RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa
yang Kaya / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.3
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan
bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1
Melakukan operasi
hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000
4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1
Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep
perpangkatan antara bilangan 25 – 1000
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi,
budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila
dan UUD 1945
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.1.1
Memberikan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang
mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1
Memberikan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.2
Menceritakan
perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila
c) IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan-permasalahan
lingkungan hidup
3.3
Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia
4.3.1
Mengidentifikasi
kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia
4.5
Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1
Menyusun sebuah
laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan
dengan kondisi geografis di lingkungannya
4.5.2
Menyusun
artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai
aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
d) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan
berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1
Mendeskripsikan
kenampakan alam utama Indonesia dalam pantun atau syair
4.4
Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta
kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1
Menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama
Indonesia.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Operasi hitung yang
melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000
2. Perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan
pengamalan nilai-nilai kelima sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.
Pemahaman tentang
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah indonesia
4.
Teks pantun dan
syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran, guru
menempel gambar di depan kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa
Indonesia”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan MENGAMATI
:
o Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah
percakapan tentang pemanfaatan rotan di sebuah toko.
o Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
o
Guru menstimulus
rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan
seperti : Apakah adaptasi atau interaksi itu? Jika masyarakat tinggal di
sekitar laut, maka apa yang mereka lakukan untuk bertahan hidup
sehari-harinya?
o
Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca
percakapan dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis.
o
Siswa diminta
menyampaikan pendapat mereka masing-masing tentang mengapa adaptasi dan
interaksi masyarakat berkaitan erat dengan jenis daerah tempat masyarakat
tinggal?
Kegiatan MENANYA
o Siswa diminta membaca dan menganalisis teks bacaan
tentang Kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya untuk mencari
hubungan dalam topik bacaan tersebut.
o Siswa bertanya jawab dengan temannya tentang teks
bacaan untuk menggali informasi penting dalam bacaan
o Siswa berdiskusi dan saling mengajukan pertanyaan
berdasarkan topik dalam bacaan
o
Siswa diminta
untuk membuat daftar pertanyaan tentang permasalahan berdasarkan pemahaman
mereka setelah membaca teks bacaan.
Gunakan
diskusi kelas untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan MENGUMPULKAN
INFORMASI:
o Siswa bekerja secara kelompok beranggotakan 5 orang
o Siswa dengan bimbingan guru mencari data dari
berbagai sumber tentang perilaku-perilaku yang sesuai nilai Pancasila
o
Siswa mencari
informasi selengkap mungkin tentang kenampakan alam dari berbagai sumber
o
Siswa mengumpulkan potongan-potongan informasi tersebut
sebagai bahan membuat kliping.
o
Siswa mencari keterangan tentang mata pencaharian utama dan
makanan pokok utama masyarakat di sekitar kenampakan alam tersebut dengan
mewawancarai masyarakat sekitar
o
Siswa mengumpulkan informasi dan mencari hubungan kondisi
geografis dengan kondisi masyarakat sekitar dalam bentuk catan kecil atau
artikel singkat.
Gunakan rubrik
“Tugas Kliping” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Kegiatan MENGASOSIASI
:
o
Siswa membaca
syair yang disajikan pada buku siswa dengan mandiri
o
Siswa
mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia melalui pantun yang mereka
baca.
o
Siswa membacakan
syair dengan lantang dan mengidentifikasikan makna dan pesan dari pantun
tersebut
o
Siswa
mengemukakan pendapat tentang penggunaan rima dan pemilihan kata pada syair
yang disajikan
o
Berdasarkan syair
yang dibaca, siswa diberi kesempatan untuk menuliskan kembali isi syair
dengan pilihan kata sendiri.
o
Siswa dibimbing
untuk mencermati instruksi dan panduan dalam menulis syair (syair berisi
tentang kenampakan alam Indonesia, syair juga menampilkan informasi tentang
kehidupan masyarakat sekitar)
Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o Pada kegiatan ini, siswa dilatih untuk mencari bukti
tentang pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,
menyajikannya dalam bentuk proyek Kabar di dalam Gambar dan menceritakannya
dengan percaya diri di depan kelas.
o Siswa mencari atau membuat gambar tentang sebuah
keadaan di rumah dimana dalam gambar tersebut terlihat bagaiamana sebuah
barang atau fasilitas digunakan secara bersama-sama
o Siswa menyusun sebuah cerita singkat berupa
butir-butir yang bisa mereka kembangkan lebih lanjut tentang pengalaman
mereka dalam menggunakan fasilitas tersebut bersama dengan anggota keluarga
lainnya
o Siswa mengaitkan cerita tersebut dengan nilai-nilai
Pancasila terutama sila kedua dan ketiga.
o
Siswa
menceritakan hasil proyeknya ke depan kelas dengan percaya diri. (Kegiatan
Mengkomunikasikan)
Gunakan rubrik
presentasi untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
REMEDIAL
Latihan
1
o
Jelaskan pemahaman
dan pendapatmu tentang apa itu kenampakan alam?
Latihan 2
o
Ada berapa jenis
kenampakan alam di bumi? Sebutkan
Latihan 3
o
Berikan contoh
kenampakan alam yang menjorok ke dalam bumi?
Latihan 4
o
Beri contoh
kenampakan alam yang muncul/timbul ke atas permukaan bumi
Latihan 5
o
Jelaskan hubungan
antara jenis kenampakan alam dengan pola interaksi atau adaptasi masyarakat
sekitanya?terutama berkaitan dengan mata pencaharian, makanan yang mereka
makan atau (konsumsi) maupun yang mereka hasilkan (produksi)? Berikan contoh
yang sesuai!
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Tugas Proyek Kliping Kelompok
Kompetensi yang
dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang hubungan kondisi geografis dengan
kondisi masyarakat
-
Ketrampilan siswa dalam mencari informasi
-
Keterampilan siswa dalam mengolah dan menyajikan informasi
dalam bentuk kliping
-
Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan
tugas
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Siswa me-nunjukkan pemahaman materi yang sangat baik,
mampu memberikan penjelasan yang lengkap tentang keterkaitan keadaan
geografis de-ngan kondisi masyarakat
|
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang baik, mampu
memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan
geografis dengan kondisi masyarakat
|
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang cukup baik, mampu
memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan
geografis dengan kondisi masyarakat dengan sedikit bantuan dari guru
|
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang cukup baik, mampu
memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang keterkaitan keadaan
geografis dengan kondisi masyarakat dengan banyak bantuan dari guru
|
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan
dengan sangat baik, rinci dan jelas
|
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil
pengamatan dengan rinci dan jelas
|
Siswa perlu bekerja secara lebih sistematis dan menambahkan
beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan
jelas
|
Siswa sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih
sistematis dan mencatat hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
|
||
2
|
Ketrampilan mengolah informasi
|
Siswa dapat menganalisa data/kliping dengan sangat cermat
dan tepat
|
Siswa dapat menganalisa data/kliping dengan baik
|
Siswa masih perlu belajar untuk menganalisa data/kliping
dengan baik
|
Siswa belum mampu menganalisa data/kliping dengan baik
|
3
|
Kemandirian, & Manajemen Waktu
(attitude)
|
Kelompok sangat mandiri mengerjakan tugas, dan mampu
menyelesaikan sebelum waktu yang ditentukan.
|
Kelompok bersikap mandiri mengerjakan tugas, dan selesai
tepat waktu
|
Kelompok masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja
secara mandiri dan menyelesaikan tugas tepat waktu
|
Kelompok masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan
agar menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
4
|
Ketrampilan
menyajikan presentasi
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang kreatif dimana hasil laporan pengamatan kliping
yang diperoleh dikembangkan dengan menggunakan kalimat-kalimat buatan
sendiri dan mudah dipahami
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang cukup kreatif de-ngan hasil laporan pe-ngamatan
kliping yang dapat dipahami
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana sebagian
besar dari hasil pelaporan pengamatan kliping masih perlu diperbaiki agar
dapat lebih dimengerti
|
Presentasi
disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana hampir
seluruh hasil laporan pengamatan kliping kurang jelas dan belum dapat
dimengerti
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Daftar
Check Penilaian Sikap Teman
Pemahaman
Syair
(Beri tanda ceklis
(√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan
secara Jujur!)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
teman saya
memahami tema syair
|
|
|
Teman saya menganalisis penggunaan rima dengan benar
Misalnya:______________________________________________
|
|
|
Teman saya dapat menganalisis pemilihan kata dalam syair
Misalnya: ____________________________________________
|
|
|
Teman saya membacakan syair dengan intonasi yang menarik,
pengucapan dan volume suara yang jelas dan percaya diri
|
|
|
Rubrik Tugas Menulis Syair
No
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian dengan syarat syair dari segi bentuk
(Tiap bait terdiri dari 4 baris, tiap baris terdiri atas
8-12 suku kata,bersajak/berima sesuai)
5 ... Sesuai dengan semua syarat syair
...3.... Hanya sesuai dengan 2-3 syarat syair
...1 ....Tidak sesuai dengan semua syarat syair
|
|
2
|
Kesesuaian dengan syarat syair dari segi isi
(Berisikan tema yang sesuai)
...5 ... sesuai dengan semua syarat syair yang telah
ditentukan
...3 ... hanya berisi sesuai dengan 1 syarat syairyang
telah ditentukan
...1 ... tidak sesuai dengan semua syarat srair syairyang
telah ditentukan
|
|
3
|
Kemenarikan isi syair dan pilihan kata ...5... Isi dan
pilihan kata bermakna dan bervariasi
...3 ... Isi dan pilihan kata bermakna namn kurnag
bervariasi
...1 ... isi dan pilihan kata kurang bermakna dan tidak
bervariasi
|
|
4
|
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
5... tidak ada kesalahan penulisna ejaandan tanda baca
... 3 ... ada beberapa kesalahan penulisan ejaan dan tanda
baca (2-3 kesalahan)
...1...banyak kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca
(lebih dari 3 kesalahan)
|
|
SKOR
MAKSIMAL
|
18
|
|
SKOR
PEROLEHAN
|
..../18
x 100%
|
Ceklis
Penilaian Teman
Pengamalan
nilai Pancasila sila ke 2 dan 3
(Beri tanda
ceklis (√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara
Jujur!)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Teman saya
dapat menyebutkan pancasila sila ke 2
|
|
|
Teman saya memahami nilai pancasila sila ke 2
Contoh sikap yang ia lakukan:
______________________________
|
|
|
Teman saya
dapat menyebutkan pancasila sila ke 3
|
|
|
Teman saya memahami nilai pancasila sila ke 3
Contoh
sikap yang ia lakukan:
|
|
|
Teman saya melaksanakan pengamalan sila ke 2 dan 3 sebagai
anak di rumah yang belum saya lakukan
Misalnya: ________________________________________________
|
|
|
Ceklis (√) Penilaian
Skor
Soal
Matematika
(Beri tanda ceklis
(√) pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara
Jujur!)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Teman saya
memahami konsep dengan benar
|
|
|
Teman saya
menjawab soal no 1 – 5 dengan benar?
|
|
|
Catatan komentar terhadap teman saya:
_________________________________________________________
|
|
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar penampakan alam, kenampakan alam dan adaptasi
masyarakat sekitarnya, Syair, konsep perpangkatan dan berbagai hasil bilangan
pangkat dua, operasi hitung bilangan berpangkat dua.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406 2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah sebuah syair
tentang kenampakan alam Indonesia!
Kenampakan Alam Indonesia
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment