Home » » TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 26 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 5                                        : Wirausaha
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.1 Menjelaskan hubungan suhu dengan perubahan sifat benda.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Melakukan percobaan perubahan sifat benda karena suhu.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menemukan informasi dari teks penjelasan eksplanasi ilmiah tentang perubahan sifat benda karena suhu.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menyajikan teks penjelasan tentang perubahan sifat benda berdasarkan hasil percobaan.

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan yang Maha Esa Yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik.
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, dan melestarikan lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.
3.5 Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Menjelaskan keterkaitan manusia dengan lingkungan alam.
4.5 Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media(lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya).
4.5.1 Melaporkan hasil observasi interaksi manusia dengan lingkungan alam.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Menjawab pertanyaan bacaan.
o   Melakukan percobaan.
o   Menganalisis dan menyimpukan hasil percobaan.
o   Mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan antarwarga masyarakat

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Globalisasi”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca senyap kisah kerja keras Pak
o   Moedjair yang berhasil membuat budidaya ikan mujair bisa dibudidayakan di air tawar.
·          Sebagai pembukaan, siswa bisa diminta saling mengajukan pertanyaan dan saling menjawab dengan teman di sebelah tentang isi teks.
o   Siswa menjawab pertanyaan pemahaman bacaan.
o   Siswa diingatkan kembali tentang ciri-ciri teks eksplanasi yang telah dipelajari di tema sebelumnya (tema tiga). (Penilaian 1) benda.
o   Sebagai kegiatan pembuka, tugaskan siswa mengamati gambar ikan mentah dan ikan goreng yang terdapat di buku.
o   Tugaskan siswa membaca informasi singkat mengenai perbedaan fisik pada ikan mentah dan ikan goreng, kemudian menjawab pertanyaan bacaan. Dari kegiatan pembuka ini diharapkan siswa akan mendapatkan bekal informasi mengenai materi yang akan dipelajari.
o   Tugaskan siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda berdasarkan instruksi.
o   Tugaskan siswa menjawab pertanyaan untuk menguatkan konsep yang dipelajari.
o   Tugaskan siswa menuliskan kesimpulan mengenai hubungan antara suhu dengan perubahan sifat benda.
o   Tugaskan siswa mengomunikasikan tulisan mereka kepada seorang teman.
Eksplorasi: Siswa bisa melakukan percobaan yang sama menggunakan bahan-bahan lain untuk menemukan sebanyak mungkin contoh perubahan pada benda akibat pengaruh suhu. (Penilaian 2)
o   Tugaskan siswa menuliskan hasil percobaan dalam bentuk teks eksplanasi tentang perubahan sifat benda akibat pengaruh suhu dengan memperhatikan kerapian tulisan, penggunaan kosakata baku, huruf besar, serta tanda baca. (Penilaian 1)
o   Tugaskan siswa membaca kembali informasi tentang usaha Pak Moedjair, kemudian mendiskusikan bersama teman tentang aspek-aspek yang mendukung keberhasilan usaha Pak Moedjair.
o   Berdasarkan bagan pada buku siswa menyimpulkan usaha yang dilakukan Pak Moedjair.
Simpulan: suatu usaha akan berhasil bila dilakukan dengan bersungguhsungguh, dan hasilnya juga akan berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar.

o   Siswa menuliskan kisah kesuksesan seorang pewirausaha (penjual makanan, dsb.) di sekitar lingkungan mereka.
o   Siswa menuliskan hubungan usaha tokoh tersebut dengan lingkungan alam serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat dibidang ekonomi, sosial, dan budaya. (Penilaian 3)

o   Siswa menuliskan 3 hal yang telah mereka pelajari dari kegiatan hari ini.
o   Tugaskan siswa mengamati beragam usaha yang ada di sekitar lingkungan rumah atau sekolah mereka untuk menemukan sikap yang ditunjukkan oleh para pelaku usaha tersebut. Kemudian menuliskan pengaruh dari usaha tersebut terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan mereka.
o   Tugaskan siswa mendiskusikan dengan orang tua tentang faktor-faktor yang membuahkan kesuksesan, seperti kerja keras, pantang menyerah, jujur, dan berdoa.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami konsep pengaruh suhu terhadap perubahan sifat benda, diminta untuk membaca bahan-bahan bacaan terkait materi. Guru bisa memberikan bahan bacaan tambahan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
1.        Penilaian

1. Penilaian Tugas integrasi: Bahasa Indonesia dan IPA
Pertanyaan pemahaman bacaan dan tulisan eksplanasi
 

2. Penilaian tugas IPA: percobaan pengaruh suhu dan sifat perubahan benda.



3. Penilaian tugas IPS: pengaruh wirausaha terhadap kehidupan masyarakat.
 
 4. Penilaian sikap: contoh terlampir di halaman akhir buku guru.
*Catatan: guru dapat membuat catatan anekdot untuk menilai sikap siswa sesuai kebutuhan.

B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media                   : LKS (buku siswa)
Alat                      : -
Sumber Belajar     : 1. Beragam artikel tentang suhu dan perubahan sifat benda.
1.    Nara sumber: pewirausaha di sekitar sekolah yang cukup dikenal karena kerja kerasnya.
2.    Buku guru dan Buku Siswa


Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                             JULIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                   NIP. 19780714 200801 2 001




MEDIA

TEMA 5 KELAS 6 SUB 1 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors