Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 17 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 3/1
Tema 6                                       : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Temanku Sahabatku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berbagai bentuk permainan sederhana.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi tanggapan pada teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial secara tertulis.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila kedua Pancasila (sesuai konteks/tema).
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila kedua Pancasila (sesuai konteks).

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengidentifikasi dan menuliskan gagasan pokok dalam teks surat tanggapan pribadi.
2.      Mengenal dan menyebutkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
3.      Mengenal dan mempraktikkan permainan Petak Umpet

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
§  Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
§  Guru memeriksa kehadiran siswa.
§  Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
§  Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Sebelum membaca teks surat, guru memperkenalkan kata-kata di bawah ini kepada siswa:
o   Memapah: menolong orang berjalan dengan menyangga tangan orang itu.
o   Arah: tujuan
§  Salah satu siswa diminta membaca teks surat yang ada pada buku siswa dengan nyaring.
§  Siswa membaca teks surat masing-masing di dalam hati.
§  Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya tentang isi teks surat itu.
§  Guru menjelaskan tentang gagasan pokok
o   Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dapat mudah ditemukan dengan menjawab pertanyaan “Paragraf tersebut membahas mengenai apa?”, jawaban pertanyaan tersebut merupakan gagasan pokok.
§  Selanjutnya, siswa menemukan gagasan pokok yang sesuai di dalam teks surat.
§  Siswa menuliskan gagasan pokok dalam teks surat pada tempat yang telah disediakan di buku siswa
§  Siswa mengamati gambar tentang persahabatan Edo, Udin, Lani, Dayu, Siti, dan Beni.
§  Guru menjelaskan contoh-contoh pengamalan sila kedua. Sebagai referensi guru, berikut ini merupakan butir-butir Pancasila sila kedua:
o   Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai Makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
o   Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan,jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan sebagainya.
o   Mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia.
o   Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepo selira.
o   Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
o   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
o   Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
o   Berani membela kebenaran dan keadilan.
o   Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
o   Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.
§  Siswa membuat tanda centang pada gambar perilaku-perilaku dalam bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
§  Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
§  Di depan kelas, siswa satu persatu menceritakan sikap-sikap saling menyayangi, yang ia dan sahabatnya lakukan
§  Siswa dan guru menuju lapangan olahraga. Pertama–tama semua siswa melakukan gerakan pemanasan berupa lari mengelilingi lapangan sebanyak 5 putaran.
§  Siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan apa saja yang ada pada permainan Petak Umpet (lari, bersembunyi, menyentuh benteng penjaga).
§  Siswa melakukan permainan Petak Umpet.
§  Setelah waktunya selesai, siswa mengakhiri per mainan Petak Umpet. Semua siswa kembali ke dalam kelas.
§  Siswa mengumpulkan buku siswa untuk dinilai.
§  Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
a.       Mengidentifikasi tanggapan dalam teks tanggapan pribadi.
Skor: 100
20 poin tiap soal
b.      Menandai perilaku-perilaku dalam bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.Jumlah: 9 poin.

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Menguraikan gagasan pokok yang terdapat pada teks surat.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar
dan tanda
baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
2.
Kesesuaian
dengan isi teks
surat
Seluruh
gagasan pokok
yang ditulis
sesuai dengan
isi teks surat
Setengah atau
lebih gagasan
pokok yang
ditulis sesuai
dengan isi teks
surat
Kurang dari
setengah
gagasan pokok
yang ditulis
sesuai dengan
isi teks surat
Semua isi teks
surat

Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
Lebih dari 2 kata
yang kurang
tepat dalam
penulisan.
Semua
kata belum
tepat dalam
penulisan.

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Semua kata
menggunakan
kalimat yang
efektif
Terdapat 1-2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif
Terdapat
lebih dari 2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
semua kalimat
menggunakan
kalimat kurang
efektif.

b. Menceritakan sikap-sikap saling menyayangi sesuai dengan Pancasila sila
kedua antara sahabat
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
dengan
konteks
Cerita sesuai
dengan konteks,
sesuai dengan
Pancasila sila
kedua.
Menceritakan
tentang
persahabatan
dan masih
sesuai dengan
konteks
Pancasila sila
kedua.
Menceritakan
tentang
persahabatan
namun kurang
sesuai dengan
konteks
Pancasila sila
kedua.
Belum dapat
bercerita
2.
Bahasa yang
santun.
Cerita
menggunakan
bahasa yang
santun dari
awal hingga
akhir
Terdapat 3-5
kata bahasa
sehari-hari
Menggunakan
lebih dari 5
kata bahasa
sehari-hari
Belum dapat
menggunakan
bahasa yang
santun dalam
bercerita.

c. Instrumen Observasi berbentuk lembar pengamatan permainan Petak Umpet.Petak Jongkok.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Dapat bermain dengan sportif.


2.
Menguasai konsep lokomotor ( berlari).


3.
Melakukan permainan dengan penuh antusias



d. Hasil Pengamatan mempraktikkan permainan petak umpet (terlampir)

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar –gambar pada buku siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Berikut isi surat Pak Guru.


Depok, Sabtu, 15 November 2014

Muridku tersayang Edo
Jalan Puspa Indah No.31
Jakarta

Edo muridku,

Bapak sungguh bahagia melihat sikapmu terhadap temanteman.
Kamu selalu berbuat baik kepada mereka. Bapak
menyaksikan sendiri saat kamu menolong Udin. Saat itu
Udin terluka karena terjatuh dari sepeda. Tanpa banyak
bicara, kamu menolongnya. Memapahnya sampai ke rumah.
Walaupun rumah kalian berbeda arah.

Begitu pula saat Dayu sakit. Kamu datang ke rumahnya sepulang
sekolah. Bapak sungguh bangga memiliki murid sepertimu.
Tetaplah menyebarkan kasih sayang. Karena sesama manusia
harus saling menyayangi.

Gurumu
Pak Tono







Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berilah tanda lingkaran (O) pada tanggapan yang
sesuai dengan surat dan tanda (X) pada tanggapan
yang tidak sesuai dengan isi surat.
No.
Tanggapan
O
X
1.
Pak Guru bahagia melihat sikap Edo terhadap
teman-teman.


2.
Pak Guru kasihan terhadap Edo


3.
Pak Guru bangga memiliki murid seperti Edo


4.
Pak Guru sedih melihat Edo.


5.
Pak Guru marah kepada Edo



Tulislah gagasan pokok yang terdapat pada surat
Pak Guru untuk Edo dengan rapi pada tempat
yang tersedia

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
 
MEDIA
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 2


TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors