RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa
yang Kaya / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama
dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.3 Memahami fungsi properti yang
dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menyebutkan fungsi properti
tari.
4.12 Memperagakan gerak tari
bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan
properti dan iringan
4.12.1
Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan
dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.
b) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4
Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta
kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1
Mengidentifikasi
sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan
alamnya melalui pantun dan syair.
4.4
Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta
kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1
Membaca pantun kehidupan manusia Indonesia dengan
lingkungannya.
c) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah,
dan masyarakat
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.1.1
Memberikan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.2
Memberikan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1
Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai
dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
d) IPS
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1
Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan alamnya.
4.5
Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1
Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada
majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Fungsi
properti yang dapat digunakan dalam tari.
2.
Teks pantun dan
syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara
mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3. Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
4.
Sifat
dan karakteristik manusia indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
interaksinya dengan lingkungan alamnya
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan MENGAMATI :
o
Siswa membaca dan
menyimak teks percakapan tentang Udin yang sedang sakit
o
Siswa diminta
untuk mengamati apa yang terjadi dalam percakapan tersebut dan menanyakan hal
- hal yang berkaitan dengan percakapan tersebut
o
Siswa
mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat didalam buku siswa
o
Lanjutkan pada bacaan teks percakapan pada halaman
berikutnya, siswa mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan
teks percakapan tersebut
Kegiatan MENANYA:
o Siswa menanyakan tentang ke lima sila dalam
Pancasila
o Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang hubungan
sila - sila Pancasila dengan sikap atau perilaku dalam kegiatan sehari - hari
o Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang
terdapat didalam sebuah tabel
o Siswa menyebutkan alasan dari keterkaitan kegiatan
yang mereka sebutkan itu dengan sila - sila dalam Pancasila
o Siswa melengkapi sebuah tabel dengan menyebutkan
sila yang berkaitan dengan kegiatan tersebut dan menyebutkan alasannya
o
Pada beberapa
bagian dalam tabel siswa mencari gambar kegiatan yang sesuai dengan sila yang
sudah tertera pada tabel
Gunakan rubrik
“Pengamatan” dan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI:
o Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang “taun
seren”
o Siswa mengumpulkan informasi apa saja yang mereka
temukan di dalam teks bacaan yang berkaitan dengan upacara seren
o
Siswa menanyakan
hal – hal apa saja yang ingin mereka ketahui lebih jauh tentang taun seren
dengan mencari dari berbagai sumber
o
Siswa menuliskan pertanyaan – pertanyaan mereka tersebut ke
dalam sebuah kartu Tanya untuk kemudian berbagi tukar dengan siswa lain
o
Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan
tersebut di dalam buku
o
Guru menanyakan upacara adat yang mereka temui di
lingkungan masyarakatnya.
o
Siswa mengisi tabel nama kegiatan masyarakat beserta tujuan
dari kegiatan itu dan memberikan gambar kegiatan tersebut
o
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tabel, siswa
menuangkannya ke dalam sebuah artikel sederhana berikut gambar – gambar yang
menarik, berikan pemahaman siswa apa yang dimaksud dengan artikel.
o
Siswa membuat pantun yang sesuai dengan bacaan artikel
mereka, ingatkan kembali siswa syarat sebuah pantun.
o
Tempelkanlah kedua hasil karya siswa tersebut di majalah
dinding siswa
Gunakan rubrik
“Membuat Artikel” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Kegiatan MENGASOSIASI :
o Siswa berdiskusi tentang tarian yang merupakan
sebuah bagian dari upacara adat seperti tari Buyung yang menggambarkan
masyarakat sunda tengah mengambil air untuk pertanian
o Siswa mencoba menciptakan gerakan tari yang
menggambarkan salah satu kegiatan masyarakat seperti kegiatan pertanian,
perikanan, atau peternakan, misalnya gerakan yang menggambarkan kegembiraan
masyarakat nelayan akan hasil laut mereka yang melimpah
o Mintalah siswa untuk menciptakan aksesoris pelengkap
tarian mereka dari bahan yang mudah didapat dilingkungan sekitarnya
o
Siswa berlatih
tarian tersebut dengan menggunakan ritme berupa ketukan atau lagu yang sesuai
sebelum menampilkannya didepan kelas
Kegiatan ALTERNATIF
PEMBELAJARAN: MENGOMUNIKASIKAN
o Peserta didik menyajikan tarian dengan menggunakan
ritme berupa ketukan atau lagu
o Peserta didik menerapkan perilaku dalam kehidupan
sehari-hari sesuai nilai-nilai Pancasila
o
Peserta didik
mencoba menciptakan gerakan tarian lainnya dengan menggunakan lagu yang
bervariasi
Gunakan rubrik “Presentasi
Tarian” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
REMEDIAL
Latihan 1
o
Apakah artinya musyawarah? Apa manfaat dari musyawarah
didalam mengambil keputusan?
o
Apakah makna dari perayaan seren taun?
o
Jelaskan pelaksanaa upacara seren taun mulai dari awal
sampai akhir!
o
Apakah makna gerakan dari Tari Buyung?
o
Apa sajakah yang harus diperhatikan dalam membuat gerakan
tari agar terlihat indah saat dipentas?
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Tabel Kegiatan
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Semua
penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang
detil dan masuk diakal
|
Penjelasan
sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang cukup detil dan
masuk diakal
|
Beberapa
penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu namun alasan kurang detil
tapi masih masuk diakal
|
Semua
penjelasan sesuai dengan butir pancasila tertentu dan dengan alasan yang
detil dan masuk diakal
|
2
|
Pengamatan
|
Siswa sangat
cermat dalam mengamati gambar kegiatan dan mampu menghubungkannya dengan
salah satu sila dari pancasila
|
Siswa cukup
cermat dalam mengamati gambar kegiatan dan cukup mampu menghubungkannya
de-ngan salah satu sila dari pancasila
|
Siswa kurang
cermat dalam me-ngamati gambar kegiatan dan kurang mampu menghubungkannya
dengan salah satu sila dari pancasila
|
Siswa tidak
cermat dalam mengamati gambar ke-giatan dan tidak mampu menghubungkannya
dengan salah satu sila dari pancasila
|
3
|
Keterampilan
|
Siswa sangat
terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang
terdapat pada tabel
|
Siswa terampil
dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang terdapat pada
tabel
|
Siswa cukup
terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang
terdapat pada tabel
|
Siswa kurang
terampil dalam memilih gambar kegiatan yang berkaitan dengan sila yang
terdapat pada tabel
|
4
|
Sikap
|
Siswa
bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel dan mandiri
|
Siswa cukup
bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel cukup mandiri
|
Siswa kurang
bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel dan masih harus diperingatkan
oleh guru
|
Siswa tidak
bersungguh-sungguh dalam melengkapi tabel sekalipun berada dibawah pengawasan
guru
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik Membuat Tarian Berdasarkan Kegiatan
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Gerakan tarian
sangat sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
|
Gerakan tarian
sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
|
Gerakan tarian
cukup sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
|
Gerakan tarian
kurang sesuai dengan tema kegiatan yang dipilih siswa
|
Keterampilan
|
Gerakan tari
sangat kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris yang sesuai dan
menggunakan ritme/lagu yang tepat
|
Gerakan tari
cukup kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris yang cukup sesuai dan
menggunakan ritme/lagu yang cukup tepat
|
Gerakan tari
kurang kreatif disajikan dengan dilengkapi aksesoris seadanya dan menggunakan
ritme/lagu yang kurang tepat
|
Gerakan tari
tidak kreatif disajikan dengan tidak dilengkapi aksesoris yang sesuai dan
menggunakan ritme/lagu yang kurang tepat
|
Sikap
|
Seluruh anggota
terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Beberapa anggota
terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Seluruh anggota
terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik Presentasi
Kelompok
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
tentang topik yang dipre-sentasikan
|
Informasi
diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet, buku dan bertanya kepada guru
atau narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan gambar yang dapat menambah
pengertian pendengar
|
Informasi
diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guru atau
narasumber. Presentasi juga diperkaya dengan gambar yang cukup menambah pengertian pendengar
|
Informasi
diperoleh melalui berbagai cara, antara lain melakukan pencarian lewat internet dan bertanya kepada guru atau
narasumber
|
Informasi
diperoleh hanya melalui pencarian informasi lewat internet saja
|
Tata
bahasa
|
Presentasi
disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat satu
atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat tiga
atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat lebih
dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Sikap
Kerjasama
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Beberapa anggota
terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Seluruh anggota
terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Ketrampilan
menyajikan presentasi
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang kreatif dimana
informasi yang diperoleh dikembangkan dengan menggunakan kalimat-kalimat buatan sendiri
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang cukup kreatif walaupun sebagian dari isinya
menggunakan kalimat-kalimat yang diperoleh dari pencarian informasi
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana sebagian
besar dari isinya menggunakan kalimat-kalimat yang diperoleh dari pencarian
informasi
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh
kalimat yang dipergunakan berasal dari pencarian informasi
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 14
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara,
teks bacaan koperasi, gambar lambang negara, gambar simbol-simbol sila
Pancasila.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Gambar kegiatan
|
Sesuai dengan Sila ke
|
Alasan
|
…………………
|
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
|
|
|
…………………
|
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
|
|
…………………
|
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
..………………………………….
|
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment