Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 21 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                     : 2/1
Tema 5                                  : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.9 Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.Indikator
3.9.2 Mengidentifikasi berbagai aktivitas pendinginan setelah melakukan aktivitas.
3.9.4 Menjelaskan manfaat pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.9.2 Mempraktikkan kegiatan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukan perilaku toleran terhadap keberagaman kateristik individu, dalam kehidupan beragam, suku, fisik, dan phisikis di rumah dan di sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.Indikator
3.2.16 Mengemukakan pendapat tentang manfaat tata tertib dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
3.2.17 Mengemukakan pendapat tentang akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan tata tertib di masyarakat.
4.2.6 Melaksanakan tata tertib di lingkungan masyarakat..
d) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapatdiisi  dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
3.2.4 Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topic tertentu.
4.2.5 Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis..

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
2.       Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.       Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pemotivasian
o   Alternatif Pembelajaran:
         Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan apersepsi.
         Guru menyampaikan pentingnya melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kita.
         Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar kegiatan senam di balai RW (mengamati).
         Siswa mengamati masing-masing gerakan yang dilakukan Siti dalam melakukan senam.
         Siswa memahami teks bacaan tentang kegiatan Siti ketika melakukan senam di RW.
         Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  1. Gerakan apakah yang dilakukan Siti?
  2.  Apakah manfaat kegiatan senam?
         Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
         Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
         Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
         Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.

Gerakan Pemanasan:
         Pemanasan olahraga merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika melakukan olahraga/latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.

Gerakan Pendinginan:
o   Setelah melakukan olahraga atau senam kondisi tubuh menjadi panas. Sehingga jika ingin melakukan kegiatan setelah olahraga tubuh perlu dinormalkan kembali.

Pendinginan
o   Gerakan yang dilakukan tidak seperti gerakan inti.
o   Digunakan untuk mengatur pernapasan.
o   Merupakan fase-fase sebelum mengakhiri senam aerobik.
o   Gerakan pendinginan adalah gerakan yang bertujuan untuk kembali menormalkan denyut nadi yang berdetak kencang.
o   Musik yang diperdengarkan dalam proses pendinginan ini lebih slow dibandingkan pada bagian pemanasan dan inti.
o   Guru menjelaskan gerakan pendinginan dan memberikan contoh gerakan pendinginan.
o   Siswa mengikuti gerakan pendinginan dengan tertib.

Alternatif Pembelajaran:
         Kegiatan diskusi dapat dilakukan dengan tanya-jawab secara klasikal.
         Kegiatan diskusi dapat juga dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberi kesempatan berdiskusi tentang manfaat gerakan pendinginan.
         Guru sebagai fasilitator. Peran guru menstimulus siswa untuk berpendapat dan menghargai pendapat teman.
o   Alternatif Jawaban:
         Manfaat gerakan pendinginan adalah menormalkan kembali otot-otot sehingga tubuh siap melakukan aktivitas selanjutnya.
o   Akibat tidak melakukan pendinginan adalah mudah emosional ketika melakukan aktivitas sesudah olahraga, peredaran darah tidak normal, dll.
         Siswa menuliskan tata tertib yang berlaku ketika melakukan senam bersama.
         Guru menguatkan dengan memberikan penjelasan manfaat adanya tata tertib dan akibat tidak adanya tata tertib ketika melakukan senam bersama.
         Guru menyampaikan kegiatan hari ini tentang kreasi membuat kotak sampah.
         Siswa mendengarkan prosedur yang disampaikan guru tentang cara membuat kotak sampah dengan karton.

Alat dan Bahan:
o   Bahan: Kardus/karton, lem kertas, kertas kado
o   Alat: penggaris, pensil, gunting.
o   Cara Membuat:
o   Siapkan alat dan bahan.
o   Gambarlah bentuk jaring-jaring balok seperti pada buku siswa.
o   Gunting menurut pola yang telah dibuat.
o   Lem pada sisi-sisinya.
o   Hiaslah kotak sampah dengan membungkus kertas kado.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa kesulitan melakukan gerakan pendinginan dengan benar, maka guru dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
o   Jika siswa kesulitan mengemukakan pendapat dengan baik, maka guru sering memberikan kesempatan kepada siswa untuk sering berpendapat.
o   Jika siswa kesulitan berkreasi dengan baik, maka guru dapat membimbing berdasarkan prosedur pembuatan kotak sampah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Aderifka












2
Adinda Afrisa












3
Alya Nazhifa












4
Dafa Nugraha Firna












5
Khalil Rizki












6
Lisra Syifa Ulya












7
Keyla Nayyan Putri












8
M.alfaizul Fuzul












9
M.Munzir Umami












10
Muntahar Alzaidi












11
Mariska Asyifa












12
Nisaul Azkia












13
Natasya Agustiana












14
Putri Maulida












15
Raysy Aulia Alfarisi












16
Riski Hidayatullah












17
Raja Ashabul Yamin












18
Syariful Anam Hasibuan












19
Sifaul Afra












20
T.M.Nurus Syifiq












21
T.Waliyuddin












22
T.Riski Asyraf












23
Tariq Atallah












24
Ulfa Maqfirah












25
Wahyu Andani












26
Mardatul Aini












27
M.WaliyuAllah



























Ket:
BT             : Belum terlihat
MT            : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM            : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Menulis manfaat gerakan pendinginan.
Kriteria Penilaian


Kriteria
Bobot
1.
Dapat menyebutkan 4 contoh tata tertib dengan benar
4
2.
Dapat menyebutkan 3 contoh tata tertib dengan benar
3
3.
Dapat menyebutkan 2 contoh tata tertib dengan benar
2
4
Dapat menyebutkan 1 contoh tata tertib dengan benar
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan..
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan dasar sikap kapal terbang


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar sikap kapal
terbang


3.
Keterampilan melakukan gerakan berdiri satu kaki.


4
Ketaatan pada aturan gerakan berdiri satu kaki


5.
Keterampilan melakukan gerakan dasar menolak


6.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar menolak



c. Berdiskusi tentang Manfaat Gerakan Pendinginan
Hasil Pengamatan Berdiskusi
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Berdiskusi
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan menguasai alasan akibat tidak mencuci tangan


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



d. Membaca tulisan manfaat pendinginan.
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca
Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau
lebih bagian teks
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian teks
Siswa belum
Mampu membaca teks
2
Pemahaman Isi teks
Mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan
Mampu menjaw
ab setengah
atau lebih
pertanyaan yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah bagian teks
Belum mampu
menjawab
semua pertanyaan yang diajukan

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.      Kardus/karton
3.      Kertas Kado



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas II,




ROSMIATI, S.Pd                                                            FAJRIAH, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19601231 198206 2 028


Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
1
Aderifka




2
Adinda Afrisa




3
Alya Nazhifa




4
Dafa Nugraha Firna




5
Khalil Rizki




6
Lisra Syifa Ulya




7
Keyla Nayyan Putri




8
M.alfaizul Fuzul




9
M.Munzir Umami




10
Muntahar Alzaidi




11
Mariska Asyifa




12
Nisaul Azkia




13
Natasya Agustiana




14
Putri Maulida




15
Raysy Aulia Alfarisi




16
Riski Hidayatullah




17
Raja Ashabul Yamin




18
Syariful Anam Hasibuan




19
Sifaul Afra




20
T.M.Nurus Syifiq




21
T.Waliyuddin




22
T.Riski Asyraf




23
Tariq Atallah




24
Ulfa Maqfirah




25
Wahyu Andani




26
Mardatul Aini




27
M.WaliyuAllah






                                                                                          Beureunuen, ……….….,  2016
                                                                                          Guru Kelas II,



                                                                                          FAJRIAH, S.Pd
                                                                                          NIP. 19601231 198206 2 028


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Ayo, berdiskusi dengan tertib!
Diskusikan apakah manfaat dari gerakan pendinginan! 

Apakah akibat apabila tidak melakukan gerakan pendinginan ?

MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 5

TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors