RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
2.3
Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1
Menjelaskan dan membandingkan
bagian-bagian batang tumbuhan
3.2.2
Menjelaskan dan membandingkan
bagian-bagian bunga pada tumbuhan
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2.1
Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan bagian batang pada
tumbuhan yang berbeda
4.2.2 Mempresentasikan hasil pengamatan hasil
perbandingan jenis bunga pada tumbuhan yang berbeda
b) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan
menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1 Mengidentifikasikan
macam-macam properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan
imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12.1 Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan
gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan
c) IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun
berkelompok
3.2
Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1
Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
4.2
Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi
manusia
4.2.1 Membuat
laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.
d) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam
bentuk permainan
3.4
Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.1 Menjelaskan
berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat.
3.4.2 Menyebutkan
berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat.
4.4
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
44.1 Melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non
lokomotor untuk membentuk gerakan
dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri
C. Materi Pembelajaran :
1. Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
2. Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
3. Bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang,
bunga dan daun
4. Variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan
non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan
pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o Siswa mengamati gerakan - gerakan pencak
silat yang diperagakan guru.
o
Siswa
berlatih kuda-kuda melalui permainan tarik tambang, siswa dengan bimbingan
guru mengikuti instruksi seperti yang disajikan di buku siswa:
o Buatlah dua kelompok yang sama postur
tubuhnya, masing-masing 5 - 8 siswa.
o Kedua kelompok
berdiri berhadapan sambil memegang tali tambang.
o Siswa membuat
kuda-kuda, kaki kanan di depan.
o Setelah aba-aba
diberikan, permainan dimulai.
o Kedua kelompok
saling tarik menarik dengan tetap membuat sikap kuda-kuda.
o Pemenang adalah
kelompok yang dapat melewati garis batas tengah.
o Permainan dapat diulang dengan merubah posisi kuda-kuda kaki
kiri di depan
o
Siswa
menanya tentang teks bacaan yang terdapat di buku siswa tentang mengenal
batang dan bunga pada tumbuhan
o
Siswa
menanyakan hal - hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut
o
Siswa
melontarkan pertanyaan seperti: apakah peranan batang dan bunga pada
tumbuhan?
o
Siswa
bekerja dalam dua kelompok besar, yaitu kelompok batang dan kelompok bunga
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kelompok lain
o Setiap kelompok menuangkan
jawabannya ke dalam sebuah tabel yang terdapat pada buku siswa
Rubrik “Tabel Informasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
MENGUMPULKAN
INFORMASI
o
Peserta
didik mengumpulkan data tentang properti dalam seni tari yang sudah
dipelajari sebelumnya
o Ukurlah pemahaman siswa tentang
properti tari dengan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku
o
Ingatkan
kembali dua gerak tari yang menggunakan gendewa pada pelajaran 2
o Mintalah siswa untuk bergabung
dengan kelompoknya terdahulu dan bersama – sama mengamati dan melanjutkan
latihan gerakan tarian bersama – sama (KEGIATAN MENCOBA)
MENGOMUNIKASIKAN
o
Siswa
mempresentasikan tiruan rangkaian gerak-gerak tari seperti pada gambar
o
Siswa
dengan kelompoknya menggabungkan gerakan tersebut dengan gerak-gerak tari
yang pernah mereka pelajari pada pada Pembelajaran 2.
o Peserta didik menyajikan secara
berulang-ulang sampai semua anggota kelompok menguasainya.
Rubrik “Menari” untuk mengukur ketercapaian kompetensi
REMEDIAL
Latihan
1
1.
Apa
sajakah nama gerakan – gerakan dalam pencak silat?
2.
Apakah
yang merupakan bagian utama pada tumbuhan? Apa fungsinya?
3.
Sebutkan
bagian – bagian dari bunga serta fungsinya!
4.
Apakah
ciri – ciri batang?
5.
Apakah
perbedaan dari batang yang berkayu dengan batang yang tidak berkayu?
Jelaskan!
PENGAYAAN
o Tebak
Kata Kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan semua siswa untuk mereview
materi pembelajaran pada hari itu melalui permainan Tebak Kata.
Langkah Kegiatan:
o
Guru
menyiapkan beberapa kosa kata penting yang digunakan selama pembelajaran pada
hari itu dan menuliskannya pada beberapa potongan kertas (dari PJOK, IPA dan
SBdP.
o
Siswa
dibagi menjadi dua kelompok besar.
o
Permainan
dibagi menjadi empat sampai lima babak (tergantung jumlah kata yang
disiapkan), masing-masing babak diwakili oleh satu orang yang berbeda dari
masing-masing kelompok.
o
Tugas
perwakilan kelompok adalah menjelaskan kata yang diberikan Guru dengan
menggunakan gerakan badan dan mimic wajah. Tidak diperkenankan membuat suara
apalagi menjelaskannya dengan menggunakan kata-kata.
o
Ketika
anggota perwakilan menjelaskan, anggota kelompok yang lain harus menebaknya
dalam satu satuan waktu yang ditentukan, misalnya dua puluh detik.
o
Kelompok
yang menang adalah kelompok yang paling banyak menjawab dengan benar.
o
Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan tersebut.
o Guru memfasilitasi diskusi baik
untuk menguatan maupun untuk klarifikasi berdasarkan permainan tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Ceklis Gerak
Pencak Silat
|
||
Siswa dapat melakukan:
|
Terlihat
|
Masih Perlu
Bimbingan
|
Sikap awal dan posisi kuda -
kuda
|
|
|
Menyerang dengan tangan
|
|
|
Menonjok dengan satu tangan
|
|
|
Memarang dari kanan atas
|
|
|
Memarang ke kiri bawah
|
|
|
Rubrik
“Tabel Informasi”
Kompetensi
yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang bunga dan batang tanaman
Keterampilan siswa dalam mengamati dan menyajikan
informasi hasil pengamatan
Sikap disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa menjabarkan semua bagian
- bagian dan kegunaan Batang/ bunga dengan sangat tepat dan detil.
|
Siswa menjabarkan sebagian
besar dari bagian - bagian dan kegunaan Batang/ bunga dengan tepat dan cukup
detil.
|
Siswa menjabarkan beberapa
bagian - bagian dan kegunaan Batang/bunga dengan cukup tepat namun kurang
detil.
|
Siswa HANYA menjabarkan sedikit
bagian - bagian dan kegunaan Batang/bunga dengan kurang tepat dan tidak
detil.
|
Pengamatan
|
Siswa sangat cermat dalam
mengamati bagian - bagian batang/ bunga dan mampu menggambarkannya dengan
baik
|
Siswa cukup cermat dalam
mengamati bagian - bagian batang/ bunga dan mampu menggambarkannya dengan
cukup baik
|
Siswa kurang cermat dalam
mengamati bagian - bagian batang/bunga dan kurang mampu menggambarkannya
dengan baik
|
Siswa tidak cermat dalam
mengamati bagian - bagian batang/bunga dan tidak mampu menggambarkannya
dengan baik
|
Keterampilan
|
Tabel laporan sangat lengkap
dan terlihat sangat rapi
|
Tabel laporan cukup lengkap dan
terlihat rapi
|
Tabel laporan kurang lengkap
dan terlihat kurang rapi
|
Tabel laporan tidak lengkap dan
terlihat tidak rapi
|
Sikap
|
Seluruh anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengisi tabel
|
Beberapa anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengisi tabel
|
Seluruh anggota terlihat
bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun
dalam pengawasan guru
|
Seluruh anggota terus
bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik Kelompok Menari
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang properti tari dan rangkaian
gerakan tari
Keterampilan siswa dalam menampilkan rangkaian gerakan
tari
Sikap kerjasama siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Mampu
menggabungkan kedua jenis tarian de-ngan memperhatikan nilai
harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap dengan properti yang
sangat mendukung
|
Cukup
mampu menggabungkan kedua jenis tarian dengan memperhatikan nilai
harmoni, keutuhan dan keseimbangan de-ngan properti yang cukup mendukung
|
Kurang
mampu menggabungkan kedua jenis tarian, kurang memperhatikan nilai
harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap, properti yang digunakan
kurang mendukung
|
Tidak
mampu menggabungkan kedua jenis tarian, tidak memperhatikan
nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap, dengan properti
yang tidak mendukung
|
Ketrampilan menampilkan
rangkaian gerakan tari
|
Presentasi
ta-rian dan lagu disampaikan dengan cara yang sangat kreatif dengan memperhatiakn
ketiga unsur tari (harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi
tarian dan lagu disampaikan de-ngan cara yang kreatif dengan memperhatikan
hnaya dua nilai unsur tari saja (diantara nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi
tarian disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana
hampir sebagian besar dari nilai unsur tari tidak terlihat
secara maksimal (diantara nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi
tarian disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana
seluruh nilai
unsur tari tidak terlihat
|
Sikap Kerjasama
|
Seluruh anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
|
Beberapa anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
|
Seluruh anggota terlihat
bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja sama mereka sekalipun
dalam pengawasan guru
|
Seluruh anggota terus
bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks
bacaan tentang mengenal batang dan bunga pada tumbuhan.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Keterangan:
1.
…………………………………………..
2.
…………………………………………..
3.
…………………………………………..
4.
…………………………………………..
5.
…………………………………………..
6.
…………………………………………..
7.
…………………………………………..
8.
…………………………………………..
9.
…………………………………………..
10. …………………………………………..
MEDIA
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment