RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
tanggapan pada teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan
gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
secara tertulis.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kedua Pancasila (sesuai konteks/tema).
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila kedua Pancasila (sesuai konteks).
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengidentifikasi
dan menuliskan gagasan pokok dalam teks surat tanggapan pribadi.
2.
Mengenal dan
menyebutkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
3.
Mengenal dan
mempraktikkan permainan Petak Umpet
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
§ Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
§ Guru memeriksa kehadiran siswa.
§ Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
§ Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai
dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
§ Sebelum membaca teks surat, guru memperkenalkan kata-kata
di bawah ini kepada siswa:
o
Memapah: menolong
orang berjalan dengan menyangga tangan orang itu.
o
Arah: tujuan
§ Salah satu siswa diminta membaca teks surat yang ada
pada buku siswa dengan nyaring.
§ Siswa membaca teks surat masing-masing di dalam hati.
§ Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya
tentang isi teks surat itu.
§ Guru menjelaskan tentang gagasan pokok
o
Gagasan pokok
adalah pokok masalah yang mendasari cerita atau kata-kata kunci yang terdapat
dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf.
Gagasan pokok dapat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan “Paragraf
tersebut membahas mengenai apa?”, jawaban pertanyaan tersebut merupakan
gagasan pokok.
§ Selanjutnya, siswa menemukan gagasan pokok yang sesuai
di dalam teks surat.
§ Siswa menuliskan gagasan pokok dalam teks surat pada
tempat yang telah disediakan di buku siswa
§ Siswa mengamati gambar tentang persahabatan Edo,
Udin, Lani, Dayu, Siti, dan Beni.
§ Guru menjelaskan contoh-contoh pengamalan sila kedua.
Sebagai referensi guru, berikut ini merupakan butir-butir Pancasila sila
kedua:
o
Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan
harkat dan martabatnya sebagai Makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
o
Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan
kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama,
kepercayaan,jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan sebagainya.
o
Mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia.
o
Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepo selira.
o
Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang
lain.
o
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
o
Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
o
Berani membela kebenaran dan keadilan.
o
Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari
seluruh umat manusia.
o
Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja
sama dengan bangsa lain.
§ Siswa membuat tanda centang pada gambar perilaku-perilaku
dalam bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
§ Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
§ Di depan kelas, siswa satu persatu menceritakan sikap-sikap
saling menyayangi, yang ia dan sahabatnya lakukan
§ Siswa dan guru menuju lapangan olahraga.
Pertama–tama semua siswa melakukan gerakan pemanasan berupa lari mengelilingi
lapangan sebanyak 5 putaran.
§ Siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan apa saja yang
ada pada permainan Petak Umpet (lari, bersembunyi, menyentuh benteng
penjaga).
§ Siswa melakukan permainan Petak Umpet.
§ Setelah waktunya selesai, siswa mengakhiri per
mainan Petak Umpet. Semua siswa kembali ke dalam kelas.
§ Siswa mengumpulkan buku siswa untuk dinilai.
§ Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran
selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
a. Mengidentifikasi
tanggapan dalam teks tanggapan pribadi.
Skor: 100
20 poin tiap soal
b. Menandai
perilaku-perilaku dalam bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila
kedua.Jumlah: 9 poin.
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk
kerja
a. Menguraikan
gagasan pokok yang terdapat pada teks surat.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar
dan tanda
baca.
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama
orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
menggunakan
huruf
besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih
dari 2
kesalahan
dalam
menggunakan
huruf
besar dan
tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik.
|
2.
|
Kesesuaian
dengan
isi teks
surat
|
Seluruh
gagasan
pokok
yang
ditulis
sesuai
dengan
isi teks
surat
|
Setengah
atau
lebih
gagasan
pokok
yang
ditulis
sesuai
dengan
isi teks
surat
|
Kurang
dari
setengah
gagasan
pokok
yang
ditulis
sesuai
dengan
isi teks surat
|
Semua isi
teks
surat
|
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2 kata
yang
kurang
tepat
dalam
penulisan.
|
Lebih
dari 2 kata
yang
kurang
tepat
dalam
penulisan.
|
Semua
kata
belum
tepat
dalam
penulisan.
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Semua
kata
menggunakan
kalimat
yang
efektif
|
Terdapat
1-2
kalimat
yang
menggunakan
kalimat
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
yang
menggunakan
kalimat
kurang
efektif.
|
semua
kalimat
menggunakan
kalimat
kurang
efektif.
|
b. Menceritakan
sikap-sikap saling menyayangi sesuai dengan Pancasila sila
kedua antara
sahabat
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
dengan
konteks
|
Cerita
sesuai
dengan
konteks,
sesuai
dengan
Pancasila
sila
kedua.
|
Menceritakan
tentang
persahabatan
dan masih
sesuai
dengan
konteks
Pancasila
sila
kedua.
|
Menceritakan
tentang
persahabatan
namun
kurang
sesuai dengan
konteks
Pancasila
sila
kedua.
|
Belum
dapat
bercerita
|
2.
|
Bahasa
yang
santun.
|
Cerita
menggunakan
bahasa
yang
santun
dari
awal
hingga
akhir
|
Terdapat
3-5
kata
bahasa
sehari-hari
|
Menggunakan
lebih
dari 5
kata
bahasa
sehari-hari
|
Belum
dapat
menggunakan
bahasa
yang
santun
dalam
bercerita.
|
c. Instrumen
Observasi berbentuk lembar pengamatan permainan Petak Umpet.Petak Jongkok.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Dapat bermain dengan sportif.
|
|
|
2.
|
Menguasai konsep lokomotor (
berlari).
|
|
|
3.
|
Melakukan
permainan dengan penuh antusias
|
|
|
d. Hasil Pengamatan
mempraktikkan permainan petak umpet (terlampir)
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar –gambar pada buku siswa
Mengetahui, Tijue,
2 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Berikut isi surat Pak Guru.
Depok, Sabtu, 15
November 2014
Muridku tersayang
Edo
Jalan Puspa Indah
No.31
Jakarta
Edo muridku,
Bapak sungguh
bahagia melihat sikapmu terhadap temanteman.
Kamu selalu
berbuat baik kepada mereka. Bapak
menyaksikan
sendiri saat kamu menolong Udin. Saat itu
Udin terluka
karena terjatuh dari sepeda. Tanpa banyak
bicara, kamu
menolongnya. Memapahnya sampai ke rumah.
Walaupun rumah
kalian berbeda arah.
Begitu pula saat
Dayu sakit. Kamu datang ke rumahnya sepulang
sekolah. Bapak
sungguh bangga memiliki murid sepertimu.
Tetaplah
menyebarkan kasih sayang. Karena sesama manusia
harus saling
menyayangi.
Gurumu
Pak Tono
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berilah tanda lingkaran (O) pada tanggapan yang
sesuai dengan surat dan tanda (X) pada tanggapan
yang tidak sesuai dengan isi surat.
No.
|
Tanggapan
|
O
|
X
|
1.
|
Pak Guru bahagia melihat sikap Edo terhadap
teman-teman.
|
|
|
2.
|
Pak Guru kasihan terhadap Edo
|
|
|
3.
|
Pak Guru bangga memiliki murid seperti Edo
|
|
|
4.
|
Pak Guru sedih melihat Edo.
|
|
|
5.
|
Pak Guru marah kepada Edo
|
|
|
Tulislah gagasan pokok yang terdapat pada surat
Pak Guru untuk Edo dengan rapi pada tempat
yang tersedia
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment