Home » » TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 3

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 15 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 6                                        : Menuju Masyarakat Sehat
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
3.6 Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat, dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam
4.6.1 Menyebutkan langkahlangkah melakukan rangkaian tiga gerak dasar senam
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
4.9.1 Mempraktikkan langkahlangkah rangkaian tiga gerak dasar senam

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menggali informasi berdasarkan pengamatan dan percobaan tentang campuran dan larutan
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis laporan berdasarkan pengamatan dan investigasi tentang campuran dan larutan

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan campuran dan larutan
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Menulis laporan berdasarkan pengamatan dan percobaan tentang campuran dan larutan

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Mempraktikkan tiga gerakan dasar senam
o   Melakukan observasi untuk membedakan campuran dan larutan
o   Menggali informasi dan menulis laporan berdasarkan observasi

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Siswa akan berlatih gerak dasar meroda dalam senam lantai.
o  Komunikasikan pada siswa bahwa rasa percaya diri dan disiplin sangat diperlukan dalam kegiatan ini.
o  Siswa mengamati langkah-langkah dalam melakukan gerak dasar teknik meroda, yaitu mulai sikap awal hingga sikap akhir.
o  Siswa menuliskan pertanyaan berbagai hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang gerak dasar teknik meroda dalam senam lantai pada sehelai kertas.
o  Siswa saling menukarkan jawaban dengan teman di sebelah dan diskusikan jawaban bersama-sama.
o  Siswa mempraktikkan gerak dasar meroda tersebut dengan panduan guru.
o  Siswa berdoa dan melakukan pemanasan terlebih dahulu.
o  Ingatkan siswa untuk berhati-hati dalam mempraktikkan gerakan ini untuk menghindari cedera.
o  Komunikasikan pada siswa bahwa ketika berolah raga, tubuh akan memerlukan lebih banyak cairan.
o  Cairan tersebut berupa minuman, seperti air putih, jus atau minuman kemasan.
o  Minuman tersebut adalah merupakan campuran.
o  Siswa diberikan pengetahuan awal untuk mengenal campuran dan larutan.
o  Siswa akan mempraktikkan cara pemisahan/memisahkan campuran zat.
o  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
o  Siswa membaca pengetahuan awal tentang beberapa cara sederhana memisahkan campuran zat, yaitu dekantasi, filtrasi (penyaringan), distilasi (penyulingan), dan sublimasi.
o  Siswa menuliskan laporan tentang cara memisahkan campuran dan larutan menggunakan diagram lotus yang tersedia.
o  Siswa menulis kesimpulan berdasarkan tabel lotus
o  Siswa mempresentasikan diagram lotus yang sudah dibuat di depan kelas secara bergiliran.
o  Siswa menuliskan refleksi harian tentang sikap bersyukur dengan diciptakannya campuran dan larutan.

Remedial
o  Siswa yang belum dapat melakukan gerakan meroda, berlatih lagi dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian
1. Penilaian tugas Bahasa Indonesia integrasi dengan IPA: teks laporan investigasi tentang     campuran dan larutan.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Kurang
4
3
2
1
Membaca:
menjawab
pertanyaan
bacaan.
Menuliskan 5
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 4
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 3
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menuliskan 2
informasi dari
pertanyaan
bacaan dengan
benar
Menulis: tulisan laporan hasil investigasi
•• Pemakaian
huruf besar
benar
•• Pemakaian
tanda baca
tepat
•• Penggunaan
kosa kata baku benar
•• Tulisan rapi
dan terbaca
•• Informasi
berdasarkan
fakta hasil investigasi
Memenuhi 4
dari 5 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 3
dari 5 kriteria
di kolom 1
Hanya
memenuhi
2 kriteria
Berbicara
Siswa melakukan
wawancara
dengan:
• Pertanyaan
Yang jelas dan
dimengerti
• Suara terdengar
dengan jelas
• Percaya diri
Memenuhi 2
dari 3 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 1
dari 3 kriteria
di kolom 1
Tidak memenuhi
semua kriteria
di kolom 1
Menyimak
Siswa menyimak
Jawaban narasumber
dengan:
• Penuh
perhatian
• Menulis informasi hasil
wawancara
dengan tepat
• Memberikan
Tanggapan dengan tepat
Memenuhi 2
dari 3 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 1
dari 3 kriteria
di kolom 1
Tidak memenuhi
semua kriteria
di kolom 1
Sikap
Siswa
mengerjakan
tugas dengan:
• Tekun
• Mandiri
• Percaya diri
• Selesai tepat
waktu
Memenuhi 3
dari 4 kriteria
di kolom 1
Memenuhi 2
dari 4 kriteria
di kolom 1
Hanya
memenuhi
1 kriteria

2. PJOK dinilai pada pembelajaran 6.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
Campuran dan larutan di lingkungan sekitar sekolah.




Mengetahui,                                                                Beureunuen, ……,……………...2016
Kepala SD 3 Beureunuen                                           Guru Kelas VI B,



( Rosmiati, S.Pd )                                                       ( Bachtiar, S.Pd )
NIP. 19581231 198012 2006                                     NIP. 19800611 200504 1 001





LEMBAR KERJA SISWA 
(LKS)




Tulis kesimpulan berdasarkan tabel lotus tersebut!
 


…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


MEDIA      

 

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 1

TEMA 6 KELAS 6 SUB 2 PB 2 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors