Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.3  Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menyebutkan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan          menggunakan properti dan iringan
4.12.1    Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1        Mengidentifikasi sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan alamnya melalui pantun dan syair.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1        Membaca pantun kehidupan manusia Indonesia dengan lingkungannya.
c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.1.1        Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.2        Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1        Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

d) IPS
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1        Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya.
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1        Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
2.       Teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.      Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.       Sifat dan karakteristik manusia indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan  MENGAMATI :
o   Siswa membaca dan menyimak teks percakapan tentang Udin yang sedang sakit
o   Siswa diminta untuk mengamati apa yang terjadi dalam percakapan tersebut dan menanyakan hal - hal yang berkaitan dengan percakapan tersebut
o   Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat didalam buku siswa
o   Lanjutkan pada bacaan teks percakapan pada halaman berikutnya, siswa mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan tersebut

Kegiatan  MENANYA:
o   Siswa menanyakan tentang ke lima sila dalam Pancasila
o   Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang hubungan sila - sila Pancasila dengan sikap atau perilaku dalam kegiatan sehari - hari
o   Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang terdapat didalam sebuah tabel
o   Siswa menyebutkan alasan dari keterkaitan kegiatan yang mereka sebutkan itu dengan sila - sila dalam Pancasila
o   Siswa melengkapi sebuah tabel dengan menyebutkan sila yang berkaitan dengan kegiatan tersebut dan menyebutkan alasannya
o   Pada beberapa bagian dalam tabel siswa mencari gambar kegiatan yang sesuai dengan sila yang sudah tertera pada tabel
Gunakan rubrik “Pengamatan” dan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan  MENGUMPULKAN INFORMASI:
o   Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang “taun seren”
o   Siswa mengumpulkan informasi apa saja yang mereka temukan di dalam teks bacaan yang berkaitan dengan upacara seren
o   Siswa menanyakan hal – hal apa saja yang ingin mereka ketahui lebih jauh tentang taun seren dengan mencari dari berbagai sumber
o   Siswa menuliskan pertanyaan – pertanyaan mereka tersebut ke dalam sebuah kartu Tanya untuk kemudian berbagi tukar dengan siswa lain
o   Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut di dalam buku
o   Guru menanyakan upacara adat yang mereka temui di lingkungan masyarakatnya.
o   Siswa mengisi tabel nama kegiatan masyarakat beserta tujuan dari kegiatan itu dan memberikan gambar kegiatan tersebut
o   Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tabel, siswa menuangkannya ke dalam sebuah artikel sederhana berikut gambar – gambar yang menarik, berikan pemahaman siswa apa yang dimaksud dengan artikel.
o   Siswa membuat pantun yang sesuai dengan bacaan artikel mereka, ingatkan kembali siswa syarat sebuah pantun.
o   Tempelkanlah kedua hasil karya siswa tersebut di majalah dinding siswa
Gunakan rubrik “Membuat Artikel” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Kegiatan  MENGASOSIASI :
o   Siswa berdiskusi tentang tarian yang merupakan sebuah bagian dari upacara adat seperti tari Buyung yang menggambarkan masyarakat sunda tengah mengambil air untuk pertanian
o   Siswa mencoba menciptakan gerakan tari yang menggambarkan salah satu kegiatan masyarakat seperti kegiatan pertanian, perikanan, atau peternakan, misalnya gerakan yang menggambarkan kegembiraan masyarakat nelayan akan hasil laut mereka yang melimpah
o   Mintalah siswa untuk menciptakan aksesoris pelengkap tarian mereka dari bahan yang mudah didapat dilingkungan sekitarnya
o   Siswa berlatih tarian tersebut dengan menggunakan ritme berupa ketukan atau lagu yang sesuai sebelum menampilkannya didepan kelas

Kegiatan  ALTERNATIF PEMBELAJARAN: MENGOMUNIKASIKAN
o   Peserta didik menyajikan tarian dengan menggunakan ritme berupa ketukan atau lagu
o   Peserta didik menerapkan perilaku dalam kehidupan sehari-hari sesuai nilai-nilai Pancasila
o   Peserta didik mencoba menciptakan gerakan tarian lainnya dengan menggunakan lagu yang bervariasi
Gunakan rubrik “Presentasi Tarian” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

REMEDIAL
Latihan 1
o   Apakah artinya musyawarah? Apa manfaat dari musyawarah didalam mengambil keputusan?
o   Apakah makna dari perayaan seren taun?
o   Jelaskan pelaksanaa upacara seren taun mulai dari awal sampai akhir!
o   Apakah makna gerakan dari Tari Buyung?
o   Apa sajakah yang harus diperhatikan dalam membuat gerakan tari agar terlihat indah saat dipentas?

PENGAYAAN
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Rubrik Tabel Kegiatan

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Semua penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang detil dan masuk diakal
Penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang cukup detil dan masuk diakal
Beberapa penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu namun alasan kurang detil tapi masih masuk diakal
Semua penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang detil dan masuk diakal
2
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati gambar ke­giatan dan mampu meng­hubungkannya dengan salah satu sila dari pancasila
Siswa cukup cermat dalam mengamati gambar ke­giatan dan cukup mampu menghubung­kannya de-ngan salah satu sila dari pancasila
Siswa kurang cermat dalam me-ngamati gambar ke­giatan dan kurang mam­pu meng­hubungkan­nya dengan salah satu sila dari pan­casila
Siswa tidak cermat dalam mengamati gambar ke-giatan dan tidak mampu menghubung­kannya dengan salah satu sila dari pancasila
3
Keterampilan
Siswa sangat terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang terdapat pada tabel
Siswa terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang terdapat pada tabel
Siswa cukup terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang terdapat pada tabel
Siswa kurang terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang terdapat pada tabel
4
Sikap
Siswa bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel dan mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel cukup mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam me­lengkapi ta­bel dan ma­sih harus di­peringatkan oleh guru
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel sekalipun berada dibawah pengawasan guru

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =




Rubrik Membuat Tarian Berdasarkan Kegiatan
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Gerakan tarian sangat sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
Gerakan tarian sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
Gerakan tarian cukup sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
Gerakan tarian kurang sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
Keterampilan
Gerakan tari sangat kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris yang sesuai dan menggunakan ritme/lagu yang tepat
Gerakan tari cukup kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris yang cukup sesuai dan menggunakan ritme/lagu yang cukup tepat
Gerakan tari kurang kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris seadanya dan menggunakan ritme/lagu yang kurang tepat
Gerakan tari tidak kreatif disajikan dengan tidak dilengkapi aksesoris yang sesuai dan menggunakan ritme/lagu yang kurang tepat
Sikap
Seluruh ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi mereka
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Rubrik Presentasi Kelompok
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan tentang topik yang dipre-sentasikan
Informasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet, buku dan bertanya kepada guru atau narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan gambar yang dapat menambah pengertian pendengar
Informasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guru atau narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan gambar yang cukup menambah pengertian pendengar
Informasi diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guru atau narasumber
Informasi diperoleh hanya melalui pencarian informasi lewat internet saja
Tata bahasa
Presentasi disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Ketrampilan menyajikan presentasi
Presentasi disampaikan dengan cara yang kreatif dimana informasi yang diperoleh dikembangkan dengan menggunakan kalimat-kalimat buatan sendiri
Presentasi disampaikan dengan cara yang cukup kreatif walaupun sebagian dari isinya menggunakan kalimat-kalimat yang diperoleh dari pencarian informasi
Presentasi disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana sebagian besar dari isinya menggunakan kalimat-kalimat yang diperoleh dari pencarian informasi
Presentasi disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh kalimat yang dipergunakan berasal dari pencarian informasi

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 14

Nilai    =
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, teks bacaan koperasi, gambar lambang negara, gambar simbol-simbol sila Pancasila.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berikut adalah kegiatan yang biasa dilakukan secara bersama-sama oleh sebuah keluarga. Lihatlah gambarnya dengan saksama. Tentukan sesuai dengan Sila keberapakah kegiatan tersebut serta alasannya.



Gambar kegiatan
Sesuai dengan Sila ke
Alasan









…………………

..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….









…………………

..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….









…………………

..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….

  MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 6


TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors