RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.7
Mengenal ruas garis dan garis lurus.
3.7.1
Menentukan ruas garis dari bangun datar dan bangun ruang.
3.7.1
Membedakan garis lurus dan ruas garis.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan
beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.Indikator
3.2.15
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
4.2.6
Melaksanakan tata tertib di masyarakat.
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Ruas
garis dan garis lurus
2.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.
Teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan
maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari dalam subtema 1.
o Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku
hidup bersih dan sehat di masyarakat.
o Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis
gambar secara cermat .
o Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat
pencapaian siswa.
o Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar suasan kerja
bakti di lingkungan masyarakat (mengamati).
o Siswa mengamati gambar kegiatan yang dilakukan Ayah
Siti dan warga (mengamati).
o Siswa mengamati teks bacaan (mengamati).
o Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek
pemahaman siswa.
o Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman
tentang perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat.
o Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang
hasil pengamatannya.
o Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa
ingin tahu mereka.
o Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara
bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya
secara klasikal.
o Siswa mengamati gambar kabel, sinar senter, dan
tiang listrik dengan benar.
o Guru menjelaskan perbedaan garis lurus, sinar garis,
dan ruas.
o Guru memberikan analogi garis sebagai kabel lurus,
sinar senter sebagai sinar garis, dan tiang listrik sebagai ruas garis.
o Garis didefinisikan sebagai kumpulan titik-titik
yang tidak berujung.
o Guru memandu siswa dalam memahami pengertian garis lurus,
ruas garis, dan sinar garis.
o Guru dapat menggali pemahaman siswa tentang
pengertian garis dengan memberikan contoh lain.
Pertanyaan guru:
o Coba kamu temukan contoh lain tentang garis lurus,
ruas garis, dan sinar garis yang terdapat di lingkunganmu
o Pengertian garis sebenarnya tidak sama dengan kabel,
rel kereta, sungai, dan sebagainya. Karena garis tidak berujung dan
panjangnya tidak berhingga. Tetapi rel kereta, jalan, sungai bagi anak adalah
sesuatu yang sangat panjang.
o Guru memberikan meminta siswa mengamati gambar garis
lurus, sinar garis, dan ruas garis.
o Garis Lurus
o Garis lurus panjangnya tidak dapat diukur.
o Garis lurus disimbolkan dengan huruf kecil, misal
garis k, garis l, dan lain-lain.
o Kedua ujung gambar garis berupa tanda panah, artinya
panjangnya tak terbatas.
o Guru meminta siswa memperhatikan gambar segiempat
dan bangun ruang (balok).
o Siswa mengidentifikasi sisi bangun datar dan rusuk
bangun ruang pada gambar.
o Guru minta siswa mengukur panjang sisi bangun datar
dan rusuk bangun ruang, apakah siswa dapat menentukan panjang sisi bangun
datar dan rusuk bangun ruang?
o Berdasarkan hasil pengukuran siswa, guru membimbing siswa
memahami sisi bangun datar dan rusuk bangun ruang merupakan ruas garis.
o Siswa mengisi tabel tentang bentuk sisi bangun ruang
dan sis bangun datar.
o Guru meminta siswa menggambar sisi bangun ruang di
sekitar lingkungan rumah. Misal bak sampah di depan rumah.
o Siswa diminta memahami dan mengingat kembali bagaimana
proses menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.
o Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana
tentang cara menjaga agar lingkungan bersih dan sehat.
Kegiatan
Pengayaan:
o Jika siswa sudah bisa membedakan ruas garis dan
garis lurus, siswa diminta mencari contoh ruas garis dan garis lurus di
lingkungan sekitar dengan benar.
o Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik,
maka guru dapat memberikan penugasan dalam membuat cerita di lembar kertas
dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
o Jika siswa sudah bisa mengetahui dan memahami cara
melaksanakan aturan dalam bermasyarakat, maka guru dapat memberikan tugas
lanjutan yaitu membuat mading atau kliping berkaitan dengan menjaga
kebersihan dan kesehatan di lingkungan masing-masing.
Kegiatan
Remedial:
o Jika siswa kesulitan membedakan ruas garis dan garis
lurus, guru dapat memberikan analogi lain yang berada di lingkungan siswa dan
memberikan bimbingan secara khusus terhadap siswa yang tertinggal.
o Jika siswa kesulitan menulis cerita dengan baik,
maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
o Jika siswa kesulitan mengetahui dan memahami cara
melaksanakan aturan dalam bermasyarakat, maka guru dapat menjelaskan
pelaksanaan aturan di masyarakat yang selama ini ada. Misal kegiatan gotong royong
membangun selokan, gotong royong membangun Posyandu, dan sebagainya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menyebutkan sisi segiempat dan sisi bangun ruang.
Jawaban:
Sisi segiempat dan rusuk bangun ruang adalah ruas garis.
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SD (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kuning)
|
b.
Membedakan sisi bangun datar dan sisi bangun ruang
Pedoman
Penskoran
Skor
Maksimal = 100
Skor
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SD (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kuning)
|
c.
Mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam masyarakat dalam kehidupan
seharihari.
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Dapat menyebutkan 4 contoh tata tertib
dengan benar
|
4
|
2.
|
Dapat menyebutkan 3 contoh tata tertib
dengan benar
|
3
|
3.
|
Dapat menyebutkan 2 contoh tata tertib
dengan benar
|
2
|
4
|
Dapat menyebutkan 1 contoh tata tertib
dengan benar
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Menulis cerita tentang cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan
EYD
yang tepat.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang
lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang
kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Penggaris
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Carilah benda yang berbentuk bangun ruang
di lingkunganmu! Gambarlah pada petak di bawah ini!
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment