RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Olahraga Tradisional di Daerahku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis,
dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui
arti bersatu dalam keberagaman
di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4
Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah,
dan masyarakat.
3.4.3
Mengidentifikasi berbagai kegiatanyang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman
di rumah.
4.4.1 Menunjukkan
sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali
informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5
Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9
Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang sepak takraw dengan tepat.
4.5.1 Menceritakan kembali
teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan
tumbuhan dengan tepat.
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat
simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya),
simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret.
4.3.1 Membuktikan
simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar. Mengumpulkan dan mengelola
data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkret dan piktograf
tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
3.7.1. Menemukan
sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1. Membuktikan
simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar..
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Membagi tugas untuk
pekerjaan rumah.
2.
Menceritakan cara
bermain sepak takraw.
3.
Mencari simetri
putar pada bangun datar.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks bacaan tentang kewajiban siswa di rumah.
o
Guru membimbing
siswa untuk membaca teks bacaan tersebut.
o
Siswa
menceritakan tentang kewajibannya di rumah.
o
Siswa
menuliskannya menjadi sebuah cerita pendek.
o
Siswa diminta
untuk bertanya kepada temannya. Apakah temannya memiliki kewajiban di rumah?
o
Guru memanggil
salah satu siswa untuk maju ke depan. Siswa yang dipanggil diberikan kertas
berisi tulisan macam kegiatan yang biasa dilakukan di rumah seperti menyapu, membersihkan
kamar tidur dan merapikan mainan.
o
Siswa tersebut
diminta memperagakan jenis pekerjaan yang tertulis pada kertas dan siswa lain
diminta menebak jenis pekerjaan tersebut.
o
Siswa-siswa
secara bergiliran diminta untuk menyebutkan satu kata yang menyatakan perasaannya
ketika mengerjakan pekerjaan tersebut misalkan jenis pekerjaan menyapu kata
yang disebutkan bersih.
o
Siswa tidak
menyebutkan kata dapat maju ke depan untuk mendapatkan giliran memperagakan
jenis pekerjaan.
o
Siswa melakukan
permainan ini hingga ada 3 siswa yang memperagakan jenis pekerjaan.
o
Siswa diminta
untuk membaca teks mengenai kewajiban di keluarga Udin dengan suara nyaring.
o
Guru memmbimbing
siswa untuk memahami isi teks bacaan
o
Siswa diminta
untuk mengemukakan pembagian pekerjaan atau kewajiban di keluarga
masing-masing.
o
Siswa
menceritakan pembagian pekerjaan di rumahnya dengan mengisi tabel kegiatan.
o
Siswa membaca
teks tentang Sepak Takraw dengan cermat.
o
Guru membimbing
siswa untuk memahami isi teks bacaan tentang Sepak Takraw.
o
Siswa menuliskan
cara bermain Sepak Takraw.
o
Siswa membuat
persamaan dan perbedaan antara olahraga sepak takraw dengan bola kasti.
o
Siswa diminta
untuk mengamati bola kasti.
o
Siswa
memutar-mutar bola kasti.
o
Siswa diminta
untuk menjawab pertanyaan.
·
Apakah kamu dapat
menemukan simetri putar pada bola kasti?
·
Ada berapa
simetri putar yang dapat kamu temukan pada bola?
o
Guru memberikan
penjelasan mengenai simetri putar. Bola memiliki simetri putar dalam jumlah
banyak atau tak terhingga.
o
Siswa menemukan
simetri putar untuk beberapa bangun datar seperti layang-layang, trapezium,
belah ketupat, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku dan segitiga sama sisi.
o
Siswa diminta
mencari lima benda di sekitarnya.
o
Siswa menggambar
benda-benda tersebut.
o
Siswa menemukan
simetri putar pada bendabenda tersebut.
o
Guru menutup
pembelajaran dengan mengajak siswa untuk dapat membagi waktu dengan baik.
Bermain dengan teman dan tetap melaksanakan kewajiban di rumah.
Remedial
o
Guru membimbing
siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
kembali cara menyusun kegiatan bermain bersama bagi siswa yang belum
memahami.
o
Guru membahas
kembali cara menemukan simetri putar bagi siswa yang belum memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Guru menugaskan
siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pembagian keajiban di
rumahnya.
o
Guru menugaskan
siswa untuk mempraktikan pengoper bola kepada teman tanpa menggunakan tangan.
o
Guru menugaskan
siswa untuk bermain banyak teman.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
Memahami teks
laporan, mengidentifikasi daerah asal karya seni
tradisional.
Keterangan :
Skor Penilaian
Skor = x 100
Panduan Konversi
Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
D (Kurang)
|
3. Penilaian
Keterampilan
a. Menentukan jenis
pekerjaan yang dilakukan di rumah.
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Keterampilan
menceritakan pekerjaan yang
dilakukan di rumah
|
|
|
2.
|
Keterampilan
menceritakan pembagian tugas
di rumah.
|
|
|
b. Lembar pengamatan kegiatan menemukan simetri putar pada benda
sekitar.
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Keterampilan mengidentifikasi simetri putar pada benda-benda
di sekitar
|
|
|
2.
|
Keterampilan
menentukan banyaknya simetri putar pada
benda-benda di sekitar
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Tabel
jenis pekerjaan
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lengkapilah tabel kegiatan di bawah ini!
No
|
Anggota
keluarga
|
Jenis pekerjaan
yang
dilakukan
|
1.
|
Ayah
|
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
|
2.
|
Ibu
|
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
|
3.
|
Kakak
|
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
|
4.
|
Adik
|
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
|
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment