RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan
sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Melengkapi
teks rumpang.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Bertanya
jawab tentang teks surat tanggapan pribadi.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.9 Mengenal
hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang
biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengkonversi
sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan
yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.
c) SBdP
1.1 Memuji keunikan
kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak
kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengidentifikasi
gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
4.9 Mengembangkan
gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1 Menirukan
gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Melengkapi surat
tanggapan pribadi yang rumpang.
2. Membuat
pertanyaan berdasarkan surat tanggapan pribadi.
3. Menghitung
durasi dengan satuan waktu yang sama dan satuan waktu yang berbeda (konversi).
4. Memadukan
gerakan kuat dan lemah berdasarkan pengamatan terhadap gerakan api unggun.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Salah satu siswa
diminta membaca teks pembuka.
o
Setelah itu,
semua siswa mengamati teks rumpang.
o
Siswa melengkapi
teks rumpang tersebut dengan kata-kata dari dalam kotak.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Kemudian, siswa
membuat kelompok secara berpasangan.
o
Tiap kelompok
siswa membuat per tanyaan yang berkaitan dengan teks surat tanggapan pribadi.
o
Siswa mengamati
jadwal kegiatan Persami.
o
Selanjutnya siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang satuan waktu dan konversi satuan
waktu.(menalar)
o
Siswa mengerjakan
soal-soal konversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
o
Siswa melanjutkan
dengan mengerjakan soal tantangan.
o
Setelah semua
selesai, guru dan siswa membahas jawaban soal-soal . Siswa memeriksa sendiri
hasil pekerjaannya.
o
Siswa membuat
gerakan kuat dan gerakan lemah berdasarkan gerakan api unggun.
o
Kemudian siswa
memadukan gerakan kuat dan gerakan lemah dalam sebuah rangkaian tarian.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Melengkapi
teks rumpang
Jumlah soal: 10 butir
Skor maksimal: 100
b. Menyelesaikan
konversi waktu yang ada pada buku siswa
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Menyusun
pertanyaan tentang teks surat Siti.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Kesesuaian
Dengan konteks
|
Pertanyaan
sesuai
dengan
konteks
|
Pertanyaan
masih
pada
tema yang
sama,
namun
meluas.
|
Pertanyaan
keluar
dari tema dan konteks.
|
Belum
dapat
menyusun
pertanyaan.
|
2.
|
Bahasa
yang
santun.
|
Pertanyaan
menggunakan
bahasa
yang
santun
|
Terdapat
3-5
kata
bahasa sehari-hari.
|
Menggunakan
lebih
dari 5 kata bahasa seharihari
|
Belum
dapat
menggunakan
bahasa
yang
santun
menyusun pertanyaan.
|
b. Menirukan
gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap api unggun
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Keaslian
dan
Kesesuaian
dengan
tema
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri yang
sesuai
dengan
pengamatan
terhadap
api unggun.
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi
dari
gerakan
teman
yang
sesuai
dengan
pengamatan
terhadap
api unggun.
|
Siswa
menari
dengan
gerakangerakan
meniru
gerakan
teman
yang
sesuai
dengan
pengamatan
terhadap
api unggun.
|
Siswa
belum
dapat
menarikan
gerakan
yang
sesuai
dengan
pengamatan
terhadap
api
unggun
walau
dengan
bimbingan
penuh
dari guru
|
2.
|
Konsistensi
gerakan.
|
Siswa
menari
dengan
ragam
gerakan
yang
konsisten
dari
awal
hingga
akhir
|
Siswa
menarikan
sebagian
besar
gerakan
dengan konsisten
|
Siswa
menarikan
separuh
gerakan
tarian
dengan konsisten.
|
Siswa
belum
dapat
menari
dengan
gerakangerakan
konsisten
|
|
Kepercayaan
diri
|
Siswa
dapat
menari
secara
individu
dan
kelompok
dengan
percaya diri.
|
Siswa
dapat
menari
secara
kelompok
dengan
percaya
diri.
|
Siswa
dapat
menari
dengan
motivasi
dan
dorongan
dari
guru.
|
Siswa
belum
dapat
menari
dengan
percaya
diri
walau
dengan
motivasi
dan
dorongan
penuh
dari guru
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar-gambar yang ada pada buku siswa.
Mengetahui, Tijue,
3 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan berikut ini!
Persami dilakukan selama 2 hari.
1. Jika 2 hari kita ubah menjadi jam maka 2
hari = ..................... jam.
2. Waktu beribadah pagi adalah 20 menit. 20
menit = ……………… detik.
3. Dalam jadwal kegiatan Persami, anak-anak berolahraga
selama 1 jam. 1 jam = …………detik.
4. Berapa menitkah lama waktu bermain permainan
kerja sama? …………..……menit
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment