Home » » TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 26 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 4                                        : Kewirausahaan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tatatertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia.
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
o  Menjelaskan hubungan ketergantungan masyarakat Indonesia.
o  Mengidentifikasi keberagaman masyarakat
o  Indonesia sebagai modal
o  dasar dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

b)     SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
3.4.1 Membuat produk kerajinan tangan dari barang bekas.
4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar.
4.16.1 Melatih keterampilan menempel dan membentuk dengan membuat celengan dari koran bekas.

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah, serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif.
2.5 Memiliki sikap terbuka, objektif, dan menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.8 Memecahkan masalah sederhana dengan melibatkan bangun datar atau ruang seperti juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut.
4.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya.
4.4.1        Membuktikan dan menghitung volume bangun gabungan kubus dan balok

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Menjawab pertanyaan bacaan.
o   Membuat celengan dari kertas bekas.
o   Mewawancarai dan mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat.
o   Melakukan eksplorasi membuktikan volume bangun gabungan kubus dan balok serta menghitung volumenya

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kewirausahaan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca berantai teks tentang kejujuran.
Sebagai pembukaan, siswa bisa diminta saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawab dengan teman di sebelahnya tentang isi teks.
o   Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
o   Tugaskan siswa menganalisis informasi tentang hubungan saling ketergantungan antara warga masyarakat di lingkungan Pak Bambang.
o   Kegiatan ini sebagai pengantar untuk siswa pada materi PPKn, yaitu hubungan saling ketergantungan untuk memperkokoh kehidupan antarwarga masyarakat.
o   Berdasarkan hasil analisis, siswa menuliskan kesimpulan hubungan antara usaha Pak Bambang dengan badan usaha atau warga di sekitarnya.
o   Tugaskan siswa mewawancarai seorang tokoh (narasumber) di sekitar lingkungan mereka yang menginspirasi karena kejujurannya. Tokoh tersebut tidak harus pengusaha, bisa saja guru, staf sekolah, atau teman.
o   Tugaskan siswa menulis pencapaian tokoh tersebut karena kejujuran dan kerja kerasnya serta hubungan saling ketergantungan antara tokoh tersebut dengan warga yang beragam di lingkungannya.
o   Tugaskan siswa dibebaskan untuk menentukan bentuk penulisan, seperti tabel, peta pikiran, atau narasi.
o   Siswa saling mengomunikasikan isi cerita secara lisan kepada seorang teman yang lain.
(Penilaian 1)

o   Tugaskan siswa berkreasi membuat celengan dari kertas bekas menggunakan balon sebagai cetakan, instruksi yang ada di buku.
 Siswa bisa menyiapkan lem kanji dan potongan kertas bekas sebelumnya di rumah mengingat waktu yang terbatas di sekolah.
o   Tugaskan siswa secara berpasangan saling menceritakan proses pembuatan celengan.
o   Kegiatan mendesain celengan akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
o   Kegiatan ini akan dilanjutkan pada pembelajaran hari keempat.
(Penilaian 2)

o   Tugaskan siswa melakukan eksplorasi untuk membuktikan volume bangun gabungan kubus dan balok menggunakan media konkret.
o   Tugaskan siswa menganalisis hasil eksplorasi dan menyimpulkan konsepvolume bangun gabungan.
o   Tugaskan siswa mengerjakan soal latihan bangun gabungan.
(Penilaian 3)

o   Siswa melakukan refleksi diri. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan pemahaman akan pentingnya jujur.
Pengayaan

o   Siswa yang telah menyelesaikan tugas problem solving lebih cepat dari waktu yang ditentukan, bisa diberikan soal tambahan.
o   Orang tua dan siswa berbagi pengalaman mereka berkaitan dengan kejujuran.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami soal problem solving, diberikan kembali latihan dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian

1. Penilaian tugas PPKn: wawancara narasumber tentang pentingnya
kejujuran.


2. Penilaian tugas SBdP: membuat celengan kertas.



3. Penilaian tugas soal problem solving matematika diperiksa dan dinilai.
4. Penilaian sikap: contoh terlampir di halaman akhir buku guru


B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : 1. Narasumber: warga sekolah yang dikenal dengan kejujurannya.
1.    Kubus, balok, dan beras/biji-bijian untuk eksplorasi Matematika.
2.    Buku guru dan buku siswa


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19780714 200801 2 001



MEDIA

TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 2

 
TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors