Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 14 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/1
Tema 5                                       : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1  Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian batang tumbuhan
3.2.2  Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian bunga pada tumbuhan
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan bagian batang pada tumbuhan yang berbeda
4.2.2  Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan jenis bunga pada tumbuhan yang berbeda

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
3.3.1  Mengidentifikasikan macam-macam properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12.1 Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
3.2.1 Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia
4.2.1 Membuat laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi  manusia.

d) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.1 Menjelaskan berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat.
3.4.2 Menyebutkan berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
 44.1  Melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri

C. Materi Pembelajaran :
1.       Isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
2.       Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
3.      Bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
4.       Variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
Mengamati
o   Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
o   Siswa mengamati gerakan - gerakan pencak silat yang diperagakan guru.
o   Siswa berlatih kuda-kuda melalui permainan tarik tambang, siswa dengan bimbingan guru mengikuti instruksi seperti yang disajikan di buku siswa:
o   Buatlah dua kelompok yang sama postur tubuhnya, masing-masing 5 - 8 siswa.
o   Kedua kelompok berdiri berhadapan sambil memegang tali tambang.
o   Siswa membuat kuda-kuda, kaki kanan di depan.
o   Setelah aba-aba diberikan, permainan dimulai.
o   Kedua kelompok saling tarik menarik dengan tetap membuat sikap kuda-kuda.
o   Pemenang adalah kelompok yang dapat melewati garis batas tengah.
o   Permainan dapat diulang dengan merubah posisi kuda-kuda kaki kiri di depan
o   Siswa menanya tentang teks bacaan yang terdapat di buku siswa tentang mengenal batang dan bunga pada tumbuhan
o   Siswa menanyakan hal - hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut
o   Siswa melontarkan pertanyaan seperti: apakah peranan batang dan bunga pada tumbuhan?
o   Siswa bekerja dalam dua kelompok besar, yaitu kelompok batang dan kelompok bunga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kelompok lain
o   Setiap kelompok menuangkan jawabannya ke dalam sebuah tabel yang terdapat pada buku siswa
Rubrik “Tabel Informasi” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

MENGUMPULKAN INFORMASI
o   Peserta didik mengumpulkan data tentang properti dalam seni tari yang sudah dipelajari sebelumnya
o   Ukurlah pemahaman siswa tentang properti tari dengan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
o   Ingatkan kembali dua gerak tari yang menggunakan gendewa pada pelajaran 2
o   Mintalah siswa untuk bergabung dengan kelompoknya terdahulu dan bersama – sama mengamati dan melanjutkan latihan gerakan tarian bersama – sama (KEGIATAN MENCOBA)

MENGOMUNIKASIKAN
o   Siswa mempresentasikan tiruan rangkaian gerak-gerak tari seperti pada gambar
o   Siswa dengan kelompoknya menggabungkan gerakan tersebut dengan gerak-gerak tari yang pernah mereka pelajari pada pada Pembelajaran 2.
o   Peserta didik menyajikan secara berulang-ulang sampai semua anggota kelompok menguasainya.
Rubrik “Menari” untuk mengukur ketercapaian kompetensi

REMEDIAL
Latihan 1
1.      Apa sajakah nama gerakan – gerakan dalam pencak silat?
2.      Apakah yang merupakan bagian utama pada tumbuhan? Apa fungsinya?
3.      Sebutkan bagian – bagian dari bunga serta fungsinya!
4.      Apakah ciri – ciri batang?
5.      Apakah perbedaan dari batang yang berkayu dengan batang yang tidak berkayu? Jelaskan!

PENGAYAAN
o   Tebak Kata Kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan semua siswa untuk mereview materi pembelajaran pada hari itu melalui permainan Tebak Kata.

Langkah Kegiatan:
o   Guru menyiapkan beberapa kosa kata penting yang digunakan selama pembelajaran pada hari itu dan menuliskannya pada beberapa potongan kertas (dari PJOK, IPA dan SBdP.
o   Siswa dibagi menjadi dua kelompok besar.
o   Permainan dibagi menjadi empat sampai lima babak (tergantung jumlah kata yang disiapkan), masing-masing babak diwakili oleh satu orang yang berbeda dari masing-masing kelompok.
o   Tugas perwakilan kelompok adalah menjelaskan kata yang diberikan Guru dengan menggunakan gerakan badan dan mimic wajah. Tidak diperkenankan membuat suara apalagi menjelaskannya dengan menggunakan kata-kata.
o   Ketika anggota perwakilan menjelaskan, anggota kelompok yang lain harus menebaknya dalam satu satuan waktu yang ditentukan, misalnya dua puluh detik.
o   Kelompok yang menang adalah kelompok yang paling banyak menjawab dengan benar.
o   Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan tersebut.
o   Guru memfasilitasi diskusi baik untuk menguatan maupun untuk klarifikasi berdasarkan permainan tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Ceklis Gerak Pencak Silat
Siswa dapat melakukan:
Terlihat
Masih Perlu Bimbingan
Sikap awal dan posisi kuda - kuda


Menyerang dengan tangan


Menonjok dengan satu tangan


Memarang dari kanan atas


Memarang ke kiri bawah



Rubrik “Tabel Informasi”
Kompetensi yang dinilai:
                        Pengetahuan siswa tentang bunga dan batang tanaman
                        Keterampilan siswa dalam mengamati dan menyajikan informasi hasil pengamatan
                        Sikap disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas
           
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menjabarkan semua bagian - bagian dan kegunaan Batang/ bunga dengan sangat tepat dan detil.
Siswa menjabarkan sebagian besar dari bagian - bagian dan kegunaan Batang/ bunga dengan tepat dan cukup detil.
Siswa menjabarkan beberapa bagian - bagian dan kegunaan Batang/bunga dengan cukup tepat namun kurang detil.
Siswa HANYA menjabarkan sedikit bagian - bagian dan kegunaan Batang/bunga dengan kurang tepat dan tidak detil.
Pengamatan
Siswa sangat cermat dalam mengamati bagian - ba­gian batang/ bunga dan mampu menggam­barkannya dengan baik
Siswa cukup cermat dalam mengamati bagian - ba­gian batang/ bunga dan mampu menggam­barkannya dengan cukup baik
Siswa kurang cermat dalam mengamati ba­gian - bagian batang/bunga dan kurang mampu meng­gambarkannya dengan baik
Siswa tidak cermat dalam mengamati ba­gian - bagian batang/bunga dan tidak mampu meng­gambarkannya dengan baik
Keterampilan
Tabel laporan sangat lengkap dan terlihat sangat rapi
Tabel laporan cukup lengkap dan terlihat rapi
Tabel laporan kurang lengkap dan terlihat kurang rapi
Tabel laporan tidak lengkap dan terlihat tidak rapi
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengisi tabel
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengisi tabel
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam penga­wasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =


Rubrik Kelompok Menari
Kompetensi yang dinilai:
                        Pengetahuan siswa tentang properti tari dan rangkaian gerakan tari
                        Keterampilan siswa dalam menampilkan rangkaian gerakan tari
                        Sikap kerjasama siswa

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Mampu meng­gabungkan kedua je­nis tarian de-ngan mem­perhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara leng­kap dengan properti yang sangat men­dukung
Cukup mampu menggabung­kan kedua jenis tarian dengan mem­perhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseim­bangan de-ngan properti yang cukup mendukung
Kurang mampu menggabung­kan kedua jenis tarian, kurang memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara leng­kap, properti yang digunakan kurang mendu­kung
Tidak mampu menggabung­kan kedua je­nis tarian, ti­dak memper­hatikan nilai harmoni, keu­tuhan dan ke­seimbangan secara leng­kap, dengan properti yang tidak mendu­kung
Ketrampilan menampilkan rangkaian gerakan tari
Presentasi ta-rian dan lagu disampaikan dengan cara yang sangat kreatif dengan memperha­tiakn ketiga unsur tari (harmoni, keu­tuhan dan ke­seimbangan)
Presentasi tarian dan lagu disam­paikan de-ngan cara yang kreatif dengan mem­perhatikan hnaya dua nilai unsur tari saja (di­antara nilai harmoni, keu­tuhan dan ke­seimbangan)
Presentasi tari­an disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana hampir seba­gian besar dari nilai unsur tari tidak terlihat secara maksi­mal (diantara nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
Presentasi tarian disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh nilai unsur tari tidak terlihat
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
Seluruh ang­gota terlihat bermain-main namun masih mau memper­lihatkan kerja sama mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang mengenal batang dan bunga pada tumbuhan.


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006




Lembar Kerja Siswa 
(LKS)

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5


Keterangan:

1.        …………………………………………..
2.        …………………………………………..
3.        …………………………………………..
4.        …………………………………………..
5.        …………………………………………..
6.        …………………………………………..
7.        …………………………………………..
8.        …………………………………………..
9.        …………………………………………..
10.    …………………………………………..
 


MEDIA

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5



TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors