RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan
serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor
sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar
negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1
Membuat
contoh iklan barang yang diekspor oleh Indonesia
b) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan
pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1
Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang
melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu
atau dua angka
4.2.1
Menyelesaikan
permasalahan matematika yang melibatkan pembagian
C. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk
kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
2.
Penarikan
akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku,
Bangsa yang Berbudaya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa
menggali informasi dari teks bacaan dan mencari informasi tentang
bentuk-bentuk kegiatan ekspor impor barang antara Indonesia dan luar negri
dengan teliti
o Guru memberikan beberapa
pertanyaan sebagai acuan kegiatan menggali informasi, seperti “Apa yang
dimaksud dengan kegiatan ekpor impor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting?
o Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan
pengamatan gambar, siswa mengamati gambar dengan cermat, dan menuliskan apa
yang ada di benak mereka pada kolom yang disediakan.
Kegiatan
MENANYA:
o Siswa mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan import
o Siswa bertanya jawab dengan
memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks
bacaan secara cermat dan teliti.
o
Siswa
menjawab soal-soal yang disediakan dalam buku siswa, untuk mengukur pemahaman
siswa terhadap informasi yang dimuat dalam bacaan.
Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI :
o Siswa mencermati teks percakapan yang
disajikan pada buku siswa dan mencari dari berbagai sumber tentang ekspor dan
impor
o
Siswa
mengumpulkan berbagai informasi tentang berbagai iklan sebuah produk.
Kegiatan:
MENGASOSIASI
o
Siswa
membentuk kelompok yang terdiri dari lima anggota
o
Siswa
bersama dengan kelompoknya mencermati instruksi untuk membuat iklan produk
dengan menggunakan poster.
o Siswa mengikuti
langkah-langkah:
o Bentuklah kelompok terdiri atas lima anggota.
Bersama kelompokmu, buatlah iklan produk dengan menggunakan poster.
Tentukanlah barang apa yang akan dijual. Pelajarilah kelebihan barang
tersebut dibanding barang yang sejenis yang berasal dari tempat berbeda.
Rancanglah gambar apa saja yang akan ditampilkan pada poster. Perhatikanlah
cara membuat kalimat dalam sebuah iklan. Tuangkanlah semua gagasan kalian di
atas kertas ukuran A3
o atau seukuran
kertas poster. Semua anggota kelompok dipersilakan mengeluarkan pendapat
mengenai iklan yang akan dibuat. Semakin banyak ide, semakin baik. Jika telah
selesai, presentasikanlah iklan produk dalam bentuk poster di depan kelas.
Mintalah masukan dari kelompok lain. Tempelkanlah poster iklanmu di dinding
kelas.
o Peserta didik menyimpulkan
poster terbaik yang akan ditayangkan didinding kelas.
Gunakan
rubrik “Poster” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o Siswa membaca teks bacaan di buku siswa
secara mandiri.
o Siswa menyajikan informasi-informasi
penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
o Siswa menerapkan cara menyelesaikan soal
akar pangkat dua
o Siswa menyajikan penyelesaian soal
dengan teliti dan benar
o
Guru
dapat berkeliling kelas untuk membimbing siswa dalam menyelesaikan soal dan
memberikan penjelasan lebih lanjut kepada siswa yang memerlukan pemahaman
lebih tentang akar pangkat dua atau kuadrat
REMEDIAL
o
Latihan 1 Sebutkan
definisi ekpor?
o
Latihan 2 Sebutkan
3 barang-barang ekspor yang kamu ketahui
o Latihan 3 Mengapa
suatu Negara perlu melakukan kegiatan ekspor dan impor?
o
Latihan 4 Berapakah
akar kuadrat dari 125? a. 25 b. 5 c. 15 d. 35
o
Latihan 5 Sebutkan
bentuk-bentuk iklan yang kamu ketahui.
PENGAYAAN
o Simulasi
Kegiatan Ekspor Impor Kegiatan ini
melibatkan seluruh siswa di dalam kelas dengan tujuan memberikan gambaran
bagaimana proses ekspor impor terjadi dengan memadukannya dengan pembuatan
iklan serta fungsinya serta melibatkan pemahaman matematika tentang
perpangkatan
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
dibagi menjadi 3 kelompok: kelompok dalam negeri, kelompok luar negeri I
(boleh sebut nama negara), dan kelompok luar negeri II (boleh sebut nama
negara). Masing-masing kelompok menempati salah satu pojok di dalam kelas.
o
Masing-masing
kelompok menyiapkan barang-barang komoditas yang akan dijual ke negara
tetangga (komoditas ekspor).
o
Masing-masing
kelompok membuat poster iklan untuk komoditas yang akan dijualnya.
Poster/iklan harus berbentuk persegi dengan luas maksimal 1.225 cm2. Poster
ditempelkan atau dipajang di tempat masing-masing kelompok. (Tiap kelompok
boleh membuat lebih dari satu poster).
o
Dalam
waktu yang ditentukan, masing-masing kelompok menunjuk dua atau tiga orang
untuk “berbelanja” ke negara lain dan melakukan transaksi. Perhatikan bahwa
pada saat melakukan transaksi tidak ada pembayaran langsung. Pembeli dan
penjual hanya melakukan perjanjian tentang jumlah barang yang dibeli, dan
waktu pengiriman dan cara pengiriman barang.
o
Setelah
itu, secara bergantian proses penjualan dan pembelian dilakukan lagi, kali
ini oleh kelompok yang berbeda. Siswa yang tadinya menjadi pembeli, kini
beralih menjadi penjual di tempat mereka masing-masing. Proses transaksi
diulang kembali.
o Setelah itu semua pembeli
kembali ke tempat masing-masing, transaksi dihentikan. Masing-masing kelompok
menghitung penjualan komoditas kala itu dan ke negara mana saja. Guru
membantu mengingatkan bahwa biasanya dalam transaksi ekspor impor, kuantitas
pembelian dalam jumlah besar.
o Siswa kembali ke tempat
masing-masing, Guru membimbing siswa melakukan refleksi dan mendiskusikan
segala sesuatu yang perlu didiskusikan, baik untuk penguatan atau pun untuk
klarifikasi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Tugas Menjawab Pertanyaan Bacaan (Essay)
Kompetensi
yang dinilai :
Pengetahuan siswa tentang bentuk-bentuk kegiatan
ekspor impor
Ketrampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan
Sikap kecermatan dan ketelitian siswa dalam menjawab
pertanyaan
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
|
|
Kemandirian & Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Sangat
mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih
perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak
menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Keterampilan
|
Siswa
mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik
Tugas Membuat Iklan dalam Bentuk Poster
Kompetensi
yang dinilai :
-
Pengetahuan siswa tentang iklan produk
-
Ketrampilan siswa dalam menyajikan iklan produk dalam
bentuk poster (ketepatan pemlihan gambar ilustrasi dan kalimat yang digunakan)
-
Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan isi:
Gambar dan tulisan pada poster
sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan pembuatannya
|
Keseluruhan gambar dan kalimat
dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
|
Sebagian besar gambar dan
kalimat dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
|
Hanya sebagian dari gambar dan
kalimat dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
|
Keseluruhan gambar dan kalimat
dalam poster masih nelum sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dalam poster yang dibuat
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam poster yang dibuat
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dalam poster
|
Hampir keseluruhan kalimat
dalam poster menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Hanya sebagian kalimat dalam
poster menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Sikap:
Poster dibuat secara mandiri,
baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
|
Poster dibuat secara mandiri,
baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
|
Poster dibuat sebagian besar
secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan
tugas yang diberikan
|
Poster dibuat secara kurang
mandiri, baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas
yang diberikan
|
Poster dibuat secara kurang
mandiri, baik dan benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan
penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan
|
Keterampilan
membuat poster:
Teknik gambar
(kompisisi bentuk dan pilihan warna) dan pilihan kata dan kalimat tepat dan
efisien
|
Komposisi
bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster secara keseluruhan sangat
tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
|
Komposisi
bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster sebagian besar sudah
tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
|
Komposisi
bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster hanya sebagian yang sudah
tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
|
Komposisi
bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster masih perlu diperbaiki
dan ditingkatkan agar sesuai de-ngan tujuan pembuatan poster
|
Rubrik
Presentasi Poster Kelompok
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan
siswa tentang isi poster
-
Ketrampilan
siswa dalam menyajikan poster
-
Sikap
kesungguhan seluruh anggota kelompok dalam mempersiapkan dan mempresentasikan
poster
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata bahasa
|
Presentasi
disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Sikap
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
|
Beberapa
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
|
Siswa
terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Siswa
terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperi-ngatkan oleh guru.
|
Ketrampilan berbicara
|
Pengucapan
dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapan
dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat
dimengerti
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang bentuk-bentuk iklan.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat!
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor ?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Mengapa Indonesia harus mengimpor barang-barang elektronik dan barang-barang otomotif ?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Apa saja barang yang diekspor oleh Indonesia ?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor ?
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment