Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                       : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1        Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1        Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2    Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menyebutkan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan   menggunakan properti dan iringan
4.12.1    Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinas dengan menggununakan properti dan iringan music
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.2    Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu           sendiri
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.2.1        Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1        Menyebutkan contoh-contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 
4.5.1    Merencanakan program latihan daya tahan secara individual. 
4.5.2        Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
2.      Gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan   menggunakan properti dan iringan
3.      Bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
4.      Contoh-contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o   Bagi siswa kedalam kelompok untuk bermain penjaga benteng
o   Berikanlah penjelasan kepada siswa tentang peraturan - peraturan dalam bermain penjaga benteng
o   Setelah siswa selesai bermain penjaga benteng ajaklah siswa untuk mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa, kaitkan diskusi pertanyaan tersebut dengan program latihan daya tahan tubuh

Kegiatan MENANYA:
o   Siswa diminta untuk membaca dengan cermat teks bacaan yang terdapat dibuku siswa
o   Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan hal – hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut
o   Stimulasi keingin tahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: terbuat dari jaringan apakah jantung dan paru - paru kita?
o   Mintalah siswa untuk bertanya lebih jauh lagi tentang kerja jantung dan paru - paru
o   Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya
o   Guru menerangkan sebuah contoh latihan yang baik untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, yaitu : Lari berbelok-belok
o   Guru menjelaskan aturan dalam aktifitas Lari berbelok-belok tersebut
o   Siswa dibagi menjadi dua kelompok, permainan diulang sebanyak 2 kali
o   Setelah bermain mintalah siswa untuk mengamati perubahan detak jantung dan juga keteraturan nafasmu setelah berlari untuk mengetahui apa yang terjadi.
o   Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks percakapan yang terdapat pada buku siswa
o   Guru mengukur pemahaman siswa tentang percakapan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan
o   Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia
o   Siswa diminta untuk mencari dan melengkapi fungsi dari bagian - bagian tanaman serta manfaat dari dari tanaman tertentu
o   Mintalah siswa untuk melengkapi tabel
Gunakan rubrik “Tabel Informasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan MENGASOSIASI:
o   Siswa diminta untuk mencari gambar kelapa yang utuh dari akar sampai ujung atas untuk diamati
o   Setelah mengamati setiap bagiannya mintalah siswa untuk menuangkannya ke dalam peta pikiran yang memiliki cabang - cabang berupa bagian - bagian kelapa dan tugas /fungsi tiap bagian itu bagi tumbuhan itu sendiri
o   Dari tiap fungsi itu , buatlah cabang-cabang baru, yang menginformasikan manfaat apa yang dapat kita ambil. Informasi dari siswa masing-masing di atas dapat digunakan juga untuk membantu. Peta pikiran dilengkapi dengan gambar yang jelas pada bagian - bagian tersebut
o   Mintalah siswa untuk mempresentasikan hasil membuat peta pikiran mereka didepan kelas

Kegiatan Menalar:
o   Siswa membaca teks bacaan tentang tanaman eceng gondok yang terdapat pada buku siswa
o   Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan apa saja hal - hal penting yang terdapat pada bacaan tentang tanaman eceng gondok
o   Guru mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang eceng gondok dengan menanyakan; Apakah kegunaan tanaman eceng gondok?Bagaimana tumbuhan enceng gondok dimanfaatkan?, Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari bacaan?
o   Selanjutnya mintalah siswa untuk mengamati dan mencatat penggunaan tumbuhan yang ada di rumah, termasuk semua jenis buah dan sayuran yang siswa dan keluarganya konsumsi setiap hari
o   Siswa diminta untuk mencatat dengan rinci, bagian tanaman manakah yang dipergunakan itu dan untuk apakah kegunaannya
Gunakan rubrik “Peta Pikiran” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

o   Pemahaman siswa tentang manfaat dari pohon kelapatanaman air eceng gondok
o   Antusiasme siswa dalam menyelesaikan Tugas
Gunakan rubrik “Laporan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

o   Siswa membaca teks bacaan dan teks percakapan tentang mempersiapkan properti atau segala peralatan dan kostum untuk menari
o   Mintalah siswa untuk menuliskan apa funrgsi properti dalam sebuah seni tari
o   Guru membimbing siswa untuk tugas selanjutnya yaitu membuat pertunjukkan seni tari
o   Siswa memilih sebuah lagu yang menarik, lalu mengarang dan melatih beberapa gerakan tari yang sesuai dengan irama dan jiwa lagu yang telah dipilih siswa
o   Mintalah siswa untuk membuat beberapa properti untuk tariannya dari bagian-bagian tanaman yang ada di sekitarnya.
o   Beri pemahaman pada siswa bahwa properti digunakan untuk membantu menegaskan pesan yang ingin disampaikan oleh tariannya, dan juga untuk memperindah penampilan. (Kegiatan Mengkomunikasikan)
Gunakan rubrik “Kelompok Menari” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

REMEDIAL
1.      Apakah persamaan antara organ jantung dan paru - paru?
2.      Bagaimanakah cara kita menjaga kesehatan organ jantung dan paru - paru kita?
3.      Kegiatan apa sajakah yang dapat menjaga kesehatan jantung?
4.      Apa sajakah fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia?
5.      Adakah bagian dari pohon kelapa yang tidak dapat dimanfaatkan oleh manusia?

PENGAYAAN: -

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Rubrik Tugas Peta Pikiran

Kompetensi yang dinilai :
o    Pengetahuan siswa tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya (pohon kelapa)
o    Pengetahuan siswa tentang manfaat bagian-bagian tanaman (pohon kelapa) bagi manusia
o    Pengetahuan siswa tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar
o    Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
o    Ketrampilan siswa dalam mencari dan menyajikan informasi
o    Sikap kemandirian, kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengerjakan tugas.

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan Pengeta­huan:
Isi mind map leng­kap, me-nunjukkan pengeta­huan penu­lis yang baik atas materi yang disaji­kan
Peta pikiran yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca
Peta pikiran yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
Peta pikiran yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
Peta pikiran yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi.
2
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam Peta pikiran
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam Peta pikiran
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam Peta pikiran
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari Peta pikiran
3
SIkap:
Mind map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Peta pikiran dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan Peta pikiran dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar Peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian Peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
4
Keterampi­lan Pe­nulisan:
Mind map dibuat de-ngan benar, sistematis, dan menarik menunjuk­kan ke-terampilan pembuatan mind map yang baik
Keseluruhan Peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran yang tinggi dari pembuatnya
Keseluruhan Peta pikiran yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran yang baik dari pembuatnya
Sebagian besar Peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian Peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat Peta pikiran yang dapat terus ditingkatkan

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

Rubrik Tugas “Temukan dan Laporan”

Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya
-            Ketrampilan siswa dalam mengamati, mencari informasi dan menyajikan informasi
-            Keteramilan siswa dalam menyajikan informasi
-            Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menjabarkan semua bagian - bagian dan fungsi tanaman dengan sangat tepat dan detil.
Siswa menjabarkan sebagian besar tanaman dan fungsi dengan tepat dan detil.
Siswa menjabarkan beberapa bagian – bagian dan fungsi tanaman dengan cukup tepat namun kurang detil.
Siswa hanya menjabarkan sedikit bagian dan fungsi dari tanaman dengan kurang tepat dan tidak detil.
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi semua tanaman tersebut.
Siswa cukup cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi beberapa tanaman tersebut.
Siswa kurang cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan hanya menjabarkan sedikit fungsi dari tanaman tersebut.
Siswa tidak cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan tidak menjabarkan semua fungsi tanaman tersebut.
Keterampilan
Tabel laporan sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
Tabel laporan cukup lengkap dan terlihat rapi
Tabel laporan kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
Tabel laporan tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
Sikap
Siswa ber­sungguh-sungguh dalam mem­persiapkan Tabel laporan dan mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan Tabel laporan cukup mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan Tabel laporan dan masih ha­rus diperingat­kan oleh guru
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan Tabel laporan sekalipun be­rada dibawah pengawasan guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =


Rubrik Tugas Menari
Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang gerakan tari dan fungsi properti tari
-            Ketrampilan siswa dalam menyesuaikan gerakan tari dengan harmoni musik
-            Ketrampilan siswa dalam menggunakan kreativitasnya untuk menunjang proyek
-            Sikap kerjasama siswa dalam kelompok
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Gerakan ta-rian sangat sesuai dengan lagu pilihan dengan mem­perhatikan nilai harmoni, keutuhan dan ke-seimbangan secara leng­kap dengan properti yang sangat men­dukung
Gerakan tarian cukup sesuai dnegan lagu pilihan dengan memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan dengan pro-perti yang cu-kup mendukung
Gerakan ta-rian kurang sesuai dengan lagu pilihan, kurang mem­perhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara leng­kap, properti yang diguna-kan kurang mendukung
Gerakan ta-rian tidak se-suai dengan lagu pilihan, tidak mem­perhatikan nilai har­moni, keutu­han dan ke­seimbangan secara leng­kap, dengan properti yang tidak mendu­kung
Ketrampilan menyajikan presentasi Proyek
Presentasi proyek tarian dan lagu disampaikan dengan cara yang sangat kreatif
Presentasi proyek tarian dan lagu di-sampaikan de-ngan cara yang kreatif dengan memperhatikan hanya dua nilai unsur tari saja (diantara nilai harmoni, keu­tuhan dan ke-seimbangan)
Presentasi di-sampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana hampir sebagian besar dari nilai un­sur tari tidak terlihat secara maksimal (di­antara nilai harmoni, keu­tuhan dan ke­seimbangan)
Presentasi disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh nilai unsur tari tidak terlihat
Sikap Kerjasama
Seluruh ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi proyek mereka
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi proyek mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =



F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan Pohon Kelapa yang Sangat Berguna, Teks bacaan Manfaat Enceng Gondok, Gambar pohon kelapa, gambar tanaman enceng gondok. Bahan-bahan untuk membuat properti tari


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors