Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 15 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 6                                        : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
 2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.12 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
4.11.1 Menjelaskan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistic sederhana, tabel, dan grafik
4.12.1 Menyajikan data dalam bentuk tabel/tally berdasarkan kuesioner
4.12.2 Menulis kesimpulan berdasarkan tabel/tally

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas sekitar penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.3.1 Menjelaskan berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Melaporkan secara lisan dan tulisan kerja sama dalam masyarakat dalam menciptkan lingkungan sehat

c) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan
3.4.1 Menjelaskan nilai-nilai terkait dengan kebiasaan masyarakat mengolah sampah organic atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16 Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
4.16.1 Membuat produk olahan sampah organik dan anorganik di lingkungan sekitar

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
         Melakukan observasi dan menerapkan kuesioner untuk mengumpulkan data
         Melakukan investigasi dan menyajikan data dalam bentuk turus
         Membuat karya seni dari hasil olahan sampah organik dan bahan alam

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
·         Siswa diberikan pemahaman tentang langkah pertama yang harus dilakukan saat akan mencari data, yaitu dengan menggali informasi dari sebuah hasil survei.
·         Siswa mengamati tabel dan grafik hasil survei jajanan yang paling sering dibeli oleh siswa.
·         Siswa mendiskusikan jawaban beberapa pertanyaan dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
o   Apa informasi penting yang kamu temukan dari tabel dan grafik tersebut? Jelaskan.
o   Apa makanan yang paling sering dibeli oleh siswa?
o   Berapa jumlah siswa yang memberikan jawaban dalam survei tersebut?
o   Bagaimana cara kamu mengetahuinya?
o   Tulis hasil analisis kelompokmu terhadap tabel dan grafik tadi beserta komentar dan saran.
o   Menurutmu, apakah semua jajanan yang mereka beli sehat? Jelaskan alasan jawabanmu.
·         Siswa melakukan survei untuk mengetahui jenis jajanan yang paling sering dibeli oleh siswa.
·         Sebelum melakukan survei, siswa memperhatikan langkah-langkah yang diberikan, yaitu:
·         Survei akan dilaksanakan secara berkelompok, dan tiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
·         Diskusikan dan buat perencanaan untuk melakukan survei (tentukan waktu, jumlah responden yang akan disurvei, tempat pelaksanaan, dan pembagian tugas).
·         Tulis pertanyaan yang akan diajukan dalam bentuk kuesioner.
·         Sebarkan kuesioner kepada responden yang sudah ditentukan.
·         Kumpulkan kuesioner.
·         Kuesioner yang telah terkumpul akan diolah pada pertemuan berikutnya.
·         Komunikasikan pada siswa bahwa mereka akan mengetahui lebih jauh lagi
·         tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri Melati
·         Siswa membaca dan memahami kerja sama antara berbagai pihak untuk menciptakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat, khususnya di sekolah. Pihak-pihak tersebut antara lain: Puskesmas, Sekolah,
·         Pemuka/pejabat daerah, dan tentunya peran aktif semua warga untuk mewujudkan PHBS.
·         Siswa secara berpasangan mendiskusikan beberapa pertanyaan, yaitu:
·         Apa saja bentuk kerja sama yang dilakukan di SD Negeri Melati yang melibatkan orang tua dan Puskesmas setempat?
·         Menurut pendapatmu, apa manfaat yang diperoleh siswa dalam kegiatan tersebut?
·         Mengapa kerja sama sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat sehat?
·         Apa saja bentuk kerja sama yang telah dilakukan di sekolahmu untuk menciptakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)?
·         Apa yang kamu pelajari dari PHBS di SD Negeri Melati?
·         Apa yang perlu dilakukan sekolahmu agar bisa menerapkan PHBS seperti di SD Negeri Melati?
·         Setelah mengetahui kegiatan PHBS di SD Negeri Melati, buatlah laporan tertulis menggunakan kata-katamu sendiri.
·         Salah satu kegiatan PHBS di SD Negeri melati adalah memilah sampah dan mengolahnya menjadi hasil karya seni kreatif.
·         Siswa mempelajari beberapa cara memanfaatkan bahan sampah dari alam menjadi karya seni kreatif yang memiliki nilai jual.
·         Siswa mengamati beberapa jenis tanaman apotek hidup yang ada di lingkungan SD Negeri Melati, antara lain: sereh, cengkeh, melati, bunga mawar, pandan, jahe, dan lain-lain
·         Siswa mempelajari langkah-langkah mengolah bahan alam menjadi pewangi ruangan.
·         Siswa mempelajari langkah-langkah mengolah bahan alam menjadi potpourri melalui proses pengeringan
·         Menggunakan bahan-bahan yang dibawa dari rumah, siswa mendiskusikan dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 orang untuk melakukan proses pengeringan sesuai dengan petunjuk pada teks yang telah kamu baca.
·         Siswa akan melanjutkan proses pembuatan potpourri pada pertemuan berikutnya.
·         Siswa melakukan refleksi tentang pemanfaatan bahan alam secara bijak yang merupakan penerapan dari rasa bersyukur pada Tuhan yang telah menciptakan alam lingkungan.

Pengayaan
·         Siswa mencari informasi lebih banyak lagi tentang jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan menjadi potpourri.
·         Siswa bekerja sama dengan orang tua untuk mengumpulkan tambahan bahan untuk membuat potpourri.
·         Siswa mengumpulkan dan mengeringkan bahan alam tersebut untuk membuat potpourri di pertemuan berikutnya.

Remedial
·         Siswa yang belum memahami konsep data, akan mengerjakan tugas dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit
E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



1.      Penilaian

1. Penilaian tugas Matematika: mengumpulkan dan mengolah data
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Keterampilan
berpikir
Membuat
rencana dan
melaksanakannya
untuk menemukan
masalah. Strategi
yang digunakan
sesuai dan dapat
menyelesaikan
masalah.
Membuat
rencana dan
melaksanakannya
untuk menemukan
masalah. Strategi
yang digunakan
sesuai namun
tidak dapat
menyelesaikan
masalah.
Membuat
rencana dan
melaksanakann untuk menemukan
masalah.
Strategi yang
digunakan tidak
sesuai sehingga
tidak dapat
menyelesaikan
masalah

Rencana yang
dihasilkan tidak
sesuai dengan
kebutuhan. Tidak
ada strategi yang
dihasilkan
Pengetahuan dan
Pemahaman
Pemahaman
ditunjukkan saat
mendemonstrasikan hasil percobaan,
penulisan hasil
percobaan dan
jumlah percobaan
yang dilakukan
atau dipahami.
Pemahaman
ditunjukkan saat
mendemonstrasikan 2 dari 3 yang
diharapkan
Pemahaman
ditunjukkan saat
mendemonstrasikan 1 dari 3 yang
diharapkan
Pemahaman
ditunjukkan saat
mendemonstrasikan konsep tidak sesuai dengan konsep
Aplikasi
Menggunakan
turus, diagram,
atau tabel
dengan benar
saat melakukan
percobaan.
Menggunakan
turus, diagram,
atau tabel saat
melakukan
percobaan.
Namun masih
terlihat kurang
sesuai untuk
sebagian kecil kegiatan.
Menggunakan
turus, diagram,
atau tabel
dengan benar
saat melakukan
percobaan.
Namun masih sering dibimbing saat pelaksanaannya.
Membutuhkan
bimbingan
untuk setiap
kegiatan dengan
menggunakan
turus, diagram,
tabel.
Komunikasi
Mengomunikasikan hasil
pekerjaan dengan
logis, sistematis
dan menggunakan
kalimat
matematika
dengan benar
Mengomunikasikan hasil pekerjaan
dengan logis, dan
menggunakan
kalimat matematika
dengan benar
namun kurang
sistematis.
Mengomunikasikan hasil pekerjaan
dengan logis
namun kurang
sistematis; atau
penggunaan
kalimat
matematika
kurang benar.
Masih
membutuhkan
bimbingan saat
mengomunikasikan hasil.

2.      Penilaian tugas PPKn : diskusi
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindahkan
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan teman
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan teman

Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik


Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
·       Beragam bahan alam
·       Lingkungan sekolah



Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Bachtiar, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19800611 200504 1 001


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




Setelah mengamati dan mempelajari hasil survei tadi, tuliskan pertanyaan
tentang hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang hasil survei tersebut!

…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………   



Diskusikan pertanyaan tersebut dalam kelompok dan tulis kesimpulan hasil
diskusimu!
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………


MEDIA

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2
           
 
 TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors