Home » » TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 5

TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 18 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 6                                        : Indahnya Persahabatan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Temanku Sahabatku/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu..

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengenal bagianbagian teks surat pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis teks surat tanggapan pribadi..

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami symbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan contoh pengamalan sila kedua Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai dengan sila kedua Pancasila.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal tenggang rasa sebagai sikap yang mencerminkan Pancasila sila kedua.
2.      Menulis surat tanggapan pribadi.
3.      Menghitung dan membandingkan lamanya waktu.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengucap salam dan menyapa siswa.
o   Guru memeriksa kehadiran siswa.
o   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
o   Guru menjelaskan topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
o   Sebelum membaca teks, siswa diminta untuk menemukan kata-kata yang belum mereka pahami di dalam teks Tenggang Rasa.
o   Jika ada kata-kata dalam teks yang belum dipahami siswa, guru menjelaskan makna kata-kata tersebut terlebih dahulu. Guru dapat menggunakan bahasa daerah untuk membantu pemahaman siswa.
o   Setelah semua kata-kata dalam teks dapat dipahami siswa, guru meminta siswa secara bergantian membaca teks di buku siswa, masing-masing 1 paragraf.
o   Siswa lain yang sedang tidak membaca, menyimak teks yang sedang dibacakan.
o   Guru memberi kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya mengenai teks yang telah dibaca.
o   Guru dan siswa mendiskusikan teks.
o   Siswa diminta untuk mengamati teka-teki kotak huruf yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa mencari dan melingkari 10 kata yang berkaitan dengan teks Tenggang Rasa.
o   Setelah itu, siswa dan guru mendiskusikan jawabanjawaban siswa.
o   Guru bertanya pada siswa:
  • Apakah kamu memiliki teman yang berbeda agama?
(teman di sekolah/teman di rumah/tetangga/
kerabat/kenalan).
o   Bagaimana sikapmu kepadanya?
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lisan.
o   Kemudian, siswa diminta untuk menuliskan pengalaman berteman/bertetangga dengan pemeluk agama lain beserta sikap siswa terhadap teman/ tetang ga/kerabat yang berbeda agama.
o   Guru meminta perwakilan siswa untuk membacakan pengalamannya.
o   Kemudian, guru meminta siswa untuk menulis surat yang menceritakan tentang sikap tenggang rasa terhadap teman-teman yang berbeda agama, yang ditujukan kepada salah satu teman sekelas.
o   Guru menulis surat dan menuliskan bagian-bagian suratnya.
o   Siswa membaca teks dengan seksama.
o   Guru memberi kesempatan pada siswa yang belum memahami teks
o   Kemudian, siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar di dalam tabel.
o   Siswa melengkapi tabel berdasarkan waktu yang terdapat dalam teks.
o   Guru dan siswa mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang telah dijawab siswa.
o   Siswa mengecek hasil pekerjaannya sendiri.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
a. Mencari kata-kata yang berkaitan dengan teks Tenggang Rasa dalam teka-teki kotak      huruf.
10 poin
skor total: 100 poin


b. Rubrik penulisan surat pribadi
b. Menuliskan bagian-bagian dari surat pribadi. Jumlah : 7 poin
c. Melengkapi tabel berdasarkan informasi di dalam teks. Jumlah : 5 soal

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a. Rubrik menuliskan sikap yang baik kepada teman yang berbeda agama.
.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca.
Menggunakan
huruf besar dan
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat
Terdapat 1-2
kesalahan
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik.
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Kesesuaian
cerita yang
ditulis
dengan tema.
Seluruh isi
cerita yang
ditulis sesuai
tema.
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan
tema
Cerita tidak
sesuai
tema

Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat
penulisannya

Seluruh kata
belum tepat
dalam
penulisan

Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif

 
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar dan menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
penggunaan
huruf besar dan
tanda titik.
Terdapat lebih
dari 2 kesalahan
penggunaan
huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik
2.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat penulisannya
Terdapat lebih
dari 2 kata yang
belum tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat
dalam penulisan
3
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif
4
Kesesuaian
cerita yang
ditulis dengan tema.
Seluruh isi
cerita yang
ditulis sesuai
tema
Setengah atau
lebih isi cerita
sesuai dengan
tema
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan tema.
Cerita tidak
Sesuai tema.

c. Rubrik Penilaian menggunakan pengetahuan tentang waktu.
No
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Ketepatan
jawaban.
Seluruh jawaban benar
Terdapat 1-2
kesalahan.
Terdapat lebih
Dari 2 kesalahan
Tidak satu pun
Jawaban benar
2.
Kecepatan
dalam
menjawab
Dapat
menyelesaikan
dalam waktu 1-2 menit
Dapat
menyelesaikan
dalam waktu
3-5 menit
Dapat
menyelesaikan
dalam waktu
6-8 menit.
Belum dapat
menyelesaikan
semua soal
walau dengan
bimbingan guru

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar-gambar yang ada pada buku siswa.
3.      Jam dinding/replika jam dinding buatan sendiri

Mengetahui,                                                                        Tijue, 5 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)



TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors