Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 3

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 17 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Temanku Sahabatku/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Melengkapi teks rumpang.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Bertanya jawab tentang teks surat tanggapan pribadi.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.9 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.9.1 Mengkonversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu.

c) SBdP
1.1 Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
3.3 Memahami gerak kuat dan lemah dalam tari dengan menggunakan musik sebagai iringan.
3.3.1 Mengidentifikasi gerak kuat dan gerak lemah berdasarkan pengamatan terhadap alam sekitar.
4.9 Mengembangkan gerak berdasarkan hasil pengamatan alam sekitar ke dalam bentuk tari bertema.
4.9.1 Menirukan gerak alam hasil pengamatan dari alam sekitar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1. Melengkapi surat tanggapan pribadi yang rumpang.
2. Membuat pertanyaan berdasarkan surat tanggapan pribadi.
3. Menghitung durasi dengan satuan waktu yang sama dan satuan waktu yang berbeda (konversi).
4. Memadukan gerakan kuat dan lemah berdasarkan pengamatan terhadap gerakan api unggun.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Salah satu siswa diminta membaca teks pembuka.
o   Setelah itu, semua siswa mengamati teks rumpang.
o   Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata dari dalam kotak.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o   Kemudian, siswa membuat kelompok secara berpasangan.
o   Tiap kelompok siswa membuat per tanyaan yang berkaitan dengan teks surat tanggapan pribadi.
o   Siswa mengamati jadwal kegiatan Persami.
o   Selanjutnya siswa memperhatikan penjelasan guru tentang satuan waktu dan konversi satuan waktu.(menalar)
  • 1 hari = 24 jam
  • 1 jam = 60 menit
  • 1 menit = 60 detik
o   Siswa mengerjakan soal-soal konversi sebuah satuan waktu dengan satuan waktu lainnya.
o   Siswa melanjutkan dengan mengerjakan soal tantangan.
o   Setelah semua selesai, guru dan siswa membahas jawaban soal-soal . Siswa memeriksa sendiri hasil pekerjaannya.
o   Siswa membuat gerakan kuat dan gerakan lemah berdasarkan gerakan api unggun.
o   Kemudian siswa memadukan gerakan kuat dan gerakan lemah dalam sebuah rangkaian tarian.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a.       Melengkapi teks rumpang
Jumlah soal: 10 butir
Skor maksimal: 100
b.      Menyelesaikan konversi waktu yang ada pada buku siswa
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Menyusun pertanyaan tentang teks surat Siti.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Kesesuaian
Dengan konteks
Pertanyaan
sesuai dengan
konteks
Pertanyaan
masih pada
tema yang
sama, namun
meluas.
Pertanyaan
keluar dari tema dan konteks.
Belum dapat
menyusun
pertanyaan.
2.
Bahasa yang
santun.
Pertanyaan
menggunakan
bahasa yang
santun
Terdapat 3-5
kata bahasa sehari-hari.
Menggunakan
lebih dari 5 kata bahasa seharihari
Belum dapat
menggunakan
bahasa
yang santun
menyusun pertanyaan.

b. Menirukan gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan terhadap api unggun
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Keaslian dan
Kesesuaian dengan tema
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
ciptaan
sendiri yang
sesuai dengan
pengamatan
terhadap api unggun.
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
improvisasi
dari gerakan
teman yang
sesuai dengan
pengamatan
terhadap api unggun.
Siswa menari
dengan
gerakangerakan
meniru gerakan
teman yang
sesuai dengan
pengamatan
terhadap api unggun.
Siswa
belum dapat
menarikan
gerakan yang
sesuai dengan
pengamatan
terhadap
api unggun
walau dengan
bimbingan
penuh dari guru
2.
Konsistensi
gerakan.
Siswa menari
dengan ragam
gerakan yang
konsisten dari
awal hingga
akhir
Siswa
menarikan
sebagian besar
gerakan dengan konsisten
Siswa
menarikan
separuh gerakan
tarian dengan konsisten.
Siswa belum
dapat menari
dengan
gerakangerakan konsisten

Kepercayaan
diri
Siswa dapat
menari secara
individu dan
kelompok
dengan percaya diri.
Siswa dapat
menari secara
kelompok
dengan percaya
diri.
Siswa dapat
menari dengan
motivasi dan
dorongan dari
guru.
Siswa belum
dapat menari
dengan percaya
diri walau
dengan motivasi
dan dorongan
penuh dari guru

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar-gambar yang ada pada buku siswa.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 3 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Jawablah pertanyaan berikut ini!
Persami dilakukan selama 2 hari.

1.  Jika 2 hari kita ubah menjadi jam maka 2 hari = ..................... jam.

2.  Waktu beribadah pagi adalah 20 menit. 20 menit = ……………… detik.

3.  Dalam jadwal kegiatan Persami, anak-anak berolahraga selama 1 jam. 1 jam = …………detik.

4.  Berapa menitkah lama waktu bermain permainan kerja sama? …………..……menit

  MEDIA

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors