RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ 2
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan
perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, dan
politik
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab,
peduli, percaya diri dalam mengembangkan
pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
hasil telaah tentang interaksi
manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan
dari dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi dalam berbagai
bentuk media (lisan, tulisan,
gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Menyajikan
hasil telaah tentang interaksi
manusia dengan lingkungan sehubungan dengan kesehatan masyarakat secara tertulis
dan menggunakan gambar
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang diakui
sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu
pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan
ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan
investigasi tentang cirri khusus
makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan
dengan bantuan guru dan teman dalam
ahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.1.1 Mengumpulkan
informasi penting dari teks
laporan investigasi tentang
campuran dan larutan
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran
dan larutan secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1.1 Menulis
teks laporan investigasi tentang
campuran dan larutan.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan
campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan
menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melaporkan
secara tertulis hasil
percobaan tentang campuran
dan larutan
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o
Membaca dan
mengamati tentang campuran
dan larutan
o
Menulis teks
laporan investigasi berdasarkan
pengamatan
o
Menelaah interaksi
manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa kesehatan
adalah merupakan hak asasi manusia dan merupakan
kesejahteraan yang harus dipenuhi sesuai
dengan cita-cita bangsa Indonesia dalam
o
Pancasila dan
Undang-Undang Dasar Negara
o
Republik
Indonesia Tahun 1945. Salah satu cara
menjadi negara yang kuat adalah dengan menciptakan
masyarakat sehat. Hal tersebut dapat dimulai
dari tingkat sekolah.
o
Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang
berjudul Sehat di Sekolah,
Sehat di Rumah
o
Ketika siswa
membaca, guru berkeliling dari satu meja ke meja lainnya untuk mengamati siswa dan memberikan motivasi bagi siswa yang
memerlukan.
o
Siswa mendiskusikan gambar dan teks secara
berkelompok dan membuat daftar pertanyaan
untuk hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang sekolah sehat.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
siswa
o
Siswa mendiskusikan secara berkelompok jawaban atas
pertanyaan yang telah mereka buat.
o
Siswa membandingkan antara sekolah mereka dengan SD
Negeri Melati.
o
Siswa menuliskan persamaan dan perbedaan antara
sekolah mereka dengan SD Negeri Melati.
o
Siswa mencari tahu mengapa SD Negeri Melati
mengimbau seluruh siswanya untuk
mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan mengapa siswa tidak diperkenankan jajan
sembarangan.
o
Siswa mengamati gambar jajanan yang sering ditemui
di lingkungan sekolah.
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o
Siswa melakukan curah pendapat secara berpasangan
dan menuliskan hasilnya pada peta
pikiran seperti di bawah ini.
o
Siswa mencari tahu apa saja campuran dan larutan
yang terdapat pada makanan dan minuman
dengan melakukan wawancara kepada penjual yang ada di sekitar sekolah mereka.
o
Siswa menuliskan temuan mereka pada bagan yang
terdapat dalam buku siswa.
o
Setelah mengetahui bahan pembuat makanan dan minuman
yang dijual di sekitar sekolah
mereka, siswa mengelompokkan makanan dan minuman tersebut berdasarkan campuran dan larutan
pada bagan yang terdapat
dalam buku siswa
o
Setelah mengumpulkan data tentang berbagai jajanan
yang ada di sekitar sekolah melalui
wawancara, siswa menulis laporan.
o
Laporan harus mencakup: hari dan tanggal pelaksanaan
wawancara, tujuan wawancara, jumlah
penjual yang diwawancarai, jenis jajanan yang dijual, bahan-bahan pembuat jajanan, pengelompokan
makanan berdasarkan larutan dan
campuran, serta kesimpulan
o
Siswa
mempresentasikan laporannya secara bergantian dalam kelompok yang terdiri atas 5-6 orang.
o
Siswa
menganalisis pertanyaan:
o
Mengapa kita
perlu mengetahui tentang campuran dan larutan?
o
Apa hubungannya
antara campuran - larutan dan kesehatan?
o
Siswa menjawab
pertanyaan di atas berdasarkan informasi bacaan.
o
Siswa kembali
menjawab pertanyaan berdasarkan hasil wawancara, hasil diskusi, informasi bacaan, dan menuliskannya pada
diagram ikan yang tersedia
o
Siswa melakukan
perenungan harian dengan menjawab serangkaian pertanyaan.
o
Negara yang kuat
lahir dari masyarakat yang senantiasa bekerja sama.
o
Bentuk kerja sama
apa yang sudah kamu lakukan di sekolah agar tercipta masyarakat sehat?
o
Tuhan sangat
menyenangi umatnya yang senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Setelah belajar hari ini, apa
tindakan yang dapat kamu lakukan
untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sebagai bentuk rasa syukur?
o
Kamu telah
belajar tentang campuran dan larutan, menurutmu, mengapa kita perlu mengetahui hal tersebut? Apa manfaatnya
untuk kesehatanmu dan
kesehatan masyarakat?
Pengayaan
o
Siswa mencari
informasi lebih lanjut lagi tentang jenis-jenis jajanan yang berbahaya bagi kesehatan.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami pentingnya kesehatan lingkungan, akan mengulang
o
tugas pemahaman
bacaan dan menjawab pertanyaan dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1.
PPKn dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman
yang
sedang berbicara
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara
namun
sesekali
masih
perlu
diingatkan
|
Masih
perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
namun
tidak
mengindahkan
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
non
verbal
dengan tepat
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap komunikasi non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan
teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman, selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan topik
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang
sesuai
dengan topik
|
Jarang
berbicara
Selama
proses diksusi berlangsung
|
2.
IPA dan Bahasa
Indonesia dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Membaca:
menjawab
pertanyaan
bacaan
|
Menuliskan
5
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
4
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
3
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
2
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menulis:
tulisan
laporan
hasil
investigasi
|
•• Pemakaian
huruf besar
benar
•• Pemakaian
tanda baca
tepat
•• Penggunaan
kosa kata
baku benar
•• Tulisan rapi
dan terbaca
•• Informasi
berdasarkan
fakta hasil
investigasi
|
Memenuhi
4
dari 5
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
3
dari 5
kriteria
di kolom 1
|
Hanya
memenuhi
2
kriteria
|
Berbicara
|
Siswa
melakukan
wawancara
dengan:
•• Pertanyaan
Yang jelas dan
dimengerti
•• Suara terdengar
dengan
jelas
•• Percaya diri
|
Memenuhi 2
dari 3
kriteria
di
kolom 1
|
Memenuhi
1
dari 3
kriteria
di kolom 1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di kolom 1
|
Menyimak
|
Siswa
menyimak
jawaban
nara
sumber
dengan:
•• Penuh perhatian
•• Menulis
Informasi hasil
wawancara
dengan
tepat
•• Memberikan
Tanggapan dengan tepat
|
Memenuhi 2
dari 3
kriteria
di
kolom 1
|
Memenuhi
1
dari 3
kriteria
di kolom
1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di
kolom 1
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan
tugas
dengan:
•• Tekun
•• Mandiri
•• Percaya diri
•• Selesai tepat
waktu
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
2
dari
4 kriteria
di kolom 1
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 20
Nilai =
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
o
Kondisi lingkungan
sekolah untuk diobservasi.
o
Penjual jajanan makanan dan minuman di sekitar sekolah
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19800611 200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS
Diskusikan gambar dan teks secara berkelompok dan buat daftar pertanyaan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang sekolah sehat
Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dapat kamu pelajari dari SD Negeri Melati2. Apakah hal tersebut juga perlu diterapkan di sekolahmu? Jelaskan apa yang perlu diterapkan di sekolahmu
3. Mengapa hal tersebut perlu diterapkan
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment