RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide
dalam berkarya seni
3.2
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.Indikator
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12.7
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.8
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9
Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat
geometrisnya.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.Indikator
3.9.1
Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
4.6.2
Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan
ukuran tertentu.
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Gerak
seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
2.
Unsur-unsur
bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.in
3.
Teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa
tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan
kompetensikompetensi yang akan dipelajari.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar tandon air bersih (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar bentuk tandon air (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan tentang tandon air (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Guru membimbing
siswa mengamati gambar sumber air bersih di lingkungan Siti.
o
Guru menjelaskan
manfaat pohon sebagai sarana menjaga kelestarian sumber daya air bersih.
o
Guru membimbing
siswa menulis cerita tentang cara melestarikan sumber daya air.
o
Siswa dapat
membaca buku-buku di perpustakaan sebagai referensi.
o
Jika di sekolah
berlangganan koran, siswa dapat mengambilnya sebagai sumber informasi
o
Siswa mengamati
gambar tendon berbentuk prisma segienam.
o
Siswa menggambar
sisi dari tendon dan menentukan banyak sudut dan sisinya.
o
Siswa
memperhatikan gerakan menimba air sumur. Tangan menarik tali secara
bergantian kanan dan kiri.
o
Tirukan gerakan
kepala, badan, tangan, dan kaki.
o
Guru memberikan
penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian
sebelum siswa bercerita satu persatu.
o
Guru mecontohkan
pembukaan cerita sebelum siswa menyampaikan cerita.
o
Pembukaan :
salam, perkenalkan diri, menyampaikan topic yang akan diceriterakan.
o
Ada beberapa hal
yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan
penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
o
Jika siswa sudah
bisa menentukan sudut dan sisi dari bangun ruang, maka guru dapat menugaskan
siswa mencari bangun ruang yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan
kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan
latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan
gerakan tersebut.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menentukan sisi bangun ruang, maka guru dapat memberikan
bimbingan dalam menentukan sudut dan sisi dari sisi bangun ruang.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing
siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menentukan banyak sudut dan sisi dari sisi bangun ruang.
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menulis Cerita.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
|
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun Msusunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
c.
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan gerakan anggota
tubuh.
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan anggota
tubuh
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan tempo
lambat
|
|
|
4
|
Ketaatan pada aturan gerakan dengan tempo lambat.
|
|
|
d. Menceritakan
Cara Melestarikan Sumber Daya Air.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Mampu bercerita
dengan lancar
|
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum mampu bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
|
Terdengar sampai setengah ruang kelas
|
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
|
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Gambarlah sisi bangun ruang di bawah ini!
Gambar Sisi
|
Banyak Sudut
|
Banyak Sisi
|
|
..............................
|
..............................
|
|
..............................
|
..............................
|
|
..............................
|
..............................
|
|
..............................
|
..............................
|
|
..............................
|
..............................
|
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment