Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 13 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                       : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.3  Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
3.3.1 Menjelaskan estetika gerak dalam tari
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1        Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian akar tumbuhan
3.2.2        Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian daun pada tumbuhan
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan bagian akar pada     tumbuhan yang berbeda
4.2.2        Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan jenis daun pada tumbuhan yang berbeda

c) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.1        Menjelaskan berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.1        Menyebutkan berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat.
4.4.2        Melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1  Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.1.1 Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.2.1        Membuat laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia

C. Materi Pembelajaran :
1.      Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
2.      Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
3.      Variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda)
4.      Bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya

  D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pembelajaran diawali dengan diskusi kecil di dalam kelas
o   Siswa mencermati bacaan yang disajikan pada buku siswa, Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan seperti : Apakah olah raga bela diri itu? Apakah menurutmu penting? Mengapa?
o   Siswa mencari informasi tentang kuda-kuda yang merupakan gerakan dasar dari bela diri.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan pada buku siswa dengan berdiskusi bersama teman sebangkunya.
o   Siswa melakukan latihan dasar kuda-kuda, sebelumnya guru memimpin kegiatan pemanasan terlebih dahulu
o   Siswa membentuk dua kelompok besar, dan bermain Kucing dan Tikus (dalam permainan tersebut siswa melatih ketrampilannya dalam berlatih kuda-kuda)
o   Siswa mengikuti instruksi permainan yang diberikan oleh guru (guru bisa mengikuti instruksi yang disajikan pada buku siswa)
o   Cara melakukan:
-          Bentuklah dua kelompok besar. Kamu akan bermain bersama dalam dua kelompok besar.
-          Masing-masing kelompok menentukan satu orang menjadi “tikus” dan satu orang menjadi “Kucing”. Sisanya menjadi “pagar” melingkar.
-          Buatlah sebuah lingkaran dan buatlah jarak yang tidak terlalu lebar antara satu dengan yang lainnya.
-          “Tikus” dan “Kucing” berada di dalam lingkaran.
-          Setelah ada aba-aba, permainan pun dimulai.
-          “Kucing” berusaha memegang “Tikus”.
-          “Tikus” bebas menerobos keluar masuk pagar melingkar.
-          Pada saat “Kucing” menerobos pagar, maka siswa yang lain membuat sikap kuda-kuda tengah dengan kedua tangan mengepal di samping seolah olah sebagai pagar.
-          Siswa bergantian menjadi “Kucing” dan “Tikus”.
Sikap percaya diri saat mengemukakan pendapat Gunakan Daftar Cek Tehnik Dasar Pencak Silat

Kegiatan  MENGAMATI
o   Siswa melakukan kegiatan pengamatan langsung terhadap dua jenis tanaman yang berbeda. Tujuan kegiatan pengamatan ini adalah untuk membandingkan bagian-bagian tanaman dari dua tanaman yang berbeda khususnya pada bagian batang/cabang dan akar
o   Siswa mencermati bagian batang dan akar dari kedua tanaman tersebut dan menulis hasil pengamatannya secara rinci pada tabel yang telah disediakan.
o   Siswa bekerja dalam kelompok dan secara bergantian mempresentasikan hasil pengamatan dan laporan hasil pengamatannya (kegiatan presentasi ini bisa disesuaikan dengan kondisi kelas, apabila jumlah siswa tidak memungkinkan maka kegiatan presentasi ini bisa dilakukan dengan menunjuk beberapa kelompok sebagai perwakilan)
Gunakan rubrik “Diskusi Kelompok” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan  MENANYA
o   Siswa membaca dengan cermat, teks bacaan yang berisi informasi tentang daun (fungsi, bentuk dan macamnya). Guru membimbing siswa untuk mencermati semua informasi penting yang terdapat pada bacaan.
o   Siswa distimulus rasa ingin tahunya dengan beberapa pertanyaan pancingan yang diberikan oleh guru, seperti : Mengapa daun itu penting?, mengapa bentuk daun berbeda?
o   Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaannya dan menuliskan pertanyaan tersebut pada Kartu Tanya atau di buku mereka

Kegiatan  MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi lebih lanjut tentang daun.
o   Siswa mengikuti instruksi kegiatan seperti yang disajikan pada buku siswa
o   Kumpulkanlah beberapa informasi tentang berbagai jenis daun.
o   Kelompokkanlah beberapa jenis daun yang berbeda
o   Tuliskanlah contoh setiap jenis daun yang berbeda yang sesuai dengan ciri-cirinya.
o   Carilah tanaman di sekitar sekolah atau rumahmu yang memiliki daun serupa dengan pengelompokan yang kamu buat tadi.
o   Gambarlah daun tumbuhan milikmu, dan tuliskan jenis tulang daunnya

Kegiatan  MENGASOSIASI:
o   Siswa melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitarnya.
o   Siswa mengidentifikasikan bagaimana keluarganya memanfaatkan akar dan daun untuk keperluan sehari-harinya.
o   Siswa menuliskan semua hasil pengamatannya secara rinci pada kolom tabel yang disediakan
o   Siswa diberi kesempatan untuk saling bertukar pendapat dan bertukar hasil penemuan pengamatan dengan teman-teman lainnya.
Gunakan rubrik “Laporan Pengamatan” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan  MENGAMATI:
o   Siswa mengamati gambar macam-macam properti tari pada buku siswa
o   Siswa mengidentifikasikan properti tari apa saja yang mereka temukan dalam gambar
o   Siswa mendefinisikan manfaat dari properti-properti tersebut dan menuliskan nama-nama properti yang mereka temukan pada kolom tabel yang disediakan

Kegiatan  MENGOMUNIKASIKAN:
o   Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa dan mengidentifikasikan properti yang digunakan pada gambar tersebut.
o   Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
o   Siswa diminta melakukan gerakkan dasar tarian dengan menggunakan properti tari yaitu gendewa
o   Siswa mengikuti urutan gerakan seperti yang tergambar pada buku siswa (jalan ke depan membawa gendewa, mengayunkan gendewa ke depan, menarik gendewa lurus ke atas
Penilaian : Daftar Cek Menari dengan properti Gendewa

REMEDIAL
Latihan 1
o   Sebutkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Latihan 2
o   Apakah fungsi daun bagi tanaman?
Latihan 3
o   Sebutkan tanaman berakar tunggang
Latihan 4
o   Apakah fungsi bulu akar?
Latihan 5
o   Sebutkan gerakkan dasar pada pencak silat.

PENGAYAAN
o   Buatlah kliping gambar tentang barang-barang ekspor dan impor Indonesia. Berilah penjelasan singkat pada setiap gambar yang kamu temukan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Daftar Cek Teknik Beladiri
Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang gerakan-gerakan dasar teknik bela diri
-            Keterampilan siswa dalam memperagakan gerakan dasar teknik beladiri

Gerakan
Terlihat
Belum Terlihat
Kuda-kuda


Tangkisan


HIndaran


Serangan



Rubrik Tugas “Laporan Pengamatan”
Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang ciri-ciri batang dan akar tanaman yang diamati
-            Ketrampilan siswa dalam mengamati, mencari informasi dan menyajikan informasi
-            Ketrampilan siswa dalam menyajikan informasi
-            Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa

No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Siswa menjabarkan semua hasil pengamatan dengan lengkap dan rinci (bentuk akar, jumlah cabang, bentuk cabang, ukuran cabang)
Siswa menjabarkan sebagian besar hasil pengamatan dengan lengkap dan rinci
Siswa menjabarkan beberapa hasil pengamatan dengan lengkap tapi kurang rinci
Siswa hanya menjabarkan beberapa hasil pengamatan dengan kurang lengkap dan kurang rinci
2
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati bagian - ba­gian tanaman dan mampu menggambar­kan tanaman yang diama-tinya dengan sangat rinci
Siswa cukup cermat dalam mengamati bagian - ba­gian tanaman dan mampu menggambar­kan tanaman yang diama-tinya dengan cukup rinci.
Siswa kurang cermat dalam mengamati bagian - ba­gian tanaman dan mampu menggambar­kan tanaman yang diama-tinya namun kurang rinci.
Siswa tidak cermat dalam mengamati bagian - ba­gian tanaman dan membu­tuhkan bantu­an guru dalam menggambar­kan tanaman yang diama-tinya.
3
Keterampilan
Laporan sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
Laporan cukup lengkap dan terlihat rapi
Laporan kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
Laporan tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
4
Sikap
Siswa ber­sungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan dan mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan cukup mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan dan masih harus diperingatkan oleh guru
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan laporan seka­lipun berada dibawah pe-ngawasan guru

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

Daftar Cek Teknik Menari dengan Properti Gendewa

Kompetensi yang dinilai :
-            Pengetahuan siswa tentang fungsi properti dalam tari
-            Pengetahuan siswa tentang tari bertema
-            Keterampilan siswa dalam memperagakan gerakan tari
                 
Gerakan
Terlihat
Tidak Terlihat
Jalan ke depan membawa gendewa


Mengayunkan gendewa ke depan


Menarik gendewa lurus ke atas


                         

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang tanaman, cara melakukan gerakan dasar bela diri pencak silat, teks bacaan tentang properti tari.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 Amatilah sekelilingmu! Perhatikan dengan saksama bagaimana keluargamu memanfaatkan akar dan daun tumbuhan untuk keperluan sehari-hari. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

Bagian daun
Kegunaan
Bagian akar
Kegunaan
Daun suji
Pewarna makanan
Wortel
Dimakan untuk sayur






































































MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2



TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors