(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
3.1.1 Mengidentifikasi
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
tradisional
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan tradisional.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan
sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
bagian-bagian teks surat tanggapan pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menguraikan
gagasan pokok dari isi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial
secara tertulis.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami
simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila kedua Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila kedua Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengenal perilaku-perilaku
yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
2.
Menuliskan manfaat
saling menyayangi sesama teman.
3.
Mengenal
bagian-bagian surat tanggapan pribadi.
4.
Mempraktikkan
permainan Galasin
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Siswa membaca
teks di buku siswa.
o
Guru meminta
siswa mengamati gambar yang menyertai teks.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan
o
dengan gambar dan
teks.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa, membahas kekeliruan dan kesulitan yang dialami
siswa dalam menjawab pertanyaan
o
Guru meminta
salah seorang siswa membaca teks.
o
Guru bertanya
kepada siswa
§ Apakah kalian senang memiliki teman?
§ Bagaimana sikap yang baik terhadap sesame teman?
§ Mengapa kita harus peduli dan menyayangi teman?
§ Apakah manfaatnya jika kita saling menyayangi?
o
Siswa menuliskan
pendapatnya tentang manfaat saling menyayangi sesama teman, di tempat yang tersedia.
o
Guru meminta
siswa membaca surat Dayu untuk Sindai.
o
Siswa mengamati
bagian-bagian surat.
o
Guru meminta
siswa untuk mengemukakan pertanyaan- pertanyaan yang muncul setelah membaca surat
Dayu untuk Sindai.
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan surat Dayu.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa, membahas kekeliruan dan kesulitan yang dialami
siswa dalam menjawab pertanyaan.
o
Berdasarkan
bagian-bagian surat yang telah diamati, siswa menuliskan contoh masing-masing
bagian surat.
o
Siswa dan guru
menuju lapangan olahraga. Pertama– tama semua siswa melakukan gerakan pemanasan
berupa lari mengelilingi lapangan sebanyak 5 putaran. Saat siswa melakukan
pemanasan guru menggambar garis-garis untuk bermain Galasin. Guru menggambar
garis seperti ini:
o
Siswa melakukan
permainan Galasin. Sebelumnya siswa mengidentifikasi gerakan-gerakan apa saja
yang ada pada permainan Galasin.
o
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang tata cara bermain Galasin. Yaitu ada
dua kelompok siswa yang bermain Galasin. Kedua kelompok akan melakukan suit.
Kelompok yang kalah akan berjaga di garis-garis yang telah dibuat dan
kelompok lainnya berusaha menerobos garis yang dijaga oleh kelompok lain.
Jika penjaga garis menyentuh kelompok lawan maka siswa yang disentuh tidak
boleh bermain. Jika semua anggota kelompok yang menerobos garis berhasil
disentuh kelompok penjaga maka kelompok penjaga garis menang. Jika ada salah
satu anggota kelompok yang menerobos garis maka kelompok tersebut menang.
o
Setelah waktunya
selesai, siswa mengakhiri permainan
o
Galasin. Semua
siswa kembali ke dalam kelas.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan refleksi pembelajaran selama 1 hari dan berdoa bersama sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa
petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks.
Jumlah pertanyaan: 6
Guru dapat menstimulasi siswa untuk dapat menjelaskan bukti kepedulian
teman-teman kepada Beni berdasarkan teks dengan sudut pandang siswa
masing-masing.
b. Menjawab
pertanyaan berdasarkan surat.
Jumlah
pertanyaan: 8
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk
kerja
Rubrik menuliskan
pengalaman saling menyayangi sesama teman.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca.
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama
orang,
serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda titik.
|
Terdapat
lebih
dari
2
kesalahan
Dalam penggunaan
huruf besar
dan tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik.
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis
dengan
tema
|
Seluruh
isi cerita yang ditulis sesuai tema.
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan tema.
|
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan tema
|
Cerita
tidak
Sesuai tema
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2
katayang
belum
tepatm penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam
penulisan
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
Rubrik penilaian
penulisan bagian-bagian surat
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca.
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat dan nama orang, serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda titik.
|
Terdapat
lebih
Dari 2
kesalahan
Dalam penggunaan
huruf besar
dan tanda titik.
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2 kata yang belum tepat penulisannya.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam penulisan
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif.
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
Penilaian:
Observasi (pengamatan)
Instrumen Observasi
berbentuk lembar pengamatan bermain Galasin
Hasil Pengamatan
mempraktikkan permainan Galasin
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1.
|
Dapat bermain dengan sportif
|
||
2.
|
Menguasai konsep lokomotor (
berlari)
|
||
Melakukan
permainan dengan penuh antusias
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar–gambar pada buku siswa.
3. Kapur tulis..
Mengetahui, Tijue,
4 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah pertanyaan berikut ini
berdasarkan
gambar!
1.
Apa yang dilakukan Siti dan
teman-temannya?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
2.
Di mana mereka bermain?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
3.
Siapa yang terlambat datang
ke lapangan?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
4. Apa yang ia lakukan setelah tiba di lapangan?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
5. Apakah teman-temannya peduli padanya? Buktikan!
.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment