RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa
yang Kaya / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1
Mengidentifikasi
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2.1
Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
3.3 Memahami
fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menyebutkan
fungsi properti tari.
4.12
Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12.1
Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan
dan imajinas dengan menggununakan properti dan iringan music
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan
penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Mengidentifikasi
bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia
4.2.1
Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi
manusia.
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam
bentuk permainan
3.5
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1
Menyebutkan
contoh-contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
4.5.1 Merencanakan program
latihan daya tahan secara individual.
4.5.2
Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks penjelasan
tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
2.
Gerak tari bertema
berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
3.
Bagian tumbuhan
serta mendeskripsikan fungsinya
4.
Contoh-contoh
aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa
Indonesia”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan
sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o
Bagi siswa kedalam kelompok untuk bermain penjaga benteng
o
Berikanlah penjelasan kepada siswa tentang peraturan -
peraturan dalam bermain penjaga benteng
o
Setelah siswa selesai bermain penjaga benteng ajaklah siswa
untuk mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa, kaitkan diskusi
pertanyaan tersebut dengan program latihan daya tahan tubuh
Kegiatan MENANYA:
o Siswa diminta untuk membaca dengan cermat teks
bacaan yang terdapat dibuku siswa
o Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut
dengan menanyakan hal – hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan
tersebut
o Stimulasi keingin tahuan siswa dengan melontarkan
pertanyaan seperti: terbuat dari jaringan apakah jantung dan paru - paru
kita?
o Mintalah siswa untuk bertanya lebih jauh lagi
tentang kerja jantung dan paru - paru
o
Siswa menuliskan
pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya
o
Guru menerangkan sebuah contoh latihan yang baik untuk
meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, yaitu : Lari berbelok-belok
o
Guru menjelaskan aturan dalam aktifitas Lari berbelok-belok
tersebut
o
Siswa dibagi menjadi dua kelompok, permainan diulang
sebanyak 2 kali
o
Setelah bermain mintalah siswa untuk mengamati perubahan
detak jantung dan juga keteraturan nafasmu setelah berlari untuk mengetahui
apa yang terjadi.
o
Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks
percakapan yang terdapat pada buku siswa
o
Guru mengukur pemahaman siswa tentang percakapan tersebut
dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan
o
Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan
pertanyaan tentang fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia
o
Siswa diminta untuk mencari dan melengkapi fungsi dari
bagian - bagian tanaman serta manfaat dari dari tanaman tertentu
o
Mintalah siswa untuk melengkapi tabel
Gunakan rubrik
“Tabel Informasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan MENGASOSIASI:
o Siswa diminta untuk mencari gambar kelapa yang utuh
dari akar sampai ujung atas untuk diamati
o Setelah mengamati setiap bagiannya mintalah siswa
untuk menuangkannya ke dalam peta pikiran yang memiliki cabang - cabang
berupa bagian - bagian kelapa dan tugas /fungsi tiap bagian itu bagi tumbuhan
itu sendiri
o Dari tiap fungsi itu , buatlah cabang-cabang baru,
yang menginformasikan manfaat apa yang dapat kita ambil. Informasi dari siswa
masing-masing di atas dapat digunakan juga untuk membantu. Peta pikiran dilengkapi
dengan gambar yang jelas pada bagian - bagian tersebut
o Mintalah siswa untuk mempresentasikan hasil membuat
peta pikiran mereka didepan kelas
Kegiatan Menalar:
o Siswa membaca teks bacaan tentang tanaman eceng
gondok yang terdapat pada buku siswa
o Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan
menanyakan apa saja hal - hal penting yang terdapat pada bacaan tentang
tanaman eceng gondok
o
Guru
mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan mereka
tentang eceng gondok dengan menanyakan; Apakah kegunaan tanaman eceng
gondok?Bagaimana tumbuhan enceng gondok dimanfaatkan?, Apa pelajaran yang
bisa kamu ambil dari bacaan?
o
Selanjutnya mintalah siswa untuk mengamati dan mencatat
penggunaan tumbuhan yang ada di rumah, termasuk semua jenis buah dan sayuran
yang siswa dan keluarganya konsumsi setiap hari
o
Siswa diminta untuk mencatat dengan rinci, bagian tanaman
manakah yang dipergunakan itu dan untuk apakah kegunaannya
Gunakan rubrik
“Peta Pikiran” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
o Pemahaman siswa tentang manfaat dari pohon
kelapatanaman air eceng gondok
o
Antusiasme siswa
dalam menyelesaikan Tugas
Gunakan rubrik
“Laporan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
o
Siswa membaca teks bacaan dan teks percakapan tentang
mempersiapkan properti atau segala peralatan dan kostum untuk menari
o
Mintalah siswa untuk menuliskan apa funrgsi properti dalam
sebuah seni tari
o
Guru membimbing siswa untuk tugas selanjutnya yaitu membuat
pertunjukkan seni tari
o
Siswa memilih sebuah lagu yang menarik, lalu mengarang dan
melatih beberapa gerakan tari yang sesuai dengan irama dan jiwa lagu yang
telah dipilih siswa
o
Mintalah siswa untuk membuat beberapa properti untuk
tariannya dari bagian-bagian tanaman yang ada di sekitarnya.
o
Beri pemahaman pada siswa bahwa properti digunakan untuk
membantu menegaskan pesan yang ingin disampaikan oleh tariannya, dan juga
untuk memperindah penampilan. (Kegiatan Mengkomunikasikan)
Gunakan rubrik
“Kelompok Menari” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
REMEDIAL
1.
Apakah persamaan antara organ jantung dan paru - paru?
2.
Bagaimanakah cara kita menjaga kesehatan organ jantung dan
paru - paru kita?
3.
Kegiatan apa sajakah yang dapat menjaga kesehatan jantung?
4.
Apa sajakah fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia?
5.
Adakah bagian dari pohon kelapa yang tidak dapat
dimanfaatkan oleh manusia?
PENGAYAAN: -
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Tugas Peta Pikiran
Kompetensi yang
dinilai :
o Pengetahuan siswa tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya (pohon
kelapa)
o Pengetahuan siswa tentang manfaat bagian-bagian tanaman (pohon kelapa)
bagi manusia
o Pengetahuan siswa tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar
o Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
o Ketrampilan siswa dalam mencari dan menyajikan informasi
o Sikap kemandirian, kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengerjakan
tugas.
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Isi dan
Pengetahuan:
Isi mind map lengkap,
me-nunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikan
|
Peta pikiran yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar
dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi
pembaca
|
Peta pikiran yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
|
Peta pikiran yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
|
Peta pikiran yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi.
|
2
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dalam penulisan mind map
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam
Peta pikiran
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam Peta pikiran
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam Peta pikiran
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari Peta pikiran
|
3
|
SIkap:
Mind map dibuat
dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Peta pikiran dibuat dengan
lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan
beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan Peta pikiran dibuat
dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu
yang diberikan
|
Sebagian besar Peta pikiran
dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas
waktu yang diberikan
|
Hanya beberapa bagian Peta
pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan
sesuai batas waktu yang diberikan
|
4
|
Keterampilan
Penulisan:
Mind map dibuat
de-ngan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan ke-terampilan pembuatan mind
map yang baik
|
Keseluruhan Peta pikiran yang
sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran
yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan Peta pikiran yang
menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran yang
baik dari pembuatnya
|
Sebagian besar Peta pikiran yang
dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta
pikiran yang terus berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian Peta pikiran yang
dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta
pikiran yang dapat terus ditingkatkan
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Tugas “Temukan dan Laporan”
Kompetensi yang
dinilai :
-
Pengetahuan siswa
tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya
-
Ketrampilan siswa
dalam mengamati, mencari informasi dan menyajikan informasi
-
Keteramilan siswa
dalam menyajikan informasi
-
Sikap kemandirian
dan tanggung jawab siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menjabarkan semua bagian - bagian dan fungsi tanaman dengan sangat tepat dan
detil.
|
Siswa
menjabarkan sebagian besar tanaman dan fungsi dengan tepat dan detil.
|
Siswa
menjabarkan beberapa bagian – bagian dan fungsi tanaman dengan cukup tepat
namun kurang detil.
|
Siswa hanya
menjabarkan sedikit bagian dan fungsi dari tanaman dengan kurang tepat dan
tidak detil.
|
Pengamatan
|
Siswa sangat
cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi semua
tanaman tersebut.
|
Siswa cukup
cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi
beberapa tanaman tersebut.
|
Siswa kurang
cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan hanya menjabarkan sedikit
fungsi dari tanaman tersebut.
|
Siswa tidak
cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan tidak menjabarkan semua
fungsi tanaman tersebut.
|
Keterampilan
|
Tabel laporan
sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
|
Tabel laporan
cukup lengkap dan terlihat rapi
|
Tabel laporan
kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
|
Tabel laporan
tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
|
Sikap
|
Siswa bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan Tabel laporan dan mandiri
|
Siswa cukup
bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan Tabel laporan cukup mandiri
|
Siswa kurang
bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan Tabel laporan dan masih harus
diperingatkan oleh guru
|
Siswa tidak
bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan Tabel laporan sekalipun berada
dibawah pengawasan guru
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Tugas Menari
Kompetensi
yang dinilai :
-
Pengetahuan siswa tentang gerakan tari dan fungsi properti tari
-
Ketrampilan siswa dalam menyesuaikan gerakan tari dengan harmoni musik
-
Ketrampilan siswa dalam menggunakan kreativitasnya untuk menunjang
proyek
-
Sikap kerjasama siswa dalam kelompok
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Gerakan ta-rian sangat sesuai dengan lagu pilihan dengan
memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan ke-seimbangan secara lengkap
dengan properti yang sangat mendukung
|
Gerakan tarian cukup sesuai dnegan lagu pilihan dengan
memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan dengan pro-perti yang
cu-kup mendukung
|
Gerakan ta-rian kurang sesuai dengan lagu pilihan,
kurang memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap,
properti yang diguna-kan kurang mendukung
|
Gerakan ta-rian tidak se-suai dengan lagu pilihan, tidak memperhatikan
nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap, dengan properti
yang tidak mendukung
|
Ketrampilan menyajikan presentasi Proyek
|
Presentasi proyek tarian dan lagu disampaikan dengan cara yang sangat
kreatif
|
Presentasi proyek tarian dan lagu di-sampaikan de-ngan cara yang
kreatif dengan memperhatikan hanya dua nilai unsur tari saja
(diantara nilai harmoni, keutuhan dan ke-seimbangan)
|
Presentasi di-sampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang
inovatif, dimana hampir sebagian besar dari nilai unsur
tari tidak terlihat secara maksimal (diantara nilai harmoni, keutuhan dan
keseimbangan)
|
Presentasi disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif,
dimana seluruh nilai unsur tari tidak terlihat
|
Sikap
Kerjasama
|
Seluruh anggota
terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi proyek mereka
|
Beberapa anggota
terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi proyek mereka
|
Seluruh anggota
terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan Pohon Kelapa yang Sangat Berguna, Teks bacaan
Manfaat Enceng Gondok, Gambar pohon kelapa, gambar tanaman enceng gondok.
Bahan-bahan untuk membuat properti tari
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment