RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah
Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
3.9
Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
3.9.1
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.3
Menjelaskan manfaat pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.Indikator
4.9.1
Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan
beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.15
Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3.2.16
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di masyarakat.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.6
Melaksanakan tata tertib di masyarakat.
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Indikator
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Manfaat
pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
2.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
3.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Langkah-Langkah
Pembelajaran :
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti mengikuti jalan sehat di lingkungannya (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar Siti melakukan gerakan pemanasan (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan kegiatan olahraga Siti bersama keluarga (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga Siti di rumah.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan gerakan pemanasan
dengan cermat (mengamati).
Alternatif Pembelajaran
Alternatif 1.
o
Guru memimpin pemanasan di depan siswa sesuai
derakan pemanasan di buku.
Alternatif 2.
o
Salah satu siswa memimpin pemanasan dengan bimbingan
Guru
o
Siswa menuliskan
aturan yang berlaku ketika melakukan jalan sehat.
o
Siswa memberikan
tanda centang (v) untuk kegiatan
yang sesuai dengan tata tertib, yaitu kegiatan pemanasan dan berjalan dengan
tertib.
o
Siswa memberikan
tanda silang (v) untuk kegiatan
yang tidak sesuai dengan tata tertib, yaitu membuang sampah di jalan, makan
sambil berjalan, mengganggu teman, dan berjalan di sebelah kanan
Alternatif
Pembelajaran
o
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok. Masing-maing kelompok diminta mendiskusikan alasan
manfaat pemanasan sebelum jalan atau lari. Hasil diskusi kelompok ditulis
sebagai jawaban kelompok.
o
Guru membagi
kelas menjadi dua kelompok dengan member pertanyaan setuju atau tidak jika
sebelum berjalan atau berlari melakukan pemanasan. Siswa yang menjawab setuju
berkumpul dalam satu kelompok dan siswa yang menjawab tidak setuju berkumpul
dalam satu kelompok. Kemudian dua kelompok mendiskusikan tentang manfaat
pemanasan.
o
Hasil diskusi
ditulis di kertas dan dihias selanjutnya dipajang di dinding kelas.
o
Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya melakukan kegiatan pemanasan. Kegiatan pemanasan
termasuk tata tertib dalam berolahraga. Ketika melakukan gerakan pemanasan
semua peserta harus tertib.
o
Masing-masing
siswa menceritakan hasil diskusi mereka dalam kelas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Menyebutkan
Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan.
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Melakukan Gerakan Pemanasan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Melakukan Gerakan Pemanasan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan kepala
dengan benar
|
|
|
2.
|
Keterampilan
melakukan gerakan badan dengan benar
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan tangan
dengan benar
|
|
|
4
|
Keterampilan melakukan gerakan kaki dengan benar
|
|
|
c. Mendiskusikan
Manfaat Gerakan Pemanasan
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
d.
Menceritakan Manfaat Pemanasan.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Mampu bercerita
dengan lancar
|
Sebagian besar
Cerita disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian kecil
Cerita disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar sampai
seluruh ruang
kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan apakah manfaat gerakan
pemanasan
sebelum melakukan jalan atau lari?
Bagaimana jika sebelum lari atau jalan
tidak
melakukan gerakan pemanasan?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………….
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment