RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 4 : Kewirausahaan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh terhadap tatatertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan
peraturan perundang-undangan Indonesia.
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
4.6 Menyajikan
realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan
kehidupan kebangsaan.
o Menjelaskan hubungan ketergantungan masyarakat Indonesia.
o Mengidentifikasi keberagaman masyarakat
o Indonesia sebagai modal
o dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik.
b)
SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni
sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan
sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin,
tanggung jawab, dan peduli terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Menyajikan berbagai
karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
3.4.1 Membuat produk
kerajinan tangan dari barang bekas.
4.16 Membuat produk olahan sampah
organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar.
4.16.1 Melatih keterampilan menempel
dan membentuk dengan membuat celengan dari koran bekas.
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak
mudah menyerah, serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif.
2.5 Memiliki sikap
terbuka, objektif, dan menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.8 Memecahkan
masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang seperti juring, busur,
prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
4.4
Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya.
4.4.1
Membuktikan dan menghitung
volume bangun gabungan kubus dan balok
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o Menjawab pertanyaan bacaan.
o Membuat celengan dari kertas bekas.
o Mewawancarai dan mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan
antarwarga masyarakat.
o Melakukan eksplorasi membuktikan volume bangun gabungan kubus dan balok
serta menghitung volumenya
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kewirausahaan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
berantai teks tentang kejujuran.
Sebagai pembukaan, siswa bisa diminta saling
mengajukan pertanyaan dan saling menjawab dengan teman di sebelahnya tentang
isi teks.
o
Siswa menjawab pertanyaan
bacaan.
o
Tugaskan siswa
menganalisis informasi tentang hubungan saling ketergantungan antara warga
masyarakat di lingkungan Pak Bambang.
o
Kegiatan ini
sebagai pengantar untuk siswa pada materi PPKn, yaitu hubungan saling
ketergantungan untuk memperkokoh kehidupan antarwarga masyarakat.
o
Berdasarkan hasil
analisis, siswa menuliskan kesimpulan hubungan antara usaha Pak Bambang
dengan badan usaha atau warga di sekitarnya.
o
Tugaskan siswa
mewawancarai seorang tokoh (narasumber) di sekitar lingkungan mereka yang
menginspirasi karena kejujurannya. Tokoh tersebut tidak harus pengusaha, bisa
saja guru, staf sekolah, atau teman.
o
Tugaskan siswa
menulis pencapaian tokoh tersebut karena kejujuran dan kerja kerasnya serta
hubungan saling ketergantungan antara tokoh tersebut dengan warga yang
beragam di lingkungannya.
o
Tugaskan siswa
dibebaskan untuk menentukan bentuk penulisan, seperti tabel, peta pikiran,
atau narasi.
o
Siswa saling
mengomunikasikan isi cerita secara lisan kepada seorang teman yang lain.
(Penilaian 1)
o
Tugaskan siswa
berkreasi membuat celengan dari kertas bekas menggunakan balon sebagai
cetakan, instruksi yang ada di buku.
Siswa bisa menyiapkan lem kanji dan potongan
kertas bekas sebelumnya di rumah mengingat waktu yang terbatas di sekolah.
o
Tugaskan siswa
secara berpasangan saling menceritakan proses pembuatan celengan.
o
Kegiatan
mendesain celengan akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
o
Kegiatan ini akan
dilanjutkan pada pembelajaran hari keempat.
(Penilaian 2)
o
Tugaskan siswa
melakukan eksplorasi untuk membuktikan volume bangun gabungan kubus dan balok
menggunakan media konkret.
o
Tugaskan siswa
menganalisis hasil eksplorasi dan menyimpulkan konsepvolume bangun gabungan.
o
Tugaskan siswa
mengerjakan soal latihan bangun gabungan.
(Penilaian 3)
o
Siswa melakukan
refleksi diri. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan pemahaman akan
pentingnya jujur.
Pengayaan
o
Siswa yang telah
menyelesaikan tugas problem solving lebih cepat dari waktu yang
ditentukan, bisa diberikan soal tambahan.
o
Orang tua
dan siswa berbagi pengalaman mereka berkaitan dengan kejujuran.
Remedial
o
Siswa
yang belum memahami soal problem solving, diberikan kembali latihan dengan
pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian tugas
PPKn: wawancara narasumber tentang pentingnya
kejujuran.2. Penilaian tugas SBdP: membuat celengan kertas.
3. Penilaian tugas
soal problem solving matematika diperiksa dan dinilai.
4. Penilaian sikap:
contoh terlampir di halaman akhir buku guru
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : 1. Narasumber: warga sekolah yang dikenal dengan kejujurannya.
1.
Kubus, balok, dan beras/biji-bijian untuk eksplorasi
Matematika.
2.
Buku guru dan buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
CHAIRUNNISA,
S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment