RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam
tari
3.3.1 Menjelaskan
estetika gerak dalam tari
4.12
Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
4.12Memperagakan
rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan musik
b) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan
serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1
Menjelaskan
dan membandingkan bagian-bagian akar tumbuhan
3.2.2
Menjelaskan
dan membandingkan bagian-bagian daun pada tumbuhan
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2.1
Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan bagian akar pada tumbuhan
yang berbeda
4.2.2
Mempresentasikan
hasil pengamatan hasil perbandingan jenis daun pada tumbuhan yang berbeda
c) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
3.4
Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.1
Menjelaskan
berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat.
4.4
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non
lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga
beladiri.
4.4.1
Menyebutkan
berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat.
4.4.2
Melakukan
pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar
d) IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.1 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan
fungsinya
3.1.1 Membandingkan
bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia
4.2.1
Membuat
laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia
C. Materi Pembelajaran :
1. Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
2.
Teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
3.
Variasi
dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk
gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda)
4.
Bagian
tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku,
Bangsa yang Berbudaya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pembelajaran
diawali dengan diskusi kecil di dalam kelas
o Siswa mencermati bacaan yang
disajikan pada buku siswa, Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan
memberikan beberapa pertanyaan pancingan seperti : Apakah olah raga bela diri
itu? Apakah menurutmu penting? Mengapa?
o
Siswa
mencari informasi tentang kuda-kuda yang merupakan gerakan dasar dari bela
diri.
o Siswa menjawab pertanyaan yang
disajikan pada buku siswa dengan berdiskusi bersama teman sebangkunya.
o
Siswa
melakukan latihan dasar kuda-kuda, sebelumnya guru memimpin kegiatan
pemanasan terlebih dahulu
o
Siswa
membentuk dua kelompok besar, dan bermain Kucing dan Tikus (dalam permainan
tersebut siswa melatih ketrampilannya dalam berlatih kuda-kuda)
o Siswa mengikuti instruksi
permainan yang diberikan oleh guru (guru bisa mengikuti instruksi yang
disajikan pada buku siswa)
o
Cara melakukan:
-
Bentuklah dua kelompok besar.
Kamu akan bermain bersama dalam dua kelompok besar.
-
Masing-masing kelompok
menentukan satu orang menjadi “tikus” dan satu orang menjadi “Kucing”.
Sisanya menjadi “pagar” melingkar.
-
Buatlah sebuah lingkaran dan
buatlah jarak yang tidak terlalu lebar antara satu dengan yang lainnya.
-
“Tikus” dan “Kucing” berada di
dalam lingkaran.
-
Setelah ada aba-aba, permainan
pun dimulai.
-
“Kucing” berusaha memegang
“Tikus”.
-
“Tikus” bebas menerobos keluar
masuk pagar melingkar.
-
Pada saat “Kucing” menerobos
pagar, maka siswa yang lain membuat sikap kuda-kuda tengah dengan kedua
tangan mengepal di samping seolah olah sebagai pagar.
-
Siswa bergantian menjadi
“Kucing” dan “Tikus”.
Sikap percaya
diri saat mengemukakan pendapat Gunakan Daftar Cek Tehnik Dasar Pencak Silat
Kegiatan MENGAMATI
o
Siswa
melakukan kegiatan pengamatan langsung terhadap dua jenis tanaman yang
berbeda. Tujuan kegiatan pengamatan ini adalah untuk membandingkan
bagian-bagian tanaman dari dua tanaman yang berbeda khususnya pada bagian
batang/cabang dan akar
o
Siswa
mencermati bagian batang dan akar dari kedua tanaman tersebut dan menulis
hasil pengamatannya secara rinci pada tabel yang telah disediakan.
o Siswa bekerja dalam kelompok
dan secara bergantian mempresentasikan hasil pengamatan dan laporan hasil
pengamatannya (kegiatan presentasi ini bisa disesuaikan dengan kondisi kelas,
apabila jumlah siswa tidak memungkinkan maka kegiatan presentasi ini bisa
dilakukan dengan menunjuk beberapa kelompok sebagai perwakilan)
Gunakan
rubrik “Diskusi Kelompok” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan MENANYA
o
Siswa
membaca dengan cermat, teks bacaan yang berisi informasi tentang daun
(fungsi, bentuk dan macamnya). Guru membimbing siswa untuk mencermati semua
informasi penting yang terdapat pada bacaan.
o
Siswa
distimulus rasa ingin tahunya dengan beberapa pertanyaan pancingan yang
diberikan oleh guru, seperti : Mengapa daun itu penting?, mengapa bentuk daun
berbeda?
o Siswa diberi kesempatan untuk
mengajukan pertanyaan-pertanyaannya dan menuliskan pertanyaan tersebut pada
Kartu Tanya atau di buku mereka
Kegiatan
MENGUMPULKAN INFORMASI
o
Siswa
bersama dengan kelompoknya mencari informasi lebih lanjut tentang daun.
o
Siswa
mengikuti instruksi kegiatan seperti yang disajikan pada buku siswa
o
Kumpulkanlah
beberapa informasi tentang berbagai jenis daun.
o
Kelompokkanlah
beberapa jenis daun yang berbeda
o
Tuliskanlah
contoh setiap jenis daun yang berbeda yang sesuai dengan ciri-cirinya.
o
Carilah
tanaman di sekitar sekolah atau rumahmu yang memiliki daun serupa dengan
pengelompokan yang kamu buat tadi.
o Gambarlah daun tumbuhan milikmu, dan
tuliskan jenis tulang daunnya
Kegiatan MENGASOSIASI:
o
Siswa
melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitarnya.
o
Siswa
mengidentifikasikan bagaimana keluarganya memanfaatkan akar dan daun untuk
keperluan sehari-harinya.
o
Siswa
menuliskan semua hasil pengamatannya secara rinci pada kolom tabel yang
disediakan
o Siswa diberi kesempatan untuk
saling bertukar pendapat dan bertukar hasil penemuan pengamatan dengan
teman-teman lainnya.
Gunakan
rubrik “Laporan Pengamatan” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan MENGAMATI:
o
Siswa
mengamati gambar macam-macam properti tari pada buku siswa
o
Siswa
mengidentifikasikan properti tari apa saja yang mereka temukan dalam gambar
o Siswa mendefinisikan manfaat
dari properti-properti tersebut dan menuliskan nama-nama properti yang mereka
temukan pada kolom tabel yang disediakan
Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN:
o
Siswa
diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa dan mengidentifikasikan
properti yang digunakan pada gambar tersebut.
o
Siswa
dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa
o
Siswa
diminta melakukan gerakkan dasar tarian dengan menggunakan properti tari
yaitu gendewa
o Siswa mengikuti urutan gerakan
seperti yang tergambar pada buku siswa (jalan ke depan membawa gendewa,
mengayunkan gendewa ke depan, menarik gendewa lurus ke atas
Penilaian
: Daftar Cek Menari dengan properti Gendewa
REMEDIAL
Latihan 1
o
Sebutkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Latihan 2
o
Apakah fungsi daun bagi tanaman?
Latihan 3
o
Sebutkan tanaman berakar tunggang
Latihan 4
o
Apakah fungsi bulu akar?
Latihan 5
o
Sebutkan gerakkan dasar pada pencak silat.
PENGAYAAN
o Buatlah kliping gambar tentang barang-barang ekspor dan impor
Indonesia. Berilah penjelasan singkat pada setiap gambar yang kamu temukan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Daftar
Cek Teknik Beladiri
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan
siswa tentang gerakan-gerakan dasar teknik bela diri
-
Keterampilan
siswa dalam memperagakan gerakan dasar teknik beladiri
Gerakan
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Kuda-kuda
|
|
|
Tangkisan
|
|
|
HIndaran
|
|
|
Serangan
|
|
|
Rubrik
Tugas “Laporan Pengamatan”
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan
siswa tentang ciri-ciri batang dan akar tanaman yang diamati
-
Ketrampilan
siswa dalam mengamati, mencari informasi dan menyajikan informasi
-
Ketrampilan
siswa dalam menyajikan informasi
-
Sikap
kemandirian dan tanggung jawab siswa
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Siswa menjabarkan semua hasil
pengamatan dengan lengkap dan rinci (bentuk akar, jumlah cabang, bentuk
cabang, ukuran cabang)
|
Siswa menjabarkan sebagian
besar hasil pengamatan dengan lengkap dan rinci
|
Siswa menjabarkan beberapa
hasil pengamatan dengan lengkap tapi kurang rinci
|
Siswa hanya menjabarkan
beberapa hasil pengamatan dengan kurang lengkap dan kurang rinci
|
2
|
Pengamatan
|
Siswa sangat cermat dalam
mengamati bagian - bagian tanaman dan mampu menggambarkan tanaman yang
diama-tinya dengan sangat rinci
|
Siswa cukup cermat dalam
mengamati bagian - bagian tanaman dan mampu menggambarkan tanaman yang
diama-tinya dengan cukup rinci.
|
Siswa kurang cermat dalam
mengamati bagian - bagian tanaman dan mampu menggambarkan tanaman yang
diama-tinya namun kurang rinci.
|
Siswa tidak cermat dalam
mengamati bagian - bagian tanaman dan membutuhkan bantuan guru dalam
menggambarkan tanaman yang diama-tinya.
|
3
|
Keterampilan
|
Laporan sangat lengkap dan
terlihat sangat rapi
|
Laporan cukup lengkap dan
terlihat rapi
|
Laporan kurang lengkap dan
terlihat kurang rapi
|
Laporan tidak lengkap dan
terlihat tidak rapi
|
4
|
Sikap
|
Siswa bersungguh-sungguh dalam
mempersiapkan laporan dan mandiri
|
Siswa cukup bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan cukup mandiri
|
Siswa kurang bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan dan masih harus diperingatkan oleh guru
|
Siswa tidak bersungguh-sungguh
dalam mempersiapkan laporan sekalipun berada dibawah pe-ngawasan guru
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Daftar
Cek Teknik Menari dengan Properti Gendewa
Kompetensi
yang dinilai :
-
Pengetahuan siswa tentang fungsi properti dalam tari
-
Pengetahuan siswa tentang tari bertema
-
Keterampilan siswa dalam memperagakan gerakan tari
Gerakan
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Jalan ke depan membawa gendewa
|
|
|
Mengayunkan gendewa ke depan
|
|
|
Menarik gendewa lurus ke atas
|
|
|
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks
bacaan tentang tanaman, cara melakukan gerakan dasar bela diri pencak silat, teks bacaan tentang properti tari.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Amatilah
sekelilingmu! Perhatikan dengan saksama bagaimana keluargamu memanfaatkan akar
dan daun tumbuhan untuk keperluan sehari-hari. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.
Bagian
daun
|
Kegunaan
|
Bagian
akar
|
Kegunaan
|
Daun
suji
|
Pewarna
makanan
|
Wortel
|
Dimakan
untuk sayur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment