Home » » TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 14 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/1
Tema 5                                        : Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1     Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya

c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1        Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1        Membuat contoh iklan layanan masyarakat

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan disekolah dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.1        Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1       Menceritakan perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.2      Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
   3.3.1 Menjelaskan fungsi properti tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan
4.12.1    Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
  2. Bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
  3. Contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila
  4. Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Peserta didik mengamati gambar secara cermat tentang para Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
o   Siswa membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari keterkaitan isi bacaan dengan kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar negri
o   Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar dan teks bacaan
o   Siswa menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya berdasarkan teks bacaan
o   Siswa menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang telah diberikan dengan rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks bacaan
o   Siswa mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang topik yang dibicarakan
Gunakan rubrik “Jawaban Essay” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan: Mengumpulkan Informasi
o   Siswa bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang mencari informasi tentang macam-macam iklan
o   Siswa membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan memperhatikan definisi iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun iklan televisi
o   Siswa membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang diberikan
o   Siswa menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis dalam poster mereka
o   Siswa mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas berwarna spidol atau pensil warna-warni
o   Siswa membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain seperti musik, properti dan alat-alat lain yang diperlukan
o   Siswa berlatih secara berkelompok dan mempresentasikan hasil ikln layanan masyarakat mereka di depan kelas.
Gunakan rubrik “Iklan Layanan Masyarakat “dan “Presentasi kelompok “untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan: Mengasosiasi
o   Siswa menyimak sebuah percakapan dan menganalisis permasalahan dalam percakapan tersebut
o   Siswa menulis pemahaman mereka mengenai percakapan di lembar yang telah disediakan
o   Siswa merencanakan dan melakukan proses wawancara dengan anggota keluarga
o   Siswa memperhatikan petunjuk atau cara kerja
o   Siswa menyusun daftar pertanyaan yang sesuai dengan tujuan wawancara.
o   Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja yang telah diberikan
o   Siswa menulis laporan hasil wawancara dan menulis kesimpulan dari kegiatan wawancara
o   Siswa mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap penuh percaya diri
Gunakan Rubrik membuat pertanyaan wawancara” dan “Rubrik kegiatan dan presentasi wawancara “untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan: Mengomunikasikan
o   Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3 Pancasila
o   Siswa memperhatikan tahap pembuatan kartu dengan seksama
o   Siswa menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila pancasila
o   Siswa menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah di kartu ke 2 dan 3
o   Siswa menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah
o   Siswa bertukar kartu dan pengetahuan dengan teman-teman secara bergantian.
o   Gunakan “Penilaian Sikap Teman” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN
o   Siswa mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari pada pembelajaran sebelumnya.
o   Siswa menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang mereka ketahui dengan rinci
o   Siswa memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan melihat gambar yang ada
o   Siswa diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut
o   Siswa berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian tersebut dengan kompak dan penuh percaya diri.
o   Siswa bekerja sama dengan kelompok lain untuk mengiringi tarian kelompok mereka dengan musik yang bersal dari benda-bend yang ada sekitar
Gunakan rubrik “Presentasi Tarian” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa

REMEDIAL
Latihan 1
o   Jelaskan pendapatmu mengenai siapakah pahlawan devisa di Indonesia?
Latihan 2
o   Apa yang harus dilakukan oleh para TKI sebelum mereka pergi mencari pekerjaan ke luar negeri?
Latihan 3
o   Kemanakah daerah atau wilayah penerima TKI dari Indonesia?
Latihan 4
o   Berdasarkan pengamatanmu apa masalah yang sering timbul berkaitan dengan TKI Indonesia?
Latihan 5
o   Departemen apa yang mengurus secara resmi urusan Tenaga Kerja Indonesia?

PENGAYAAN
o   Amatilah aktivitas disekitar tempat tinggalmu yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya. Kemudian buatlah laporan hasil pengamatanmu secara tertulis

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
-                 Pengetahuan siswa tentang kegiatan eskpor impor jasa Indoenesia dengan luar negri
-                 Keterampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan dan sumber lainnya
-                 Sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
                         
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Keterampilan
Siswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

 
Rubrik Membuat wawancara
Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang hubungan aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
-            Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam kegiatan wawancara
-            Keterampilan siswa dalam menyusun pertanyaan dan menyajikan hasil wawancara
-            Sikap kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengeta­huan:
Isi dan hasil wawancara sesuai dengan topik yang diberikan
Wawancara dilakukan dengan sangat menarik dan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Sebagian besar wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Sebagian kecil wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam keseluruhan wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam keseluruhan wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian besar wawancara
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian kecil wawancara
SIkap:
Wawancara dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Sebagian besar wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Setengah dari proses wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Sebagian kecil dari wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
Keterampi­lan wawan­cara:
Teknik dan urutan wawancara yang dilaku­kan me-nunjukkan kemampuan wawancara yang baik
Teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar dan dilakukan dengan pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden
Teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
Sebagian besar teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
Sebagian kecil teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =


Daftar Cek Penilaian Diskusi
(Beri tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur!)

Kriteria Penilaian
Ya
Tidak
Teman saya aktif dalam memberikan pendapat
Teman saya aktif dalam memberikan pendapat
Teman saya aktif dalam memberikan pendapat
Teman saya memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi
Teman saya memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi
Teman saya memiliki pengetahuan yang sesuai dengan topik diskusi
Teman saya menghrgai pendapat teman lainnya
Teman saya menghrgai pendapat teman lainnya
Teman saya menghrgai pendapat teman lainnya
Teman saya berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
Teman saya berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
Teman saya berbicara dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi


Rubrik Kelompok Menari
Kompetensi yang dinilai:
-            Pengetahuan siswa tentang properti tari dan rangkaian gerakan tari
-            Keterampilan siswa dalam menampilkan rangkaian gerakan tari
-            Sikap kerjasama siswa
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Mampu meng­gabungkan kedua je­nis tarian dengan memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara leng­kap dengan properti yang sangat men­dukung
Cukup mam­pu meng­gabungkan kedua jenis tarian dengan memperha­tikan nilai harmoni, keutuhan dan keseim­bangan de-ngan properti yang cukup mendukung
Kurang mampu menggabung­kan kedua jenis tarian, kurang memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap, properti yang di­gunakan kurang mendukung
Tidak mam­pu meng­gabungkan kedua jenis tarian, tidak memperhati­kan nilai har­moni, keutu­han dan ke­seimbangan secara leng­kap, dengan properti yang tidak men­dukung
Ketrampilan menampilkan rangkaian gerakan tari
Presentasi tar­ian dan lagu disampaikan dengan cara yang sangat kreatif dengan memperha­tiakn ketiga unsur tari (harmoni, keu­tuhan dan ke­seimbangan)
Presentasi tarian dan lagu disam­paikan de-ngan cara yang krea-tif dengan memperha­tikan hanya dua nilai unsur tari saja (diantara nilai harmo­ni, keutuhan dan keseim­bangan)
Presentasi tarian disampaikan dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana hampir sebagian besar dari nilai unsur tari tidak terlihat secara maksimal (diantara nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
Presentasi tarian disampaikan dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh nilai unsur tari tidak terlihat
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
Seluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja sama mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Seluruh ang­gota terus bermain-main seka­lipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Pengetahuan tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Teknik membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan hasil wawancara.



Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                             RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berdasarkan bacaan pada bukumu, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat:

1.        Apakah keuntungan bagi negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk yang besar? 
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________   
 
2.      Apakah yang dilakukan para TKI sebelum mereka bekerja di luar negeri? 
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________ 
________________________________________________________________________

3.       Siapakah yang melatih para TKI dengan keterampilan dan bahasa? 
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________ 
________________________________________________________________________
 
4.        Mengapa mereka harus dilatih dengan keterampilan dan bahasa?
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________ 
________________________________________________________________________ 


IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors