Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday, 24 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Olahraga Tradisional di Daerahku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.3 Mengidentifikasi berbagai kegiatanyang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah.
4.4.1 Menunjukkan sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang sepak takraw dengan tepat.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan bendabenda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar. Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkret dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
3.7.1. Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1. Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar..

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membagi tugas untuk pekerjaan rumah.
2.      Menceritakan cara bermain sepak takraw.
3.      Mencari simetri putar pada bangun datar.
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan tentang kewajiban siswa di rumah.
o   Guru membimbing siswa untuk membaca teks bacaan tersebut.
o   Siswa menceritakan tentang kewajibannya di rumah.
o   Siswa menuliskannya menjadi sebuah cerita pendek.
o   Siswa diminta untuk bertanya kepada temannya. Apakah temannya memiliki kewajiban di rumah?
o   Guru memanggil salah satu siswa untuk maju ke depan. Siswa yang dipanggil diberikan kertas berisi tulisan macam kegiatan yang biasa dilakukan di rumah seperti menyapu, membersihkan kamar tidur dan merapikan mainan.
o   Siswa tersebut diminta memperagakan jenis pekerjaan yang tertulis pada kertas dan siswa lain diminta menebak jenis pekerjaan tersebut.
o   Siswa-siswa secara bergiliran diminta untuk menyebutkan satu kata yang menyatakan perasaannya ketika mengerjakan pekerjaan tersebut misalkan jenis pekerjaan menyapu kata yang disebutkan bersih.
o   Siswa tidak menyebutkan kata dapat maju ke depan untuk mendapatkan giliran memperagakan jenis pekerjaan.
o   Siswa melakukan permainan ini hingga ada 3 siswa yang memperagakan jenis pekerjaan.
o   Siswa diminta untuk membaca teks mengenai kewajiban di keluarga Udin dengan suara nyaring.
o   Guru memmbimbing siswa untuk memahami isi teks bacaan
o   Siswa diminta untuk mengemukakan pembagian pekerjaan atau kewajiban di keluarga masing-masing.
o   Siswa menceritakan pembagian pekerjaan di rumahnya dengan mengisi tabel kegiatan.
o   Siswa membaca teks tentang Sepak Takraw dengan cermat.
o   Guru membimbing siswa untuk memahami isi teks bacaan tentang Sepak Takraw.
o   Siswa menuliskan cara bermain Sepak Takraw.
o   Siswa membuat persamaan dan perbedaan antara olahraga sepak takraw dengan bola kasti.
o   Siswa diminta untuk mengamati bola kasti.
o   Siswa memutar-mutar bola kasti.
o   Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan.
·         Apakah kamu dapat menemukan simetri putar pada bola kasti?
·         Ada berapa simetri putar yang dapat kamu temukan pada bola?
o   Guru memberikan penjelasan mengenai simetri putar. Bola memiliki simetri putar dalam jumlah banyak atau tak terhingga.
o   Siswa menemukan simetri putar untuk beberapa bangun datar seperti layang-layang, trapezium, belah ketupat, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku dan segitiga sama sisi.
o   Siswa diminta mencari lima benda di sekitarnya.
o   Siswa menggambar benda-benda tersebut.
o   Siswa menemukan simetri putar pada bendabenda tersebut.
o   Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa untuk dapat membagi waktu dengan baik. Bermain dengan teman dan tetap melaksanakan kewajiban di rumah.

Remedial
o   Guru membimbing siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menyusun kegiatan bermain bersama bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menemukan simetri putar bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru menugaskan siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pembagian keajiban di rumahnya.
o   Guru menugaskan siswa untuk mempraktikan pengoper bola kepada teman tanpa menggunakan tangan.
o   Guru menugaskan siswa untuk bermain banyak teman.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
Memahami teks laporan, mengidentifikasi daerah asal karya seni
tradisional.

Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

3. Penilaian Keterampilan
a. Menentukan jenis pekerjaan yang dilakukan di rumah.
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Keterampilan menceritakan pekerjaan yang
dilakukan di rumah


2.
Keterampilan menceritakan pembagian tugas
di rumah.



b. Lembar pengamatan kegiatan menemukan simetri putar pada benda
sekitar.
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Keterampilan mengidentifikasi simetri putar pada benda-benda di sekitar


2.
Keterampilan menentukan banyaknya simetri putar pada benda-benda di sekitar



H. Sumber dan Media
1. Tabel jenis pekerjaan

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Lengkapilah tabel kegiatan di bawah ini!

No
Anggota
keluarga
Jenis pekerjaan yang
dilakukan

1.

Ayah

………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….

2.

Ibu

………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….

3.

Kakak

………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….

4.

Adik

………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….


MEDIA
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors