RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah
Tuhan.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.9
Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.9
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
fisik.Indikator
3.9.2
Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
3.9.4
Menjelaskan manfaat pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.2
Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.
b) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukan
perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan
beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.Indikator
3.2.16
Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat.
3.2.17
Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata
tertib di masyarakat.
4.2.6
Melaksanakan tata tertib di lingkungan masyarakat..
d) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapatdiisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.4
Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis..
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah
melakukan aktivitas fisik
2. Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
3. Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan
bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pemotivasian
o
Alternatif
Pembelajaran:
•
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
•
Guru menyampaikan
pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita.
•
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar kegiatan senam di balai RW (mengamati).
•
Siswa mengamati
masing-masing gerakan yang dilakukan Siti dalam melakukan senam.
•
Siswa memahami
teks bacaan tentang kegiatan Siti ketika melakukan senam di RW.
•
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
•
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
•
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
•
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
•
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Gerakan
Pemanasan:
•
Pemanasan
olahraga merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan
atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika
melakukan olahraga/latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.
Gerakan
Pendinginan:
o
Setelah melakukan
olahraga atau senam kondisi tubuh menjadi panas. Sehingga jika ingin
melakukan kegiatan setelah olahraga tubuh perlu dinormalkan kembali.
Pendinginan
o
Gerakan yang
dilakukan tidak seperti gerakan inti.
o
Digunakan untuk
mengatur pernapasan.
o
Merupakan fase-fase
sebelum mengakhiri senam aerobik.
o
Gerakan
pendinginan adalah gerakan yang bertujuan untuk kembali menormalkan denyut
nadi yang berdetak kencang.
o
Musik yang
diperdengarkan dalam proses pendinginan ini lebih slow dibandingkan pada
bagian pemanasan dan inti.
o
Guru menjelaskan
gerakan pendinginan dan memberikan contoh gerakan pendinginan.
o
Siswa mengikuti
gerakan pendinginan dengan tertib.
Alternatif
Pembelajaran:
•
Kegiatan diskusi
dapat dilakukan dengan tanya-jawab secara klasikal.
•
Kegiatan diskusi
dapat juga dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok
diberi kesempatan berdiskusi tentang manfaat gerakan pendinginan.
•
Guru sebagai
fasilitator. Peran guru menstimulus siswa untuk berpendapat dan menghargai
pendapat teman.
o
Alternatif Jawaban:
•
Manfaat gerakan
pendinginan adalah menormalkan kembali otot-otot sehingga tubuh siap
melakukan aktivitas selanjutnya.
o
Akibat tidak
melakukan pendinginan adalah mudah emosional ketika melakukan aktivitas
sesudah olahraga, peredaran darah tidak normal, dll.
•
Siswa menuliskan
tata tertib yang berlaku ketika melakukan senam bersama.
•
Guru menguatkan
dengan memberikan penjelasan manfaat adanya tata tertib dan akibat tidak
adanya tata tertib ketika melakukan senam bersama.
•
Guru menyampaikan
kegiatan hari ini tentang kreasi membuat kotak sampah.
•
Siswa
mendengarkan prosedur yang disampaikan guru tentang cara membuat kotak sampah
dengan karton.
Alat dan Bahan:
o
Bahan: Kardus/karton, lem kertas, kertas kado
o
Alat: penggaris, pensil, gunting.
o
Cara Membuat:
o
Siapkan alat dan bahan.
o
Gambarlah bentuk jaring-jaring balok seperti pada
buku siswa.
o
Gunting menurut pola yang telah dibuat.
o
Lem pada sisi-sisinya.
o
Hiaslah kotak sampah dengan membungkus kertas kado.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa
kesulitan melakukan gerakan pendinginan dengan benar, maka guru dapat memberikan
bimbingan yang lebih intensif.
o
Jika siswa
kesulitan mengemukakan pendapat dengan baik, maka guru sering memberikan kesempatan
kepada siswa untuk sering berpendapat.
o
Jika siswa
kesulitan berkreasi dengan baik, maka guru dapat membimbing berdasarkan prosedur
pembuatan kotak sampah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aderifka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Adinda Afrisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Alya Nazhifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Dafa Nugraha Firna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Khalil Rizki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Lisra Syifa Ulya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Keyla Nayyan Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
M.alfaizul Fuzul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
M.Munzir Umami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Muntahar Alzaidi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Mariska Asyifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Nisaul Azkia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Natasya Agustiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Putri Maulida
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Raysy Aulia Alfarisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Riski Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Raja Ashabul Yamin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Syariful
Anam Hasibuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Sifaul Afra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
T.M.Nurus Syifiq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
T.Waliyuddin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
T.Riski Asyraf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Tariq Atallah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Ulfa Maqfirah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Wahyu Andani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Mardatul Aini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
M.WaliyuAllah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT :
Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis
manfaat gerakan pendinginan.
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Dapat menyebutkan 4 contoh tata tertib
dengan benar
|
4
|
2.
|
Dapat menyebutkan 3 contoh tata tertib
dengan benar
|
3
|
3.
|
Dapat menyebutkan 2 contoh tata tertib
dengan benar
|
2
|
4
|
Dapat menyebutkan 1 contoh tata tertib
dengan benar
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan..
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar
sikap kapal terbang
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar sikap kapal
terbang
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan berdiri
satu kaki.
|
|
|
4
|
Ketaatan pada aturan gerakan berdiri satu kaki
|
|
|
5.
|
Keterampilan melakukan gerakan dasar menolak
|
|
|
6.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar menolak
|
|
|
c. Berdiskusi tentang Manfaat Gerakan Pendinginan
Hasil
Pengamatan Berdiskusi
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Berdiskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan
menguasai alasan akibat tidak mencuci tangan
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
d.
Membaca tulisan manfaat pendinginan.
Penilaian
: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian teks
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum
Mampu membaca teks
|
2
|
Pemahaman Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjaw
ab setengah
atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
|
Belum mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.
Kardus/karton
3. Kertas Kado
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
ROSMIATI, S.Pd FAJRIAH, S.Pd
NIP.19581231
198012 2 006 NIP. 19601231 198206 2 028
Hasil
Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
1
|
Aderifka
|
|
|
|
|
2
|
Adinda Afrisa
|
|
|
|
|
3
|
Alya Nazhifa
|
|
|
|
|
4
|
Dafa Nugraha Firna
|
|
|
|
|
5
|
Khalil Rizki
|
|
|
|
|
6
|
Lisra Syifa Ulya
|
|
|
|
|
7
|
Keyla Nayyan Putri
|
|
|
|
|
8
|
M.alfaizul Fuzul
|
|
|
|
|
9
|
M.Munzir Umami
|
|
|
|
|
10
|
Muntahar Alzaidi
|
|
|
|
|
11
|
Mariska Asyifa
|
|
|
|
|
12
|
Nisaul Azkia
|
|
|
|
|
13
|
Natasya Agustiana
|
|
|
|
|
14
|
Putri Maulida
|
|
|
|
|
15
|
Raysy Aulia Alfarisi
|
|
|
|
|
16
|
Riski Hidayatullah
|
|
|
|
|
17
|
Raja Ashabul Yamin
|
|
|
|
|
18
|
Syariful Anam Hasibuan
|
|
|
|
|
19
|
Sifaul Afra
|
|
|
|
|
20
|
T.M.Nurus Syifiq
|
|
|
|
|
21
|
T.Waliyuddin
|
|
|
|
|
22
|
T.Riski Asyraf
|
|
|
|
|
23
|
Tariq Atallah
|
|
|
|
|
24
|
Ulfa Maqfirah
|
|
|
|
|
25
|
Wahyu Andani
|
|
|
|
|
26
|
Mardatul Aini
|
|
|
|
|
27
|
M.WaliyuAllah
|
|
|
|
|
Beureunuen,
……….…., 2016
Guru
Kelas II,
FAJRIAH,
S.Pd
NIP.
19601231 198206 2 028
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Ayo, berdiskusi dengan tertib!
Diskusikan apakah manfaat dari gerakan pendinginan!
Apakah akibat apabila tidak melakukan gerakan pendinginan ?
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment