Home » » TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 21 December 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : 1/II
Tema 6                                       : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Lingkungan Rumahku/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar/ Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan YME berupa Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keragaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Membaca nyaring wacana tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajianIndikator
4.1.1 Menjawab pertanyaan tentang wacana
4.1.2 Menulis dan melafalkan huruf dan kata yang mengandung huruf ng dan ny

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.4.1 Mengidentifikasi operasi penjumlahan dua angka
3.4.1 Mengidentifikasi operasi pengurangan dari 20
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1.2 Menyelesaikan soal penjumlahan dengan hasil maksimal 60
4.1.3 Menyelesaikan soal pengurangan 1-20

c) SBdP
1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
3.2.1 Menghafal lirik lagu
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi laguIndikator
4.7.1 Menyanyikan lagu di depan teman-teman

C. Materi Pembelajaran :

  1. Menulis dan Mengucapkan Kata Dengan ng dan yy
  2. Menyanyi Lagu Si Nyamuk Nakal
  3. Menyelesaikan Soal
  4. Penjumlahan Dua Angka

D. Pendekatan :
  1.  Pendekatan      : Scientific
  2.  Strategi            : Kooperative learning
  3. Teknik              : Picture and Picture
  4.  Metode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi 

  E. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Lingkungan Bersih Sehat dan Asri”
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

10 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pelajaran hari sebelumnya. (Siapa yang tadi pagi membantu merapikan kamar? Bagaimana perasaan kita jika melihat kamar dan rumah yang bersih dan rapi? Selain indah dipandang, apa manfaat rumah yang bersih dan rapi?)
o   Siswa mengamati gambar dan bacaan yang ada pada buku siswa.
o   Siswa mengikuti guru memberikan contoh cara membaca dengan intonasi dan ejaan yang benar.
o   Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.
o   Siswa memperhatikan guru menuliskan kata pangkal dan menyapu di papan tulis dan menyimak penjelasan tentang arti kata pangkal.
o   Guru menguraikan kata dan menuliskannya di papan tulis: pangkal: pang - kal, p - a - ng - k - a - l dan menyapu: me - nya - pu, m - e - n - y - a - p - u. (Guru menekankan pada huruf ng dan ny dan mengajarkan bunyinya).
o   Siswa diminta menyebutkan kata-kata lain yang mengandung ny dan ng.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi bacaan.
o   Siswa mengerjakan latihan menulis ng dan ny.
o   Kegiatan pilihan: siswa bermain sambil belajar membaca kartu kata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan dan yang mengandung ng dan ny, misalnya lingkungan, mengepel, memotong, cangkul, gunting rumput, pengki, gayung, nyamuk, menyapu, menyala, minyak, dan lain-lain.
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang akibat malas membersihkan rumah. Misalnya, apa akibatnya jika malas membersihkan sampah atau malas membersihkan selokan di sekitar rumah?
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mengingat pentingnya bersih-bersih dengan menyanyikan lagu.
o   Guru memberi contoh dengan menyanyikan lagu tersebut dan siswa menirukan.
o   Guru menyiapkan teks lirik lagu Si Nyamuk Nakal di papan tulis. Guru membimbing siswa membaca lirik tersebut.
o   Setelah siswa menghafal lirik lagu, siswa bernyanyi bersama dan mengulanginya beberapa kali.
o   Siswa berlatih bersama teman sebangkunya serta saling membimbing dan menilai.
o   Setelah hafal, minta siswa menyanyi satu per satu atau dengan kelompok kecil (2 sampai 4 orang).
o   Setelah kegiatan bernyanyi siswa diminta mengingat kembali tentang membilang angka 41 sampai 60.
o   Siswa berlomba menulis lambang bilangan dengan arahan guru.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menentukan pasangan bilangan dengan hasil tertentu.
o   Siswa menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu menggunakan kartu-kartu bilangan.
o   Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
o   Siswa mengerjakan contoh soal yang disediakan guru di papan tulis.
o   Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit


C.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Peduli Lingkungan
Disiplin
Tanggungjawab
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis ( Lembar kerja di buku siswa )

3. Penilaian Keterampilan
Unjuk Kerja Menyanyikan Lagu Si Nyamuk Nakal
Rubrik menyanyi
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
bernyanyi
Memenuhi tiga
aspek (hafal
lirik, nada tepat,
dan ekspresif)
Memenuhi dua
dari tiga aspek
Memenuhi satu
dari tiga aspek
Belum mampu
memenuhi
semua aspek
2
Kepercayaan diri
Percaya diri,
intonasi, dan
ekspresi bagus
Percaya diri,
intonasi, dan
ekspresi biasa
Memerlukan
bantuan guru
Belum berani
tampil bernyanyi

H. Sumber dan Media
1.      Buku siswa
2.      Kartu kata (untuk kegiatan pilihan)
3.      Lirik lagu Si Nyamuk Nakal berukuran besar untuk ditempel di papan tulis (atau ditulis tangan oleh guru di papan tulis)
4.      Beberapa set kartu bilangan 41 sampai 60




Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas I



Rosmiati, S.Pd                                                                  Rohana, S.Pd
NIP.19581231 198012 2 006                                            NIP. 19650421 198610 2 001












Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dibersihkan Edo?
.......................................................................................
.......................................................................................


2. Apa yang dilakukan Ibu?
.......................................................................................
.......................................................................................


3. Apa yang dipotong Ayah?
.......................................................................................
.......................................................................................


4. Untuk apa mereka membersihkan rumah dan     halaman?
.......................................................................................
.......................................................................................

Bacalah
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

MEDIA
TEMA 6 KELAS 1 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors