Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12.7 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.
4.12.8 Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.Indikator
3.9.1 Mengelompokkan bendabenda di sekitar sebagai bangun datar dan bangun ruang.
4.6.2 Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan ukuran tertentu.

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak
2.      Unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.in
3.      Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan kompetensikompetensi yang akan dipelajari.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar tandon air bersih (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar bentuk tandon air (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan tentang tandon air (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Apa yang kalian lihat pada gambar?
  • Apakah manfaat tandon air?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Guru membimbing siswa mengamati gambar sumber air bersih di lingkungan Siti.
o   Guru menjelaskan manfaat pohon sebagai sarana menjaga kelestarian sumber daya air bersih.
o   Guru membimbing siswa menulis cerita tentang cara melestarikan sumber daya air.
o   Siswa dapat membaca buku-buku di perpustakaan sebagai referensi.
o   Jika di sekolah berlangganan koran, siswa dapat mengambilnya sebagai sumber informasi
o   Siswa mengamati gambar tendon berbentuk prisma segienam.
o   Siswa menggambar sisi dari tendon dan menentukan banyak sudut dan sisinya.

o   Siswa memperhatikan gerakan menimba air sumur. Tangan menarik tali secara bergantian kanan dan kiri.
o   Tirukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki.
o   Guru memberikan penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian sebelum siswa bercerita satu persatu.
o   Guru mecontohkan pembukaan cerita sebelum siswa menyampaikan cerita.
o   Pembukaan : salam, perkenalkan diri, menyampaikan topic yang akan diceriterakan.
o   Ada beberapa hal yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
o   Jika siswa sudah bisa menentukan sudut dan sisi dari bangun ruang, maka guru dapat menugaskan siswa mencari bangun ruang yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan tersebut.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menentukan sisi bangun ruang, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menentukan sudut dan sisi dari sisi bangun ruang.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menentukan banyak sudut dan sisi dari sisi bangun ruang.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital, kata
depan, dan tanda
baca yang tepat
tanpa bimbingan guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
kurang digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat dan
dilakukan dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat sebagian
kecil penulisan
kata yang kurang lengkap
Terdapat setengah
dari teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema
mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat yang lengkap namun Msusunannya
kurang tepat


Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap
dan susunannya
juga kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan tidak
jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
 
c. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan gerakan anggota
tubuh.


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan anggota
tubuh


3.
Keterampilan melakukan gerakan tempo lambat


4
Ketaatan pada aturan gerakan dengan tempo lambat.



d. Menceritakan Cara Melestarikan Sumber Daya Air.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Mampu bercerita
dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu bercerita
2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
ruang kelas
Terdengar sampai setengah ruang kelas
Terdengar hanya bagian depan ruang kelas
Suara sangat
pelan atau tidak
terdengar


F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.




Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Gambarlah sisi bangun ruang di bawah ini!


 
Gambar Sisi
Banyak Sudut
Banyak Sisi


..............................


..............................



..............................


..............................



..............................


..............................



..............................


..............................



..............................


..............................



MEDIA

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors