RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 5 :
Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Olahraga Tradisional di Daerahku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis,
dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku
kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk
kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.2
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman
di rumah.
4.4.1 Menunjukkan
sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih Menjelaskan
makna simbol sila pertama Pancasila.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan
melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan
hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan
dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.2 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan bola
kasti dengan tepat.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan
tradisional tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan tepat.
c) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan Yang
Maha Esa.
2.1 Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.1.1
Mengidentifikasi gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan
sederhana.
4.1.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Bermain
kasti.
2. Bermain
dengan banyak teman.
3. Berdiskusi
menyelesaikan masalah saat
bermain bersama teman.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar siswa-siswi bermain kasti.
o
Siswa membaca
cerita tentang bola kasti secara nyaring.
o
Siswa mengamati
gambar melempar bola, melambungkan bola, memukul bola dengan tongkat kasti
o
Siswa dan guru
keluar kelas menuju halaman sekolah.
o
Guru memberikan
contoh cara melempar bola kasti.
o
Siswa menirukan
cara melempar bola kasti.
o
Guru memberikan
contoh cara memukul bola kasti dengan menggunakan tongkat kasti.
o
Siswa memukul
bola kasti dengan menggunakan tongkat kasti.
o
Guru menunjuk
satu orang siswa untuk maju ke depan kelas.
o
Siswa tersebut
diminta untuk menceritakan kegiatan bermainnya di rumah.
o
Guru membimbing
siswa dengan pertanyaan sebagai berikut:
·
Siapa nama
teman-temanmu di rumah?
·
Apa pemainan yang
senang kalian lakukan?
·
Siapa yang sering
menentukan jenis permaianan saat bermain bersama?
·
Apa masalah yang
sering terjadi saat bermain bersama?
o
Siswa yang telah
selesai bercerita dapat menunjuk teman lain untuk menceritakan pengalamannya
bermain di rumah.
o
Siswa lain
menyimak cerita temannya.
o
Guru membagi
siswa ke dalam lima kelompok.
o
Salah satu siswa
diminta menceritakan masalah yang terjadi saat bermain di rumah.
o
Siswa berdiskusi
dalam kelompok untuk mencari solusi.
o
Siswa menuliskan
sikap yang baik saat bermain dengan teman di lingkungan rumah.
o
Guru membagi
kelas menjadi dua kelompok.
o
Setiap kelompok
memilih satu orang siswa untuk mengambil kertas undian.
o
Kelompok yang
mendapat giliran jaga akan bersiap-siap di pos masing masing.
o
Kelompok yang
mendapatkan giliran bermain bersiap menentukan pemain yang akan memukul bola
terlebih dahulu.
o
Kelompok yang
bermain akan bergiliran hingga salah satu pemainnya terkena lemparan bola dari
kelompok jaga.
o
Guru mengakhiri
pelajaran dengan menjelaskan bahwa bermain olahraga tradisional itu
menyehatkan dan menyenangkan. Dalam permainan olahraga menang atau kalah itu
hal biasa. Sebahai pemenang kita tidak boleh sombong, dan jika kalah kita
tetap semangat.
Remedial
o
Guru membimbing
siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
kembali cara bermain bola kasti bagi siswa yang belum memahami.
o
Guru membahas
kembali cara menyelesaikan masalah saat bermain bagi siswa yang belum
memahami.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Guru menugaskan
siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pengalamannnya bermain kasti.
o
Guru menugaskan
siswa untuk membantu temannya menguasai lempar tangkap bola kasti dengan
baik.
o
Guru menugaskan
siswa untuk bermain banyak teman.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
menceritakan secara
urut tata cara bermain kasti.
Keterangan :
Skor Penilaian
Skor = x 100
Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
D (Kurang)
|
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian
Keterampilan
a. Lembar
pengamatan kegiatan bermain bola kasti.
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Siswa mampu aktif bermain dalam kelompok
|
|
|
2.
|
Keterampilan
memukul bola dengan tongkat kasti
|
|
|
3.
|
Siswa
mampu melakukan gerakan lempar tangkap bola dengan baik
|
|
|
4.
|
Ketaatan
pada aturan permainan bola kasti
|
|
|
b. Lembar
pengamatan kegiatan menyelesaikan masalah saat bermain
No
|
Bagian Surat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1.
|
Keterampilan mengidentifikasi masalah saat bermain.
|
|
|
2.
|
Keterampilan
berdiskusi untuk menyelesaikan masalah.
|
|
|
3.
|
Keterampilan
bermain dengan banyak teman
|
|
|
4.
|
Ketaatan pada
aturan bermain bersama
|
|
|
H. Sumber dan Media
1. Bola
kasti
2. Pemukul
kasti
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Ajaklah teman-temanmu
bermain kasti!
Bagaimana perasaanmu saat bermain kasti?
Tuliskanlah perasaanmu
pada kotak di
bawah ini !
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment