Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday, 25 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1        Membuat struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.   Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan perkalian.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa
2.  Bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bangga Sebagai Bangsa Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan pembuka yang berjudul “Papan Reklame Toko Mebel”. Bacaan ini merupakan bacaan yang dipakai untuk membuka pembelajaran yang nantinya akan menghubungkan reklame dengan kegiatan ekspor dan impor.
o   Siswa mengaitkan isi bacaan dengan pengalaman sehari-hari tentang reklame. Guru menstimulus diskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti : Apa yang kamu perhatikan pertama kali ketika kamu melihat papan reklame?
o   Siswa menuliskan jawaban mereka pada kolom yang disediakan, kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas)

Kegiatan MENGAMATI:
o   Siswa mengamati gambar reklame atau iklan dari majalah/koran atau media apa saja, atau dari pengalaman mereka sehari–hari
o   Siswa menyimak hal-hal yang terdapat pada iklan/ reklame tersebut
o   Siswa membaca struktur teks yang mereka temukan pada iklan/reklame, baik dari segi warna, jenis, ukuran dll
o   Kegiatan pengamatan ini dilanjutkan dengan kegiatan yang disebut “Berotasi Mencari Informasi” dimana siswa diberi kesempatan untuk mencari dan bertukar informasi dengan teman-temannya.
o   Siswa mengikuti instruksi kegiatan seperti tertera pada buku teks siswa, yaitu membuat daftar pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada teman-temannya pada saat bertukarinformasi.
o   Siswa dibimbing untuk memahami instruksi tertulis yang diberikan: Buatlah tabel berdasarkan pertanyaan yang telah kamu buat. Satu pertanyaan, satu kolom.
o   Letakkanlah tabelmu di atas mejamu. Lalu, berpindahlah ke meja yang lain. Teman dari meja yang lain juga akan berputar dan pindah ke mejamu.
o   Ketika sampai di meja pasangan lain, baca pertanyaan pada setiap kolom, dan jawablah.
o   Lakukanlah hal yang sama beberapa kali lagi sampai semua kelompok sudah dikunjungi.
o   Kembalilah ke tempat dudukmu dan bacalah jawaban yang diberikan oleh teman-temanmu.
o   Rapikan dan hiasi tabelmu dan tempelkan di dinding kelas agar dapat dibaca oleh teman-temanmu.
o   Siswa menggali informasi dari teks bacaan tentang perdagangan antarnegara. Bacaan ini memberikan informasi kepada siswa tentang kegiatan ekspor dan impor.
o   Guru memberikan bimbingan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan acuan dalam mencari informasi seperti: Barang-barang apa saja yang diekspor? Barang-barang apa saja yang diimpor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting? Dsb
o   Siswa mengumpulkan kosa kata baru/sulit yang mereka temukan dalam bacaan pada tabel yang disediakan. Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan siswa tentang kosa kata Bahasa Indonesia dan memperdalam pemahaman siswa tentang topik bacaan.

Kegiatan MENANYA:
o   Siswa menggunakan pemahamannya tentang struktur teks reklame dalam melakukan tanya jawab dalam kelompok
o   Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi tabel yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang struktur teks reklame

Kegiatan MENGASOSIASI:
o   Siswa membaca dialog singkat yang menjembatani peristiwa konstekstual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan konsep matematika.
o   Siswa mengamati penjelasan tentang bilangan perpangkatan dua pada buku teks
o   Siswa menggunakan penalarannya untuk mencari keterkaitan konsep matematika bilangan perpangkatan dua dengan permasalahan sehari-hari
o   Siswa menguji pemahamannya dengan memecahkan beberapa soal matematika yang disajikan di buku siswa
o   Siswa mengkomunikasikan pemahamannya tentang bilangan perpangkatan dua dan kaitannya dengan perkalian yang berulang melalui soal-soal cerita matematika

KEGIATAN REMEDIAL
Latihan 1
o   Sebutkan arti reklame?
Latihan 2
o   Apa fungsi dari reklame?
Latihan 3
o   Sebutkan unsur-unsur dalam reklame.
Latihan 4
o   Berapakah bilangan kuadrat dari 25?
o   625 b. 325 c. 115 d. 435
Latihan 5
o   Dimanakah kamu bias menemukan papan reklame?

KEGIATAN PENGAYAAN
o   Carilah satu iklan cetak tentang barang tertentu. Kemudian analisalah iklan tersebut berkaitan dengan terpenuhi atau tidaknya kriteria-kriteria iklan yang baik.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

a. Rubrik Tugas Daftar Kosa Kata Baru
Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang kosa kata baru yang mereka temukan
-          Pengetahuan siswa tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-          Ketrampilan siswa dalam membuat kalimat yang baik
-          Sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Mampu menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan detil
Mampu menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dan detil
Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurang detil
Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detil
2
Penggunaan Bahasa Indonesia
Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahan
Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 1-2 kesalahan
Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3 kesalahan
Terdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
3
Kemandirian dan pengumpulan tugas
Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan me-ngumpulkan tugas sebelum waktu yang di­tentukan
Mandiri dalam pengerjaan tu­gas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
Menunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian be­sar proses dan terlambat me-ngumpulkan tugas
Belum me-nunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpul­kan tugas
4
Keterampilan
Mampu menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

b. Rubrik Diskusi Kelompok Struktur Teks Reklame
Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang struktur teks reklame
-          Ketrampilan berbicara dan berdiskusi
-          Sikap kerjasama dan tanggung jawab

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang reklame berkaitan dan masuk akal.
Sebagian besar pendapat yang diberikan oleh kelompok reklame berkaitan dan masuk diakal
Beberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang reklame berkaitan dan masuk diakal
Hanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang reklame berkaitan dan masuk diakal
Sikap Kerjasama
Seluruh ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi dan mem­persiapkan presentasi mereka
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi dan mempersiapkan presentasi mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja sama mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh ang­gota terus bermain-main seka­lipun sudah berulang kali diperin­gatkan oleh guru.
Ketrampilan berbicara
Pengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =




Rubrik Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang bilangan perpangkatan
-          Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
-          Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Menunjuk­kan pema­haman yang lebih terha­dap konsep-konsep . Mengguna­kan strategi-strategi yang sesuai
Menunjuk­kan pemaha­man terhadap konsep-kon­sep Menggu­nakan strategi yang sesuai
Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar konsep-konsep Tidak menggunakan strategi yang sesuai
Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman terhadap konsep-konsep Tidak menggunakan strategi yang sesuai
Ketrampilan Kemampuan menjawab pertanyaan
Seluruh pertanyaan dijawab dengan benar
Sebagian besar pertanyaan dijawab dengan benar
Sebagian kecil pertanyaan dijawab benar
Seluruh pertanyaan tidak dijawab dengan benar
Kecermatan dan ketelitian
Siswa secara cermat dan teliti meng­gunakan dan menuliskan seluruh in­formasi yang disediakan untuk menye­lesaikan soal cerita
Siswa secara cermat dan teliti meng­gunakan dan menuliskan sebagian be­sar informasi yang dise­diakan untuk menyelesai­kan soal cerita
Siswa meng­gunakan dan menuliskan sebagian in­formasi yang disediakan untuk menye­lesaikan soal cerita
Siswa menggunakan dan menuliskan hanya sedikit informasi yang disediakan untuk menyelesaikan soal cerita

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang unsur-unsur papan reklame, gambar iklan atau reklame, majalah, surat kabar



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


 Dapatkah kamu menemukan kosakata baru dari bacaan pada bukumu? Adakah kosakata yang sulit kamu mengerti? Tuliskan kosakata tersebut pada daftar kosakata di bawah ini!

Kosakata

Kata-kata Baru/Sulit
Arti Kata
Contoh Kalimat


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...




………………………...

……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...



………………………...

……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...


………………………...


………………………...



……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...
……………………………………………...

MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 5 SUB 1 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors