RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Olahraga
Tradisional di Daerahku/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagunganTuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9
Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/dolanan tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali
teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan
hewan dan tumbuhan dengan tepat.
b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis,
dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk
kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.4 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap
bersatu dalam keberagaman di rumah.
4.4.1 Menunjukkan sikap bermain
bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat
simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara
lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkret.
4.3.1 Membuktikan
simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar. Mengumpulkan dan mengelola
data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf
tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
3.7.1. Menemukan
sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1. Membuktikan
simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Memasyarakatkan
olahraga tradisional Indonesia.
2. Menarik kesimpulan mengenai simetri putar dan
simetri lipat.
3. Mempraktikkan
bermain dengan banyak teman di sekolah.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks bacaan mengenai memasyarakatkan olahraga tradisional Indonesia.
o
Guru membimbing
siswa untuk membaca teks mengenai melestarikan olahraga tradisional Indonesia.
o
Siswa menuliskan
masalah-masalah dalam melestarikan olahraga tradisional Indonesia.
o
Siswa-siswa
secara diskusi menuliskan ide untuk melestarikan olahraga tradisional
o
Siswa
mengemukakan olahraga tradisional kesukaannya.
o
Siswa membuat
poster untuk mempromosikan olahraga tradisional Indonesia.
o
Siswa menuliskan
rencana bermainnya bersama teman-teman.
o
Siswa berdiskusi
dengan siswa lain untuk berdiskusi pengalamannya bermain.
o
Siswa
mendiskusikan masalah yang mereka hadapi saat bermain bersama.
o
Siswa
mendiskusikan cara menyelesaikan masalah yang mereka hadapi saat bermain bersama.
o
Siswa
mendiskusikan tentang perbedaan suku bangsa dan karya seni dari masing masing
daerah.
o
Siswa membuat
motif batik.
o
Siswa menggunting
motif batik yang dibuatnya.
o
Siswa menemukan
simetri lipat pada motif batiknya.
o
Siswa menebalkan
sumbu simetri dnegan menggunakan spidol atau pensil warna.
o
Siswa menemukan
simetri putar pada motif batiknya.
o
Siswa menarik
kesimpulan mengenai perbedaan simetri lipat dan simetri putar.
o
Siswa bermain
permainan atau olahraga tradisional dengan teman-temannya.
o
Guru mengakhiri
pelajaran dengan menjelaskan bahwa saat bermain bisa saja terjadi masalah.
o
Dalam
menyelesaikan masalah kita harus mau mendengarkan pendapat orang lain.
Bermain dengan banyak teman akan menyenangkan dibandingkan bermain hanya
dengan beberapa teman saja.
Remedial
o
Guru membimbing
siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
kembali cara berdiskusi menyelesaikan masalah saat bermain bersama teman bagi
siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
kembali cara menarik kesimpulan berbedaan antara simetri lipat dengan simetri
putar bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Guru menugaskan
siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pembagian keajiban di
rumahnya.
o
Guru menugaskan
siswa untuk mempraktikan pengoper bola kepada teman tanpa menggunakan tangan.
o
Guru menugaskan
siswa untuk bermain banyak teman.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
Penilaian Pengetahuan
a.
Memahami isi teks bacaan sepak takraw.
Skor
maksimum = 100, jika siswa dapat menjawab pertanyaan dengan
tepat.
b.
Menentukan banyaknya simetri lipat dan simetri putar pada beberapa
bidang
datar.
Keterangan :
Skor Penilaian
Skor = x 100
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
D (Kurang)
|
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian
Keterampilan: Bermain bersama banyak teman.
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Menyusun
rencana bermain bersama teman
|
|
|
2.
|
Bermain secara aktif dengan
banyak teman
|
|
|
F. Sumber dan Media
1. Buku
Siswa.
2. Gambar.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tuliskanlah idemu untuk mengajak
masyarakat melakukan olah raga
tradisional
Indonesia!
MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment