Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama  melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.9.1 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.9.3 Menjelaskan manfaat pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.Indikator
4.9.1 Mempraktikkan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.15 Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3.2.16 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
4.2.6 Melaksanakan tata tertib di masyarakat.

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Indikator
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
2.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Langkah-Langkah Pembelajaran :
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti mengikuti jalan sehat di lingkungannya (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Siti melakukan gerakan pemanasan (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan kegiatan olahraga Siti bersama keluarga (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang dilakukan Siti bersama keluarga?
  • Gerakan apa yang dilakukan Siti?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga Siti di rumah.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan gerakan pemanasan dengan cermat (mengamati).

Alternatif Pembelajaran
Alternatif 1.
o   Guru memimpin pemanasan di depan siswa sesuai derakan pemanasan di buku.

Alternatif 2.
o   Salah satu siswa memimpin pemanasan dengan bimbingan Guru

o   Siswa menuliskan aturan yang berlaku ketika melakukan jalan sehat.
o   Siswa memberikan tanda centang (v) untuk kegiatan yang sesuai dengan tata tertib, yaitu kegiatan pemanasan dan berjalan dengan tertib.
o   Siswa memberikan tanda silang (v) untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan tata tertib, yaitu membuang sampah di jalan, makan sambil berjalan, mengganggu teman, dan berjalan di sebelah kanan

Alternatif Pembelajaran
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-maing kelompok diminta mendiskusikan alasan manfaat pemanasan sebelum jalan atau lari. Hasil diskusi kelompok ditulis sebagai jawaban kelompok.
o   Guru membagi kelas menjadi dua kelompok dengan member pertanyaan setuju atau tidak jika sebelum berjalan atau berlari melakukan pemanasan. Siswa yang menjawab setuju berkumpul dalam satu kelompok dan siswa yang menjawab tidak setuju berkumpul dalam satu kelompok. Kemudian dua kelompok mendiskusikan tentang manfaat pemanasan.
o   Hasil diskusi ditulis di kertas dan dihias selanjutnya dipajang di dinding kelas.
o   Guru memberikan penguatan tentang pentingnya melakukan kegiatan pemanasan. Kegiatan pemanasan termasuk tata tertib dalam berolahraga. Ketika melakukan gerakan pemanasan semua peserta harus tertib.
o   Masing-masing siswa menceritakan hasil diskusi mereka dalam kelas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Menyebutkan Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Melakukan Gerakan Pemanasan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Melakukan Gerakan Pemanasan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan kepala dengan benar


2.
Keterampilan melakukan gerakan badan dengan benar


3.
Keterampilan melakukan gerakan tangan dengan benar


4
Keterampilan melakukan gerakan kaki dengan benar



c. Mendiskusikan Manfaat Gerakan Pemanasan
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berdiskusi
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



d. Menceritakan Manfaat Pemanasan.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Mampu bercerita
dengan lancar
Sebagian besar
Cerita disampaikan
dengan lancar
Sebagian kecil
Cerita disampaikan
dengan lancar
Belum mampu bercerita
2
Volume Suara
Terdengar sampai
seluruh ruang
kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,



PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Diskusikan apakah manfaat gerakan pemanasan
sebelum melakukan jalan atau lari?
Bagaimana jika sebelum lari atau jalan tidak
melakukan gerakan pemanasan?


……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………….


 
MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors