Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1        Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan seharihari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.1.1        Menjelaskan makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.2        Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1        Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1        Mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat pada pantun atau syair
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1        Membaca pantun dan syair tentang kehidupan berbangsa dan bernegara

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
2.      Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.      Teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan MENGAMATI:
o   Siswa membaca teks percakapan yang disajikan pada buku siswa yang berjudul Koperasi Desa. (kegiatan ini bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri siswa dalam mebaca dialog dan bermain peran)
o   Siswa memberikan pendapatnya tentang inti dari percakapan tersebut (guru membimbing diskusi dengan memberikan penakanan pada pembahasan tentang koperasi)
o   Guru dapat memberikan pertanyaan arahan seperti “Apakah yang dimaksud dengan Koperasi? Apakah fungsi koperasi?”
o   Pengetahuan siswa tentang koperasi diperdalam melalui teks bacaan informasi yangberjudul Mengenal Koperasi.
-          Percakapan dan bacaan tentang koperasi dipakai sebagai sebuah bahan diskusi yang bisa dikaitkan dengan contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila terutama sila kelima
-          Siswa mengamati lambang koperasi dan mencari informasi tentang makna dari lambang tersebut
-          Siswa mengaitkan makna lambang koperasi dengan makna dari simbol sila kelima Pancasila (Kegiatan Mengamati)
Gunakan Rubrik “Essay” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan MENANYA:
o   Siswa mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh perilaku dirumah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
o   Guru menstimulus diskusi dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang ada dalam buku siswa
o   Siswa di pancing rasa ingin tahunya dengan diberi kesempatan untuk menanya tentang proses pemecahan masalah yang termuat dalam percakapan.

Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa mencari dari berbagai sumber untuk memahami tentang bilangan perpangkatan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang disajikan pada buku siswa
o   Guru bisa membuka kegiatan ini dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa siswa sudah mendapatkan pemahaman yang benar secara konseptuals
o   Siswa dilatih untuk menggunakan semua informasi yang disediakan dalam memecahkan masalah
o   Siswa dilatih untuk menyelesaikan tugasnya dengan cermat, teliti, dan mandiri
o   Siswa dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.

Kegiatan MENGASOSIASI
o   Siswa bersama dengan kelompok berdiskusi dalam mengerjakan tugas yang diberikan
o   Guru membimbing siswa untuk membaca dan memahami instruksi yang diberikan.
o   Setiap kelompok berkewajiban untuk mebuat peta pikiran yang berisi contih-contoh perbuatan yang sesuai dengan pengamalan kelima sila Pancasila
o   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memperkaya hasil diskusi dengan mengunjungi kelompok lain (latih siswa untuk teliti mencari informasi dan berkolaborasi dengan kelompok lain)
o   Hasil peta pikiran disajikan dan ditempel pada dinding kelas untuk dipakai sebagai sebuah rangkuman kelas yang bisa dibaca oleh siapa saja
Gunakan rubrik peta pikiran untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o   Siswa mempresentasikan teks percakapan yang memuat pantun bertema kehidupan berbangsa dan bernegara
o   Siswa mencoba menjelaskan makna pantun tersebut
o   Siswa diingatkan kembali tentang konsep pantun yang sebelumnya sudah pernah dipelajari
o   Siswa menyajikan pantunnya sendiri dengan mengambil tema kehidupan berbangsa dan bernegara.
Gunakan rubrik membuat dan membaca pantun untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

REMEDIAL
Latihan 1
o   Sebutkan sila-sila Pancasila secara urut dan lengkap, gambarlah simbol-simbol dari setiap sila.
Latihan 2
o   Sebutkan arti Koperasi, jelaskan manfaatnya dan gambarkan lambang koperasi beserta penjelasannya
Latihan 3
o   Apakah yang dimaksud dengan pantun?

PENGAYAAN
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Mengemukakan Pendapat Secara Tertulis

Kompetensi yang dinilai :
·           Pengetahuan siswa tentang fungsi dan peran koperas dan kaitannya dengan sila pancasila
·           Ketrampilan siswa dalam mengemukakan pendapat secara tertulis
·           Sikap kemandirian, tanggung jawab dan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman yang sangat dalam tentang fungsi dan peran koperasi dalam pendapatnya dan mampu memberikan alasan yang tepat bagi pendapatnya
Siswa menunjukkan pemahaman yang cukup dalam tentang fungsi dan peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat dengan sedikit bimbingan guru
Siswa menunjukkan pemahaman yang cukup tentang fungsi dan peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat dengan banyak bimbingan guru
Siswa menunjukkan pemahaman yang kurang tentang fungsi dan peran koperasi dalam pendapatnya, dan mampu memberikan alasan yang tepat dengan banyak bimbingan guru
2
Kemandirian & Manajemen Waktu
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesai­kan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
3
Keterampilan berbahasa
Siswa mampu mengguna­kan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam mengemuka­kan pendapat, tanpa ada ke­salahan ejaan dan tata ba­hasa
Siswa mampu menggunakan Bahasa In­donesia yang baik dan benar dalam menge­mukakan pen­dapat, dengan sedikit kesala­han ejaan dan tata bahasa
Siswa cukup mampu mengguna­kan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam mengemuka­kan penda­pat, dengan beberapa ke-salahan ejaan dan tata ba­hasa
Siswa belum mampu meng­gunakan Ba­hasa Indonesia yang baik dan benar dalam mengemuka­kan pendapat, tanpa ada ke­salahan ejaan dan tata ba­hasa

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Tugas Membuat Peta Pikiran Pengamalan Sila Pancasila

Kompetensi yang dinilai :
-          Pemahaman dan pengetahuan siswa tentang kelima sila Pancasila
-          Pengetahuan siswa dalam memberikan contoh pengamalan kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-          Ketrampilan siswa dalam menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
-          Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyajikan informasi
-          Sikap kemandirian dan kecermatan siswa dalam mengerjakan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Isi peta pikiran lengkap, menunjukkan pengetahuan siswa tentang materi yang disajikan
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang materi. Keseluruhan materi mudah dibaca dan dipahami. Siswa menambahkan gambar untuk melengkapi peta pikiran
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang materi. Keseluruhan materi mudah dipahami
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang materi. Sebagian besar materi mudah dipahami
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman siswa tentang materi. Beberapa bagian dari materi mudah dipahami
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan peta pikiran
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta efektif dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam peta pikiran.
Mengguna-kan Bahasa Indonesia yang baik dan be­nar dalam penulisan keseluru­han kalimat dalam peta pikiran.
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam peta pikiran
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan beberapa bagian dari peta pikiran
SIkap:
Peta pikiran dibuat secara mandiri, cermat dan teliti. Dikerjakan sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Peta pikiran dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan peta pikiran dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Peta pikiran dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan peta pikiran yang baik
Keseluruhan peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang tinggi dari pembuatnya
Keseluru­han peta pikiran yang menarik, jelas dan benar, me-nunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang baik dari pem­buatnya
Sebagian besar peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan ketrampilan membuat peta pikiran yang dapat terus ditingkatkan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =



Rubrik Membaca Pantun

Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang pantun dan isi pantun
-            Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam membuat pantun
-            Ketrampilan siswa dalam menyajikan dan membaca pantun
-            Sikap siswa ketika membacakan pantun

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Tata bahasa
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Siswa membacakan pantun dengan percaya diri, lancar, menggunakan intonasi dan gerak tubuh yang tepat
Siswa membacakan pantun dengan cukup percaya diri, lancar, dan intonasi yang tepat
Siswa terlihat sedikit canggung dalam membacakan pantun, dan membutuhkan sedikit bimbingan guru
Siswa terlihat canggung dan membutuhkan banyak bimbingingan guru dalam membacakan pantun
Isi Pantun
Sampiran dan isi pantun sesuai
Sebagian sampiran dan isi pantun sesuai
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
Sampiran dan isi pantun tidak sesuai

Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahami
Pantun mengandung pesan dan mudah dipahami
Pantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanya
Pantun tidak mengandung pesan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =



F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Teks bacaan koperasi, Gambar lambang negara, Gambar simbol-simbol sila Pancasila, Gambar lambang koperasi


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa 
(LKS)

Pantun


Judul :
 …………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………


MEDIA   

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 3

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors