Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 13 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1        Membandingkan akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan lain
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan operasi hitung

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah
3.1.1        Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1        Menceritakan perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.2        Menceritakan perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1        Membuat contoh iklan radio tentang barang yang diekspor oleh Indonesia

C. Materi Pembelajaran :
  1. Nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah
  2. Isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan Mengamati
o   Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
o   Siswa memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut
o   Siswa menulis persamaan dan perbedaan tentang kegiatan ekonomi tersebut.
o   Guru memberikan pertanyaan arahan : ”Bagaimanakah orang pada masa lalu memperdagangkan barangnya?” “Apakah yang mereka gunakan untuk melakukan perdagangan pada masa lalu dan sekarang?”
o   Siswa menjelaskan hasil diskusinya secara bergantian, siswa lain menyimak.
o   Siswa membuat pertanyaan sesuai dengan hasil diskusi kelompok lain, Guru memfasilitasi.
o   Bimbing siswa agar menggunakan kalimat Tanya yang tepat.

Kegiatan MENANYA:
o   Siswa membaca teks bacaan yang terdapat di buku siswa secara mandiri.
o   Siswa memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
o   Siswa menemukan kosa kata sulit, dan menuliskannya di tabel kosa kata sulit.
o   Siswa menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosa kata sulit yang mereka temukan.
o   Siswa memahami arti dari kosa kata sulit tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat.
o   Peserta didik mengajukan pertanyaan untuk memahami teks bacaan yang diberikan.
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya sesuai dengan informasi dari bacaan

Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa bekerjasama dalam kelompok membuat sebuah iklan radio untuk memengaruhi orang untuk datang ke tempat pariwisata
o   Siswa mendiskusikan dan mencari informasi tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat iklan radio.
o   Siswa berkelompok mengumpulkan berita-berita dari Koran atau majalah tentang cara membuat iklan radio.
o   Siswa mengikuti instruksi seperti yang disajikan pada buku siswa
o   Bersama dengan teman sekelompok, buatlah sebuah iklan radio untuk memengaruhi orang untuk datang ke tempat pariwisata di daerahmu! 2. Diskusikanlah dengan teman-temanmu, dan carilah informasi tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat iklan radio. 3. Buatlah skenario percakapan atau narasimu. 4. Siapkan suara-suara pengisi yang diperlukan untuk memperkaya iklanmu. 5. Pilihlah lagu yang menarik dan sesuai dengan tema iklanmu 6. Tampilkanlah iklan radiomu di hadapan teman-temanmu.
Gunakan Rubrik Penilaian Iklan Radio untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan MENGASOSIASI
o   Siswa berdiskusi bersama teman sekelompoknya tentang mengelompokkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama pancasila
o   Siswa menyimpulkan contoh-contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai dengan sila pertama pancasila dan menuliskannya pada kolom tabel yang disediakan.
o   Masing-masing kelompok membaca hasil identifikasi kelompoknya dan bertukar pendapat
Gunakan Rubrik “Diskusi Kelompok” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN
o   Siswa mencermati penjelasan tentang bilangan kuadrat yang disajikan pada buku siswa.
o   Siswa mencocokkan penjelasan dengan contoh-contoh soal yang diberikan di buku siswa
o   Siswa membaca kesimpulan tentang bilangan kuadrat dan mencocokkannya dengan hasil latihan soal yang ia kerjakan

REMEDIAL
Latihan 1
o   Sebutkan unsur-unsur iklan radio?
Latihan 2
o   Mana yang lebih besar, akar pangkat dua dari 225 atau 25? Latihan 3 Sebutkan isi sila pertama Pancasila.
Latihan 4
o    Sebutkan komoditi ekspor yang kamu ketahui
Latihan 5
o   Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan sila pertama Pancasila di sekolah

PENGAYAAN
Siaran Radio
Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat melakukan dialog dan diskusi dalam format siaran radio tentang perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Dalam siaran radio ini, siswa juga akan membuat iklan radio tentang salah satu komoditas ekspor atau tentang daerah wisata sekitar. Dalam format radio, siswa juga membuat soal-soal matematika yang melibatkan perbandingan bilangan akar pangkat dan bilangan kuadrat untuk kemudian ditebak oleh pendengar radio.

o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, maksimal tiga kelompok.
o   Guru menjelaskan kegiatan dan tujuan kegiatan.
o   Setiap kelompok membuat tema cerita, garis besar cerita dan membuat skenario lalu membagi tugas.
o   Di dalam kelompok, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertugas untuk membuat iklan radio, membuat soal dan menemukan jawabannya, menjadi penyiar radio dan menjadi bintang tamu dalam siaran radio tersebut, dan menjadi pendengar yang akan ikut kuis pendengar.
o   Masing-masing melakukan persiapan sedemikian rupa sehingga terjadi pengorganisasian yang padu. Guru berkeliling untuk memastikan setiap kelompok bekerja dengan baik dan sesuai petunjuk.
o   Siswa berlatih dalam kelompok sesuai skenario yang dibuat.
o   Siswa dalam kelompok menampilkan hasil karyanya.
o   Siswa lain memberikan masukan. Guru memfasilitasi diskusi.
o   Siswa melakukan refleksi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Rubrik Tugas Membuat Iklan Radio

Kompetensi yang dinilai:
                        Pengetahuan siswa tentang iklan radio
                        Pengetahuan siswa tentang topik yang akan diiklankan (daerah wisata)
                        Ketrampilan siswa dalam berbicara dan memilih kata
                        Sikap percaya diri dan kerja sama

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Keseluruhan informasi dalam iklan radio berkaitan dengan topik pariwisata
Sebagian besar informasi dalam iklan radio berkaitan dengan topik pariwisata
Hanya sebagian dari informasi dalam iklan radio berkaitan dengan topik pariwisata
Keseluruhan informasi dalam iklan radio belum berkaitan dengan topik pariwisata
Bahasa & Keterampilan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif dan menarik
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan cukup efektif dan menarik
Bahasa Indonesia cukup baik dan hampir benar, cukup kreatif namun kurang menarik
Masih perlu bimbingan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta dalam membuat kalimat yang kreatif dan efektif untuk sebuah iklan
SIkap
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat sebagian besar dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


Rubrik Diskusi Kelompok Sikap dan Perilaku yang Sesuai dengan Sila Pertama
Kompetensi yang dinilai:
-                      Pengetahuan siswa tentang pengamalan sila pertama Pancasila
-                      Ketrampilan siswa dalam berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan mendengarkan
-                      Sikap menghargai dan kerjasama
           
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila Pertama relevan dan masuk akal
Sebagian besar pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila Pertama relevan dan masuk akal
Beberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila Pertama relevan dan masuk akal
Sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila Pertama relevan dan masuk akal
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi
Seluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja sama sekalipun dalam pengawasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Ketrampilan berdiskusi
Siswa sangat aktif dalam berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan mendengarkan pendapat lain
Siswa cukup aktif dalam berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan mendengarkan pendapat lain
Siswa cukup aktif dalam berdiskusi, dan mengeluarkan pendapat walau kadang harus diingatkan untuk mendengarkan pendapat lain
Siswa kurang aktif dalam berdiskusi dan harus terus diingatkan untuk mendengarkan pendapat lain

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang ekspor dan impor, Konsep bilangan akar pangkat dua dan pangkat tiga, teks bacaan tentang persatuan dan kesatuan, teks bacaan tentang Pancasila.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu tentang sikap dan kegiatan yang dapat kamu temui di sekolah dan lingkungan rumahmu. Karena hal ini menunjukkan sikap pengamalan Sila Pertama Pancasila dan menuliskannya di dalam tabel berikut!


Perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di sekolah

Perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di masyarakat

Mengingatkan teman lain yang tidak berpuasa untuk tidak makan di depan teman yang sedang berpuasa pada bulan Ramadhan
Ikut mengamankan gereja ketika pe-rayaan Natal tiba

…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..


…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..



MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors