RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/1
Tema 5 : Bangga
Sebagai Bangsa Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan.
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.5
Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menunjukkan
sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika
insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang
aktivitas manusia yang menunjukkan
adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
c) Bahasa Indonesia
1.2
Meresapi anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa
dan lingkungan alam
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan
ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1
Menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1
Membuat
contoh iklan layanan masyarakat
b) PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.4
Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah,
sekolah, dan masyarakat
3.1
Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dirumah dan
disekolah dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.1
Memberikan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam
sila ketiga Pancasila
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat
yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1 Menceritakan
perilaku di masyarakat sesuai nilai-nilai dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
b) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerja sama dan
berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.2 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam
tari.
3.3.1 Menjelaskan fungsi properti tari.
4.12
Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan
menggunakan properti dan iringan
4.12.1
Latihan
memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
dengan menggununakan properti dan iringan musik.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika insteraksinya dengan lingkungan sosial dan budayanya
- Bentuk-bentuk kegiatan ekspor import jasa antara Indonesia dan luar negeri.
- Contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila
- Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indonesiaku,
Bangsa yang Berbudaya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Peserta
didik mengamati gambar secara cermat tentang para Tenaga Kerja Indonesia
(TKI)
o
Siswa
membaca teks bacaan dengan cermat dan mencari keterkaitan isi bacaan dengan
kegiatan ekspor impor jasa Indonesia dengan luar negri
o Siswa diminta memberikan pendapat
tentang gambar dan teks bacaan
o
Siswa
menanya isi teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya
berdasarkan teks bacaan
o
Siswa
menjawab pertanyaan temannya berdasarkan acuan yang telah diberikan dengan
rinci sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan teks bacaan
o Siswa mengajukan pertanyaan
lanjutan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang topik yang dibicarakan
Gunakan
rubrik “Jawaban Essay” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan:
Mengumpulkan Informasi
o
Siswa
bekerja secara berkelompok masing-masing 3 orang mencari informasi tentang
macam-macam iklan
o
Siswa
membuat sebuah iklan layanan masyarakat dengan memperhatikan definisi iklan
layanan masyarakat baik dalam bentuk poster maupun iklan televisi
o
Siswa
membaca dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang diberikan
o
Siswa
menentukan gambar dan pesan yang akan mereka tulis dalam poster mereka
o
Siswa
mendekorasi iklan poster mereka dengan kertas berwarna spidol atau pensil
warna-warni
o
Siswa
membuat skenario dan menentukan unsur pendukung lain seperti musik, properti
dan alat-alat lain yang diperlukan
o Siswa berlatih secara
berkelompok dan mempresentasikan hasil ikln layanan masyarakat mereka di
depan kelas.
Gunakan
rubrik “Iklan Layanan Masyarakat “dan “Presentasi kelompok “untuk mengukur
pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan:
Mengasosiasi
o Siswa menyimak sebuah percakapan dan
menganalisis permasalahan dalam percakapan tersebut
o Siswa menulis pemahaman mereka mengenai
percakapan di lembar yang telah disediakan
o Siswa merencanakan dan melakukan proses
wawancara dengan anggota keluarga
o Siswa memperhatikan petunjuk atau cara
kerja
o Siswa menyusun daftar pertanyaan yang
sesuai dengan tujuan wawancara.
o Siswa melakukan tahap-tahap cara kerja
yang telah diberikan
o Siswa menulis laporan hasil wawancara
dan menulis kesimpulan dari kegiatan wawancara
o
Siswa
mempresentasikan hasil laporan wawancara dengan sikap penuh percaya diri
Gunakan Rubrik membuat pertanyaan
wawancara” dan “Rubrik kegiatan dan presentasi wawancara “untuk mengukur
pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan:
Mengomunikasikan
o Siswa membuat kartu penerapan sila ke 3
Pancasila
o Siswa memperhatikan tahap pembuatan
kartu dengan seksama
o
Siswa
menggambar lambang sila ke 3 dan menulis sila pancasila
o
Siswa
menyajikan penerapan sila ke 3 di lingkungan sekolah di kartu ke 2 dan 3
o
Siswa
menerapkan sila ke 3 di lingkungan rumah
o Siswa bertukar kartu dan
pengetahuan dengan teman-teman secara bergantian.
o Gunakan “Penilaian Sikap Teman”
untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Kegiatan MENGOMUNIKASIKAN
o
Siswa
mengingat kembali gerak tari yang telah mereka pelajari pada pembelajaran
sebelumnya.
o
Siswa
menuliskan tahapan dan cara gerakan dasar tari yang mereka ketahui dengan
rinci
o
Siswa
memperhatikan tambahan gerakan dasar tarian dengan melihat gambar yang ada
o
Siswa
diminta menggabungkan gerakan dasar tarian tersebut
o
Siswa
berlatih secara berkelompok serta menampilkan tarian tersebut dengan kompak
dan penuh percaya diri.
o Siswa bekerja sama dengan
kelompok lain untuk mengiringi tarian kelompok mereka dengan musik yang
bersal dari benda-bend yang ada sekitar
Gunakan rubrik
“Presentasi Tarian” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
REMEDIAL
Latihan 1
o
Jelaskan pendapatmu mengenai siapakah pahlawan devisa di
Indonesia?
Latihan 2
o
Apa yang harus dilakukan oleh para TKI sebelum mereka pergi
mencari pekerjaan ke luar negeri?
Latihan 3
o
Kemanakah daerah atau wilayah penerima TKI dari Indonesia?
Latihan 4
o
Berdasarkan pengamatanmu apa masalah yang sering timbul
berkaitan dengan TKI Indonesia?
Latihan 5
o Departemen apa yang mengurus secara resmi urusan Tenaga Kerja
Indonesia?
PENGAYAAN
o Amatilah aktivitas disekitar tempat tinggalmu yang menunjukkan
adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya. Kemudian
buatlah laporan hasil pengamatanmu secara tertulis
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang kegiatan eskpor impor jasa Indoenesia dengan
luar negri
-
Keterampilan siswa dalam mencari informasi dari bacaan dan sumber
lainnya
-
Sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
|
Siswa mampu memberikan alasan
yang tepat pada semua jawaban
|
Siswa mampu memberikan alasan
yang tepat hampir disemua jawaban
|
Siswa mampu memberikan alasan
yang tepat pada beberapa jawaban
|
Siswa mampu memberikan alasan
pada beberapa jawaban namun kurang tepat
|
|
Kemandirian & Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Sangat
mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih
perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak
menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Keterampilan
|
Siswa
mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Rubrik Membuat wawancara
Kompetensi yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang hubungan aktivitas manusia
yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
-
Ketrampilan siswa dalam menggunakan Bahasa Indoensia
yang baik dan benar dalam kegiatan wawancara
-
Keterampilan siswa dalam menyusun pertanyaan dan
menyajikan hasil wawancara
-
Sikap kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Isi
dan hasil wawancara sesuai dengan topik yang diberikan
|
Wawancara
dilakukan dengan sangat menarik dan sesuai topik dan tujuan yang diberikan
menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang
diberikan
|
Wawancara
dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan penguasaan dan
pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Sebagian
besar wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan
penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Sebagian
kecil wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan menunjukkan
penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang diberikan
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam keseluruhan
wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam keseluruhan wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian besar wawancara
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam sebagian kecil wawancara
|
SIkap:
Wawancara
dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas
pemenuhan tugas
|
Wawancara
dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab untuk
memenuhi tugas yang diberikan
|
Sebagian
besar wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung
jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Setengah
dari proses wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh
tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Sebagian
kecil dari wawancara dilakukan dengan mandiri, baik dan benar serta penuh
tanggung jawab untuk memenuhi tugas yang diberikan
|
Keterampilan
wawancara:
Teknik
dan urutan wawancara yang dilakukan me-nunjukkan kemampuan wawancara yang
baik
|
Teknik
wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar dan dilakukan dengan
pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi responden
|
Teknik
wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan penguasaan
dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Sebagian
besar teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan
penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Sebagian
kecil teknik wawancara dan urutan wawancara yang dilakukan benar menunjukkan
penguasaan dan ketrampilan wawancara yang dimiliki
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
Daftar Cek Penilaian Diskusi
(Beri tanda √ pada
kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan secara Jujur!)
Kriteria Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Teman saya aktif dalam
memberikan pendapat
|
Teman saya aktif dalam
memberikan pendapat
|
Teman saya aktif dalam
memberikan pendapat
|
Teman saya memiliki pengetahuan
yang sesuai dengan topik diskusi
|
Teman saya memiliki
pengetahuan yang sesuai dengan topik
diskusi
|
Teman saya memiliki pengetahuan
yang sesuai dengan topik diskusi
|
Teman saya menghrgai pendapat teman
lainnya
|
Teman
saya menghrgai pendapat
teman lainnya
|
Teman saya menghrgai pendapat
teman lainnya
|
Teman saya berbicara
dengan suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
|
Teman saya berbicara dengan suara
jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
|
Teman saya berbicara dengan
suara jelas dan nyaring serta intonasi yang bervariasi
|
Rubrik
Kelompok Menari
Kompetensi yang dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang properti tari dan rangkaian
gerakan tari
-
Keterampilan siswa dalam menampilkan rangkaian gerakan
tari
-
Sikap kerjasama siswa
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Mampu menggabungkan kedua jenis
tarian dengan memperhatikan nilai
harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap dengan properti yang
sangat mendukung
|
Cukup mampu menggabungkan
kedua jenis tarian dengan memperhatikan
nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan de-ngan properti yang cukup
mendukung
|
Kurang mampu menggabungkan
kedua jenis tarian, kurang
memperhatikan nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap,
properti yang digunakan kurang mendukung
|
Tidak mampu menggabungkan
kedua jenis tarian, tidak memperhatikan
nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan secara lengkap, dengan properti
yang tidak mendukung
|
Ketrampilan menampilkan
rangkaian gerakan tari
|
Presentasi tarian dan lagu
disampaikan dengan cara yang sangat kreatif dengan memperhatiakn ketiga
unsur tari (harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi tarian dan lagu
disampaikan de-ngan cara yang krea-tif dengan memperhatikan hanya dua nilai unsur tari saja (diantara nilai
harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi tarian disampaikan
dengan cara yang kurang menarik, kurang inovatif, dimana hampir sebagian
besar dari nilai unsur tari tidak
terlihat secara maksimal (diantara nilai harmoni, keutuhan dan keseimbangan)
|
Presentasi tarian disampaikan
dengan cara yang tidak menarik, tidak inovatif, dimana seluruh nilai unsur tari tidak terlihat
|
Sikap Kerjasama
|
Seluruh anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
|
Beberapa anggota terlihat
bersungguh-sungguh dalam menampilkan tarian
|
Seluruh anggota terlihat
bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja sama mereka sekalipun dalam
pengawasan guru
|
Seluruh anggota terus
bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Pengetahuan
tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Gambar-gambar contoh Iklan Layanan
Masyarakat (ILM), Teori ciri dan karakteristik Iklan Layanan Masyarakat (ILM),
Teknik membuat pertanyaan wawancara, melakukan wawancara dan membuat laporan
hasil wawancara.
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan bacaan pada bukumu, jawablah pertanyaan berikut
dengan cermat:
1.
Apakah
keuntungan bagi negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk yang besar?
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2.
Apakah yang dilakukan para TKI sebelum mereka bekerja
di luar negeri?
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
3. Siapakah yang melatih para TKI dengan keterampilan dan
bahasa?
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
4.
Mengapa mereka
harus dilatih dengan keterampilan dan bahasa?
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 4
TEMA 5 KELAS 5 SUB 2 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment