Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
3.5.1        Menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
4.5.1        Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.3  Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Menjelaskan properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12.1    Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1        Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1        Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.2  Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.2.1        Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
  2. Gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
  3. Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa indonesia
  4. Bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
KEGIATAN MENGAMATI :
o   Siswa membaca teks informasi tentang Mari Berolahraga, untuk mendapatkan pengetahuan tentang manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
o   Siswa mempelajari teks bacaan untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan latihan fisik yang akan mereka lakukan
o   Guru kelas dan guru PJOK berkolaborasi dalam mengampu kegiatan ini
o   Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran kepada siswa
o   Siswa melakukan latihan fisik seperti yang dianjurkan pada buku siswa (kegiatan ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan kelas)
Gunakan ceklist “lari estafet” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

KEGIATAN MENANYA :
o   Siswa diminta untuk menyusun pertanyaan dengan cermat berdasarkan teks bacaan yang terdapat dibuku siswa
o   Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan mengidentifikasi pertanyaan apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut
o   Stimulasi keingintahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: Apa bedanya rotan dengan jenis - jenis kayu yang lain?, kaitkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan topik pembelajaran yaitu bagian tanaman dan fungsinya.
o   Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagian-bagian rotan atau tanaman lain pada temannya dalam diskusi kelas
o   Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya

KEGIATAN MENGASOSIASI:
o   Siswa membaca teks bacaan yang terdapat dalam buku siswa tentang tanaman
o   Guru memperlihatkan beberapa tanaman dan membahas tentang akar, batang, daun, dan bunga
o   Stimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan bagaimana cara untuk membedakan antara tanaman satu dengan yang lainnya?
o   Guru meminta siswa untuk mengambil beberapa tanaman untuk ditempelkan kedalam sebuah buklet, guru menejelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan buklet
o   Siswa mengumpulkan tanaman dan memisahkan beberapa contoh tanaman untuk ditempelkan dihalaman – halaman buklet
o   Pada setiap tanaman siswa harus memberikan keterangan tentang tanaman tersebut yaitu fungsi dan penjelasan bentuknya berikut gambar sesuai contoh tanaman
o   Setelah jadi mintalah siswa untuk saling bertukar buklet guna memperoleh tambahan informasi
o   Ikuti instruksi kegiatan seperti yang dijelaskan pada buku siswa

ALTERNATIF PEMBELAJARAN: MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang macam-macam iklan, lagu-lagu daerah, dan bagian tubuh tumbuhan.
o   Peserta didik menentukan sumber data yang sesuai dengan iklan, lagu daerah, bagian tubuh tumbuhan.
o   Peserta didik menentukan jenis data yang akan mereka kumpulkan dari berbagai sumber.
Gunakan rubrik “Buklet” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.

KEGIATAN MENGOMUNIKASIKAN:
o   Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks bacaan yang terdapat pada buku siswa
o   Guru mengukur pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan dalam bacaan tersebut
o   Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa fungsi dari properti dalam sebuah tarian
o   Siswa diminta untuk merncoba menarikan beberapa tarian daerah untuk kemudian di tuangkan ke dalam tabel nama - nama tarian, asal daerah tarian dan properti utama yang digunakan (Kegiatan Menalar)
o   Mintalah siswa untuk mengkomunikasikan hasil pengamatannya tersebut didepan kelas
Gunakan rubrik “Presentasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi.

REMEDIAL
Latihan 1
1.      Jelaskanlah langkah - langkah serta peraturan dalam permainan estafet yang kamu ketahui!
2.      Sebutkan nama – nama gerakan lari yang terdapat dalam estafet
3.      Apakah tanaman rotan itu? Apa sajakah fungsi - fungsi rotan?
4.      Apakah keunggulan rotan dengan tanaman – tanaman yang lain?
5.      Ada berapa jeniskah tanaman rotan di dunia?

PENGAYAAN
o   Bermain Drama

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian
a. Daftar Check Lari Estafet

No
Nama Siswa
Lari Sprint
Lari Zig Zag
Lari Menyamping
Melompot
T
TT
T
TT
T
TT
T
TT






























































































































































































































































































































































































  
Rubrik Tugas Buklet Tanaman

Kompetensi yang dinilai :
-          Pengetahuan siswa tentang bagian-bagian tanaman dan fungsinya
-          Ketrampilan siswa dalam mengamati bagian tanaman
-          Ketrampilan siswa dlam menyajikan informasi dalam bentuk buklet
-          Sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menjabarkan semua bagian - bagian tanaman dengan sangat tepat dan detil.
Siswa menjabarkan sebagian besar bagian tanaman dengan tepat dan detil.
Siswa menjabarkan beberapa bagian - bagian tanaman dengan cukup tepat namun kurang detil.
Siswa hanya menjabarkan sedikit bagian dari tanaman dengan kurang tepat dan tidak detil.
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi semua tanaman tersebut.
Siswa cukup cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan menjabarkan fungsi beberapa bagian tanaman tersebut.
Siswa kurang cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan hanya menjabarkan sedikit fungsi dari bagian tanaman tersebut.
Siswa tidak cermat dalam mengamati bagian - bagian tanaman dan tidak menjabarkan semua fungsi bagian tanaman tersebut.
Keterampilan
Penyajian buklet sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
Penyajian buklet cukup lengkap dan terlihat rapi
Penyajian buklet kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
Penyajian buklet tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
Sikap
Siswa bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet dan mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet cukup mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet dan masih harus diperingatkan oleh guru
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan buklet sekalipun berada dibawah pengawasan guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

Rubrik Tabel Properti Tarian

Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang properti dalam tari
-            Ketrampilan siswa dalam mencari informasi tentang properti tari
-            Ketrampilan siswa dalam menyajikan informasi dalam bentuk tabel
-            Sikap kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa mampu mengidenti­fikasi semua alat - alat yang digunakan se­bagai properti di dalam semua tarian
Siswa mampu mengidentifi­kasi alat - alat yang digunakan sebagai properti di hampir semua tarian
Siswa mampu mengidentifi­kasi beberapa alat - alat yang digunakan se-bagai properti di dalam beberapa tarian
Siswa hanya mampu meng-identifikasi sebagian kecil alat - alat yang digunakan se-bagai properti di dalam beberapa tarian
Siswa mencantumkan semua nama asal daerah tarian
Siswa mencantumkan hampir semua nama asal daerah tarian
Siswa mencantumkan hanya beberapa nama asal daerah tarian
Siswa tidak mencantumkan nama asal daerah tarian
Keterampilan
Tabel sangat lengkap dengan informasi yang jelas dan detil
Tabel hampir lengkap dengan informasi yang jelas dan detil
Tabel cukup lengkap dengan informasi yang cukup jelas namun kurang detil
Tabel tidak lengkap dengan informasi yang kurang jelas dan tidak detil

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang hasil bumi rotan, fungsi properti dalam seni tari, teknik dasar estafet.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006




Lembar Kerja Siswa
(LKS)
 Mari Meneliti dan Berkreasi 
Banyak tanaman di sekeliling kita, baik di sekitar rumah maupun sekolah. Tahukah kamu cara membedakan tanaman yang satu dari tanaman lainnya? Salah satunya melalui daun dan batangnya. Bagaimana bentuk daunnya? Apakah batangnya berkayu?
1.    Pilihlah sebuah tanaman yang dapat ditempelkan di dalam buklet.
2.    Amatilah setiap bagian tanamanmu.
3.    Cobalah mengisi tabel di bawah ini

No
Nama bagian
Fungsi
Bentuk (gambarlah sesuai contoh tanaman)


1


Akar



…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..



2


Batang



…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..



3


Daun




…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..



4


Bunga




…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..
…………………………………..




MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors