Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema                                          : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1        Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan antara bilangan 25 – 1000

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.1.1        Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1        Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.2        Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan-permasalahan lingkungan hidup
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.3.1        Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1        Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
4.5.2        Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

d) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1        Mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia dalam pantun atau syair
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1        Menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000
2.      Perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.      Pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah indonesia
4.      Teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan MENGAMATI :
o   Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah percakapan tentang pemanfaatan rotan di sebuah toko.
o   Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o   Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti : Apakah adaptasi atau interaksi itu? Jika masyarakat tinggal di sekitar laut, maka apa yang mereka lakukan untuk bertahan hidup sehari-harinya?
o   Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca percakapan dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
o   Siswa diminta menyampaikan pendapat mereka masing-masing tentang mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berkaitan erat dengan jenis daerah tempat masyarakat tinggal?

Kegiatan MENANYA
o   Siswa diminta membaca dan menganalisis teks bacaan tentang Kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya untuk mencari hubungan dalam topik bacaan tersebut.
o   Siswa bertanya jawab dengan temannya tentang teks bacaan untuk menggali informasi penting dalam bacaan
o   Siswa berdiskusi dan saling mengajukan pertanyaan berdasarkan topik dalam bacaan
o   Siswa diminta untuk membuat daftar pertanyaan tentang permasalahan berdasarkan pemahaman mereka setelah membaca teks bacaan.
Gunakan diskusi kelas untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI:
o   Siswa bekerja secara kelompok beranggotakan 5 orang
o   Siswa dengan bimbingan guru mencari data dari berbagai sumber tentang perilaku-perilaku yang sesuai nilai Pancasila
o   Siswa mencari informasi selengkap mungkin tentang kenampakan alam dari berbagai sumber
o   Siswa mengumpulkan potongan-potongan informasi tersebut sebagai bahan membuat kliping.
o   Siswa mencari keterangan tentang mata pencaharian utama dan makanan pokok utama masyarakat di sekitar kenampakan alam tersebut dengan mewawancarai masyarakat sekitar
o   Siswa mengumpulkan informasi dan mencari hubungan kondisi geografis dengan kondisi masyarakat sekitar dalam bentuk catan kecil atau artikel singkat.
Gunakan rubrik “Tugas Kliping” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

Kegiatan MENGASOSIASI :
o   Siswa membaca syair yang disajikan pada buku siswa dengan mandiri
o   Siswa mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia melalui pantun yang mereka baca.
o   Siswa membacakan syair dengan lantang dan mengidentifikasikan makna dan pesan dari pantun tersebut
o   Siswa mengemukakan pendapat tentang penggunaan rima dan pemilihan kata pada syair yang disajikan
o   Berdasarkan syair yang dibaca, siswa diberi kesempatan untuk menuliskan kembali isi syair dengan pilihan kata sendiri.
o   Siswa dibimbing untuk mencermati instruksi dan panduan dalam menulis syair (syair berisi tentang kenampakan alam Indonesia, syair juga menampilkan informasi tentang kehidupan masyarakat sekitar)

Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o   Pada kegiatan ini, siswa dilatih untuk mencari bukti tentang pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyajikannya dalam bentuk proyek Kabar di dalam Gambar dan menceritakannya dengan percaya diri di depan kelas.
o   Siswa mencari atau membuat gambar tentang sebuah keadaan di rumah dimana dalam gambar tersebut terlihat bagaiamana sebuah barang atau fasilitas digunakan secara bersama-sama
o   Siswa menyusun sebuah cerita singkat berupa butir-butir yang bisa mereka kembangkan lebih lanjut tentang pengalaman mereka dalam menggunakan fasilitas tersebut bersama dengan anggota keluarga lainnya
o   Siswa mengaitkan cerita tersebut dengan nilai-nilai Pancasila terutama sila kedua dan ketiga.
o   Siswa menceritakan hasil proyeknya ke depan kelas dengan percaya diri. (Kegiatan Mengkomunikasikan)
Gunakan rubrik presentasi untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

REMEDIAL
Latihan 1
o   Jelaskan pemahaman dan pendapatmu tentang apa itu kenampakan alam?
Latihan 2
o   Ada berapa jenis kenampakan alam di bumi? Sebutkan
Latihan 3
o   Berikan contoh kenampakan alam yang menjorok ke dalam bumi?
Latihan 4
o   Beri contoh kenampakan alam yang muncul/timbul ke atas permukaan bumi
Latihan 5
o   Jelaskan hubungan antara jenis kenampakan alam dengan pola interaksi atau adaptasi masyarakat sekitanya?terutama berkaitan dengan mata pencaharian, makanan yang mereka makan atau (konsumsi) maupun yang mereka hasilkan (produksi)? Berikan contoh yang sesuai!

PENGAYAAN

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian
Rubrik Tugas Proyek Kliping Kelompok

Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang hubungan kondisi geografis dengan kondisi masyarakat
-            Ketrampilan siswa dalam mencari informasi
-            Keterampilan siswa dalam mengolah dan menyajikan informasi dalam bentuk kliping
-            Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1

Pengetahuan

Siswa me-nunjukkan pemaha­man materi yang sangat baik, mampu memberikan penjelasan yang leng­kap tentang keterkaitan keadaan geografis de-ngan kondisi masyarakat
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang baik, mampu memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan geografis dengan kondisi masyarakat
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang cukup baik, mampu memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan geografis dengan kondisi masyarakat dengan sedikit bantuan dari guru
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang cukup baik, mampu memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan geografis dengan kondisi masyarakat dengan banyak bantuan dari guru
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat baik, rinci dan jelas
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelas
Siswa perlu bekerja secara lebih sistematis dan menambahkan beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelas
Siswa sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
2
Ketrampilan mengolah informasi

Siswa dapat menganalisa data/kliping dengan sangat cermat dan tepat
Siswa dapat menganalisa data/kliping dengan baik
Siswa masih perlu belajar untuk menganalisa data/kliping dengan baik
Siswa belum mampu menganalisa data/kliping dengan baik
3
Kemandirian, & Manajemen Waktu
(attitude)
Kelompok sangat man­diri menger­jakan tugas, dan mampu menyele­saikan sebe­lum waktu yang ditentu­kan.
Kelompok bersikap mandiri mengerjakan tugas, dan selesai tepat waktu
Kelompok masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan menyelesaikan tugas tepat waktu
Kelompok masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
4
Ketrampilan menyajikan presentasi

Presentasi disampaikan dengan cara yang kreatif dimana ha­sil laporan pengamatan kliping yang diperoleh dikembang­kan dengan mengguna­kan kalimat-kalimat bua­tan sendiri dan mudah dipahami
Presentasi disampaikan dengan cara yang cukup kreatif de-ngan hasil laporan pe-ngamatan kliping yang dapat dipa­hami
Presentasi disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana sebagian besar dari hasil pelaporan pengamatan kliping masih perlu diperbaiki agar dapat lebih dimengerti
Presentasi disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana hampir seluruh hasil laporan pengamatan kliping kurang jelas dan belum dapat dimengerti

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

Daftar Check Penilaian Sikap Teman
Pemahaman Syair

(Beri tanda ceklis (√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur!)

Kriteria
Ya
Tidak
teman saya memahami tema syair


Teman saya menganalisis penggunaan rima dengan benar
Misalnya:______________________________________________



Teman saya dapat menganalisis pemilihan kata dalam syair
Misalnya: ____________________________________________



Teman saya membacakan syair dengan intonasi yang menarik, pengucapan dan volume suara yang jelas dan percaya diri




Rubrik Tugas Menulis Syair

No
Aspek yang diamati
Skor
1
Kesesuaian dengan syarat syair dari segi bentuk
(Tiap bait terdiri dari 4 baris, tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata,bersajak/berima sesuai)
5 ... Sesuai dengan semua syarat syair
...3.... Hanya sesuai dengan 2-3 syarat syair
...1 ....Tidak sesuai dengan semua syarat syair


2
Kesesuaian dengan syarat syair dari segi isi
(Berisikan tema yang sesuai)
...5 ... sesuai dengan semua syarat syair yang telah ditentukan
...3 ... hanya berisi sesuai dengan 1 syarat syairyang telah ditentukan
...1 ... tidak sesuai dengan semua syarat srair syairyang telah ditentukan


3
Kemenarikan isi syair dan pilihan kata ...5... Isi dan pilihan kata bermakna dan bervariasi
...3 ... Isi dan pilihan kata bermakna namn kurnag bervariasi
...1 ... isi dan pilihan kata kurang bermakna dan tidak bervariasi


4
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
5... tidak ada kesalahan penulisna ejaandan tanda baca
... 3 ... ada beberapa kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca (2-3 kesalahan)
...1...banyak kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca
(lebih dari 3 kesalahan)


SKOR MAKSIMAL
18
SKOR PEROLEHAN
..../18 x 100%

Ceklis Penilaian Teman
Pengamalan nilai Pancasila sila ke 2 dan 3
(Beri tanda ceklis (√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur!)
Kriteria
Ya
Tidak
Teman saya dapat menyebutkan pancasila sila ke 2


Teman saya memahami nilai pancasila sila ke 2
Contoh sikap yang ia lakukan: ______________________________



Teman saya dapat menyebutkan pancasila sila ke 3


Teman saya memahami nilai pancasila sila ke 3
Contoh sikap yang ia lakukan:                                                     



Teman saya melaksanakan pengamalan sila ke 2 dan 3 sebagai anak di rumah yang belum saya lakukan
Misalnya: ________________________________________________





 Ceklis (√) Penilaian Skor
Soal Matematika
(Beri tanda ceklis (√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur!)
Kriteria
Ya
Tidak
Teman saya memahami konsep dengan benar


Teman saya menjawab soal no 1 – 5 dengan benar?


Catatan komentar terhadap teman saya:
_________________________________________________________




F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar penampakan alam, kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya, Syair, konsep perpangkatan dan berbagai hasil bilangan pangkat dua, operasi hitung bilangan berpangkat dua.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Buatlah sebuah syair tentang kenampakan alam  Indonesia!

Kenampakan Alam Indonesia

………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………


TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors