Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 21 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Rumahku / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.2.1 Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolahIndikator
4.2.1 Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dengan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2.1 Menjelaskan dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
3.2.2 Menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.1 Menyimak dan menceritakan kembali pendapat teman

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2.1 Membilang 41-60
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.4.1 Menulis lambang bilangan 41-60

C. Materi Pembelajaran :
1.1  Menceritakan tentang Kebersihan Rumah
2.1 Mengenal Nama Bilangan dan Lambang Bilangan 41 Sampai 60

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan          : Scientific
  2.  Strategi                 : Kooperative learning
  3. Teknik                   : Picture and Picture
  4.  Metode                 : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mendengarkan guru yang sedang membuka pelajaran menanyakan kegiatan siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru.
o   Siswa menyimak, guru mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri.
o   Siswa memperhatikan guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa.
o   Siswa membandingkan dua gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan berikut: mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita?
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi.
o   Siswa berdiskusi tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru.
o   Siswa berpasangan sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
o   Siswa bergantian mendengarkan pendapat temannya.
o   Siswa menceritakan keadaan rumah pasangannya.
o   Setelah semua siswa bercerita, siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain rumah-rumahan (bermain peran).
o   Setelah bercakap-cakap, siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi peran yang harus dimainkan (ayah, ibu, kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya, yaitu tentang orang tua yang mengajak anaknya membantu membersihkan dan merapikan rumah.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam bermain peran tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika rumahnya tidak rapi? Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak?
o   Siswa menyimak pengarahan guru dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran.
o   Setiap kelompok menampilkan permainan perannya secara bergantian.
o   Jika memungkinkan, kegiatan ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar siswa dapat memperagakan cara merapikan tempat tidur.
o   Setelah itu, siswa menyimpulkan tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah.
o   Siswa melakukan refleksi kegiatan dengan arahan guru.
o   Selanjutnya guru bertanya kepada siswa apakah mereka pernah membersihkan halaman rumah.
o   Guru menerangkan bahwa di halaman rumah yang banyak pohon besarnya, akan banyak daun-daun yang berjatuhan. Kita dapat membersihkannya dengan menyapu. Pada saat menyapu, biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil yang terbawa.
o   Di halaman sekolah juga biasanya banyak pohon besar dan daun-daunnya yang berserakan.
o   Siswa dibawa ke luar halaman sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil dengan arahan guru.
o   Siswa kembali ke kelas masing-masing, lalu menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang mereka kumpulkan bersama guru.
o   Setelah selesai berhitung siswa mendengarkan mpenjelasan guru bagaimana menulis lambang bilangan 41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambing bilangan 40 yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Beberapa siswa diajak ke depan untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil membilang.
o   Siswa berlatih menulis lambang bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng yang disediakan.
o   Jika diperlukan, siswa dapat meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk mengecek pemahaman siswa.
o   Setelah selesai, siswa dapat berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan guru.
o   Kegiatan pilihan tambahan/pengayaan:
o   Siswa berlomba membilang
o   Guru menyiapkan kartu angka 41- 60 dan berbagai benda kecil sejumlah 60 untuk setiap kelompok.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat sejumlah benda kecil tersebut.
o   Siswa bersiap-siap untuk berlomba. Setiap kelompok akan bertanding dengan menugaskan anggotanya untuk berlomba secara bergantian.
o   Guru mengangkat satu kartu angka. Perwakilan setiap kelompok menghitung jumlah benda sesuai angka yang tertera di kartu. Peserta yang paling cepat dan benar mendapat nilai untuk kelompoknya. Permainan dilanjutkan dengan peserta kedua.
o   Permainan dilakukan hingga semua siswa mendapat kesempatan berlomba. Kelompok yang nilainya tertinggi menjadi pemenang.
o   Selesai kegiatan, siswa mengerjakan latihan pada buku siswa

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk Kerja
Rubrik Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran tentang Keadaan Rumah
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
mendeskripsikan
keadaan rumahnya
Memenuhi
empat aspek
(kalimatnya
runtut, deskripsi
detail, lancar,
dan percaya
diri)
Memenuhi tiga
dari empat
aspek
Memenuhi dua
dari empat
aspek
Memenuhi satu dari empat
aspek
2
Kemampuan
menceritakan
keadaan rumah
teman
Seluruhnya
sesuai isi cerita,
struktur kalimat
benar dan
runtut
Seluruhnya
sesuai isi cerita, tapi struktur kalimat perlu
diperbaiki
Sebagian tidak
sesuai isi cerita
dan struktur
kalimat perlu
diperbaiki
Tidak sesuai,
dan belum
mampu
menyusun
kalimat dengan
struktur yang
benar
3
Kemampuan
bermain peran
Memenuhi tiga
aspek (percaya
diri, dialog
lancar, mampu
berekspresi
Memenuhi dua
dari tiga aspek
Memenuhi satu
dari tiga kriteria
Belum mampu
memenuhi
semua kriteria

H. Sumber dan Media
1.      Gambar keadaan rumah bersih dan yang tidak bersih dan tidak rapi rumah kotor
2.      Benda-benda kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan kerikil)
3.      Buku siswa




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Di bawah ini adalah jumlah daun yang dikumpulkan Edo dan Udin. 
Tuliskan lambang atau nama bilangannya!


TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1


MEDIA
 
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors