Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 20 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran    : Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
3.2.17 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3.2.18 Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di masyarakat.
4.2.6 Melaksanakan tata tertib di Masyarakat

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
 3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas

d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan,dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.ndikator
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Tata tertib di rumah dan sekolah
2.      Unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.in
3.      Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pemotivasian:
o   Alternatif Pembelajaran
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
o   Guru memperlihatkan gambar bayi yang sehat dengan bayi yang tidak sehat.
o   Siswa diminta mengamati dan membedakan kedua bayi tersebut!
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar kegiatan Posyandu (mengamati).
o   Siswa memahami teks bacaan tentang kegiatan Posyandu.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  1. Apa yang dilakukan di Posyandu?
  2. Mengapa harus dilaksanakan Posyandu?
         Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
         Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
         Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
         Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
         Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu Aku Anak Sehat.
         Siswa menyanyikan lagu minimal 2 kali secara bersama-sama.


         Siswa mengidentifikasi bentuk sisi kotak obat, kemudian menggambar bentuk sisi-sisinya. Sisi
         Guru membimbing siswa dalam mewarnai segitiga, segiempat, dan segienam pada gambar di samping.
         Guru dapat memastikan pengetahuan siswa dengan meminta siswa menunjuk bangun yang disebutkan guru. Misal guru menyebutkan segitiga, maka siswa menunjuk gambar segitiga di buku siswa.
         Siswa menuliskan contoh perilaku yang terdapat di masyarakat yang mencerminkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Alternatif Jawaban:
  • Kerja bakti membersihkan selokan.
  • Kegiatan Posyandu.
  • Fogging untuk daerah yang terwabah penyakit dari nyamuk.
  • Membersihkan lingkungan rumah.
  • Dan sebagainya.
         Siswa menuliskan contoh perilaku yang terdapat di masyarakat yang tidak mencerminkan perilaku hidup bersih dan sehat.
         Membuang sampah di selokan/sungai.
         WC umum kotor.
         Dan sebagainya.
         Guru melakukan bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau bantuan.
         Siswa membaca cerita di depan teman-temannya secara bergantian tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang berlaku di masyarakat

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa menggambar sisi pembungkus obat dengan benar, maka guru dapat memberikan penugasan menggambar bangun ruang lain yang memiliki sisi berbentuk segienam.
o   Jika siswa sudah bisa mewarna bangun datar dengan benar, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan menggambar bangun datar dan mewarnainya.
o   Jika siswa sudah bisa menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru dapat memberikan tugas tambahan dengan membuat mading atau kliping tentang perilaku yang sesuai PHBS.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa kesulitan menggambar sisi pembungkus obat dengan benar, maka guru memberikan bimbingan yang intensif dalam menggambar sisi bangun ruang.
o   Jika siswa kesulitan mewarna bangun datar dengan benar, maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
o   Jika siswa kesulitan menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam mengelompokkan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Mewarnai bangun datar.
Jawaban:
         Warnai segitiga dengan warna biru.
         Warnai segiempat dengan warna merah.
         Warnai segienam dengan warna kuning.

Pedoman Penskoran
Banyak soal = 14
Skor Maksimal = 100
Skor =

Skor
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SD (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kuning)

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Menggambar Bentuk Kamar Mandi di Rumah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun ruang.
Gambar sudut dan sisi benar dan ada beberapa gambar yang tidak rapi.
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat
Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru

2
Kerapian
Seluruh gambar
rapi dan bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
Sebagian besar
gambar tidak rapi

c. Membaca Cerita.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
Siswa mampu
Membaca setengah atau
lebih bagian teks
Siswa mampu
membaca kurang dari setengah
bagian tek

Siswa belum
mampu membaca teks

2
Pemahaman Isi teks
Mampu menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Pensil warna atau crayon


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat

























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Ayo, mewarnai
Berilah warna bangun di bawah sesuai bentuknya!
Buku






Bentuk segitiga : warna biru
Bentuk segiempat : warna merah
Bentuk segienam : warna kuning


TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors