RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3
Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan
beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah. Indikator
3.2.17
Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat.
3.2.18
Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata
tertib di masyarakat.
4.2.6
Melaksanakan tata tertib di Masyarakat
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang,
serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas
d) Bahasa
Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan,dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.ndikator
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Tata
tertib di rumah dan sekolah
2.
Unsur-unsur
bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.in
3.
Teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi
gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan
dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pemotivasian:
o
Alternatif
Pembelajaran
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru
memperlihatkan gambar bayi yang sehat dengan bayi yang tidak sehat.
o
Siswa diminta
mengamati dan membedakan kedua bayi tersebut!
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar kegiatan Posyandu (mengamati).
o
Siswa memahami
teks bacaan tentang kegiatan Posyandu.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
•
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
•
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
•
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
•
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
•
Guru membimbing
siswa untuk menyanyikan lagu Aku Anak Sehat.
•
Siswa menyanyikan
lagu minimal 2 kali secara bersama-sama.
•
Siswa
mengidentifikasi bentuk sisi kotak obat, kemudian menggambar bentuk
sisi-sisinya. Sisi
•
Guru membimbing
siswa dalam mewarnai segitiga, segiempat, dan segienam pada gambar di
samping.
•
Guru dapat
memastikan pengetahuan siswa dengan meminta siswa menunjuk bangun yang
disebutkan guru. Misal guru menyebutkan segitiga, maka siswa menunjuk gambar
segitiga di buku siswa.
•
Siswa menuliskan
contoh perilaku yang terdapat di masyarakat yang mencerminkan perilaku hidup
bersih dan sehat.
Alternatif Jawaban:
•
Siswa menuliskan
contoh perilaku yang terdapat di masyarakat yang tidak mencerminkan perilaku
hidup bersih dan sehat.
•
Membuang sampah
di selokan/sungai.
•
WC umum kotor.
•
Dan sebagainya.
•
Guru melakukan
bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau
bantuan.
•
Siswa membaca
cerita di depan teman-temannya secara bergantian tentang perilaku hidup
bersih dan sehat yang berlaku di masyarakat
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menggambar sisi pembungkus obat dengan benar, maka guru dapat memberikan
penugasan menggambar bangun ruang lain yang memiliki sisi berbentuk segienam.
o
Jika siswa sudah
bisa mewarna bangun datar dengan benar, maka guru dapat memberikan latihan
lanjutan menggambar bangun datar dan mewarnainya.
o
Jika siswa sudah
bisa menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka guru
dapat memberikan tugas tambahan dengan membuat mading atau kliping tentang
perilaku yang sesuai PHBS.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa
kesulitan menggambar sisi pembungkus obat dengan benar, maka guru memberikan
bimbingan yang intensif dalam menggambar sisi bangun ruang.
o
Jika siswa
kesulitan mewarna bangun datar dengan benar, maka guru dapat memberikan bimbingan
yang lebih intensif.
o
Jika siswa
kesulitan menyebutkan contoh perilaku yang sesuai dan tidak sesuai PHBS, maka
guru dapat memberikan bimbingan dalam mengelompokkan perilaku yang sesuai dan
tidak sesuai PHBS.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Mewarnai bangun datar.
Jawaban:
•
Warnai segitiga dengan warna biru.
•
Warnai segiempat dengan warna merah.
•
Warnai segienam dengan warna kuning.
Pedoman
Penskoran
Banyak
soal = 14
Skor
Maksimal = 100
Skor =
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SD (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kuning)
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Menggambar Bentuk Kamar Mandi di Rumah.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menggambar.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar sudut
dan sisi benar
dan sesuai aturan
menggambar
bangun ruang.
|
Gambar sudut dan sisi benar dan ada beberapa gambar yang tidak rapi.
|
Ada beberapa
gambar sudut dan sisinya tidak tepat
|
Ada beberapa
gambar sudut dan
sisinya tidak tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
rapi dan bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar tidak rapi
|
Terdapat setengah
dari gambar tidak rapi
|
Sebagian besar
gambar tidak rapi
|
c.
Membaca Cerita.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
|
Siswa mampu
Membaca setengah atau
lebih bagian teks
|
Siswa mampu
membaca kurang dari setengah
bagian tek
|
Siswa belum
mampu membaca teks
|
2
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau
lebih pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup
Bersih dan Sehat”.
2.
Pensil warna atau crayon
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Ayo, mewarnai
Berilah warna bangun di bawah sesuai
bentuknya!
Buku
Bentuk segitiga :
warna biru
Bentuk
segiempat : warna merah
Bentuk segienam :
warna kuning
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment