RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
2.3
Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
2.4
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
2.5
memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.1:
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan
bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1
Melakukan
operasi hitung dengan melibatkan bilangan akar pangkat dua.
4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan
penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1
Menyelesaikan
soal cerita matematika yang melibatkan operasi campuran
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1
Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui
kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan
kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan
disekolah
3.1.1
Memberikan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah
dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1
Menceritakan
perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila
4.1.2
Menceritakan
perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
c) IPS
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3
Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi
penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup 3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1
Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia
4.3.1
Menyusun
sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
d) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import
barang-barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1
Membuat
contoh iklan televisi barang yang diekspor oleh Indonesia
C. Materi Pembelajaran :
1. Operasi hitung dengan melibatkan bilangan akar pangkat
dua.
2. Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan
sehari-hari dirumah dan disekolah
3. Sifat dan karakteristik manusia indonesia berdasarkan
bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4. Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai
kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku,
Bangsa yang Berbudaya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Kegiatan
Mengamati
o Siswa membaca teks bacaan “Komoditas
Andalan Indonesia” dengan saksama
o Siswa mencatat kata-kata yang dicetak
tebal dan menuliskannya di dalam tabel sekaligus mencari artinya.
o Guru menyimak dan memberikan tanggapan
dengan sopan.
o
Siswa
membuat rangkuman dari bacaan tersebut dalam satu atau dua paragraf.
o Siswa membacakan rangkumannya
secara bergantian. Guru bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan
klarifikasi atau penguatan terhadap pemahaman siswa atas isi bacaan.
Kegiatan MENANYA:
o Siswa membuat kelompok yang terdiri dari
3-4 orang siswa
o Siswa menanyakan tentang berita-berita
dari Koran atau majalah tentang komoditas ekspor andalan Indonesia.
o Siswa akan mengidentifikasi pertanyaan
dari artikel yang telah dikumpulkan untuk dianalisis dan menuliskannya pada
tabel yang disediakan.
o Siswa mengulang kembali pertanyaannya
kepada teman-teman tentang komoditi ekspor Indonesia
o
Guru
dapat berkeliling untuk memastikan siswa melakukan kegiatan sesuai dengan
instruksi
Rubrik Penilaian : Rubrik
Mencari Berita
Kegiatan MENGUMPULKAN
INFORMASI
o
Siswa
bersama dengan kelompoknya mencari informasi iklan yang berisi tentang
komoditi ekspor dan membuat iklannya
o Siswa diminta untuk mengikuti
tahapan kerja yang ada pada buku siswa
o
Tentukan barang
yang akan diiklankan, pilihlah salah satu barang yang terbuat dari kakao,
misalnya cokelat batangan, coklat susu, permen coklat, atau sejenisnya.
o
Buatlah cerita
sederhana tentang iklanmu.
o
Buatlah narasi
sederhana yang mendukung iklanmu.
o
Buatlah
sebuah lagu yang sesuai dengan isi iklanmu.
o
Lakukanlah
drama singkat disesuaikan dengan isi dan lagu yang mengiringinya.
o
Berlatihlah
dengan padu bersama anggota kelompokmu.
o Tampilkanlah
hasil karyamu di depan kelas!
o Guru dapat berkeliling untuk
memastikan siswa melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi
Gunakan Rubrik “Membuat Iklan”
untuk mengukur ketercapaian kompetensi
Kegiatan
Mengasosiasi
o Siswa secara mandiri membaca sebuah teks
bacaan tentang kehidupan msyarakat yang berhubungan dengan kondisi alam atau
kenampakanalamnya dengan seksama.
o Siswa mencatat kata-kata sulit untuk
didiskusikan nantinya.
o Siswa membaca pertanyaan dan menjawab
pertanyaan dengan menggunakan berbagai sumber untuk memperkaya pengetahuan
mereka.
o
Siswa
secara bergiliran membacakan jawaban dari pertanyaan dari hasil pencarian
informasi yang dilakukannya.
Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o Siswa menentukan jenis data yang akan
dikumpulkan melalui wawancara serta cara melakukan wawancara yang baik.
o Siswa membaca dan memahami perintah
melakukan wawancara yang ada pada buku siswa dengan seksama.
o
Siswa
mencari pasangan untuk memulai proses perencanaan wawancara dari mulai
menentukan narasumber, membuat pertanyaan, melatihkan dan membuat laporan
hasil wawancara.
o
Siswa
bersama dengan pasangannya akan melakukan wawancara untuk mencari tahu apa
saja kegiatan yang dilakukan oleh orang yang bekerja dan berhubungan langsung
dengan alam, seperti petani, nelayan dan lain sebagainya.
o Siswa membuat laporan hasil
wawancara dan membacakannya di depan kelas
Penilaian : Rubrik Wawancara hasil
Laporan Wawancara
Kegiatan
Mengamati
o Setelah mengamati gambar yang ada pada
buku siswa
o Siswa membaca kembali pembelajaran
tentang sila-sila Pancasila
o Siswa membaca teks bacaan secara mandiri
o Siswa mendengar pendapat temannya
tentang perilaku yang mencerminkan sila kedua Pancasila
o
Siswa
bersama dengan kelompoknya mengisi tabel yang menunjukkan perilaku yang
mencerminkan sila kedua Pancasila
MENGOMUNIKASIKAN
o Siswa menyajikan cara mereka memahami
persoalan dan cara mereka memecahkan persoalan tersebut.
o Siswa memaparkan tentang aturan dasar
hitung campuran dengan memerhatikan urutan operasi bilangan.
o
Siswa
mengemukakan pendapatnya dengan menggunakan aturan hitung campuran tersebut.
REMEDIAL
Latihan
1
o Apakah arti iklan?
Latihan 2
o Sebutkan komoditi ekspor yang
kamu ketahui.
Latihan 3a.
o Akar pangkat tiga dari 125
adalah a. 3 b. 4 c. 5 d. 6
Latihan 4
o Sebutkan kegiatan perdagangan
yang kamu ketahui
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang mencerminkan
sila kedua Pancasila di sekolah
PENGAYAAN
Acara
Bincang-Bincang Televisi (Talk Show)
Kegiatan ini bertujuan agar
siswa dapat menggali informasi dan menyajikannya dalam bentuk acara televisi
(berita dan wawancara TV) tentang komoditas ekspor andalan Indonesia dan
beberapa permasalahannya. Dalam acara tersebut diselipkan juga sebuah iklan
tentang sebuah komoditas ekspor andalan Indonesia. Dalam acara wawancara,
disajikan wawancara dengan narasumber petani atau nelayan dari hasil kegiatan
sebelumnya. Kuis berupa menjawab soal matematika juga akan diselipkan dalam
acara TV tersebut.
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
dibagi menjadi tiga kelompok.
o
Guru
menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan.
o
Siswa
dalam kelompok menentukan tema, alur cerita dan skenario yang meliputi semua
elemen yang diminta.
o Siswa berdiskusi dalam kelompok
untuk berbagi tugas
o
Siswa
melakukan persiapan dalam kelompok kecil: membuat iklan, membuat soal,
membuat bacaan untuk berita, membuat skenario wawancara.
o
Siswa
berlatih bersama sesuai scenario yang dibuat.
o
Siswa
menampilkan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o Siswa lain mendengarkan dengan
seksama, memberikan masukan dengan sopan. Guru memfasilitasi
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Iklan Televisi
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang iklan televisi
-
Pengetahuan siswa tentang isi iklan
-
Ketrampilan siswa dalam membuat iklan televisi
-
Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia
-
Sikap kerjasama dan tanggung jawab
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan
isi :
Gambar
dan tulisan pada iklan sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan
pembuatannya
|
Keseluruhan
gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan
iklan
|
Sebagian
besar gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan
pembuatan iklan
|
Hanya
sebagian dari gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan
tujuan pembuatan iklan
|
Keseluruhan
gerak, kalimat dan music dalam iklan masih nelum sesuai dengan topik dan
tujuan pembuatan iklan
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan yang dibuat
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam
iklan yang dibuat
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan
|
Hampir
keseluruhan kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar
|
Hanya
sebagian kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar
|
Sikap:
Iklan
dibuat secara dengan bekerja sama baik dan benar serta penuh tanggung jawab
atas pemenuhan tugas
|
Iklan
dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab
atas pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan
dibuat sebagian besar dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh
tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan
dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu pengawasan
dalam pemenuhan tugas yang diberikan
|
Iklan
dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu sering
diingatkan dan pengawasan penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Mencari Berita
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang informasi yang diperoleh
-
Keterampilan siswa dalam menganalisis berita yang
didapat
-
Sikap kerjasama dan kesungguhan siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua
informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
|
Informasi
yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
|
Beberapa
informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
|
Hanya
sedikit informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
|
Sikap Kerjasama
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Beberapa
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
|
Seluruh
anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras
mereka sekalipun dalam pengawasan guru
|
Seluruh
anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh
guru.
|
Ketrampilan Analisis
|
Siswa mampu menjabarkan seluruh
isi berita dan menarik kesimpulan yang sangat jelas dan sangat mudah
dimengerti
|
Siswa mampu menjabarkan
sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah
dimengerti
|
Siswa mampu menjabarkan
sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah
dimengerti dengan sedikit bantuan dari guru
|
Siswa mampu menjabarkan
sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah
dimengerti dengan banyak bantuan dari guru
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Wawancara
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang tujuan dan isi wawancara
-
Ketrampilan siswa dalam menyusun kalimat pertanyaan
untuk wawancara
-
Sikap mandiri dan percaya diri
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pe-ngetahuan:
Isi
dan hasil wawancara sesuai dengan topik yang diberikan
|
Wawancara
dilakukan dengan sangat menarik dan sesuai topik dan tujuan yang diberikan
menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang
diberikan
|
Wawancara
dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan
pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Sebagian
besar wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan
penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Sebagian
kecil wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan
penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam keseluruhan
wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam keseluruhan wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian besar wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian kecil wawancara
|
SIkap:
Wawancara
dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas
pemenuhan tugas
|
Wawancara
dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk
memenuhi tugas yang diberikan
|
Sebagian
besar wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung
jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Setengah
dari proses wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh
tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Sebagian
kecil dari wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh
tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Keterampilan
wawancara:
Teknik
dan urutan wawancara yang dilakukan me-nunjukkan kemampuan wawancara yang
baik
|
Teknik
wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar dan dilakukan dengan pendekatan
yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden
|
Teknik
wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan
dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Sebagian
besar teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan
penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Sebagian
kecil teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan
penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks
bacaan tentang perdagangan, Konsep perbandingan, teks bacaan tentang persatuan
dan kesatuan, Pancasila.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Carilah informasi dari berbagai sumber
untuk menjawab pertanyaan berikut!
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Apa saja komoditas pertanian yang dihasilkan masyarakat agraris?
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari setiap komoditas pertanian
mulai dari perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan!
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Sebutkan ciri-ciri masyarakat nelayan!
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Apakah yang dimaksud dengan budidaya perikanan? Sebutkanlah contohnya?
……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment