RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab
dalam mengerjakan tugas
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan
pangkat tiga sederhana
3.1.1
Membandingkan
akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan lain
4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1
Menyelesaikan
permasalahan matematika yang melibatkan operasi hitung
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan
disekolah
3.1.1
Memberikan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1
Menceritakan
perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila pertama Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
4.1.2
Menceritakan
perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila pertama Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
c) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa
dan lingkungan alam
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1
Menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar
negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1
Membuat contoh iklan
radio tentang barang yang diekspor oleh Indonesia
C. Materi Pembelajaran :
- Nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah
- Isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku,
Bangsa yang Berbudaya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan
Mengamati
o
Siswa
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
o
Siswa
memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut
o
Siswa
menulis persamaan dan perbedaan tentang kegiatan ekonomi tersebut.
o
Guru
memberikan pertanyaan arahan : ”Bagaimanakah orang pada masa lalu
memperdagangkan barangnya?” “Apakah yang mereka gunakan untuk melakukan
perdagangan pada masa lalu dan sekarang?”
o Siswa menjelaskan hasil
diskusinya secara bergantian, siswa lain menyimak.
o
Siswa
membuat pertanyaan sesuai dengan hasil diskusi kelompok lain, Guru
memfasilitasi.
o Bimbing siswa agar menggunakan
kalimat Tanya yang tepat.
Kegiatan MENANYA:
o
Siswa
membaca teks bacaan yang terdapat di buku siswa secara mandiri.
o
Siswa
memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks
bacaan secara cermat dan teliti.
o
Siswa
menemukan kosa kata sulit, dan menuliskannya di tabel kosa kata sulit.
o
Siswa
menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosa kata sulit
yang mereka temukan.
o
Siswa
memahami arti dari kosa kata sulit tersebut dengan menggunakannya dalam
kalimat.
o
Peserta
didik mengajukan pertanyaan untuk memahami teks bacaan yang diberikan.
o Siswa menjawab pertanyaan
temannya sesuai dengan informasi dari bacaan
Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o
Siswa
bekerjasama dalam kelompok membuat sebuah iklan radio untuk memengaruhi orang
untuk datang ke tempat pariwisata
o
Siswa
mendiskusikan dan mencari informasi tentang apa saja yang diperlukan untuk
membuat iklan radio.
o
Siswa
berkelompok mengumpulkan berita-berita dari Koran atau majalah tentang cara
membuat iklan radio.
o Siswa mengikuti instruksi
seperti yang disajikan pada buku siswa
o
Bersama dengan teman
sekelompok, buatlah sebuah iklan radio untuk memengaruhi orang untuk datang
ke tempat pariwisata di daerahmu! 2. Diskusikanlah dengan teman-temanmu, dan
carilah informasi tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat iklan radio.
3. Buatlah skenario percakapan atau narasimu. 4. Siapkan suara-suara pengisi
yang diperlukan untuk memperkaya iklanmu. 5. Pilihlah lagu yang menarik dan
sesuai dengan tema iklanmu 6. Tampilkanlah iklan radiomu di hadapan
teman-temanmu.
Gunakan Rubrik
Penilaian Iklan Radio untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan
MENGASOSIASI
o
Siswa
berdiskusi bersama teman sekelompoknya tentang mengelompokkan sikap dan
perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama pancasila
o
Siswa
menyimpulkan contoh-contoh perilaku di sekolah dan masyarakat yang sesuai
dengan sila pertama pancasila dan menuliskannya pada kolom tabel yang
disediakan.
o Masing-masing kelompok membaca
hasil identifikasi kelompoknya dan bertukar pendapat
Gunakan
Rubrik “Diskusi Kelompok” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan
MENGOMUNIKASIKAN
o Siswa mencermati penjelasan
tentang bilangan kuadrat yang disajikan pada buku siswa.
o
Siswa
mencocokkan penjelasan dengan contoh-contoh soal yang diberikan di buku siswa
o Siswa membaca kesimpulan
tentang bilangan kuadrat dan mencocokkannya dengan hasil latihan soal yang ia
kerjakan
REMEDIAL
Latihan
1
o Sebutkan
unsur-unsur iklan radio?
Latihan 2
o Mana
yang lebih besar, akar pangkat dua dari 225 atau 25? Latihan 3 Sebutkan isi
sila pertama Pancasila.
Latihan 4
o Sebutkan
komoditi ekspor yang kamu ketahui
Latihan 5
o Sebutkan
perilaku yang tidak mencerminkan sila pertama Pancasila di sekolah
PENGAYAAN
Siaran Radio
Kegiatan ini
bertujuan agar siswa dapat melakukan dialog dan diskusi dalam format siaran
radio tentang perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila Kemanusiaan Yang Adil
dan Beradab. Dalam siaran radio ini, siswa juga akan membuat iklan radio
tentang salah satu komoditas ekspor atau tentang daerah wisata sekitar. Dalam
format radio, siswa juga membuat soal-soal matematika yang melibatkan
perbandingan bilangan akar pangkat dan bilangan kuadrat untuk kemudian
ditebak oleh pendengar radio.
o Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok, maksimal tiga kelompok.
o Guru menjelaskan kegiatan dan
tujuan kegiatan.
o Setiap kelompok membuat tema
cerita, garis besar cerita dan membuat skenario lalu membagi tugas.
o Di dalam kelompok, siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang bertugas untuk membuat iklan radio, membuat
soal dan menemukan jawabannya, menjadi penyiar radio dan menjadi bintang tamu
dalam siaran radio tersebut, dan menjadi pendengar yang akan ikut kuis
pendengar.
o Masing-masing melakukan
persiapan sedemikian rupa sehingga terjadi pengorganisasian yang padu. Guru
berkeliling untuk memastikan setiap kelompok bekerja dengan baik dan sesuai
petunjuk.
o Siswa berlatih dalam kelompok
sesuai skenario yang dibuat.
o Siswa dalam kelompok
menampilkan hasil karyanya.
o Siswa lain memberikan masukan.
Guru memfasilitasi diskusi.
o Siswa melakukan refleksi.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Tugas Membuat Iklan Radio
Kompetensi
yang dinilai:
Pengetahuan
siswa tentang iklan radio
Pengetahuan
siswa tentang topik yang akan diiklankan (daerah wisata)
Ketrampilan
siswa dalam berbicara dan memilih kata
Sikap
percaya diri dan kerja sama
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Keseluruhan informasi dalam iklan radio berkaitan
dengan topik pariwisata
|
Sebagian besar informasi dalam iklan radio
berkaitan dengan topik pariwisata
|
Hanya sebagian dari informasi dalam iklan radio
berkaitan dengan topik pariwisata
|
Keseluruhan informasi dalam iklan radio belum
berkaitan dengan topik pariwisata
|
Bahasa & Keterampilan
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan
sangat efektif dan menarik
|
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan
cukup efektif dan menarik
|
Bahasa Indonesia cukup baik dan hampir benar,
cukup kreatif namun kurang menarik
|
Masih perlu bimbingan dalam menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar serta dalam membuat kalimat yang kreatif dan
efektif untuk sebuah iklan
|
SIkap
|
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan
benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan dibuat sebagian besar dengan bekerja sama,
baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan
benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan
benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan penuh dalam
pemenuhan tugas yang diberikan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Diskusi Kelompok Sikap dan Perilaku yang Sesuai dengan Sila Pertama
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang pengamalan sila pertama
Pancasila
-
Ketrampilan siswa dalam berdiskusi, mengeluarkan
pendapat dan mendengarkan
-
Sikap menghargai dan kerjasama
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua
pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan
sila Pertama relevan dan masuk akal
|
Sebagian
besar pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai
dengan sila Pertama relevan dan masuk akal
|
Beberapa
pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan
sila Pertama relevan dan masuk akal
|
Sedikit
pendapat yang diberikan oleh kelompok sikap dan perilaku yang sesuai dengan
sila Pertama relevan dan masuk akal
|
Sikap
Kerjasama
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi
|
Beberapa
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam berdiskusi
|
Seluruh
anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja sama
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Ketrampilan
berdiskusi
|
Siswa
sangat aktif dalam berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan mendengarkan
pendapat lain
|
Siswa
cukup aktif dalam berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan mendengarkan pendapat
lain
|
Siswa
cukup aktif dalam berdiskusi, dan mengeluarkan pendapat walau kadang harus
diingatkan untuk mendengarkan pendapat lain
|
Siswa
kurang aktif dalam berdiskusi dan harus terus diingatkan untuk mendengarkan
pendapat lain
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks
bacaan tentang ekspor dan impor, Konsep bilangan akar pangkat
dua dan pangkat tiga, teks bacaan tentang persatuan dan kesatuan, teks bacaan
tentang Pancasila.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikanlah dengan teman
sekelompokmu tentang sikap dan kegiatan yang dapat kamu temui di sekolah dan
lingkungan rumahmu. Karena hal ini menunjukkan sikap pengamalan Sila Pertama
Pancasila dan menuliskannya di dalam tabel berikut!
Perilaku
yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di sekolah
|
Perilaku
yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di masyarakat
|
Mengingatkan
teman lain yang tidak berpuasa untuk tidak makan di depan teman yang sedang
berpuasa pada bulan Ramadhan
|
Ikut
mengamankan gereja ketika pe-rayaan Natal tiba
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
…………………………………………..
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment