RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa
yang Kaya / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.5
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1
Menjelaskan manfaat
latihan daya tahan jantung dan paru
4.5
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
4.5.1
Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.
b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengolah karya seni
3.3 Memahami fungsi properti yang
dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menjelaskan
properti tari.
4.12
Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
4.12.1
Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan
gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.
c) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa
dan lingkungan alam
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1
Mengidentifikasi
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2.1
Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan
penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Mengidentifikasi
bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia
4.2.1
Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi
manusia.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
- Gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
- Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa indonesia
- Bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa
Indonesia”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
KEGIATAN MENGAMATI
:
o Siswa membaca teks informasi tentang Mari
Berolahraga, untuk mendapatkan pengetahuan tentang manfaat latihan daya tahan
jantung dan paru
o Siswa mempelajari teks bacaan untuk mendapatkan
informasi tentang kegiatan latihan fisik yang akan mereka lakukan
o Guru kelas dan guru PJOK berkolaborasi dalam
mengampu kegiatan ini
o Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran kepada
siswa
o
Siswa melakukan
latihan fisik seperti yang dianjurkan pada buku siswa (kegiatan ini bisa
dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan kelas)
Gunakan ceklist
“lari estafet” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
KEGIATAN MENANYA
:
o Siswa diminta untuk menyusun pertanyaan dengan
cermat berdasarkan teks bacaan yang terdapat dibuku siswa
o Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut
dengan mengidentifikasi pertanyaan apa saja yang terdapat pada bacaan
tersebut
o Stimulasi keingintahuan siswa dengan melontarkan
pertanyaan seperti: Apa bedanya rotan dengan jenis - jenis kayu yang lain?,
kaitkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan topik pembelajaran yaitu bagian
tanaman dan fungsinya.
o Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagian-bagian
rotan atau tanaman lain pada temannya dalam diskusi kelas
o
Siswa menuliskan
pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya
KEGIATAN
MENGASOSIASI:
o Siswa membaca teks bacaan yang terdapat dalam buku
siswa tentang tanaman
o Guru memperlihatkan beberapa tanaman dan membahas
tentang akar, batang, daun, dan bunga
o Stimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan bagaimana
cara untuk membedakan antara tanaman satu dengan yang lainnya?
o
Guru meminta
siswa untuk mengambil beberapa tanaman untuk ditempelkan kedalam sebuah
buklet, guru menejelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan buklet
o
Siswa mengumpulkan tanaman dan memisahkan beberapa contoh
tanaman untuk ditempelkan dihalaman – halaman buklet
o
Pada setiap tanaman siswa harus memberikan keterangan
tentang tanaman tersebut yaitu fungsi dan penjelasan bentuknya berikut gambar
sesuai contoh tanaman
o
Setelah jadi mintalah siswa untuk saling bertukar buklet
guna memperoleh tambahan informasi
o
Ikuti instruksi kegiatan seperti yang dijelaskan pada buku
siswa
ALTERNATIF
PEMBELAJARAN: MENGUMPULKAN INFORMASI
o Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang macam-macam iklan, lagu-lagu daerah, dan bagian tubuh
tumbuhan.
o Peserta didik menentukan sumber data yang sesuai
dengan iklan, lagu daerah, bagian tubuh tumbuhan.
o
Peserta didik
menentukan jenis data yang akan mereka kumpulkan dari berbagai sumber.
Gunakan rubrik
“Buklet” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
KEGIATAN
MENGOMUNIKASIKAN:
o Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks
bacaan yang terdapat pada buku siswa
o Guru mengukur pemahaman siswa tentang bacaan
tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan dalam
bacaan tersebut
o Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan
pertanyaan tentang apa fungsi dari properti dalam sebuah tarian
o Siswa diminta untuk merncoba menarikan beberapa
tarian daerah untuk kemudian di tuangkan ke dalam tabel nama - nama tarian,
asal daerah tarian dan properti utama yang digunakan (Kegiatan Menalar)
o
Mintalah siswa
untuk mengkomunikasikan hasil pengamatannya tersebut didepan kelas
Gunakan rubrik
“Presentasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.
REMEDIAL
Latihan 1
1. Jelaskanlah langkah - langkah serta peraturan dalam
permainan estafet yang kamu ketahui!
2. Sebutkan nama – nama gerakan lari yang terdapat
dalam estafet
3. Apakah tanaman rotan itu? Apa sajakah fungsi -
fungsi rotan?
4. Apakah keunggulan rotan dengan tanaman – tanaman
yang lain?
5.
Ada berapa
jeniskah tanaman rotan di dunia?
PENGAYAAN
o
Bermain Drama
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
a. Daftar Check Lari Estafet
No
|
Nama Siswa
|
Lari
Sprint
|
Lari Zig Zag
|
Lari
Menyamping
|
Melompot
|
||||
T
|
TT
|
T
|
TT
|
T
|
TT
|
T
|
TT
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Tugas Buklet Tanaman
Kompetensi yang dinilai :
-
Pengetahuan siswa tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya
-
Ketrampilan siswa dalam mengamati bagian tanaman
-
Ketrampilan siswa dlam menyajikan informasi dalam bentuk
buklet
-
Sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menjabarkan semua bagian - bagian tanaman dengan sangat tepat dan detil.
|
Siswa
menjabarkan sebagian besar bagian tanaman dengan tepat dan detil.
|
Siswa
menjabarkan beberapa bagian - bagian tanaman dengan cukup tepat namun kurang
detil.
|
Siswa
hanya menjabarkan sedikit bagian dari tanaman dengan kurang tepat dan tidak
detil.
|
Pengamatan
|
Siswa
sangat cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi
semua tanaman tersebut.
|
Siswa
cukup cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi
beberapa bagian tanaman tersebut.
|
Siswa
kurang cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan hanya menjabarkan
sedikit fungsi dari bagian tanaman tersebut.
|
Siswa
tidak cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan tidak menjabarkan
semua fungsi bagian tanaman tersebut.
|
Keterampilan
|
Penyajian
buklet sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
|
Penyajian
buklet cukup lengkap dan terlihat rapi
|
Penyajian
buklet kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
|
Penyajian
buklet tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
|
Sikap
|
Siswa
bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet dan mandiri
|
Siswa
cukup bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet cukup mandiri
|
Siswa
kurang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet dan masih harus
diperingatkan oleh guru
|
Siswa
tidak bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet sekalipun berada dibawah
pengawasan guru
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik Tabel Properti Tarian
Kompetensi yang dinilai :
-
Pengetahuan siswa tentang properti dalam tari
-
Ketrampilan siswa dalam mencari informasi tentang properti
tari
-
Ketrampilan siswa dalam menyajikan informasi dalam bentuk
tabel
-
Sikap kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu mengidentifikasi semua alat - alat yang digunakan sebagai properti di
dalam semua tarian
|
Siswa
mampu mengidentifikasi alat - alat yang digunakan sebagai properti di hampir
semua tarian
|
Siswa
mampu mengidentifikasi beberapa alat - alat yang digunakan se-bagai properti
di dalam beberapa tarian
|
Siswa
hanya mampu meng-identifikasi sebagian kecil alat - alat yang digunakan
se-bagai properti di dalam beberapa tarian
|
Siswa
mencantumkan semua nama asal daerah tarian
|
Siswa
mencantumkan hampir semua nama asal daerah tarian
|
Siswa
mencantumkan hanya beberapa nama asal daerah tarian
|
Siswa
tidak mencantumkan nama asal daerah tarian
|
|
Keterampilan
|
Tabel
sangat lengkap dengan informasi yang jelas dan detil
|
Tabel
hampir lengkap dengan informasi yang jelas dan detil
|
Tabel
cukup lengkap dengan informasi yang cukup jelas namun kurang detil
|
Tabel
tidak lengkap dengan informasi yang kurang jelas dan tidak detil
|
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan tentang hasil bumi rotan, fungsi properti dalam
seni tari, teknik dasar estafet.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Mari Meneliti dan Berkreasi
Banyak tanaman di sekeliling kita, baik di
sekitar rumah maupun sekolah. Tahukah kamu cara membedakan tanaman yang satu
dari tanaman lainnya? Salah satunya melalui daun dan batangnya. Bagaimana
bentuk daunnya? Apakah batangnya berkayu?
1.
Pilihlah sebuah tanaman
yang dapat ditempelkan di dalam buklet.
2.
Amatilah setiap bagian
tanamanmu.
3.
Cobalah mengisi tabel di
bawah ini
No
|
Nama
bagian
|
Fungsi
|
Bentuk
(gambarlah sesuai contoh tanaman)
|
1
|
Akar
|
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
|
|
2
|
Batang
|
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
|
|
3
|
Daun
|
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
|
|
4
|
Bunga
|
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
|
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment