Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 4

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 17 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Temanku Sahabatku/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan tradisional
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan tradisional.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi bagian-bagian teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial secara tertulis.

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila kedua Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila kedua Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.    Mengenal perilaku-perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
2.    Menuliskan manfaat saling menyayangi sesama teman.
3.    Mengenal bagian-bagian surat tanggapan pribadi.
4.    Mempraktikkan permainan Galasin

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
o   Siswa membaca teks di buku siswa.
o   Guru meminta siswa mengamati gambar yang menyertai teks.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan
o   dengan gambar dan teks.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa, membahas kekeliruan dan kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab pertanyaan
o   Guru meminta salah seorang siswa membaca teks.
o   Guru bertanya kepada siswa
§ Apakah kalian senang memiliki teman?
§ Bagaimana sikap yang baik terhadap sesame teman?
§ Mengapa kita harus peduli dan menyayangi teman?
§ Apakah manfaatnya jika kita saling menyayangi?
o   Siswa menuliskan pendapatnya tentang manfaat saling menyayangi sesama teman, di tempat yang tersedia.
o   Guru meminta siswa membaca surat Dayu untuk Sindai.
o   Siswa mengamati bagian-bagian surat.
o   Guru meminta siswa untuk mengemukakan pertanyaan- pertanyaan yang muncul setelah membaca surat Dayu untuk Sindai.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan surat Dayu.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban siswa, membahas kekeliruan dan kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab pertanyaan.
o   Berdasarkan bagian-bagian surat yang telah diamati, siswa menuliskan contoh masing-masing bagian surat.
o   Siswa dan guru menuju lapangan olahraga. Pertama– tama semua siswa melakukan gerakan pemanasan berupa lari mengelilingi lapangan sebanyak 5 putaran. Saat siswa melakukan pemanasan guru menggambar garis-garis untuk bermain Galasin. Guru menggambar garis seperti ini:


o   Siswa melakukan permainan Galasin. Sebelumnya siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan apa saja yang ada pada permainan Galasin.
o   Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tata cara bermain Galasin. Yaitu ada dua kelompok siswa yang bermain Galasin. Kedua kelompok akan melakukan suit. Kelompok yang kalah akan berjaga di garis-garis yang telah dibuat dan kelompok lainnya berusaha menerobos garis yang dijaga oleh kelompok lain. Jika penjaga garis menyentuh kelompok lawan maka siswa yang disentuh tidak boleh bermain. Jika semua anggota kelompok yang menerobos garis berhasil disentuh kelompok penjaga maka kelompok penjaga garis menang. Jika ada salah satu anggota kelompok yang menerobos garis maka kelompok tersebut menang.
o   Setelah waktunya selesai, siswa mengakhiri permainan
o   Galasin. Semua siswa kembali ke dalam kelas.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
Jumlah pertanyaan: 6
Guru dapat menstimulasi siswa untuk dapat menjelaskan bukti kepedulian
teman-teman kepada Beni berdasarkan teks dengan sudut pandang siswa
masing-masing.
b. Menjawab pertanyaan berdasarkan surat.
    Jumlah pertanyaan: 8

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
Rubrik menuliskan pengalaman saling menyayangi sesama teman.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih
dari
2 kesalahan
Dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
2.
Kesesuaian
cerita yang
ditulis
dengan tema
Seluruh isi cerita yang ditulis sesuai tema.
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan tema.
Hampir
keseluruhan
cerita kurang sesuai dengan tema
Cerita tidak
Sesuai tema

Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
katayang belum
tepatm penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam
penulisan

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

Rubrik penilaian penulisan bagian-bagian surat
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat

Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih
Dari 2 kesalahan
Dalam penggunaan
huruf besar dan tanda titik.




Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya.
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan

Penggunaan
kalimat yang
efektif.
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.

Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

Penilaian: Observasi (pengamatan)
Instrumen Observasi berbentuk lembar pengamatan bermain Galasin
Hasil Pengamatan mempraktikkan permainan Galasin
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1.
Dapat bermain dengan sportif


2.
Menguasai konsep lokomotor ( berlari)



Melakukan permainan dengan penuh antusias



H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar–gambar pada buku siswa.
3.      Kapur tulis..


Mengetahui,                                                                        Tijue, 4 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa 
(LKS)




Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan

gambar!

1.  Apa yang dilakukan Siti dan teman-temannya?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.  Di mana mereka bermain?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.  Siapa yang terlambat datang ke lapangan?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.  Apa yang ia lakukan setelah tiba di lapangan?

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5.  Apakah teman-temannya peduli padanya? Buktikan!
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 MEDIA



 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors