Menganalisis dan
menyimpukan hasil percobaan.
o
Mengidentifikasi
hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Globalisasi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa di sekitar kita banyak terdapat berbagai usaha. Usaha
tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di
sekitarnya, baik dalam bentuk pengadaan barang maupun jasa.
o
Tugaskan siswa
mengamati gambar tentang berbagai usaha yang ada di sekitar mereka.
o
Tugaskan siswa
mengamati gambar dan menuliskan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
tentang kegiatan wirausaha yang mereka temukan pada gambar tersebut dalam
bentuk pertanyaan.
o
Guru memancing
rasa ingin tahu mereka dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan lebih lanjut terkait dengan wirausaha yang mereka amati pada
gambar.
o
Guru dapat
mengaitkan usaha yang terdapat pada gambar dengan usaha yang ada di sekitar
siswa.
o
Tugaskan siswa
mendiskusikan pertanyaan yang telah mereka tulis dengan salah satu teman.
o
Tugaskan siswa
menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
o
Guru mengingatkan
siswa untuk menulis kesimpulan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan
memerhatikan tanda baca dan huruf besar serta menggunakan kosakata baku.
o
Tugaskan siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa tentang kaitan antara
usaha yang mereka amati pada gambar atau yang ada di sekitar mereka dengan
kebutuhan mereka.
o
Guru mengarahkan
siswa melalui diskusi untuk memahami keterkaitan antara usaha yang ada di
sekitar siswa dan pengaruhnya terhadap aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan
budaya. Misalnya:
o
Dengan adanya
usaha akan memberikan keuntungan bagi penjual (ekonomi).
o
Usaha dapat
membuka lapangan pekerjaan (sosial dan ekonomi).
o
Usaha kerajinan
dan makanan tradisional (budaya).
o
Tugaskan siswa
memperhatikan salah satu usaha yang terdapat pada gambar, yaitu usaha
pengrajin gerabah
o
Tugaskan siswa
berpasangan untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Guru menyampaikan
bahwa gambar tadi adalah tentang seorang pengrajin tanah liat dari daerah
Kasongan, Yogyakarta.
o
Guru menyampaikan
bahwa kerajinan gerabah Kasongan juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan
sehari-hari, seperti alat untuk memasak, piring, teko, dan cangkir.
o
Guru menanyakan
kepada siswa perbedaan peralatan rumah tangga yang terbuat dari tanah liat
dengan bahan lainnya.
o
Guru memandu
siswa melakukan percobaan.
o
Tugaskan siswa
membaca teks untuk mencari tahu lebih lanjut tentang Usaha
o
Kecil Menengah
(UKM) kerajinan tanah liat di Kasongan.
o
Tugaskan siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa berdasarkan hasil
pengamatan dan pemahaman mereka tentang kerajinan gerabah Kasongan.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa mereka akan melakukan percobaan tentang hantaran panas.
o
Sebelum melakukan
percobaan, tugaskan siswa mengamati gambar peralatan rumah tangga yang
terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa diminta
membandingkan benda-benda yang mereka amati tadi dengan benda-benda yang
terbuat dari plastik, kayu, besi, dan aluminium yang disiapkan oleh guru
untuk melakukan percobaan.
o
Sebelum melakukan
percobaan, siswa diminta melakukan prediksi dengan melengkapi table yang
terdapat dalam buku siswa.
o
Tugaskan siswa
melakukan pembuktian sehubungan dengan prediksi yang telah mereka buat
melalui percobaan.
o
Tugaskan siswa
memperhatikan langkah-langkah yang harus mereka laksanakan dalam melakukan
percobaan.
(Penilaian 1)
o
Tugaskan siswa
menulis penjelasan berdasarkan percobaan yang telah mereka lakukan.
o
Siswa diberikan
motivasi untuk menulis penjelasan menggunakan bahasa yang baik dan benar,
dengan memperhatikan penggunaan tanda baca, huruf besar, serta kosakata baku.
o
Guru mengingatkan
kembali tentang jiwa kewirausahaan yang telah dipelajari di tema pertama,
seperti kerja keras, jujur, dan pantang menyerah.
o
Guru memandu
siswa untuk menyimpulkan tentang pengertian wirausaha.
o
Guru memastikan
bahwa setiap siswa memahami tentang wirausaha.
o
Siswa dengan
panduan guru mendiskusikan lebih lanjut tentang wirausaha yang ada di sekitar
mereka.
o
Diskusi dimulai
dari kebutuhan, misalnya kita membutuhkan jasa pemotong rambut, kita
membutuhkan soto Bogor, kita membutuhkan pakaian, dan lain-lain.
o
Tugaskan siswa
mendiskusikan secara berkelompok tentang kebutuhan mereka sehari-hari dan
mengidentifikasi jenis wirausaha yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
o
Tugaskan siswa
menulis hasil diskusi pada tabel yang terdapat dalam buku siswa.
o
Guru mendorong
siswa mengemukakan pendapat mereka secara aktif.
o
Guru juga
mengarahkan siswa untuk menggali lebih jauh wirausaha yang menyediakan produk
dan wirausaha yang menyediakan jasa.
(Penilaian 3)
o
Setelah siswa
mengetahui lebih jauh tentang wirausaha dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
wirausaha yang bergerak dalam pengadaan produk dan jasa, maka guru mengaitkan
kegiatan wirausaha tersebut dengan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh
seorang pelaku wirausaha, seperti kerja keras, jujur, dan pantang menyerah.
o
Guru menyampaikan
bahwa kita diberi kemampuan berpikir dan potensi berkreativitas oleh Tuhan
Yang Maha Esa. Kita wajib memperluas wawasan dan mengasah kreativitas yang
kita miliki sehingga dapat member manfaat bagi orang lain.
o
Salah satu jalan
untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui wirausaha.
o
Dengan
berwirausaha, kita dapat memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita.
o
Guru juga
menyampaikan beberapa nilai-nilai yang diperlukan dalam berwirausaha, di
antaranya jujur, disiplin, dan mempunyai komitmen.
o
Guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa tentang cara mereka memperluas wawasan dan
mengembangkan kreativitas sebagai wujud rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang
Maha Esa.
o
Tugaskan siswa
melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa.
o
Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di halaman akhir buku guru.
Pengayaan
o
Tugaskan siswa
untuk menggali informasi lebih lanjut tentang benda-benda konduktor dan
isolator melalui eksplorasi.
o
Tugaskan siswa
untuk menanyakan kepada orang dewasa atau narasumber yang ada di sekitar
mereka.
Remedial
o
Siswa yang belum
tuntas dalam memahami tentang hantaran panas (berdasarkan laporan percobaan
dan diskusi) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa
dengan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, siswa berlatih
membedakan benda-benda yang tergolong isolator dan konduktor. Remedial
dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
o
Remedial juga
diberikan untuk pelajaran lain bagi siswa yang belum tuntas dalam menguasai
konsep.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian tugas
IPA: percobaan hantaran panas.
2. Penilaian tugas
bahasa Indonesia: tulisan eksplanasi berdasarkan hasil
percobaan3. Penilaian tugas IPS
4. Penilaian sikap
(komitmen):
contoh terlampir di
halaman akhir buku guru.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : • Pengaduk Kayu
·
Pengaduk dari tanah liat
·
Pengaduk plastik
·
Pengaduk besi
·
Pengaduk kaca
·
Pengaduk melamin
·
Air hangat
·
Biji kedelai 7 buah
·
Mentega
·
Stopwatch atau jam tangan
Sumber Belajar : Buku guru, buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
CHAIRUNNISA,
S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment