Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 12 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                     : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/1
Tema 5                                         : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran        : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1        Membuat contoh iklan barang yang diekspor oleh Indonesia

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1        Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan pembagian

C. Materi Pembelajaran :
1.      Bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
2.      Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menggali informasi dari teks bacaan dan mencari informasi tentang bentuk-bentuk kegiatan ekspor impor barang antara Indonesia dan luar negri dengan teliti
o   Guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai acuan kegiatan menggali informasi, seperti “Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekpor impor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting?
o   Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan pengamatan gambar, siswa mengamati gambar dengan cermat, dan menuliskan apa yang ada di benak mereka pada kolom yang disediakan.

Kegiatan  MENANYA:
o   Siswa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan import
o   Siswa bertanya jawab dengan memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
o   Siswa menjawab soal-soal yang disediakan dalam buku siswa, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap informasi yang dimuat dalam bacaan.

Kegiatan  MENGUMPULKAN INFORMASI :
o   Siswa mencermati teks percakapan yang disajikan pada buku siswa dan mencari dari berbagai sumber tentang ekspor dan impor
o   Siswa mengumpulkan berbagai informasi tentang berbagai iklan sebuah produk.

Kegiatan: MENGASOSIASI
o   Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari lima anggota
o   Siswa bersama dengan kelompoknya mencermati instruksi untuk membuat iklan produk dengan menggunakan poster.
o   Siswa mengikuti langkah-langkah:
o   Bentuklah kelompok terdiri atas lima anggota. Bersama kelompokmu, buatlah iklan produk dengan menggunakan poster. Tentukanlah barang apa yang akan dijual. Pelajarilah kelebihan barang tersebut dibanding barang yang sejenis yang berasal dari tempat berbeda. Rancanglah gambar apa saja yang akan ditampilkan pada poster. Perhatikanlah cara membuat kalimat dalam sebuah iklan. Tuangkanlah semua gagasan kalian di atas kertas ukuran A3
o   atau seukuran kertas poster. Semua anggota kelompok dipersilakan mengeluarkan pendapat mengenai iklan yang akan dibuat. Semakin banyak ide, semakin baik. Jika telah selesai, presentasikanlah iklan produk dalam bentuk poster di depan kelas. Mintalah masukan dari kelompok lain. Tempelkanlah poster iklanmu di dinding kelas.
o   Peserta didik menyimpulkan poster terbaik yang akan ditayangkan didinding kelas.
Gunakan rubrik “Poster” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan  MENGOMUNIKASIKAN:
o   Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
o   Siswa menyajikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
o   Siswa menerapkan cara menyelesaikan soal akar pangkat dua
o   Siswa menyajikan penyelesaian soal dengan teliti dan benar
o   Guru dapat berkeliling kelas untuk membimbing siswa dalam menyelesaikan soal dan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada siswa yang memerlukan pemahaman lebih tentang akar pangkat dua atau kuadrat

REMEDIAL
o   Latihan 1 Sebutkan definisi ekpor?
o   Latihan 2 Sebutkan 3 barang-barang ekspor yang kamu ketahui
o Latihan 3 Mengapa suatu Negara perlu melakukan kegiatan ekspor dan impor?
o   Latihan 4 Berapakah akar kuadrat dari 125? a. 25 b. 5 c. 15 d. 35
o   Latihan 5 Sebutkan bentuk-bentuk iklan yang kamu ketahui.

PENGAYAAN
o   Simulasi Kegiatan Ekspor Impor Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa di dalam kelas dengan tujuan memberikan gambaran bagaimana proses ekspor impor terjadi dengan memadukannya dengan pembuatan iklan serta fungsinya serta melibatkan pemahaman matematika tentang perpangkatan

Langkah Kegiatan:
o   Siswa dibagi menjadi 3 kelompok: kelompok dalam negeri, kelompok luar negeri I (boleh sebut nama negara), dan kelompok luar negeri II (boleh sebut nama negara). Masing-masing kelompok menempati salah satu pojok di dalam kelas.
o   Masing-masing kelompok menyiapkan barang-barang komoditas yang akan dijual ke negara tetangga (komoditas ekspor).
o   Masing-masing kelompok membuat poster iklan untuk komoditas yang akan dijualnya. Poster/iklan harus berbentuk persegi dengan luas maksimal 1.225 cm2. Poster ditempelkan atau dipajang di tempat masing-masing kelompok. (Tiap kelompok boleh membuat lebih dari satu poster).
o   Dalam waktu yang ditentukan, masing-masing kelompok menunjuk dua atau tiga orang untuk “berbelanja” ke negara lain dan melakukan transaksi. Perhatikan bahwa pada saat melakukan transaksi tidak ada pembayaran langsung. Pembeli dan penjual hanya melakukan perjanjian tentang jumlah barang yang dibeli, dan waktu pengiriman dan cara pengiriman barang.
o   Setelah itu, secara bergantian proses penjualan dan pembelian dilakukan lagi, kali ini oleh kelompok yang berbeda. Siswa yang tadinya menjadi pembeli, kini beralih menjadi penjual di tempat mereka masing-masing. Proses transaksi diulang kembali.
o   Setelah itu semua pembeli kembali ke tempat masing-masing, transaksi dihentikan. Masing-masing kelompok menghitung penjualan komoditas kala itu dan ke negara mana saja. Guru membantu mengingatkan bahwa biasanya dalam transaksi ekspor impor, kuantitas pembelian dalam jumlah besar.
o   Siswa kembali ke tempat masing-masing, Guru membimbing siswa melakukan refleksi dan mendiskusikan segala sesuatu yang perlu didiskusikan, baik untuk penguatan atau pun untuk klarifikasi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses             : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Tugas Menjawab Pertanyaan Bacaan (Essay)

Kompetensi yang dinilai :
                        Pengetahuan siswa tentang bentuk-bentuk kegiatan ekspor impor
                        Ketrampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan
                        Sikap kecermatan dan ketelitian siswa dalam menjawab pertanyaan

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan

Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali un­tuk menyele­saikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Keterampilan
Siswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =
  

Rubrik Tugas Membuat Iklan dalam Bentuk Poster

Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang iklan produk
-            Ketrampilan siswa dalam menyajikan iklan produk dalam bentuk poster (ketepatan pemlihan gambar ilustrasi dan kalimat yang digunakan)
-            Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa
                         
            Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan isi:
Gambar dan tulisan pada poster sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan pembuatannya
Keseluruhan gambar dan kalimat dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
Sebagian besar gambar dan kalimat dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
Hanya sebagian dari gambar dan kalimat dalam poster sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
Keseluruhan gambar dan kalimat dalam poster masih nelum sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan poster
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam poster yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam poster yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam poster
Hampir keseluruhan kalimat dalam poster menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Hanya se­bagian ka­limat dalam poster mengguna­kan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Sikap:
Poster dibuat secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Poster dibuat secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Poster dibuat sebagian besar secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Poster dibuat secara kurang mandiri, baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Poster dibuat se­cara kurang mandiri, baik dan benar serta masih perlu sering di­ingatkan dan penga­wasan pe­nuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Keterampilan membuat poster:
Teknik gambar (kompisisi bentuk dan pilihan warna) dan pilihan kata dan kalimat tepat dan efisien
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster secara keseluruhan sangat tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster sebagian besar sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam poster hanya sebagian yang sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster
Komposisi bentuk, pili­han warna dan pilihan kata dalam poster masih perlu diperbaiki dan diting­katkan agar sesuai de-ngan tujuan pembuatan poster

Rubrik Presentasi Poster Kelompok

Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang isi poster
-            Ketrampilan siswa dalam menyajikan poster
-            Sikap kesungguhan seluruh anggota kelompok dalam mempersiapkan dan mempresentasikan poster

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Tata bahasa
Presentasi disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Siswa terus bermain-main seka­lipun sudah berulang kali diperi-ngatkan oleh guru.
Ketrampilan berbicara
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =
 

F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang bentuk-bentuk iklan.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                             NIP. 19850206 201406 2 006




Lembar Kerja Siswa 
(LKS)



Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat!
..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................   


Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor ?
..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................


Mengapa Indonesia harus mengimpor barang-barang elektronik dan barang-barang otomotif  ?

..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................


Apa saja barang yang diekspor oleh Indonesia ?

..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................


Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor ?

..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................


MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors