RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 5 : Wirausaha
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi.
3.5 Memahami
hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui
pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1 Menjelaskan
hubungan suhu dengan perubahan sifat benda.
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi
variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Melakukan
percobaan perubahan sifat benda karena suhu.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahannya, serta tata surya melalui
pemanfaatan bahasa indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
3.2.1 Menemukan
informasi dari teks penjelasan eksplanasi ilmiah tentang perubahan sifat benda karena
suhu.
4.2 Menyajikan teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.2.1 Menyajikan
teks penjelasan tentang perubahan sifat benda berdasarkan hasil percobaan.
c) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan yang Maha Esa Yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik.
1.3 Menghargai karunia
dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup
sehat, dan melestarikan lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat.
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
3.5.1 Menjelaskan
keterkaitan manusia dengan lingkungan alam.
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media(lisan,
tulisan, gambar, oto, dan lainnya).
4.5.1 Melaporkan
hasil observasi interaksi manusia dengan lingkungan alam.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o Menjawab pertanyaan bacaan.
o Melakukan percobaan.
o Menganalisis dan menyimpukan hasil percobaan.
o Mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Globalisasi”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
senyap kisah kerja keras Pak
o
Moedjair yang
berhasil membuat budidaya ikan mujair bisa dibudidayakan di air tawar.
·
Sebagai pembukaan, siswa bisa diminta saling
mengajukan pertanyaan dan saling menjawab dengan teman di sebelah tentang isi
teks.
o
Siswa menjawab
pertanyaan pemahaman bacaan.
o
Siswa diingatkan
kembali tentang ciri-ciri teks eksplanasi yang telah dipelajari di tema sebelumnya
(tema tiga). (Penilaian 1) benda.
o
Sebagai kegiatan
pembuka, tugaskan siswa mengamati gambar ikan mentah dan ikan goreng yang
terdapat di buku.
o
Tugaskan siswa
membaca informasi singkat mengenai perbedaan fisik pada ikan mentah dan ikan
goreng, kemudian menjawab pertanyaan bacaan. Dari kegiatan pembuka ini
diharapkan siswa akan mendapatkan bekal informasi mengenai materi yang akan
dipelajari.
o
Tugaskan siswa
melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap perubahan wujud
benda berdasarkan instruksi.
o
Tugaskan siswa
menjawab pertanyaan untuk menguatkan konsep yang dipelajari.
o
Tugaskan siswa
menuliskan kesimpulan mengenai hubungan antara suhu dengan perubahan sifat
benda.
o
Tugaskan siswa
mengomunikasikan tulisan mereka kepada seorang teman.
Eksplorasi: Siswa bisa melakukan percobaan yang sama menggunakan
bahan-bahan lain untuk menemukan sebanyak mungkin contoh perubahan pada benda
akibat pengaruh suhu. (Penilaian 2)
o
Tugaskan siswa
menuliskan hasil percobaan dalam bentuk teks eksplanasi tentang perubahan
sifat benda akibat pengaruh suhu dengan memperhatikan kerapian tulisan,
penggunaan kosakata baku, huruf besar, serta tanda baca. (Penilaian 1)
o
Tugaskan siswa
membaca kembali informasi tentang usaha Pak Moedjair, kemudian mendiskusikan
bersama teman tentang aspek-aspek yang mendukung keberhasilan usaha Pak
Moedjair.
o
Berdasarkan bagan
pada buku siswa menyimpulkan usaha yang dilakukan Pak Moedjair.
Simpulan: suatu usaha akan berhasil bila dilakukan
dengan bersungguhsungguh, dan hasilnya juga akan berdampak pada kehidupan
masyarakat sekitar.
o
Siswa menuliskan
kisah kesuksesan seorang pewirausaha (penjual makanan, dsb.) di sekitar
lingkungan mereka.
o
Siswa menuliskan
hubungan usaha tokoh tersebut dengan lingkungan alam serta pengaruhnya dalam
kehidupan masyarakat dibidang ekonomi, sosial, dan budaya. (Penilaian 3)
o
Siswa menuliskan
3 hal yang telah mereka pelajari dari kegiatan hari ini.
o
Tugaskan siswa
mengamati beragam usaha yang ada di sekitar lingkungan rumah atau sekolah
mereka untuk menemukan sikap yang ditunjukkan oleh para pelaku usaha
tersebut. Kemudian menuliskan pengaruh dari usaha tersebut terhadap kehidupan
masyarakat di lingkungan mereka.
o
Tugaskan siswa
mendiskusikan dengan orang tua tentang faktor-faktor yang membuahkan
kesuksesan, seperti kerja keras, pantang menyerah, jujur, dan berdoa.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami konsep pengaruh suhu terhadap perubahan sifat benda, diminta untuk
membaca bahan-bahan bacaan terkait materi. Guru bisa memberikan bahan bacaan
tambahan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian Tugas integrasi:
Bahasa Indonesia dan IPA
Pertanyaan
pemahaman bacaan dan tulisan eksplanasi
2. Penilaian tugas
IPA: percobaan pengaruh suhu dan sifat perubahan benda.
3. Penilaian tugas IPS: pengaruh wirausaha
terhadap kehidupan masyarakat.
4. Penilaian sikap: contoh terlampir
di halaman akhir buku guru.
*Catatan: guru dapat membuat catatan
anekdot untuk menilai sikap siswa sesuai kebutuhan.
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Media : LKS (buku siswa)
Alat : -
Sumber Belajar : 1. Beragam artikel tentang suhu dan perubahan sifat benda.
1.
Nara sumber:
pewirausaha di sekitar sekolah yang cukup dikenal karena kerja kerasnya.
2.
Buku guru dan Buku
Siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru Kelas VI B,
CHAIRUNNISA,
S.Pd JULIA, S.Pd.I
NIP.
19700312
199402 2 002 NIP.
19780714
200801 2 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment