Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday, 13 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                       : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agaman yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
2.5 memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.1: Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1        Melakukan operasi hitung dengan melibatkan bilangan akar pangkat dua.
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka
4.2.1        Menyelesaikan soal cerita matematika yang melibatkan operasi campuran

b) PPKn
1.1    Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1    Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1    Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah
  3.1.1        Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1        Menceritakan perilaku di sekolah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.2        Menceritakan perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

c) IPS
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup 3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1        Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.3.1        Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya

d) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1        Membuat contoh iklan televisi barang yang diekspor oleh Indonesia

C. Materi Pembelajaran :
1.       Operasi hitung dengan melibatkan bilangan akar pangkat dua.
2.       Nilai simbol-simbol pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah
3.       Sifat dan karakteristik manusia indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4.       Teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Kegiatan Mengamati
o   Siswa membaca teks bacaan “Komoditas Andalan Indonesia” dengan saksama
o   Siswa mencatat kata-kata yang dicetak tebal dan menuliskannya di dalam tabel sekaligus mencari artinya.
o   Guru menyimak dan memberikan tanggapan dengan sopan.
o   Siswa membuat rangkuman dari bacaan tersebut dalam satu atau dua paragraf.
o   Siswa membacakan rangkumannya secara bergantian. Guru bisa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan klarifikasi atau penguatan terhadap pemahaman siswa atas isi bacaan.

Kegiatan MENANYA:
o   Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 3-4 orang siswa
o   Siswa menanyakan tentang berita-berita dari Koran atau majalah tentang komoditas ekspor andalan Indonesia.
o   Siswa akan mengidentifikasi pertanyaan dari artikel yang telah dikumpulkan untuk dianalisis dan menuliskannya pada tabel yang disediakan.
o   Siswa mengulang kembali pertanyaannya kepada teman-teman tentang komoditi ekspor Indonesia
o   Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi
Rubrik Penilaian : Rubrik Mencari Berita

Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi iklan yang berisi tentang komoditi ekspor dan membuat iklannya
o   Siswa diminta untuk mengikuti tahapan kerja yang ada pada buku siswa
o   Tentukan barang yang akan diiklankan, pilihlah salah satu barang yang terbuat dari kakao, misalnya cokelat batangan, coklat susu, permen coklat, atau sejenisnya.
o   Buatlah cerita sederhana tentang iklanmu.
o   Buatlah narasi sederhana yang mendukung iklanmu.
o   Buatlah sebuah lagu yang sesuai dengan isi iklanmu.
o   Lakukanlah drama singkat disesuaikan dengan isi dan lagu yang mengiringinya.
o   Berlatihlah dengan padu bersama anggota kelompokmu.
o   Tampilkanlah hasil karyamu di depan kelas!
o   Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi
Gunakan Rubrik “Membuat Iklan” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

Kegiatan Mengasosiasi
o   Siswa secara mandiri membaca sebuah teks bacaan tentang kehidupan msyarakat yang berhubungan dengan kondisi alam atau kenampakanalamnya dengan seksama.
o   Siswa mencatat kata-kata sulit untuk didiskusikan nantinya.
o   Siswa membaca pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan berbagai sumber untuk memperkaya pengetahuan mereka.
o   Siswa secara bergiliran membacakan jawaban dari pertanyaan dari hasil pencarian informasi yang dilakukannya.

Kegiatan MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Siswa menentukan jenis data yang akan dikumpulkan melalui wawancara serta cara melakukan wawancara yang baik.
o   Siswa membaca dan memahami perintah melakukan wawancara yang ada pada buku siswa dengan seksama.
o   Siswa mencari pasangan untuk memulai proses perencanaan wawancara dari mulai menentukan narasumber, membuat pertanyaan, melatihkan dan membuat laporan hasil wawancara.
o   Siswa bersama dengan pasangannya akan melakukan wawancara untuk mencari tahu apa saja kegiatan yang dilakukan oleh orang yang bekerja dan berhubungan langsung dengan alam, seperti petani, nelayan dan lain sebagainya.
o   Siswa membuat laporan hasil wawancara dan membacakannya di depan kelas
Penilaian : Rubrik Wawancara hasil Laporan Wawancara

Kegiatan Mengamati
o   Setelah mengamati gambar yang ada pada buku siswa
o   Siswa membaca kembali pembelajaran tentang sila-sila Pancasila
o   Siswa membaca teks bacaan secara mandiri
o   Siswa mendengar pendapat temannya tentang perilaku yang mencerminkan sila kedua Pancasila
o   Siswa bersama dengan kelompoknya mengisi tabel yang menunjukkan perilaku yang mencerminkan sila kedua Pancasila

MENGOMUNIKASIKAN
o   Siswa menyajikan cara mereka memahami persoalan dan cara mereka memecahkan persoalan tersebut.
o   Siswa memaparkan tentang aturan dasar hitung campuran dengan memerhatikan urutan operasi bilangan.
o   Siswa mengemukakan pendapatnya dengan menggunakan aturan hitung campuran tersebut.

REMEDIAL
Latihan 1
o   Apakah arti iklan?
Latihan 2
o   Sebutkan komoditi ekspor yang kamu ketahui.
Latihan 3a.
o   Akar pangkat tiga dari 125 adalah a. 3 b. 4 c. 5 d. 6
Latihan 4
o   Sebutkan kegiatan perdagangan yang kamu ketahui
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang mencerminkan sila kedua Pancasila di sekolah

PENGAYAAN
Acara Bincang-Bincang Televisi (Talk Show)
Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat menggali informasi dan menyajikannya dalam bentuk acara televisi (berita dan wawancara TV) tentang komoditas ekspor andalan Indonesia dan beberapa permasalahannya. Dalam acara tersebut diselipkan juga sebuah iklan tentang sebuah komoditas ekspor andalan Indonesia. Dalam acara wawancara, disajikan wawancara dengan narasumber petani atau nelayan dari hasil kegiatan sebelumnya. Kuis berupa menjawab soal matematika juga akan diselipkan dalam acara TV tersebut.

Langkah Kegiatan:
o   Siswa dibagi menjadi tiga kelompok.
o   Guru menjelaskan tujuan dan tahapan kegiatan.
o   Siswa dalam kelompok menentukan tema, alur cerita dan skenario yang meliputi semua elemen yang diminta.
o   Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi tugas
o   Siswa melakukan persiapan dalam kelompok kecil: membuat iklan, membuat soal, membuat bacaan untuk berita, membuat skenario wawancara.
o   Siswa berlatih bersama sesuai scenario yang dibuat.
o   Siswa menampilkan hasil pekerjaannya di depan kelas.
o   Siswa lain mendengarkan dengan seksama, memberikan masukan dengan sopan. Guru memfasilitasi 

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Iklan Televisi
Kompetensi yang dinilai:
-                      Pengetahuan siswa tentang iklan televisi
-                      Pengetahuan siswa tentang isi iklan
-                      Ketrampilan siswa dalam membuat iklan televisi
-                      Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia
-                      Sikap kerjasama dan tanggung jawab

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan isi :
Gambar dan tulisan pada iklan sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan pembuatannya
Keseluruhan gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Sebagian besar gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Hanya sebagian dari gerak, kalimat dan music dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Keseluruhan gerak, kalimat dan music dalam iklan masih nelum sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam iklan yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan
Hampir keseluruhan kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Hanya seba­gian kalimat dalam iklan mengguna­kan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Sikap:
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat sebagian besar dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Rubrik Mencari Berita

Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang informasi yang diperoleh
-            Keterampilan siswa dalam menganalisis berita yang didapat
-            Sikap kerjasama dan kesungguhan siswa
           
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
Informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
Beberapa informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
Hanya sedikit informasi yang diperoleh sangat berkaitan dan akurat
Sikap Kerjasama
Seluruh ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam memper­siapkan pre­sentasi mereka
Beberapa ang­gota terlihat bersungguh-sungguh dalam mem­persiapkan presentasi mereka
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Ketrampilan Analisis
Siswa mampu menjabarkan seluruh isi berita dan menarik kesimpulan yang sangat jelas dan sangat mudah dimengerti
Siswa mampu menjabarkan sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah dimengerti
Siswa mampu menjabarkan sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah dimengerti dengan sedikit bantuan dari guru
Siswa mampu menjabarkan sebagain besar isi berita dan menarik kesimpulan yang jelas dan mudah dimengerti dengan banyak bantuan dari guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =



Rubrik Wawancara

Kompetensi yang dinilai:
-                      Pengetahuan siswa tentang tujuan dan isi wawancara
-                      Ketrampilan siswa dalam menyusun kalimat pertanyaan untuk wawancara
-                      Sikap mandiri dan percaya diri

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pe-ngetahuan:
Isi dan hasil wawancara sesuai dengan topik yang diberikan
Wawancara dilakukan dengan sangat menarik dan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Sebagian besar wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Sebagian kecil wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam keseluruhan wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam keseluruhan wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian besar wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian kecil wawancara
SIkap:
Wawancara dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Sebagian besar wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Setengah dari proses wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Sebagian kecil dari wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Keterampi­lan wawan­cara:
Teknik dan urutan wawancara yang dilaku­kan me-nunjukkan kemampuan wawancara yang baik
Teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar dan dilakukan dengan pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden
Teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
Sebagian besar teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
Sebagian kecil teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang perdagangan, Konsep perbandingan, teks bacaan tentang persatuan dan kesatuan, Pancasila.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                             RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Carilah informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan berikut!

Apakah ciri-ciri masyarakat agraris?

………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………


Apa saja komoditas pertanian yang dihasilkan masyarakat agraris?
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
     
Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari setiap komoditas pertanian mulai dari perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan!
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
     
Sebutkan ciri-ciri masyarakat nelayan!
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
     
Apakah yang dimaksud dengan budidaya perikanan? Sebutkanlah contohnya?

……………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………


MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4


 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors