RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.13 Memahami penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan
yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu..
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan
Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi
dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengenal
bagianbagian teks surat pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis teks
surat tanggapan pribadi..
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami symbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kedua Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku
sesuai dengan sila kedua Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengenal tenggang rasa
sebagai sikap yang mencerminkan Pancasila sila kedua.
2.
Menulis surat
tanggapan pribadi.
3.
Menghitung dan membandingkan
lamanya waktu.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap salam
dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
o
Sebelum membaca
teks, siswa diminta untuk menemukan kata-kata yang belum mereka pahami di
dalam teks Tenggang Rasa.
o
Jika ada
kata-kata dalam teks yang belum dipahami siswa, guru menjelaskan makna
kata-kata tersebut terlebih dahulu. Guru dapat menggunakan bahasa daerah
untuk membantu pemahaman siswa.
o
Setelah semua
kata-kata dalam teks dapat dipahami siswa, guru meminta siswa secara
bergantian membaca teks di buku siswa, masing-masing 1 paragraf.
o
Siswa lain yang
sedang tidak membaca, menyimak teks yang sedang dibacakan.
o
Guru memberi
kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya mengenai teks yang telah dibaca.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan teks.
o
Siswa diminta
untuk mengamati teka-teki kotak huruf yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa mencari dan
melingkari 10 kata yang berkaitan dengan teks Tenggang Rasa.
o
Setelah itu,
siswa dan guru mendiskusikan jawabanjawaban siswa.
o
Guru bertanya
pada siswa:
(teman di
sekolah/teman di rumah/tetangga/
kerabat/kenalan).
o
Bagaimana sikapmu
kepadanya?
o
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lisan.
o
Kemudian, siswa
diminta untuk menuliskan pengalaman berteman/bertetangga dengan pemeluk agama
lain beserta sikap siswa terhadap teman/ tetang ga/kerabat yang berbeda
agama.
o
Guru meminta
perwakilan siswa untuk membacakan pengalamannya.
o
Kemudian, guru
meminta siswa untuk menulis surat yang menceritakan tentang sikap tenggang
rasa terhadap teman-teman yang berbeda agama, yang ditujukan kepada salah
satu teman sekelas.
o
Guru menulis
surat dan menuliskan bagian-bagian suratnya.
o
Siswa membaca
teks dengan seksama.
o
Guru memberi
kesempatan pada siswa yang belum memahami teks
o
Kemudian, siswa
diminta untuk mengamati gambar-gambar di dalam tabel.
o
Siswa melengkapi
tabel berdasarkan waktu yang terdapat dalam teks.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang telah dijawab siswa.
o
Siswa mengecek
hasil pekerjaannya sendiri.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Mencari
kata-kata yang berkaitan dengan teks Tenggang Rasa dalam teka-teki kotak huruf.
10 poin
skor total: 100 poin
b. Rubrik penulisan
surat pribadi
b.
Menuliskan bagian-bagian dari surat pribadi. Jumlah : 7 poin
c. Melengkapi tabel
berdasarkan informasi di dalam teks. Jumlah : 5 soal
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk
kerja
a. Rubrik
menuliskan sikap yang baik kepada teman yang berbeda agama.
.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca.
|
Menggunakan
huruf
besar dan
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat
|
Terdapat
1-2
kesalahan
penggunaan
huruf
besar dan
tanda titik.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kesalahan
penggunaan
huruf
besar dan
tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis
dengan tema.
|
Seluruh
isi
cerita
yang
ditulis
sesuai
tema.
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan
tema
|
Hampir
keseluruhan
cerita
kurang
sesuai
dengan
tema
|
Cerita
tidak
sesuai
tema
|
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam
penulisan
|
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif.
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca.
|
Menggunakan
huruf
besar dan menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
penggunaan
huruf
besar dan
tanda titik.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kesalahan
penggunaan
huruf
besar dan tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat
1-2
kata yang
belum
tepat penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam penulisan
|
3
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
4
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis dengan
tema.
|
Seluruh
isi
cerita
yang
ditulis
sesuai
tema
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan
tema
|
Hampir
keseluruhan
cerita
kurang
sesuai
dengan tema.
|
Cerita
tidak
Sesuai tema.
|
c. Rubrik Penilaian
menggunakan pengetahuan tentang waktu.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Ketepatan
jawaban.
|
Seluruh jawaban
benar
|
Terdapat
1-2
kesalahan.
|
Terdapat
lebih
Dari 2
kesalahan
|
Tidak
satu pun
Jawaban
benar
|
2.
|
Kecepatan
dalam
menjawab
|
Dapat
menyelesaikan
dalam
waktu 1-2 menit
|
Dapat
menyelesaikan
dalam
waktu
3-5 menit
|
Dapat
menyelesaikan
dalam
waktu
6-8 menit.
|
Belum
dapat
menyelesaikan
semua
soal
walau
dengan
bimbingan guru
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar-gambar yang ada pada buku siswa.
3. Jam dinding/replika jam dinding buatan sendiri
Mengetahui, Tijue,
5 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment