RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/II
Tema 6 :
Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan
Rumahku / 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
3.2.1 Menjelaskan
cara menjaga kebersihan rumah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolahIndikator
4.2.1 Mempraktikkan
cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dengan bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.2.1 Menjelaskan
dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
3.2.2 Menceritakan
isi bacaan dengan bahasa sendiri
4.4
Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam
Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
4.4.1 Menyimak
dan menceritakan kembali pendapat teman
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu,
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.2
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2.1 Membilang 41-60
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.4.1 Menulis lambang bilangan 41-60
C. Materi Pembelajaran :
1.1 Menceritakan tentang Kebersihan Rumah
2.1 Mengenal Nama
Bilangan dan Lambang Bilangan 41 Sampai 60
D. Pendekatan :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi : Kooperative learning
3. Teknik : Picture and Picture
4. Metode
: Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
E.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat
dan Asri”
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
10 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa
mendengarkan guru yang sedang membuka pelajaran menanyakan kegiatan siswa.
Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari.
o
Siswa menjawab
pertanyaan guru.
o
Siswa menyimak,
guru mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk
membantu orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur
sendiri.
o
Siswa
memperhatikan guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa.
o
Siswa
membandingkan dua gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan
pertanyaan berikut: mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali?
Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita?
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi.
o
Siswa berdiskusi
tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan
guru.
o
Siswa berpasangan
sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya.
Apakah rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
o
Siswa bergantian
mendengarkan pendapat temannya.
o
Siswa
menceritakan keadaan rumah pasangannya.
o
Setelah semua
siswa bercerita, siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain
rumah-rumahan (bermain peran).
o
Setelah bercakap-cakap,
siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).
o
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi
peran yang harus dimainkan (ayah, ibu, kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya,
yaitu tentang orang tua yang mengajak anaknya membantu membersihkan dan
merapikan rumah.
o
Siswa menjawab
pertanyaan tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam
bermain peran tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika
rumahnya tidak rapi? Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak?
o
Siswa menyimak
pengarahan guru dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran.
o
Setiap kelompok
menampilkan permainan perannya secara bergantian.
o
Jika memungkinkan,
kegiatan ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar
siswa dapat memperagakan cara merapikan tempat tidur.
o
Setelah itu,
siswa menyimpulkan tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah.
o
Siswa melakukan
refleksi kegiatan dengan arahan guru.
o
Selanjutnya guru
bertanya kepada siswa apakah mereka pernah membersihkan halaman rumah.
o
Guru menerangkan
bahwa di halaman rumah yang banyak pohon besarnya, akan banyak daun-daun yang
berjatuhan. Kita dapat membersihkannya dengan menyapu. Pada saat menyapu,
biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil yang terbawa.
o
Di halaman
sekolah juga biasanya banyak pohon besar dan daun-daunnya yang berserakan.
o
Siswa dibawa ke
luar halaman sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil
dengan arahan guru.
o
Siswa kembali ke
kelas masing-masing, lalu menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang
mereka kumpulkan bersama guru.
o
Setelah selesai
berhitung siswa mendengarkan mpenjelasan guru bagaimana menulis lambang
bilangan 41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambing bilangan 40
yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Beberapa siswa
diajak ke depan untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya
sambil membilang.
o
Siswa berlatih
menulis lambang bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar
kelereng yang disediakan.
o
Jika diperlukan,
siswa dapat meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk
mengecek pemahaman siswa.
o
Setelah selesai,
siswa dapat berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan
guru.
o
Kegiatan pilihan
tambahan/pengayaan:
o
Siswa berlomba
membilang
o
Guru menyiapkan
kartu angka 41- 60 dan berbagai benda kecil sejumlah 60 untuk setiap
kelompok.
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat sejumlah benda kecil
tersebut.
o
Siswa
bersiap-siap untuk berlomba. Setiap kelompok akan bertanding dengan
menugaskan anggotanya untuk berlomba secara bergantian.
o
Guru mengangkat
satu kartu angka. Perwakilan setiap kelompok menghitung jumlah benda sesuai
angka yang tertera di kartu. Peserta yang paling cepat dan benar mendapat
nilai untuk kelompoknya. Permainan dilanjutkan dengan peserta kedua.
o
Permainan
dilakukan hingga semua siswa mendapat kesempatan berlomba. Kelompok yang
nilainya tertinggi menjadi pemenang.
o
Selesai kegiatan,
siswa mengerjakan latihan pada buku siswa
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
C.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian;
a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Peduli Lingkungan
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (
Lembar kerja di buku siswa )
3. Penilaian
Keterampilan
a. Unjuk
Kerja
Rubrik
Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran tentang Keadaan Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
mendeskripsikan
keadaan rumahnya
|
Memenuhi
empat
aspek
(kalimatnya
runtut,
deskripsi
detail,
lancar,
dan
percaya
diri)
|
Memenuhi
tiga
dari
empat
aspek
|
Memenuhi
dua
dari
empat
aspek
|
Memenuhi satu dari empat
aspek
|
2
|
Kemampuan
menceritakan
keadaan
rumah
teman
|
Seluruhnya
sesuai
isi cerita,
struktur
kalimat
benar dan
runtut
|
Seluruhnya
sesuai isi cerita, tapi struktur kalimat perlu
diperbaiki
|
Sebagian
tidak
sesuai
isi cerita
dan
struktur
kalimat
perlu
diperbaiki
|
Tidak
sesuai,
dan belum
mampu
menyusun
kalimat
dengan
struktur
yang
benar
|
3
|
Kemampuan
bermain
peran
|
Memenuhi
tiga
aspek
(percaya
diri,
dialog
lancar,
mampu
berekspresi
|
Memenuhi dua
dari tiga aspek
|
Memenuhi
satu
dari tiga
kriteria
|
Belum
mampu
memenuhi
semua
kriteria
|
H. Sumber dan Media
1. Gambar
keadaan rumah bersih dan yang tidak bersih dan tidak rapi rumah kotor
2. Benda-benda
kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan kerikil)
3. Buku siswa
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas I
Rosmiati, S.Pd Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006 NIP. 19650421
198610 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Di bawah ini adalah jumlah daun yang dikumpulkan Edo
dan Udin.
Tuliskan lambang atau nama bilangannya!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment