Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.7 Mengenal ruas garis dan garis lurus.
3.7.1 Menentukan ruas garis dari bangun datar dan bangun ruang.
3.7.1 Membedakan garis lurus dan ruas garis.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.Indikator
3.2.15 Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
4.2.6 Melaksanakan tata tertib di masyarakat.

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Ruas garis dan garis lurus
2.       Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.       Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o  Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.
o  Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat .
o  Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar suasan kerja bakti di lingkungan masyarakat (mengamati).
o  Siswa mengamati gambar kegiatan yang dilakukan Ayah Siti dan warga (mengamati).
o  Siswa mengamati teks bacaan (mengamati).
o  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  •  Apa yang dilakukan Ayah Siti?
  • Mengapa lingkungan harus bersih?
  • Apakah dampak lingkungan yang kotor?
o  Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.
o  Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o  Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o  Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o  Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o  Siswa mengamati gambar kabel, sinar senter, dan tiang listrik dengan benar.
o  Guru menjelaskan perbedaan garis lurus, sinar garis, dan ruas.
o  Guru memberikan analogi garis sebagai kabel lurus, sinar senter sebagai sinar garis, dan tiang listrik sebagai ruas garis.
o  Garis didefinisikan sebagai kumpulan titik-titik yang tidak berujung.
o  Guru memandu siswa dalam memahami pengertian garis lurus, ruas garis, dan sinar garis.
o  Guru dapat menggali pemahaman siswa tentang pengertian garis dengan memberikan contoh lain.

Pertanyaan guru:
o  Coba kamu temukan contoh lain tentang garis lurus, ruas garis, dan sinar garis yang terdapat di lingkunganmu
 

o  Pengertian garis sebenarnya tidak sama dengan kabel, rel kereta, sungai, dan sebagainya. Karena garis tidak berujung dan panjangnya tidak berhingga. Tetapi rel kereta, jalan, sungai bagi anak adalah sesuatu yang sangat panjang.
o  Guru memberikan meminta siswa mengamati gambar garis lurus, sinar garis, dan ruas garis.
o  Garis Lurus
o  Garis lurus panjangnya tidak dapat diukur.
o  Garis lurus disimbolkan dengan huruf kecil, misal garis k, garis l, dan lain-lain.
o  Kedua ujung gambar garis berupa tanda panah, artinya panjangnya tak terbatas.



o  Guru meminta siswa memperhatikan gambar segiempat dan bangun ruang (balok).
o  Siswa mengidentifikasi sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang pada gambar.
o  Guru minta siswa mengukur panjang sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang, apakah siswa dapat menentukan panjang sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang?
o  Berdasarkan hasil pengukuran siswa, guru membimbing siswa memahami sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang merupakan ruas garis.
o  Siswa mengisi tabel tentang bentuk sisi bangun ruang dan sis bangun datar.
o  Guru meminta siswa menggambar sisi bangun ruang di sekitar lingkungan rumah. Misal bak sampah di depan rumah.
o  Siswa diminta memahami dan mengingat kembali bagaimana proses menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.
o  Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara menjaga agar lingkungan bersih dan sehat.

Kegiatan Pengayaan:
o  Jika siswa sudah bisa membedakan ruas garis dan garis lurus, siswa diminta mencari contoh ruas garis dan garis lurus di lingkungan sekitar dengan benar.
o  Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
o  Jika siswa sudah bisa mengetahui dan memahami cara melaksanakan aturan dalam bermasyarakat, maka guru dapat memberikan tugas lanjutan yaitu membuat mading atau kliping berkaitan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan masing-masing.

Kegiatan Remedial:
o  Jika siswa kesulitan membedakan ruas garis dan garis lurus, guru dapat memberikan analogi lain yang berada di lingkungan siswa dan memberikan bimbingan secara khusus terhadap siswa yang tertinggal.
o  Jika siswa kesulitan menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
o  Jika siswa kesulitan mengetahui dan memahami cara melaksanakan aturan dalam bermasyarakat, maka guru dapat menjelaskan pelaksanaan aturan di masyarakat yang selama ini ada. Misal kegiatan gotong royong membangun selokan, gotong royong membangun Posyandu, dan sebagainya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menyebutkan sisi segiempat dan sisi bangun ruang.
Jawaban:
Sisi segiempat dan rusuk bangun ruang adalah ruas garis.
Skor
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SD (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kuning)

b. Membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang
Pedoman Penskoran
Skor Maksimal = 100
Skor
Skor
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SD (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kuning)

c. Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam masyarakat dalam kehidupan seharihari.
    
Kriteria
Bobot
1.
Dapat menyebutkan 4 contoh tata tertib dengan benar
4
2.
Dapat menyebutkan 3 contoh tata tertib dengan benar
3
3.
Dapat menyebutkan 2 contoh tata tertib dengan benar
2
4
Dapat menyebutkan 1 contoh tata tertib dengan benar
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menulis cerita tentang cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan
EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru

Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat

Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Penggaris



Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat






















































































































































































































































































 Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Carilah benda yang berbentuk bangun ruang di lingkunganmu! Gambarlah pada petak di bawah ini!



TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors