RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 6 :
Indahnya Persahabatan
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Temanku
Sahabatku/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur,tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
3.13 Memahami penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
3.13.1 Menjelaskan penghitungan
waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat
benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.2.1 Menggunakan pengetahuan
yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan waktu.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah
Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan
Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi
dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan social melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan
isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Memahami cara
penulisan surat pribadi.
4.3 Mengolah dan menyajikan
teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan social di daerah secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
4.3.1 Menulis surat
tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial secara lisan atau tulis dengan tepat.
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan member maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.3 Menunjukkan
perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami symbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kedua Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap
simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Berperilaku sesuai
dengan sila kedua Pancasila.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Mengenali sikap
yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila sila kedua.
2.
Membuat surat
tanggapan pribadi.
3.
Menyelesaikan
masalah seharihari yang berkaitan dengan waktu.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Indahnya Persahabatan”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru mengucap
salam dan menyapa siswa.
o
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
o
Guru meminta
salah satu siswa memimpin doa.
o
Guru menjelaskan
topik pelajaran yang akan dimulai dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya.
o
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
o
Siswa diminta
untuk mengamati gambar anak-anak yang sedang bermain layang-layang.
o
Guru meminta
beberapa siswa untuk memberikan pendapatnya mengenai gambar tersebut.
o
Guru bertanya
kepada siswa:
•
Apa yang sedang dilakukan anak-anak dalam gambar?
•
Bagaimana cara mereka melakukannya?
o
Kemudian siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban siswa.
o
Guru bertanya
kepada siswa tentang gambar anakanak yang bermain layang-layang:
•
Apakah yang mereka lakukan adalah sikap yang baik?
•
Adakah kaitan sikap anak-anak dalam gambar dengan
Pancasila khususnya sila kedua?
o
Siswa menuliskan
tanggapan mereka mengenai perilaku anak-anak di dalam gambar.
o
Guru mengulas
kembali tentang sikap-sikap yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
o
Siswa diminta
melengkapi tabel perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan
Pancasila sila ke 2.
o
Siswa mengamati
kotak yang disediakan untuk menulis surat pribadi.
o
Guru meminta
siswa untuk menyebutkan bagian-bagian surat.
o
Siswa menulis
sebuah surat yang ditujukan kepada teman di sekolah/luar sekolah tentang
pengalaman berteman dengan teman yang berbeda agama, saling menghargai dan
tolong menolong tanpa membeda-bedakan agamanya
o
Siswa dan guru
bermain tebak-tebakkan konversi waktu. Guru memberikan pertanyaan pada
seorang siswa berkaitan dengan konversi waktu. Jika siswa yang ditunjuk dapat
menjawab dengan benar maka ia yang akan memberikan pertanyaan pada teman yang
ditunjuknya. Jika jawaban salah maka akan diberikan pertanyaan yang lain,
begitu seterusnya.
o
Siswa diminta
mengamati tabel dan gambar kegiatan Siti yang ada di buku siswa.
o
Siswa
menyelesaikan soal-soal yang ada pada buku siswa.
o
Guru dan siswa
mendiskusikan jawaban dari soal-soal yang telah dijawab siswa.
o
Siswa mengecek
hasil pekerjaannya sendiri.
o
Kegiatan kelas
diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
Pengayaan
o
Siswa dapat mencari
tambahan informasi tentang gerakan-gerakan berdasarkan pengamatan alam yang
termasuk gerak lemah dan gerak kuat.
o
Siswa dapat
mencari referensi teks surat tanggapan pribadi lain dari buku, koran, majalah,
dan internet.
o
Siswa dapat
mengerjakan soal tambahan di buku tulis masing-masing.
o
Gambarlah jam
yang tepat sesuai dengan waktu-waktu berikut ini:
•
Pukul 07.10
•
Pukul 08.25
•
Pukul 09.40
•
Pukul 12.05
•
Pukul 04.55
•
Guru dapat
menambahkan soal-soal yang lebih menantang.
Remedial
o
Kegiatan remedial
diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menyebutkan waktu.
Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
o
Guru mengulang
konsep membaca jam menggunakan gambar atau jam dinding asli atau alat peraga
jam.
o
Guru memberikan
tugas tambahan kepada siswa yang belum dapat menyebutkan sikap-sikap dalam
bersahabat yang sesuai dengan Pancasila sila kedua.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis:
a.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan gambar perilaku pencerminan
sila kedua Pancasila.
Jumlah
soal: 5 soal
b.
Menulis bagian-bagian surat pada tempat yang tepat Jumlah poin: 7
c.
Menjawab pertanyaan berdasarkan tabel kegiatan Siti.
Jumlah
soal: 5
Total skor: 100.
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian: Unjuk
kerja
a. Menuliskan
tanggapan berkaitan dengan sikap yang sesuai dengan Pancasila
sila
kedua
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah tepat
|
Terdapat
1-2
Kata yang
belum
tepat penulisannya
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat
penulisannya
|
Seluruh kata
belum
tepat
dalam penulisan
|
2.
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif.
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum efektif
|
3.
|
Kesesuaian
tanggapan
yang ditulis
dengan
tema
|
Seluruh
isi
tanggapan
yang
ditulis
sesuai tema.
|
Setengah
atau
lebih isi
tanggapan
sesuai
dengan
tema.
|
Hampir
keseluruhan
tanggapan
kurang
sesuai
dengan tema.
|
Tanggapan
tidak
sesuai
tema
|
b. Rubrik penulisan
surat pribadi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda
titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam penggunaan
huruf besar
dan tanda titik
|
Terdapat
lebih
Dari 2
kesalahan
Dalamm penggunaan
huruf besar
dan tanda titik.
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik
|
2.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata
sudah
tepat.
|
Terdapat
1-2
Kata yang
belum
tepat penulisannya.
|
Terdapat
lebih
dari 2
kata yang
belum
tepat penulisannya
|
Seluruh
kata
belum
tepat
dalam penulisan
|
3.
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
efektif.
|
Terdapat
1-2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang
belum
efektif
|
|
Kesesuaian
cerita
yang
ditulis dengan
tema
|
Seluruh
isi cerita yang ditulis sesuai
tema
|
Setengah
atau
lebih isi
cerita
sesuai
dengan
tema
|
Hampir
keseluruhan
cerita kurang
sesuai dengan tema
|
Cerita
tidak
Sesuai tema
|
c. Rubrik Penilaian
menggunakan pengetahuan tentang waktu
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan (1)
|
1.
|
Ketepatan
jawaban
|
Seluruh
jawaban benar
|
Terdapat
1-2
kesalahan
|
Terdapat
lebih
dari
2 kesalahan
|
Tidak
satu pun
Jawaban
benar
|
2.
|
Kecepatan
Dalam menjawab
|
Dapat menyelesaikan
dalam
waktu
1-2
menit.
|
Dapat menyelesaikan
dalam
waktu 3-5 menit
|
Dapat
menyelesaikan
dalam
waktu 6-8 menit.
|
Belum
dapat
menyelesaikan
semua
soal
walau
dengan
bimbingan
guru.
|
H. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Gambar –gambar pada buku siswa
Mengetahui, Tijue,
6 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tulislah tanggapanmu setelah mengamati gambar
pada kegiatan Ayo Mengamati!
Apakah perilaku siswa di dalam gambar sesuai
dengan
sila kedua Pancasila? Apa alasanmu? Tuliskanlah pada kotak di bawah ini!TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 4
TEMA 6 KELAS 3 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment