RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester :
2/II
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 4/ Pembelajaran : Hidup
Bersih dan Sehat di Masyarakat/ 6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.3
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.Indikator
4.2.4
Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan yang dilakukan.
4.2.5
Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.9
Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat
geometrisnya.
3.9.3
Menyebutkan unsur-unsur pada bangun datar dan bangun ruang.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.Indikator
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
4.6.2
Menggambar sisi bangun ruang berupa segi tiga, segi empat dan segi enam dengan
ukuran tertentu.
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.12
Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.Indikator
4.12.7
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
4.12.8
Menirukan gerakan bekerja melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang
sesuai dinamika gerak
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
2.
Bangun
datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya
3.
Gerak
simbolik
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pemotivasian
Alternatif
Pembelajaran:
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan memberikan
apersepsi.
o
Guru menyampaikan
pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan masyarakat.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar tentang memberantas sarang nyamuk (mengamati).
o
Siswa mengamati
isi teks tentang langkah memberantas nyamuk, yaitu mengubur barang bekas,
menutup penampungan air, dan menguras bak mandi secara rutin (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Siswa mengamati
gambar Ayah Siti melakukan 3M.
o
Siswa melakukan
gerakan mencangkul. Siswa menirukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki.
o
Siswa melakukan
gerakan menguras kamar mandi. Gerakan menguras kamar mandi dengan menirukan
bagaiman mengambil air dengan gayung.
o
Siswa mengamati
teks syair lagu “Hati Gembira”.
o
Guru memberikan
contoh menyanyikan lagu “Hati Gembira”.
o
Siswa menyanyikan
“Hati Bergembira” bersama-sama. Guru dapat memberikan iringan musik ritmis
dengan tepuk tangan atau dengan gerakan.
o
Siswa mengamati
gambar benda-benda dengan cermat, mengidentifikasi bentuk sisi-sisi bangun
yang ada pada gambar.
o
Siswa menuliskan
bentuk bangun yang terdapat pada gambar.
o
Siswa mengingat kembali
kegiatan yang dilakukan hari ini.
o
Siswa menulis
waktu dan kegiatan yang telah dilakukan hari ini.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa menirukan gerakan mencangkul dan menguras bak mandi dengan baik, maka
guru dapat memberikan penugasan berupa menirukan pekerjaan orang tua masing-masing.
o
Jika siswa sudah
bisa menentukan sisi gambar bangun ruang, maka guru dapat memberikan latihan
lanjutan yaitu menentukan sisi-sisi benda yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa membuat jadwal harian, maka guru dapat memberikan tugas lanjutan membuat
jadwal kerja bakti di sekolah.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa
kesulitan menirukan gerakan menarik mencangkul dan menguras bak mandi dengan
baik, maka guru memberikan bimbingan yang intensif.
o
Jika siswa
kesulitan menentukan sisi gambar bangun ruang, maka guru dapat memberikan bimbingan
sesuai kesulitan siswa.
o
Jika siswa
kesulitan membuat jadwal harian, maka guru memberikan bimbingan yang itensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aderifka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Adinda Afrisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Alya Nazhifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Dafa Nugraha Firna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Khalil Rizki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Lisra Syifa Ulya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Keyla Nayyan Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
M.alfaizul Fuzul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
M.Munzir Umami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Muntahar Alzaidi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Mariska Asyifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Nisaul Azkia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Natasya Agustiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Putri Maulida
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Raysy Aulia Alfarisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Riski Hidayatullah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Raja Ashabul Yamin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Syariful
Anam Hasibuan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Sifaul Afra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
T.M.Nurus Syifiq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
T.Waliyuddin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
T.Riski Asyraf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Tariq Atallah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Ulfa Maqfirah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Wahyu Andani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Mardatul Aini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
M.WaliyuAllah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT :
Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menentukan segitiga, segiempat, dan segienam dari gambar bangun.
b.
Membuat Jadwal Harian.
Kriteria Penilaian.
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menulis 7 kegiatan dan memuat kegiatan
berserta waktunya dengan benar
|
4
|
2.
|
Menulis 5-6 kegiatan dan memuat
kegiatan berserta waktunya dengan benar
|
3
|
3.
|
Menulis 3-4 kegiatan dan memuat
kegiatan berserta waktunya dengan benar
|
2
|
4
|
Menulis kurang dari 3 kegiatan
berserta waktunya dengan benar
|
1
|
2. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan
tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan simbolik berdasarkan pengamatan.
Penilaian:
Pengamatan
Rubrik
Penilaian Menirukan Gerakan Bekerja Melalui Gerakan Simbolik Berdasarkan
Pengamatan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan koordinasi kaki dan tangan dalam menirukan
gerakan mencangkul/menguras bak mandi
|
|
|
2.
|
Keseimbangan posisi badan dalam menirukan gerakan
mencangkul/menguras
bak mandi
|
|
|
3.
|
Ketaatan pada aturan menirukan mencangkul/menguras bak
mandi
|
|
|
F. Sumber dan Media
1.
Buku Siswa Tema 5 “Hidup Bersih dan Sehat”
2.
Kardus bekas, Kertas kado/kertas koran/kalender yang
tidak terpakai (tergantung selera), plastik parcel atau pastik biasa juga bisa,
tali rafi, Double tape/lem.
3.
Gunting, jarum kasur, penggaris.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas II,
ROSMIATI, S.Pd FAJRIAH, S.Pd
NIP.19581231
198012 2 006 NIP. 19601231 198206 2 028
Hasil
Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
1
|
Aderifka
|
|
|
|
|
2
|
Adinda Afrisa
|
|
|
|
|
3
|
Alya Nazhifa
|
|
|
|
|
4
|
Dafa Nugraha Firna
|
|
|
|
|
5
|
Khalil Rizki
|
|
|
|
|
6
|
Lisra Syifa Ulya
|
|
|
|
|
7
|
Keyla Nayyan Putri
|
|
|
|
|
8
|
M.alfaizul Fuzul
|
|
|
|
|
9
|
M.Munzir Umami
|
|
|
|
|
10
|
Muntahar Alzaidi
|
|
|
|
|
11
|
Mariska Asyifa
|
|
|
|
|
12
|
Nisaul Azkia
|
|
|
|
|
13
|
Natasya Agustiana
|
|
|
|
|
14
|
Putri Maulida
|
|
|
|
|
15
|
Raysy Aulia Alfarisi
|
|
|
|
|
16
|
Riski Hidayatullah
|
|
|
|
|
17
|
Raja Ashabul Yamin
|
|
|
|
|
18
|
Syariful Anam Hasibuan
|
|
|
|
|
19
|
Sifaul Afra
|
|
|
|
|
20
|
T.M.Nurus Syifiq
|
|
|
|
|
21
|
T.Waliyuddin
|
|
|
|
|
22
|
T.Riski Asyraf
|
|
|
|
|
23
|
Tariq Atallah
|
|
|
|
|
24
|
Ulfa Maqfirah
|
|
|
|
|
25
|
Wahyu Andani
|
|
|
|
|
26
|
Mardatul Aini
|
|
|
|
|
27
|
M.WaliyuAllah
|
|
|
|
|
Beureunuen,
……….…., 2016
Guru
Kelas II,
FAJRIAH,
S.Pd
NIP.
19601231 198206 2 028
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Perhatikan gambar
berikut!
Berdasarkan gambar di atas bangun datar apa yang
kamu temukan? Tuliskan jawaban!MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 2
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 3
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 4
TEMA 5 KELAS 2 SUB 4 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment