RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa
yang Kaya / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
2.3
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan
bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1
Melakukan operasi
hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1
Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep
perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi,
budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan seharihari sesuai Pancasila
dan UUD 1945
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.1.1
Menjelaskan makna
simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.2
Memberikan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila
kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1
Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai
dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
c) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.4
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana
alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan
berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1
Mendeskripsikan
kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat pada pantun atau syair
4.4
Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta
kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1
Membaca pantun dan
syair tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Konsep perpangkatan
dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
2. Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
3.
Teks pantun dan
syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa
Indonesia”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan MENGAMATI:
o
Siswa membaca teks percakapan yang disajikan pada buku
siswa yang berjudul Koperasi Desa. (kegiatan ini bisa digunakan untuk melatih
kepercayaan diri siswa dalam mebaca dialog dan bermain peran)
o
Siswa memberikan pendapatnya tentang inti dari percakapan
tersebut (guru membimbing diskusi dengan memberikan penakanan pada pembahasan
tentang koperasi)
o
Guru dapat memberikan pertanyaan arahan seperti “Apakah yang dimaksud dengan Koperasi?
Apakah fungsi koperasi?”
o
Pengetahuan siswa tentang koperasi diperdalam melalui teks
bacaan informasi yangberjudul Mengenal Koperasi.
-
Percakapan dan
bacaan tentang koperasi dipakai sebagai sebuah bahan diskusi yang bisa
dikaitkan dengan contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan
pengamalan sila Pancasila terutama sila kelima
-
Siswa
mengamati lambang koperasi dan mencari informasi tentang makna dari lambang
tersebut
-
Siswa
mengaitkan makna lambang koperasi dengan makna dari simbol sila kelima
Pancasila (Kegiatan Mengamati)
Gunakan Rubrik
“Essay” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan MENANYA:
o
Siswa mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh perilaku
dirumah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
o
Guru menstimulus diskusi dengan mengemukakan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang ada dalam buku
siswa
o
Siswa di pancing rasa ingin tahunya dengan diberi kesempatan
untuk menanya tentang proses pemecahan masalah yang termuat dalam percakapan.
Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o
Siswa mencari dari berbagai sumber untuk memahami tentang
bilangan perpangkatan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang
disajikan pada buku siswa
o
Guru bisa membuka kegiatan ini dengan memberikan penjelasan
terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa siswa sudah mendapatkan pemahaman
yang benar secara konseptuals
o
Siswa dilatih untuk menggunakan semua informasi yang
disediakan dalam memecahkan masalah
o
Siswa dilatih untuk menyelesaikan tugasnya dengan cermat,
teliti, dan mandiri
o
Siswa dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya
dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.
Kegiatan MENGASOSIASI
o
Siswa bersama dengan kelompok berdiskusi dalam mengerjakan
tugas yang diberikan
o
Guru membimbing siswa untuk membaca dan memahami instruksi
yang diberikan.
o
Setiap kelompok berkewajiban untuk mebuat peta pikiran yang
berisi contih-contoh perbuatan yang sesuai dengan pengamalan kelima sila
Pancasila
o
Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memperkaya hasil
diskusi dengan mengunjungi kelompok lain (latih siswa untuk teliti mencari
informasi dan berkolaborasi dengan kelompok lain)
o
Hasil peta pikiran disajikan dan ditempel pada dinding
kelas untuk dipakai sebagai sebuah rangkuman kelas yang bisa dibaca oleh
siapa saja
Gunakan rubrik peta
pikiran untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o
Siswa mempresentasikan teks percakapan yang memuat pantun
bertema kehidupan berbangsa dan bernegara
o
Siswa mencoba menjelaskan makna pantun tersebut
o
Siswa diingatkan kembali tentang konsep pantun yang
sebelumnya sudah pernah dipelajari
o
Siswa menyajikan pantunnya sendiri dengan mengambil tema
kehidupan berbangsa dan bernegara.
Gunakan rubrik
membuat dan membaca pantun untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
REMEDIAL
Latihan
1
o
Sebutkan sila-sila
Pancasila secara urut dan lengkap, gambarlah simbol-simbol dari setiap sila.
Latihan 2
o
Sebutkan arti
Koperasi, jelaskan manfaatnya dan gambarkan lambang koperasi beserta
penjelasannya
Latihan 3
o
Apakah yang dimaksud
dengan pantun?
PENGAYAAN
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengemukakan Pendapat Secara Tertulis
Kompetensi yang
dinilai :
·
Pengetahuan siswa tentang fungsi dan peran koperas dan
kaitannya dengan sila pancasila
·
Ketrampilan siswa dalam mengemukakan pendapat secara tertulis
·
Sikap kemandirian, tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa
dalam mengemukakan pendapat
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang sangat dalam tentang
fungsi dan peran koperasi dalam pendapatnya dan mampu memberikan alasan yang
tepat bagi pendapatnya
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang cukup dalam tentang fungsi
dan peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat
dengan sedikit bimbingan guru
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang cukup tentang fungsi dan
peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat
dengan banyak bimbingan guru
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang kurang tentang fungsi dan
peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat
dengan banyak bimbingan guru
|
2
|
Kemandirian
& Manajemen Waktu
|
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
3
|
Keterampilan
berbahasa
|
Siswa mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar dalam mengemukakan pendapat, tanpa ada kesalahan ejaan dan tata bahasa
|
Siswa mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar dalam mengemukakan pendapat, dengan sedikit kesalahan ejaan dan tata
bahasa
|
Siswa cukup mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik
dan benar dalam mengemukakan pendapat, dengan beberapa ke-salahan ejaan dan
tata bahasa
|
Siswa belum mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik
dan benar dalam mengemukakan pendapat, tanpa ada kesalahan ejaan dan tata
bahasa
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Tugas Membuat Peta Pikiran Pengamalan Sila Pancasila
Kompetensi yang
dinilai :
-
Pemahaman dan pengetahuan siswa tentang kelima sila Pancasila
-
Pengetahuan siswa dalam memberikan contoh pengamalan kelima
sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-
Ketrampilan siswa dalam menyajikan informasi dalam bentuk
peta pikiran
-
Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar dalam menyajikan informasi
-
Sikap kemandirian dan kecermatan siswa dalam mengerjakan
tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Isi peta pikiran lengkap, menunjukkan pengetahuan siswa
tentang materi yang disajikan
|
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang
materi. Keseluruhan materi mudah dibaca dan dipahami. Siswa menambahkan
gambar untuk melengkapi peta pikiran
|
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang
materi. Keseluruhan materi mudah dipahami
|
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman siswa
tentang materi. Sebagian besar materi mudah dipahami
|
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman siswa
tentang materi. Beberapa bagian dari materi mudah dipahami
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam
penulisan peta pikiran
|
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta
efektif dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam peta pikiran.
|
Mengguna-kan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam
penulisan keseluruhan kalimat dalam peta pikiran.
|
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam
penulisan sebagian besar kalimat dalam peta pikiran
|
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam
penulisan beberapa bagian dari peta pikiran
|
SIkap:
Peta pikiran dibuat secara mandiri, cermat dan teliti.
Dikerjakan sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
|
Peta pikiran dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan
teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan
kreatifitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan peta pikiran dibuat dengan mandiri lengkap,
cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Sebagian besar peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap,
cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Hanya beberapa bagian peta pikiran dibuat dengan mandiri,
lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan Penulisan:
Peta pikiran dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik
menunjukkan keterampilan pembuatan peta pikiran yang baik
|
Keseluruhan peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan
benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang tinggi dari
pembuatnya
|
Keseluruhan peta pikiran yang menarik, jelas dan benar,
me-nunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang baik dari pembuatnya
|
Sebagian besar peta pikiran yang dibuat dengan menarik,
jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang terus
berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian peta pikiran yang dibuat dengan menarik,
jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang dapat
terus ditingkatkan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Membaca Pantun
Kompetensi yang dinilai
:
-
Pengetahuan siswa tentang pantun dan isi pantun
-
Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar dalam membuat pantun
-
Ketrampilan siswa dalam menyajikan dan membaca pantun
-
Sikap siswa ketika membacakan pantun
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata bahasa
|
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia
yang baik dan baku
|
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Sikap
|
Siswa membacakan pantun dengan percaya diri, lancar,
menggunakan intonasi dan gerak tubuh yang tepat
|
Siswa membacakan pantun dengan cukup percaya diri, lancar,
dan intonasi yang tepat
|
Siswa terlihat sedikit canggung dalam membacakan pantun,
dan membutuhkan sedikit bimbingan guru
|
Siswa terlihat canggung dan membutuhkan banyak bimbingingan
guru dalam membacakan pantun
|
Isi Pantun
|
Sampiran dan isi pantun sesuai
|
Sebagian sampiran dan isi pantun sesuai
|
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
|
Sampiran dan isi pantun tidak sesuai
|
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahami
|
Pantun mengandung pesan dan mudah dipahami
|
Pantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanya
|
Pantun tidak mengandung pesan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks
bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Teks bacaan koperasi,
Gambar lambang negara, Gambar simbol-simbol sila Pancasila, Gambar lambang
koperasi
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Pantun
Judul :
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment