RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti
aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis,
kritis, dan kreatif
3.12 Memahami
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat
untuk mendapatkan informasi
tertentu
4.11 Mengumpulkan
data menggunakan kuesioner sederhana,
mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang
sesuai
4.11.1 Menjelaskan
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat
untuk mendapatkan informasi
tertentu
4.12 Menarik
kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan
statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menyajikan
data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner
4.12.2 Menulis
kesimpulan berdasarkan tabel/tally
b) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman
agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan
upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha
Esa atas sekitar penciptaan
manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban
dalam keluarga, sekolah dan
lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami
manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan
ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menjelaskan
berbagai kegiatan masyarakat
dalam rangka menciptakan lingkungan sehat
4.3 Melaporkan
secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat
yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah,
dan masyarakat
4.3.1 Melaporkan
secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat dalam menciptkan
lingkungan sehat
c) SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap
tanah air
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.4 Menyajikan
berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan
3.4.1 Menjelaskan
nilai-nilai terkait dengan
kebiasaan masyarakat mengolah
sampah organic atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16 Membuat produk
olahan sampah organik atau sampah anorganik
di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat
produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
•
Melakukan observasi
dan menerapkan kuesioner untuk mengumpulkan data
•
Melakukan
investigasi dan menyajikan data dalam
bentuk turus
•
Membuat karya seni
dari hasil olahan sampah
organik dan bahan alam
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
·
Siswa diberikan
pemahaman tentang langkah pertama yang
harus dilakukan saat akan mencari data, yaitu dengan
menggali informasi dari sebuah hasil survei.
·
Siswa mengamati
tabel dan grafik hasil survei jajanan yang paling sering dibeli oleh siswa.
·
Siswa
mendiskusikan jawaban beberapa pertanyaan dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
o
Apa informasi penting yang kamu temukan dari tabel
dan grafik tersebut? Jelaskan.
o
Apa makanan yang paling sering dibeli oleh siswa?
o
Berapa jumlah siswa yang memberikan jawaban dalam
survei tersebut?
o
Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
o
Tulis hasil analisis kelompokmu terhadap tabel dan
grafik tadi beserta komentar dan
saran.
o
Menurutmu, apakah semua jajanan yang mereka beli
sehat? Jelaskan alasan jawabanmu.
·
Siswa melakukan survei untuk mengetahui jenis jajanan yang paling
sering dibeli oleh siswa.
·
Sebelum melakukan survei, siswa memperhatikan langkah-langkah yang diberikan, yaitu:
·
Survei akan dilaksanakan secara
berkelompok, dan tiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
·
Diskusikan dan buat perencanaan untuk
melakukan survei (tentukan waktu, jumlah responden yang akan disurvei, tempat
pelaksanaan, dan pembagian
tugas).
·
Tulis pertanyaan yang akan diajukan
dalam bentuk kuesioner.
·
Sebarkan kuesioner kepada responden yang
sudah ditentukan.
·
Kumpulkan kuesioner.
·
Kuesioner yang telah terkumpul akan diolah pada pertemuan berikutnya.
·
Komunikasikan pada siswa bahwa mereka akan mengetahui lebih jauh lagi
·
tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD
Negeri Melati
·
Siswa membaca dan memahami kerja sama antara berbagai pihak untuk menciptakan
Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat, khususnya di
sekolah. Pihak-pihak tersebut antara lain: Puskesmas, Sekolah,
·
Pemuka/pejabat daerah, dan tentunya peran aktif semua warga untuk mewujudkan
PHBS.
·
Siswa secara berpasangan mendiskusikan beberapa pertanyaan, yaitu:
·
Apa saja bentuk kerja sama yang dilakukan di SD Negeri Melati yang melibatkan
orang tua dan Puskesmas setempat?
·
Menurut pendapatmu, apa manfaat yang diperoleh siswa dalam kegiatan tersebut?
·
Mengapa kerja sama sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat sehat?
·
Apa saja bentuk kerja sama yang telah dilakukan di sekolahmu untuk menciptakan
Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)?
·
Apa yang kamu pelajari dari PHBS di SD Negeri Melati?
·
Apa yang perlu dilakukan sekolahmu agar bisa menerapkan PHBS seperti di
SD Negeri Melati?
·
Setelah mengetahui kegiatan PHBS di SD Negeri Melati, buatlah laporan tertulis
menggunakan kata-katamu sendiri.
·
Salah satu kegiatan PHBS di SD Negeri melati adalah memilah sampah dan
mengolahnya menjadi hasil karya seni kreatif.
·
Siswa mempelajari beberapa cara memanfaatkan bahan sampah dari alam menjadi
karya seni kreatif yang memiliki nilai jual.
·
Siswa mengamati beberapa jenis tanaman
apotek hidup yang ada di lingkungan SD Negeri Melati, antara lain: sereh,
cengkeh, melati, bunga mawar, pandan, jahe, dan lain-lain
·
Siswa mempelajari langkah-langkah
mengolah bahan alam menjadi pewangi ruangan.
·
Siswa mempelajari
langkah-langkah mengolah bahan alam menjadi potpourri melalui proses
pengeringan
·
Menggunakan bahan-bahan yang dibawa dari rumah, siswa mendiskusikan dalam
kelompok yang terdiri atas 4-5 orang untuk melakukan proses pengeringan
sesuai dengan petunjuk pada teks yang telah kamu baca.
·
Siswa akan melanjutkan proses pembuatan potpourri pada
pertemuan berikutnya.
·
Siswa melakukan
refleksi tentang pemanfaatan bahan alam secara bijak yang merupakan penerapan
dari rasa bersyukur pada Tuhan yang telah menciptakan alam lingkungan.
Pengayaan
·
Siswa mencari
informasi lebih banyak lagi tentang jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan
menjadi potpourri.
·
Siswa bekerja
sama dengan orang tua untuk mengumpulkan tambahan bahan untuk membuat
potpourri.
·
Siswa
mengumpulkan dan mengeringkan bahan alam tersebut untuk membuat potpourri di
pertemuan berikutnya.
Remedial
·
Siswa yang belum
memahami konsep data, akan mengerjakan tugas dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian
tugas Matematika: mengumpulkan dan mengolah data
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterampilan
berpikir
|
Membuat
rencana
dan
melaksanakannya
untuk menemukan
masalah.
Strategi
yang
digunakan
sesuai
dan dapat
menyelesaikan
masalah.
|
Membuat
rencana
dan
melaksanakannya
untuk
menemukan
masalah.
Strategi
yang
digunakan
sesuai
namun
tidak
dapat
menyelesaikan
masalah.
|
Membuat
rencana
dan
melaksanakann
untuk menemukan
masalah.
Strategi
yang
digunakan
tidak
sesuai
sehingga
tidak dapat
menyelesaikan
masalah
|
Rencana
yang
dihasilkan
tidak
sesuai
dengan
kebutuhan.
Tidak
ada
strategi yang
dihasilkan
|
Pengetahuan
dan
Pemahaman
|
Pemahaman
ditunjukkan
saat
mendemonstrasikan
hasil percobaan,
penulisan
hasil
percobaan
dan
jumlah
percobaan
yang
dilakukan
atau dipahami.
|
Pemahaman
ditunjukkan
saat
mendemonstrasikan
2 dari 3 yang
diharapkan
|
Pemahaman
ditunjukkan
saat
mendemonstrasikan
1 dari 3 yang
diharapkan
|
Pemahaman
ditunjukkan
saat
mendemonstrasikan
konsep tidak sesuai dengan konsep
|
Aplikasi
|
Menggunakan
turus,
diagram,
atau
tabel
dengan
benar
saat
melakukan
percobaan.
|
Menggunakan
turus,
diagram,
atau
tabel saat
melakukan
percobaan.
Namun
masih
terlihat
kurang
sesuai
untuk
sebagian
kecil kegiatan.
|
Menggunakan
turus,
diagram,
atau
tabel
dengan
benar
saat
melakukan
percobaan.
Namun masih
sering dibimbing saat pelaksanaannya.
|
Membutuhkan
bimbingan
untuk
setiap
kegiatan
dengan
menggunakan
turus,
diagram,
tabel.
|
Komunikasi
|
Mengomunikasikan
hasil
pekerjaan
dengan
logis,
sistematis
dan menggunakan
kalimat
matematika
dengan
benar
|
Mengomunikasikan
hasil pekerjaan
dengan
logis, dan
menggunakan
kalimat matematika
dengan
benar
namun
kurang
sistematis.
|
Mengomunikasikan
hasil pekerjaan
dengan
logis
namun
kurang
sistematis;
atau
penggunaan
kalimat
matematika
kurang
benar.
|
Masih
membutuhkan
bimbingan
saat
mengomunikasikan
hasil.
|
2.
Penilaian tugas
PPKn : diskusi
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman
yang
sedang berbicara
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara
namun
sesekali
masih
perlu diingatkan
|
Masih
perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang berbicara
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
namun
tidak
mengindahkan
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah,
suara)
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
non
verbal
dengan tepat
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan teman
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal
yang
ditunjukkan teman
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non
verbal yang
ditunjukkan teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
lainnya
saat
diskusi
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan topik
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang
sesuai
dengan topik
|
Jarang
berbicara
selama
proses
diksusi
berlangsung
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
·
Beragam bahan alam
·
Lingkungan sekolah
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19800611 200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Setelah mengamati dan mempelajari hasil survei tadi,
tuliskan pertanyaan
tentang hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut
tentang hasil survei tersebut!
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Diskusikan pertanyaan tersebut dalam kelompok dan
tulis kesimpulan hasil
diskusimu!
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment