RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
3.6 Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
4.6.1 Menyebutkan
langkahlangkah melakukan
rangkaian tiga gerak
dasar senam
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.9.1 Mempraktikkan
langkahlangkah rangkaian
tiga gerak dasar senam
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana
yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menggali
informasi berdasarkan pengamatan
dan percobaan tentang
campuran dan larutan
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis
laporan berdasarkan pengamatan
dan investigasi tentang campuran
dan larutan
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.4 Membedakan campuran dan larutan
melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan
campuran dan larutan
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan
untuk membedakan
campuran dan larutan
menggunakan bahan yang
dikenal dalam kehidupan
sehari-hari
4.1.1 Menulis
laporan berdasarkan pengamatan dan percobaan tentang
campuran dan larutan
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o Mempraktikkan tiga gerakan dasar senam
o Melakukan observasi untuk membedakan campuran dan larutan
o Menggali informasi dan menulis laporan berdasarkan observasi
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa akan berlatih
gerak dasar meroda dalam senam lantai.
o Komunikasikan pada
siswa bahwa rasa percaya diri dan disiplin sangat diperlukan dalam kegiatan
ini.
o Siswa mengamati langkah-langkah dalam melakukan
gerak dasar teknik meroda, yaitu mulai sikap awal hingga sikap akhir.
o Siswa menuliskan
pertanyaan berbagai hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang gerak
dasar teknik meroda dalam senam lantai pada sehelai kertas.
o Siswa saling
menukarkan jawaban dengan teman di sebelah dan diskusikan jawaban
bersama-sama.
o Siswa mempraktikkan
gerak dasar meroda tersebut dengan panduan guru.
o Siswa berdoa dan
melakukan pemanasan terlebih dahulu.
o Ingatkan siswa
untuk berhati-hati dalam mempraktikkan gerakan ini untuk menghindari cedera.
o Komunikasikan pada
siswa bahwa ketika berolah raga, tubuh akan memerlukan lebih banyak cairan.
o Cairan tersebut
berupa minuman, seperti air putih, jus atau minuman kemasan.
o Minuman tersebut
adalah merupakan campuran.
o Siswa diberikan
pengetahuan awal untuk mengenal campuran dan larutan.
o Siswa akan
mempraktikkan cara pemisahan/memisahkan campuran zat.
o Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
o Siswa membaca
pengetahuan awal tentang beberapa cara sederhana memisahkan campuran zat,
yaitu dekantasi, filtrasi (penyaringan), distilasi (penyulingan), dan
sublimasi.
o Siswa menuliskan
laporan tentang cara memisahkan campuran dan larutan menggunakan diagram
lotus yang tersedia.
o Siswa menulis
kesimpulan berdasarkan tabel lotus
o Siswa mempresentasikan diagram lotus yang sudah
dibuat di depan kelas secara bergiliran.
o Siswa menuliskan refleksi harian tentang sikap
bersyukur dengan diciptakannya campuran dan larutan.
Remedial
o Siswa yang belum dapat melakukan gerakan meroda,
berlatih lagi dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian tugas
Bahasa Indonesia integrasi dengan IPA: teks laporan investigasi tentang campuran
dan larutan.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Membaca:
menjawab
pertanyaan
bacaan.
|
Menuliskan
5
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
4
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
3
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menuliskan
2
informasi
dari
pertanyaan
bacaan
dengan
benar
|
Menulis:
tulisan laporan hasil investigasi
|
•• Pemakaian
huruf besar
benar
•• Pemakaian
tanda baca
tepat
•• Penggunaan
kosa kata baku benar
•• Tulisan rapi
dan terbaca
•• Informasi
berdasarkan
fakta hasil investigasi
|
Memenuhi
4
dari 5
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
3
dari 5 kriteria
di kolom 1
|
Hanya
memenuhi
2 kriteria
|
Berbicara
|
Siswa
melakukan
wawancara
dengan:
•• Pertanyaan
Yang jelas
dan
dimengerti
•• Suara terdengar
dengan
jelas
•• Percaya diri
|
Memenuhi
2
dari 3
kriteria
di kolom
1
|
Memenuhi
1
dari 3
kriteria
di kolom 1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di kolom 1
|
Menyimak
|
Siswa
menyimak
Jawaban narasumber
dengan:
•• Penuh
perhatian
•• Menulis informasi
hasil
wawancara
dengan
tepat
•• Memberikan
Tanggapan
dengan tepat
|
Memenuhi
2
dari 3
kriteria
di kolom 1
|
Memenuhi
1
dari 3 kriteria
di kolom 1
|
Tidak
memenuhi
semua
kriteria
di kolom 1
|
Sikap
|
Siswa
mengerjakan
tugas
dengan:
•• Tekun
•• Mandiri
•• Percaya diri
•• Selesai tepat
waktu
|
Memenuhi
3
dari 4
kriteria
di kolom
1
|
Memenuhi
2
dari 4
kriteria
di kolom
1
|
Hanya
memenuhi
1 kriteria
|
2. PJOK dinilai
pada pembelajaran 6.
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
Campuran dan larutan di lingkungan sekitar sekolah.
Mengetahui, Beureunuen,
……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen Guru
Kelas VI B,
(
Rosmiati, S.Pd ) ( Bachtiar, S.Pd )
NIP.
19581231 198012 2006 NIP.
19800611 200504 1 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tulis kesimpulan berdasarkan tabel lotus tersebut!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 1
TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment